Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Bangkinang, Salo, Kec. Kampar, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Riau memiliki banyak sekali wisata alam eksotis dengan pemandangan alam menakjubkan. Wisata Sungai Hijau adalah salah satu diantara banyaknya objek wisata yang wajib anda kunjungi untuk melepas lelah. Lokasinya tidak pernah sepi pengunjung meskipun akses jalannya tergolong sulit. Apalagi ketika weekend tiba, sulit rasanya untuk mengambil posisi yang tepat di lokasi sungai.

Sesuai dengan namanya, objek wisata kali ini berupa sungai dengan air jernih mengalir. Ukurannya tidak terlalu lebar, bahkan boleh dikatakan sempit. Beberapa penduduk setempat bahkan menyebutnya sebagai parit dikarenakan ukuran tersebut. Namun jangan ditanya soal keindahannya, kejernihan air dengan warna hijau menjadi daya tarik tersendiri. Batuan yang ada di dasar sungai terlihat jelas karena air jernih yang konon dari hasil pantulan pepohonan di sekitarnya.

Pohon rindang kehijauan yang berada di sekitar lokasi semakin membuat suasana tenteram. Tampak jelas bahwa pohon yang dimaksud menyatu dengan kejernihan air. Meskipun air selalu mengalir, namun sungai ini tidak pernah keruh jika tidak digunakan untuk beraktivitas mandi atau bermain air. Ada dua bagian dari Wisata Sungai Hijau ini, yakni bagian bawah dan atas. Pembagian tersebut dilakukan karena dua pemilik yang berbeda. Lokasinya yang berada di perkebunan karet menjadikan objek wisata ini dikelola oleh pihak swasta.

Daya Tarik yang Dimiliki Sungai Hijau

Daya Tarik Sungai Hijau
Image Credit: Instagram frhsatiltil

Bagi setiap pengunjung, daya tarik merupakan alasan utama untuk mengunjungi objek wisata. Demikian pula dengan Wisata Sungai Hijau, banyak hal yang mampu membuat pengunjung selalu datang ke lokasi, bahkan ketika mereka sudah pernah mengunjunginya. Keindahan alam bukan satu-satunya, masih banyak yang lain yang perlu anda ketahui, seperti yang telah kami rangkum berikut!

1. Pesona Alam

Daya tarik pertama dipastikan karena pesona alamnya yang laur biasa. Tidak banyak objek wisata seperti yang ada di Kampar, Riau ini. Hijaunya air menyejukkan setiap mata memandang. Batu dasar sungai juga turut menghiasi dengan ukuran sedang dan kecil. Batuan tersebut tidak ada yang tajam, jadi aman digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan air.

Keindahan alam semakin lengkap dengan adanya perkebunan yang ada di lokasi. Bukan kebun teh atau kopi, melainkan kebun karet yang sekilas mirip dengan hutan. Tiupan angin membuat suara alam indah berisik yang sesekali menjatuhkan satu atau dua daunnya. Objek wisata ini sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga dengan segala aktivitas yang bisa dilakukan.

2. Suasana Sejuk dan Asri

Masih berkaitan dengan pesona alam, namun kali ini bukan untuk dilihat, melainkan dirasakan. Seperti yang diketahui, suasana perkebunan karet yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadikan suasana sejuk dan asri. Cuaca dingin yang ada di Wisata Sungai Hijau ternyata menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu panas.

3. Keunikan Asal Sungai Hijau

Menurut warga sekitar, terdapat tiga versi yang diyakini dari keindahan Sungai Hijau, atau lebih tepatnya asal dari warna hijau yang dimiliki. Pendapat pertama mengatakan bahwa warna yang dihasilkan tersebut akibat dari air sungai yang sangat jernih. Kejernihan air dan batuan kecil yang ada di dasar sungai tersebut akhirnya memantulkan warna hijau dari pohon di sekitarnya. Hal ini diperkuat degan adanya penelitian dari pihak terkait beberapa tahun silam.

