17 Tempat Wisata di Purbalingga

Setiap kota memiliki daya tariknya masing-masing. Selain memiliki makanan khas tentunya setiap daerah memiliki tempat wisata yang populer juga. Umumnya orang berlibur untuk bersenang-senang sejenak dari keramaian kota. Sehingga banyak orang yang memilih berlibur ke tempat-tempat yang asri.

Purbalingga sangat unggul dalam tempat wisata alam. Dimana Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata alam disana. Hanya pantai saja yang tidak ada di Purbalingga. Namun untuk air terjun, bukit, gunung dan pemandangan alamnya Purbalingga tidak ada saingannya.

Untuk pergi ke Purbalingga Anda bisa menggunakan kereta atau bus dari kota asal Anda. Namun, jika Anda naik pesawat maka Anda bisa turun di Jogja dan melanjutkan dengan bis. Udara sejuk dan bersih disana akan menyegarkan dan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Karena terdiri dari berbagai tempat wisata tentu akan bingung mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Untuk itu akan diulas beberapa Tempat Wisata di Purbalingga yang memiliki spot foto terbaik sehingga akan sayang jika dilewatkan.

1. Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci

Lokasi: Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Limakaki.com

Jika Anda menonton fim putri salju tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rumah Kurcaci. Rumah Kurcaci ini dibangun di Purbalingga dan dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat ini sangat ramai dikunjungi ketika libur karena harga masuknya cukup murah.

Rumah ini sangat mirip dengan yang ada di cerita donggeng. Anda bisa berfoto di depan rumah kurcaci ini dan mendapatkan foto yang unik. Disana juga terdapat beberapa wahana lain yang tentunya akan sangat indah jika Anda berfoto disana.

2. Curug Nagasari

Curug Nagasari

Lokasi: Pucungrumbak, Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @puspandanu

Tentunya Anda berlibur untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan penat. Curug Nagasari sangat cocok bagi Anda yang ingin menghirup udara segar dari air terjun. Disana terdapat air terjun setinggi 75 meter yang di dindingnya mengalir air. Terdapat kolam dibawah air terjunnya.

Ketika kesana sangat disarankan untuk Anda dekat dengan air terjunnya di samping sejuk, Anda juga bisa mendapatkan view foto terbaik disana. Anda bisa sejenak merendam diri untuk menenangkan pikiran Anda. Atau Anda juga bisa duduk di pinggir air terjun sambil menikmati keindahan pohon-pohon disana.

3. Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube (Bocahporka)

Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan gudang bunga. Disana terdapat berbagai jenis bunga yang memiliki warna yang indah. Katubawa ini merupakan spot foto terpopuler bagi kalangan wanita. Karena di setiap sudut tempat wisata ini Anda akan mendapatkan foto yang indah.

Anda bisa memanjakan mata Anda untuk menyaksikan keindahan warna bunga yang beragam. Disana juga terdapat berbagai spot foto yang lainnya dan tentunya akan sayang jika Anda lewatkan. Tempat ini cocok untuk Anda jadikan tempat berlibur bersama keluarga.

4. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

Lokasi: Jl. Ardi Lawet, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesia-tourism.com

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata yang memiliki track agak menanjak dan menantang maka pilihan untuk ke Puncak Sendaren merupakan hal yang tepat. Anda harus berusaha naik untuk bisa menikmati keindahan alam dan mendapatkan spot foto yang terbaik.

Dari atas Anda bisa melihat hamparan hijau sawah yang membentang luas serta merasakan hirupan udara yang segar. Spot foto disana kebanyakan menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Sehingga tentunya akan menghasilkan foto yang lebih kental dengan unsur alam.

5. Puncak Sibarat

Puncak Sibarat

Lokasi: Bawahan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @wisatagunungwuled

Jika Anda merupakan orang yang menyukai sunrise maka tempat ini sangatlah wajib untuk Anda kunjungi. Memang mendaki ke tempat ini agak sulit dan jauh. Namun ketika Anda sampai di puncaknya maka Anda bisa menikmati sunrise yang indah. Hal tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain menikmati sunrise Anda juga bisa mengambil foto selfie dengan background pemandangan yang indah. Tempat ini cukup ramai pengunjungnya ketika memasuki liburan. Karena disana akan memberikan Anda ketenangan hati dan jiwa dan sejenak untuk bersantai.

