Air Terjun Batu Dinding salah satu objek wisata alam yang indah di Kampar, Provinsi Riau. Destinasi air terjun yang menawarkan keindahan alam dan pesona Sungai Subayang yang dikelilingi hutan asri.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Air terjun yang ada di daerah pedalaman Provinsi Riau tersebut memang memiliki berjuta pesona yang indah dan tentu akan membuat orang-orang yang berkunjung menjadi takjub akan keelokannya. Dengan pemandangan sekitar yang begitu mempesona, wisatawan akan merasakan sebuah sensasi berlibur yang luar biasa dan sulit untuk dilupakan.

Hal inilah yang menarik minat banyak orang untuk menghabiskan waktu di tempat yang menakjubkan itu. Air terjun yang memiliki keunikan berupa batu dinding ini memang menjadi salah satu tempat kebanggaan masyarakat yang hidup di sekitarnya. Sungai hasil aliran air yang turun dari atas ketinggian ini juga tidak kalah indahnya.

Masyarakat yang datang ke sana bisa dengan bebas melakukan berbagai hal termasuk berenang dan juga mendayung sampan. Vegetasi yang tumbuh di sekeliling Air Terjun Batu Dinding juga menambah kesan eksotik dari tempat ini. Lantaran, hijaunya sekitar lokasi berpadu apik dengan jernihnya air yang mengalir menjadikannya sebuah lokasi sempurna untuk membersihkan pikiran dari penatnya aktivitas harian.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batu Dinding

Daya Tarik Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Google Maps (Vahrozi Malik)

1. Hijaunya Area Sekeliling Air Terjun

Destinasi wisata ini memang menampilkan sebuah gambaran alam yang sangat sempurna. Tidak hanya karena adanya air terjun yang menakjubkan saja, akan tetapi juga hadirnya beragam tumbuh-tumbuhan yang hidup mengelilingi daerah di sekitarnya. Perpaduan dua hal tersebut membuatnya menjadi sangat wajib untuk menjadi salah satu objek tujuan para wisatawan.

Untuk menjangkau air terjun ini, memang pengunjung perlu memasuki daerah hutan yang banyak sekali pepohonan yang hidup. Dengan begitu, pemandangan hijau yang memanjakan mata menjadi suguhan yang membuat orang-orang ingin berlama-lama di sana. Muncul pula berbagai titik-titik foto yang menjadi sasaran pengunjung.

Hijaunya daerah tersebut juga menimbulkan efek lainnya, yakni udara segar yang dapat dihirup dengan bebas oleh para pengunjung. Destinasi alami itu membuat pengunjungnya mendapatkan asupan oksigen yang segar langsung dari sumbernya. Segarnya udara beserta airnya yang cukup sejuk, menjadikannya bak cuplikan surga yang dapat dinikmati oleh manusia di bumi.

2. Luasnya Perairan

Area perairan di sana memang cukup luas bagi para pengunjung untuk berekreasi. Mendatanginya dipastikan bahwa wisatawan dapat menjernihkan jiwa dan raga, sejernih aliran air di sana. Untuk menuju ke Air Terjun Batu Dinding, pengunjung juga menaiki sampan ataupun perahu kecil sehingga secara dekat berinterakasi dengan sungai di sana.

Oleh karena itulah, pengunjung bisa dengan leluasa mondar mandir ke sana dan kemari pada daerah tersebut untuk sekadar mengagumi keindahannya. Wisatawan yang singgah ke sana dijamin tidak akan bosan dengan tempat ini mengingat sungainya cukup lebar dan luas membentang dari titik terjunnya hingga mencapai hilirnya.

Daerah perairan di sana juga dapat menjadi salah satu titik yang cocok untuk dipakai untuk melakukan bermacam kegiatan yang membuat rekreasi menjadi semakin menyenangkan. Sejuknya air di sana seolah memanggil orang-orang untuk sekadar singgah dan menetap selama beberapa saat di area sekitarnya.

Daya Tarik Air Terjun Dinding
Image Credit: Facebook.com @like-riau

3. Menikmati Dinding Alam yang Terbentang

Sama seperti nama yang menyertai wilayah ini, terdapat sebuah dinding yang pada dasarnya adalah salah satu tebing alam di sana. Pada objek inilah terdapat aliran yang muncul mengairi sungai yang ada di sana. Keunikan yang datang bersamaan dengan hal tersebut adalah, air terjun ini tidaklah berasal dari sungai yang ada di bagian atasnya.

Jika pada kebanyakan air terjun, hal tersebut merupakan sumber utama dari alirannya. Namun, berbeda dengan air terjun yang ada di Pulau Sumatera tersebut. Sumber dari aliran airnya yakni berasal dari air tanah yang diperkirakan merupakan hasil dari proses fotosintesis ataupun proses alam lainnya. Jadi, air terjun ini berasal dari tak ubahnya sebuah lubang yang muncul pada tebing pinggir hutan.

Meskipun demikian, namun tidak lantas membuat dinding alam lain di sana kalah menarik. Banyak ditemukan pinggiran hutan yang ada di sungai berubah seperti dinding yang siap untuk digunakan memancing orang-orang ataupun boleh juga dimanfaatkan untuk mengambil potret gambar.