Lain halnya dengan pendapat kedua yang berasal dari tokoh supranatural. Konon air berwarna hijau tersebut akibat dari batu Giok yang bersemayam di dasar sungai. Warna hijau dari Giok tersebutlah yang memantulkan cahaya sehingga warna dari sungai terlihat hijau. Tentunya semua pengunjung tidak dapat melihat batu tersebut karena memang tidak kasat mata. Hanya beberapa orang tertentu yang bisa melihatnya dan meyakini keberadaannya, termasuk bagi mereka yang suka dengan hal berbau mistis.

Versi ketiga didapat dari penuturan warga sekitar yang mengatakan bahwa warna air dari Wisata Sungai Hijau tersebut memang sudah dari asalnya. Hal ini juga pernah dibuktikan seseorang yang membawa jerigen besar dan membawa air sungai tersebut ke sebuah tempat dimana tidak ada warna hijau di sekitarnya. Alhasil, warna air tetap saja hijau seperti ketika ada di sungai. Entah mau percaya yang mana, yang jelas keunikan warna air hijau ini menjadi salah satu daya tariknya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Sungai Hijau Kampar
Image Credit: Twitter surya traveling

Terletak di tengah-tengah perkebunan karet, Wisata Sungai Hijau tidak mudah ditempuh. Lokasi tepatnya berada di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kampar, Riau dengan jarak tempuh sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Bangkinang. Untuk dapat sampai ke lokasi, ada dua jalur atau rute yang bisa anda tempuh. Masing-masing jalur menuju ke gerbang yang berbeda, dengan pemilik berbeda pula.

Dari pusat kota Bangkinang, ambil arah yang menuju Tugu Batu Belah kemudian belok kiri. Silahkan lanjutkan perjalanan hingga menuju ke kompleks kantor Kabupaten Kampar. Lihat papan petunjuk yang berada di lokasi tersebut karena letak Sungai tidak jauh. Sedangkan alternatif kedua yaitu melewati jalan Ahmad Yani dan menuju ke Jalan Tuanku Tambusai. Dari titik tersebut, masuk ke Jalan Lingkar dan lanjutkan perjalanan kurang dari 5 menit hingga tiba di lokasi wisata.

Patinya anda mengira bahwa lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam sekaligus pemandian alami ini harganya lumayan mahal. Sayangnya, anggapan anda salah, Wisata Sungai Hijau hanya di banderol 10.000 rupiah untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda 2, dan 15.000 rupiah bagi yang menggunakan kendaraan roda 4. Harga tersebut termasuk lahan parkir yang tidak jauh dari lokasi sungai dan mempunyai luas yang cukup.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sungai Hijau

Aktivitas di Sungai Hijau
Image Credit: Twitter WowKeren

Setibanya di lokasi, anda bisa melakukan aktivitas apa saja sesuai keinginan. Tidak ada aturan khusus dalam melakukan kegiatan, hanya saja harus sesuai dengan etika dan sopan santun. Selain itu, tetap menjaga kebersihan adalah aturan utama yang harus dipatuhi ketika mengunjungi sebuah tempat wisata. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut aktivitas yang menarik dilakukan ketika anda berkunjung ke Sungai Hijau.

1. Berenang dan Bermain Air

Panjang sungai sekitar 400 meter, segala aktivitas yang berhubungan dengan air bisa dilakukan. Setiap pengunjung yang datang ke lokasi dipastikan bermain air di tepian sungai, atau bahkan berenang. Meskipun dikatakan sungai, namun kedalamannya tidak terlalu sehingga sangat memungkinkan untuk aktivitas berenang.

Seperti halnya sungai, kontur kedalamannya tidak merata. Paling dalam sekitar 1.5 meter atau dibawah leher orang dewasa. Sedangkan yang paling dangkal hanya 30cm, cocok digunakan untuk arena bermain anak. Apabila anda khawatir dengan kedalaman tersebut, pihak pengelola menyediakan pelampung dengan harga terjangkau. Cukup 5.000 rupiah untuk sekali sewa sampai anda meninggalkan lokasi.

Sayangnya, pengunjung tidak bisa melakukan lompat tebing sambil berenang. Hal ini dikarenakan tidak ada tebing di sekitar lokasi, hanya tepian tanah dan rumput hijau yang menghiasi. Meski demikian, aktivitas tersebut sangat menarik dilakukan. Apalagi jika berkunjung bersama rombongan, baik keluarga maupun teman kantor.