6. Jembatan Cinta Pring Wulung

Jembatan Cinta Pring Wulung

Lokasi: Tipar, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Trivindo.com

Jembatan cinta pring wulung ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Selain memiliki keindahan taman, tempat ini memiliki berbagai spot foto yang romantis. Akan sangat cocok jika Anda berlibur dengan pasangan.

Berbagai warna berbentuk love dibuat dari kayu dan dikelilingi oleh berbagai bunga yang indah. Anda bisa mengambil foto dengan pasangan dengan latar pemandangan yang serba romantis ini. Anda bisa menghabiskan waktu dengan pasangan disana.

7. Jembatan Lampion Desa Bawahan

Jembatan Lampion Desa Bawahan

Lokasi: Bawahan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Visitedpurbalingga.blogspot.com

Lampion merupakan lampu-lampu yang dibungkus dengan bentuk ornamen yang membuat tampilan menjadi indah. Jembaran lampion desa bawahan ini merupakan spot foto yang terletak di tengah persawahan. Spot foto ini dikelilingi dengan lampion yang indah.

Jembatan Lampion Desa Bawahan ini menjadi salah satu obyek wisata malam yang menarik. Karena pada malam hari lampion akan dinyalakan dan memancarkan keindahan. Namun pada siang hari pemandangan disana juga tidak kalah cantiknya.

8. Puncak Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet

Lokasi: Kab. Brebes, Kab. Banyumas, Kab. Purbalingga, Kab. Tegal, dan Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Manggaul.com

Puncak Gunung Slamet ini merupakan tujuan utama banyak para wisatawan datang ke Purbalingga. Jalan untuk bisa naik hingga puncak merupakan suatu tantangan karena jalannya tidak terlalu bagus dan susah mendapatkan sumber air.

Untuk itu jika Anda ingin datang kesini haruslah mempersiapkannya dengan baik. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang. Meskipun jalannya sulit namun diatas Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena melihat pemandangan yang begitu indah.

9. Curug Tempuran

Curug Tempuran

Lokasi: Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Pasberita.com

Curug Tempuran ini terletak tidak jauh dari pusat kota Purbalingga sehingga tentunya akan mudah untuk dijangkau. Curug Tempuran ini menawarkan kolam dengan air yang jernih dan segar. Anda tidak perlu melewati jalan yang susah karena letaknya sudah dekat dari pintu masuk.

Karena berukuran besar, Curug Tempuran ini biasanya digunakan para pengunjung sebagai tempat berenang sambil mendengarkan kucuran air yang turun. Namun jika Anda ingin berfoto diatas Anda harus menaiki beberapa jalan yang agak berbatu.

10. Rumah Pohon Igir Wringin

Rumah Pohon Igir Wringin

Lokasi: Bantarbarang, Rajawana, Karangmoncol, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Masdain Trizeronine)

Berkonsep dengan rumah pohon, Destinasi Wisata di Purbalingga ini menjadi salah satu spot foto terbaik. Disana rumah pohon dibangun lebih besar dan bahkan bisa dinaiki oleh orang dewasa. Ketika Anda berfoto disana maka akan terlihat keindahan alam Purbalingga.

Namun, untuk mengambil foto diatas rumah pohon Anda harus menggunakan perlengkapan keselamatan. Karena letaknya yang cukup jauh diatas maka Anda harus menaiki tangga untuk sampai ke puncaknya. Sampai diatas Anda bisa berpose untuk mendapatkan foto terbaik.

11. Owabong Waterpark

Owabong Waterpark

Lokasi: Jl. Raya Owabong No. 1, Bojongsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Anak-ank tentu cenderung menyukai permainan air dan berenang. Jika anak Anda menyukainya maka pilihan yang tepat jika Anda mengunjungi Owabong Waterpark ini. Disana disediakan beberapa wahana bagi anak-anak bermain air. Owabong Waterpark ini memiliki tempat yang sangat luas dan memiliki beberapa wahana.

Anda bisa merasakan ombak buatan yang akan dihadirkan pada jam-jam tertentu. Fasilitas yang tersedia disana cukup lengkap mulai dari makanan, jajanan dan lain sebagainya. Sehingga tentunya Anda akan betah berlama-lama disini bersama keluarga Anda.