Di beberapa titik di sana memang sangat cocok untuk menjadi latar belang potret diri dengan memakai ponsel ataupun kamera yang dibawa. Swafoto yang dilakukan di tempat tersebut juga tidak kalah indahnya dari potret diri secara penuh.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk  Air Terjun Batu Dinding

Alamat Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Instagram.com @lensa.kedip

Wisata alam ini berada di kawasan Kampar Kiri Hulu yang merupakan bagian dari Kabupaten Kampar. Lokasinya secara pasti ada di Provinsi Riau, tepatnya di Desa Tanjung Belit. Jaraknya memang tidak terlalu dekat dengan Ibukota Provinsinya, yaitu Pekanbaru. Untuk menempuhnya dari sana, pengunjung perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih tiga jam.

Kedua tempat tersebut terpisah pada jarak lebih dari 70 kilometer. Perjalanan ke Air Terjun Batu Dinding dimulai dari Pekanbaru menuju ke sebuah daerah bernama Lipat Kain. Jika sudah sampai, maka pengunjung harus menuju ke Desa Gema yang terpaut 27 kilometer jaraknya. Setelah itu, maka wisatawan harus melanjutkan perjalanan ke Desa Tanjung Belit dengan menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer.

Tidak sampai di situ, rute menuju ke lokasi tepatnya masih berlanjut lagi. Pengunjung perlu memilih opsi untuk menempuh perjalanan terakhir ini. Wisatawan dapat memutuskan untuk menggunakan kakinya menyusuri hutan hingga sampai ke air terjun selama kurang lebih satu jam. Namun, ada juga layanan penyusuran Sungai Sebayang dengan perahu selama lebih dari 40 menit lamanya.

Untuk mengakses lebih dalam lagi daerah tersebut, para wisatawan harus mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk sebesar 5.000 rupiah untuk setiap orangnya. Harga tersebut terbilang sangat murah mengingat apa yang nantinya akan didapatkan oleh mereka. Pesona alamnya yang begitu luar biasa indahnya membuat biaya sebesar itu menjadi tidak ada apa-apanya.

Ada lagi biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengunjung, terutama jika membawa kendaraan pribadi ataupun sewaan yang diparkir di desa terdekat. Tarif parkir di sana terbilang standar, yaitu hanya sekitar 3.000 sampai 5.000 rupiah saja untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk mobil, tarif yang dikenakan yaitu sebesar 10.000 rupiah.

Pengunjung perlu mengeluarkan ongkos ekstra tatkala memutuskan untuk mengambil jalur air ketika sudah sampai di desa tersebut. Perahu di sana disewa sebesar 10.000 hingga 15.000 rupiah untuk setiap orangnya. Meskipun lebih mahal daripada tiket masuknya sendiri, namun perjalanan yang ditempuh akan menyuguhkan pengalaman tak terlupakan dari destinasi alami ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Batu Dinding

Kegiatan di Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Instagram.com @imbangbalingadventure

1. Menyusuri Keindahan Hutan

Datang ke tempat tersebut, maka Anda tidak hanya mendapatkan pemandangan air yang keluar dari sebuah lubang di dalam tanah pada dinding alam saja. Namun, area yang ada di sata tak lain adalah hutan hujan tropis yang layak untuk dijelajahi. Pengunjung pun akan mendapatkan dua hal dalam waktu yang bersamaan, yakni menjelajahi hutan serta menikmati air terjun.

Sebenarnya ini bisa mulai dilakukan dari desa tempat memarkirkan kendaraan yang dipakai menuju destinasi yang mempesona tersebut. Dari sana, terdapat jalur setapak yang sudah dibuat oleh pengelola daerah itu. Jalur itu akan membawa pengunjung ke papan selamat datang di daerah wisata Batu Dinding. Pepohonan yang rindang nan besar-besar menjadi pemandangan yang sering ditemui.

2. Menikmati Kubangan Air di Bawah Air Terjun

Seperti kebanyakan air terjun yang ada di nusantara, Air Terjun Batu Dinding juga membuat suatu kubangan air tepat berada di bawahnya. Dari kejauhan, nampak air yang ada berwarna hijau kebiru-biruan. Hal inilah yang menjadikannya semakin eksotik untuk dinikmati. Menikmati air tersebut akan memberikan sebuah sensasi berbeda bagi para wisatawan.

3. Hunting Foto Keren

Aktivitas berfoto-foto adalah tradisi yang menjadikan liburan ke tempat tersebut salah satu pengalaman luar biasa selama hidup. Pengunjung bisa menggunakan kamera pribadi ataupun hanya sekadar ponsel yang dimiliki untuk mengambil potret foto yang ada. Berbagai titik yang pas untuk berfoto bisa ditemukan dengan mudah.

Diantaranya yaitu sebuah papan ucapan selamat datang yang dilalui tepat setelah sampai di sana. Selain itu, kenampakan hutan yang asri nan rindang juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berfoto-foto. 

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Batu Dinding Kampar

Fasilitas Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Instagram.com @sutawijaya

Tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak yang mengembangkan destinasi wisata tersebut. Hal ini lantaran lokasinya yang ada jauh di pedalaman sehingga cukup sulit untuk membangun berbagai sarana. Akan tetapi, ada cukup banyak perahu yang bisa disewa pengunjung untuk mencapai lokasi tersebut sambil menikmati keindahan alam.

Keindahan Indonesia memang tidak akan habis untuk dinikmati oleh berbagai turis baik lokal ataupun mancanegara. Alamnya yang terhampar indah di atas rangkaian pulau yang tersusun indah ini menghadirkan pesona yang indah khas daerah tropis. Air Terjun Batu Dinding yang ada di dalam hutan tropis menjadi salah satu tujuan wisata wajib dalam rencana perjalanan di Pulau Sumatera.