2. Menikmati Keindahan Wisata Sungai Hijau

Bagi anda yang tidak mau basah, baik dengan cara berenang atau bermain air, silahkan menikmati pemandangan yang ada di sekitar lokasi. Banyak pengunjung yang juga bersantai sambil menikmati panorama alam yang disajikan. Bagi yang membawa keluarga, baisanya mereka sambil mengawasi anak-anak bermain. Aktivitas yang kelihatannya tidak menarik ini ternyata mampu menyegarkan pikiran dari keletihan sehari-hari.

Santai semakin lengkap dengan adanya tikar yang bisa anda sewa di tempat penyewaan yang sama dengan pelampung. Harganya cukup terjangkau, hanya 10.000 rupiah untuk satu hari, atau sampai anda pulang dari Wisata Sungai Hijau. Sebenarnya, selama perjalanan ke lokasi juga didapat panorama alam yang tidak kalah menarik. Pengunjung disuguhi pemandangan kebun karet yang tampak dari luar sehingga terlihat seperti hutan belantara. Hijaunya pemandangan membuat mata sejuk dan pikiran lebih segar.

Aktivitas Menarik di Sungai Hijau
Image Credit: Google Maps alex eraglobal

3. Hunting Foto

Berfoto diri atau selfie merupakan aktivitas wajib ketika berlibur. Tujuan utamanya adalah untuk mengabadikan momen. Namun ada juga yang bertujuan untuk membagikan momen seru tersebut di media sosial. Tidak ada salahnya jika anda juga demikian, apalagi banyak spot menarik dan unik yang bisa dijadikan latar belakang foto. Sebut saja background perkebunan karet, anda bisa menjadikan hijaunya panorama alam tersebut untuk foto.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan air sungai untuk latar belakang yang menarik jika tepat dalam mengambil sudut pandang. Bagi yang sedang berenang, jangan lupa meminta tolong kepada teman untuk mengambil jepretan yang sempurna. Dikarenakan lokasinya yang selalu ramai, usahakan menentukan momen yang tepat ketika mengambil gambar.

4. Wisata Kuliner

Wisata Sungai Hijau dilengkapi dengan warung yang berada persis di tepi sungai. Penjual yang ada di sekitar lokasi tersebut merupakan penduduk setempat. Ada berbagai kuliner yang disediakan, kebanyakan dari makanan khas Riau dengan kelezatan dan keunikan rasanya. Ada juga yang paling laris dan cocok dinikmati ketika liburan, yakni mi instant.

Lokasinya yang nyaman dan berdekatan dengan sungai membuat banyak pengunjung yang juga menjadikannya tempat bersantai. Tidak harus membeli makanan, anda juga bisa membeli minuman hangat yang cocok karena udara di lokasi cukup dingin. Kopi dan jahe hangat adalah dua jenis minuman favorit sebagian besar pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungau Hijau Kampar
Image Credit: Google Maps Mitha Galingging

Sebagai objek wisata yang dikelola dengan baik, Sungai Hijau menyediakan berbagai fasilitas memadai, baik yang gratis maupun berbayar. Meskipun kebanyakan harus mengeluarkan biaya lebih, namun harganya tergolong murah. Ada toilet umum yang bisa anda gunakan untuk keperluan buang air atau sekedar ganti baju dengan tarif 2.000 rupiah. Ada juga lahan parkir yang sudah dalam satu paket tiket masuk.

Selain itu, pelampung dan tikar yang telah disebutkan diatas juga termasuk fasilitas yang bisa anda nikmati. Mushola yang berada tidak jauh dari lokasi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat ibadah. Supaya tetap bersih dan terlihat terawat, tersedia juga tempat sampah di beberapa titik sehingga anda bisa membuang bungkus makanan dengan mudah.

Objek Wisata Sungai Hijau tidak hanya memberikan kepuasan dalam hal mengisi liburan, namun juga mengajari kita bagaimana cara melestarikan alam. Bagi anda yang tertarik, usahakan datang ketika hari aktif karena tidak begitu banyak pengunjung yang memadati. Jadi anda bebas berekspresi dan menikmati pesona air sungai yang kadang keruh karena aktivitas pengunjung.