12. Bukit Mertelu

Bukit Mertelu

Lokasi: Sangkanayu, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Idntrip.com

Purbalingga memang kaya akan tempat wisata yang bertemakan dengan alam. Satu lagi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika ke Purbalingga yaitu Bukit Mertelu. Disamping memberikan pemandangan yang indah dan asri, bukti Mertelu ini akan menawarkan sensasi berfoto dengan cara yang berbeda.

Anda akan diberikan pengalaman berfoto berayun atas pemandangan alam yang indah. Memang wahana ini tidak terlalu tinggi namun membutuhkan keberanian juga untuk mengambil foto disana. Selain ayunan terdapat juga balon udara. Anda bisa berfoto seperti sedang menaiki balon udara. Tentunya hal tersebut akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan bagi Anda.

13. Desa Wisata Serang

Desa Wisata Serang

Lokasi: Karangreja, Gerdu, Serang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Desa wisata Serang ini memang dibangun untuk dijadikan sebagai objek wisata. Disana begitu rapi dengan berbagai pemandangan yang mengesankan. Disana terdapat kebun strawberry yang bisa Anda petik bersama keluarga. Disana juga terdapat beberapa wahana untuk menguji adrenalin Anda.

Desa wisata Serang ini sangat luas dan Anda bisa berpiknik bersama keluarga. Anda bisa membawa tiker dan beberapa makanan dan menghabiskan waktu bersama keluarga disana. Untuk spot fotonya jangan diragukan lagi. Disana full dengan spot foto yang bisa Anda ambil dengan indah.

14. Desa Wisata Panusupan

Desa Wisata Panusupan

Lokasi: Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Trivindo.com

Desa Wisata Panusupan ini memang dibuat untuk para pecinta sosial media. Karena disana menyediakan berbagai spot foto menarik dengan pemandangan yang sangat indah. Desa ini memiliki ukuran yang cukup luas sehingga Anda bisa memilih sendiri spot foto mana yang Anda sukai.

Disana dibangun beberapa spot foto seperti sarang burung, jembatan, tempat duduk yang berada ditepi. Sehingga ketika Anda mengambil gambar maka akan langsung terlihat pemandangan yang indah. Foto bertemakan alam sedang banyak disukai di sosial media.

15. Bendungan Slinga

Bendungan Slinga

Lokasi: Jl. Bend., Slinga, Kaligondang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Bendungan-slinga-slinga-dam.business.site

Bendungan memang dibangun untuk mengelola pasokan air yang terdapat di Purbalingga. Namun berbeda dengan bendungan Slinga ini, disana sudah terdapat jembatan yang berada di pinggir bendungan. Dan banyak pengunjung yang suka berfoto disana.

Selain itu dipinggiran bendungan dibangun gazebo bambu dimana pengunjung bisa duduk dan menikmati sore dengan pemandangan matahari terbenam. Banyak yang sering datang kesana karena tempat ini dirasa nyaman dan tenang.

16. Telaga Situ Tirta Marta

Telaga Situ Tirta Marta

Lokasi: Karangcegak, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Nurlaela Qodriah)

Telaga Situ Tirta Marta ini menjadi populer karena memiliki spot foto dibawah air. Memang tempat ini dibangun sebagai tempat rekreasi air untuk keluarga. Anda bisa sambil berenang dan berfoto di dalam air.

Didalam air juga telah disediakan berbagai ornamen menarik seperti karang dan lain sebagainya. Sehingga ketika Anda mengambil foto maka akan terlihat seperti Anda mengambilnya di laut. Meskipun tidak terlalu dalam namun pengambilan foto di telaga ini tampak bagus.

17. Sanggaluri Park

Sanggaluri Park

Lokasi: Jl. Raya Taman Reptile, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelgaul.com

Sanggaluri Park merupakan taman edukasi yang dibangun untuk memberikan pelajaran tentang ular dan juga serangga. Namun disana dibangun dengan lebih menarik sehingga anak tidak akan bosan belajar disana.

Di Sanggaluri Park juga terdapat beberapa wahana tantangan untuk anak-anak seperti naik kuda, mencari ular mainan dan mobil-mobilan. Disana anak bisa belajar sambil bersenang-senang. Karena hal tersebutlah banyak orang tua yang mengajak anaknya ke tempat ini.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Purbalingga favorit yang wajib Anda kunjungi. Purbalingga kaya akan keindahan alamnya dan berbagai tempat wisata juga menawarkan berbagai spot foto yang indah dan menarik. Berlibur kesana tentunya bisa menambahkan koleksi foto-foto bagus Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak