Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang menarik dieksplor di Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional yang terdiri dari vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan dan hutan asri nan hijau, serta terdapat penginggalan bersejarah Goa Jepang.

Harga Tiket: Rp 16.000, Jam Operasional: 07.30-16.00 WIB, Alamat: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu kawasan konservasi yang menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Wilayah ini memiliki luas sekitar 25.000 hektar dengan berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi.

Topografi dari wilayah ini bermacam-macam, dengan dataran dan pegunungan mencapai ketinggian antara 0 – 1247 mdpl. Bentang alam yang disuguhkan pada kawasan ini cukup unik, karena memadu padankan antara berbagai macam bioma yakni bioma sabana atau savana, bioma hutan musim, dan bioma hutan bakau.

Apabila ingin berkunjung, disarankan untuk berkunjung pada musim kemarau antara Juni-Agustus agar dapat menyaksikan gerombolan satwa menuju padang savana. Terdapat banyak spot menarik untuk berbagai macam keperluan seperti foto pre-wedding, TVC, filmografi bahkan dokumenter flora dan fauna asli kawasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Baluran

Daya Tarik Taman Nasional Baluran
Image Credit: Google Maps (Afifathun Nu’Man)

1. Savana Bekol

Padang rumput kering dengan luas kurang lebih sepuluh ribu hektar dan menjadi tempat singgah para hewan seperti banteng, rusa, kijang bahkan macan tutul. Apabila beruntung, pengunjung dapat melihat merak yang mengepakkan ekornya. Sejatinya savana ini apabila musim hujan akan berubah menjadi hamparan padang rumput yang luas dan subur.

Di lokasi ini pengunjung dapat melihat Gunung Baluran dan terdapat spot foto berupa kumpulan kepala banteng yang diletakkan diatas kayu, sehingga pengunjung dapat merasakan suasana berbeda seperti berada di luar negeri.

2. Pantai Bama dan Pantai Kajang

Daya tarik lain yang terdapat pada Taman Nasional ini adalah wilayah pantainya. Selain memiliki berbagai macam jenis hutan, ternyata keunikan lain datang dari Pantai bama. Pasir putih, air yang jernih serta berdekatan dengan hutan bakau yang cukup luas dapat menjadi alternatif lain bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di tengah savana.

Namun, pengunjung harus waspada kerena di Pantai Bama banyak sekali kera yang berkeliaran dan mengincar barang bawaan pengunjung. Selain itu, terdapat pantai lain yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bama yakni Pantai Kajang. Letaknya cukup terpencil dan terletak pada garis pantai yang lebih jauh, namun suasana yang ditawarkan tidak kalah asik dari pantai Bama.

3. Hutan Evergreen

Hutan ini berada di pintu masuk Taman Nasional Baluran, hutan evergreen adalah awal dari petualangan di kawasan taman nasional karena pada saat memasuki kawasan hutan, pengunjung akan disambut dengan berbagai macam hewan liar yang masih bebas berlalu lalang seperti merak, tapir, kijang, monyet dan lain sebagainya.

Hutan ini dialiri sungai sehingga tanahnya basah dan hutan menjadi subur, hal ini yang mendasari penamaan “evergreen”. Saat memasuki hutan, kita akan merasa seperti berada diantara lorong hijau. Dengan pemandangan hewan liar di kanan-kiri tentunya.

Daya Tarik Dimiliki Taman Nasional Baluran
Image Credit: Google Maps (Alexander Pratomo)

4. Panjat Tebing

Bagi pecinta kegiatan ekstrem, panjat tebing dapat menjadi opsi untuk menyalurkan hobi. Curah Tangis adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi, dengan kemiringan sekitar delapan puluh lima persen dan ketinggian 10-30 meter akan memberikan sensasi yang berbeda pada wisata ini. Tentu saja dengan memperhatikan protokol keselamatan yang disediakan oleh pihak pengelola.

5. Hutan Mangrove

Mangrove menjadi elemen penting dalam ekosistem pantai, beruntungnya tidak jauh dari kawasan Pantai Bama terdapat hutan mangrove yang memberikan sinergi untuk wilayah garis pantai. Kita dapat melihat pohon mangrove dari beberapa spesies tumbuh didalam hutan ini. Bahkan mangrove tertua di Asia.

Namun, saat Anda memutuskan untuk menjelajahi hutan mangrove ini pastikan Anda ditemani dengan pemandu lokal agar tidak tersesat jauh ke dalam hutan. Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan safety, tidak ada wangi parfum yang menyengat dan antisipasi untuk membawa lotion anti nyamuk. Karena nyamuk-nyamuk pasti mengantri untuk menggigit.

6. Goa Jepang

Puas dengan adventure dengan alam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu goa peninggalan Jepang disekitar TN Baluran. Goa ini terlihat tidak begitu kokoh,namun layak untuk dikunjungi sebagai penambah khasanah ilmu sejarah kita tentu saja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Taman Nasional Baluran

Alamat Taman Nasional Baluran
Image Credit: Twitter.com @hardisams

Taman Nasional ini secara administratif termasuk dalam dua wilayah Kabupaten, yakni Situbondo dan Situbondo Jawa Timur. Detailnya, letak dari kawasan ini berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Sehingga akses untuk menuju kawasan ini hanya perlu mengikuti rute jalur Situbondo – Situbondo.

Perjalanan dapat ditempuh dengan berbagai macam kendaraan, jalur utama dari kawasan ini melewati Kabupaten Situbondo. Dari pusat kota Situbondo melewati rute ke arah Batangan (dengan jarak tiga puluh lima kilometer), dilanjutkan menuju Bekol dengan estimasi waktu empat puluh lima menit perjalanan. Setelah itu perjalanan dapat dilanjutkan menuju Banyuputih.

Yang perlu diperhatikan saat akan melakukan traveling menuju kawasan ini adalah, kondisi tubuh dan kendaraan harus prima. Karena pada saat memasuki wilayah Taman Nasional, jalanan yang terjal dan berbatu masih banyak ditemui. Tidak dianjurkan juga untuk melakukan perjalanan di sore menjelang malam atau malam hari apabila menggunakan motor.

Kawasan wisata TN Baluran Situbondo dikelola oleh pemerintah. Harga retribusi untuk tiket masuk bervariasi, berikut rincian harga tiket masuk : pada hari biasa wisatawan domestik dikenakan tarif sebesar Rp 16.000, sedangkan untuk hari libur sebesar Rp 18.500.

Berbeda dengan wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran harga tiket masuk untuk weekday sebesar Rp 165.000, dan pada weekend Rp 240.000. Harga tiket parkir berkisar antara Rp 5000 – Rp 50.000. Biaya parkir motor Rp 5000, untuk mobil Rp 10.000 dan untuk bus Rp 50.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Nasional Baluran

Kegiatan di Taman Nasional Baluran
Image Credit: Google Maps (Aldi Andreansyah)

1. Menikmati Sunset dan Sunrise

Saat mengunjungi tempat yang indah dengan berbagai macam pemandangan alam tentu saja momen untuk menikmati sunset dan sunrise sangat dinantikan. Apabila ingin menikmati sunrise, pengunjung dapat mulai menjelajah di kawasan Taman Nasional Baluran ini pada pukul 04.00 WIB dini hari, sambil menikmati sejuknya udara pagi hari.

Dan saat menjelang petang, pemandangan menanti matahari terbenam (sunset) dapat dinikmati di sekitar kawasan Pantai Bama sambil mengabadikan momen dengan orang-orang spesial.

2. Mengunjungi Dermaga Mangrove Bama

Dermaga ini letaknya sedikit tersembunyi di tengah hutan mangrove, namun dari dermaga ini pengunjung dapat melihat langsung pemandangan pantai nan indah, aneka satwa pantai seperti kepiting, bangau dan burung-burung laut menambah eksotisme tempat ini. Mangrove dengan diameter terbesar se-Asia juga ada di dalam hutan ini.

Suasana di dermaga ini juga sangat romantis, sehingga cocok digunakan sebagai tempat untuk foto sebelum pernikahan, maupun foto-foto romantis lainnya sebagai kenangan. Baiknya jangan terlalu larut pada saat mengunjungi dermaga ini, karena jaraknya cukup jauh dari pusat pantai.

3. Pengamatan Satwa dari Menara Pantau

Karena TN Baluran ini merupakan kawasan konservasi, maka menara pantau juga disediakan untuk mengamati flora dan fauna. Kita dapat melihat keseluruhan Taman Nasional dari ketinggian, mengamati pergerakan satwa serta menikmati semilir angin dari atas menara.

Kegiatan Dilakukan di Taman Nasional Baluran
Image Credit: Facebook.com @Unilubis

4. Melakukan Observasi dan Penelitian

Kondisi iklim dan ekosistem yang unik menarik minat para peneliti untuk mempelajari lebih lanjut dan mengkaji fenomena alam pada kawasan ini. Kebanyakan yang mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah mahasiswa-mahasiswi atau para peneliti.

Hanya sekedar untuk melakukan praktikum lapangan atau penelitian lebih lanjut. Aktivitas penelitian tersebar di berbagai titik Taman Nasional,mulai dari pantai,savanna, maupun hutan. Dengan berbagai macam bidang ilmu yakni biologi, geografi maupun statisika.

5. Memancing dan Berenang

Bicara soal pantai, tentu saja berenang dan memancing dapat menjadi aktivitas utama yang dilakukan pengunjung. Kita dapat melakukan kegiatan tersebut di Pantai Bama maupun Pantai Kajang yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bama.

Satu hal yang perlu diingat saat akan melakukan kegiatan air yakni selalu hati-hati akan keselamatan dan tidak merusak lingkungan. Memperhatikan kelestarian lingkungan tentu saja menjadi bagian tanggung jawab dari pengunjung.

6. Tracking Area

Kawasan TN Baluran ini sangat cocok untuk dijadikan tempat tracking atau penjelajahan menggunakan motor atau mobil jeep. Bagi Anda pecinta otomotif, kenikmatan menyusuri daratan tandus dengan melihat satwa liar berlarian tentu saja menjadi kepuasan tersendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Baluran Situbondo

Fasilitas Taman Nasional Baluran
Image Credit: Google Maps (Nurul Afifah)

Bagi pengunjung yang ingin berlama-lama di Taman Nasional Baluran tidak perlu khawatir akan penginapan, karena kawasan ini menyediakan penginapan yang terdapat pada Savana Bekol dan Pantai Bama. Fasilitas disini yakni ada kamar bilas, tempat ibadah dan warung makan juga tersedia.

Fasilitas pendukung seperti guide, spot surfing dan penjaga pantai juga ada. Untuk melakukan reservasi kamar dalam jumlah besar seperti study tour atau kegiatan lain baiknya dilakukan jauh-jauh hari agar pihak pengelola dapat mengosongkan kamar penginapan sehingga tidak terjadi overload dengan pengunjung lain.

Pengunjung juga dapat mengabadikan momen berwisata dengan mengambil gambar di Taman Nasional Baluran karena setiap lokasi dari tempat ini sangat epic dan instagramable. Berwisata sambil mengenal berbagai macam jenis flora dan fauna sangatlah luar biasa.