19 Tempat Wisata di Situbondo Terbaru & Terhits Dikujungi

Tempat Wisata Situbondo

Ingin Liburan di Situbondo? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Situbondo, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Bisa Anda Pilih Saat Liburan.

Situbondo merupakan daerah yang memiliki rekomendasi destinasi wisata cukup lengkap. Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memang memiliki banyak pesona alam yang cocok untuk dikunjungi. Ada banyak objek wisata yang mempesona dan menarik seperti situs bersejarah, air terjun, situs budaya, maupun tempat yang sengaja dibuat untuk spot foto.

Apabila ingin berlibur, Situbondo merupakan salah satu referensi tujuan yang harus dikunjungi. Walaupun tidak seterkenal kota lain tetapi di daerah ini nyatanya mempunyai tempat yang tidak kalah keren. Berikut daftar tempat wisata menarik yang ada di Situbondo yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Gunung Baluran

Gunung Baluran

Image Credit: Wikipedia.org

Gunung Baluran merupakan salah satu tempat wisata di Situbondo tetapi masih masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Baluran. Gunung Baluran sekarang sudah tidak aktif lagi sebagai gunung berapi.

Terdapat banyak lereng yang mengelilingi gunung ini dan terbelah oleh lembah juga diikuti jurang berbatu berada di tengahnya. Disaat datang musim hujan, maka jurang akan menampung air dan akan mengering saat musim kemarau datang.

Lokasi: Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

2. Savana Bekol

Sabana Bekol

Image Credit: Justgola.com

Di dalam taman nasional baluran juga terdapat sebuah savana yang dikenal dengan nama Savana Bekol. Savana ini merupakan area yang mendominasi semua lokasi di taman nasional baluran. Di Afrika sendiri, savana bekol sangat terkenal sama halnya dengan di Indonesia.

Tumbuhan yang banyak tumbuh di Kawasan savana berupa hamparan rumput dan pepohonan. Selain itu, banyak juga satwa liar yang membuat ekosistem di sana. Savana ini banyak didominasi tanaman Acacia nilotica yang akan tumbuh dengan baik di saat musim hujan serta akan mengering di musim kemarau.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

3. Kampung Kerapu

Kampung Kerapu

Image Credit: Melancongkuy.com

Dikenal dengan nama kampung kerapu karena terdapat puluhan keramba yang berisi ikan kerapu. Hal yang menarik untuk dikunjungi dari tempat ini adalah adanya dermaga yang mengapung di atas air berbentuk melingkar.

Bentuknya yang menarik, cocok digunakan sebagai spot foto instagramable. Dermaga ini memiliki posisi yang menjorok ke tengah laut dengan kayu sebagai bahan konstruksinya. Apabila berada di atas dermaga, maka Anda akan dapat melihat puluhan keramba ikan kerapu.

Lokasi: Gundit, Klatakan, Kec. Kendit, Kab. Situbondo.

4. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Image Credit: Wisatabagus.com

Jika kamu berasal dari Kabupaten Situbondo, tentu saja sudah familiar dengan tempat ini. Taman wisata ini merupakan salah satu destinasi yang bisa dikatakan miniaturnya Afrika karena mirip dengan padang savanna di benua Hitam tersebut.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Populer

Apabila musim hujan tiba, maka pepohonan di taman ini akan tumbuh hijau dan menyejukkan mata. Tetapi bila musim kemarau tiba, rasa panas serta gersang akan sangat terasa di daerah ini.

Luas taman nasional ini berkisar sekitar 25.000 hektar dengan wilayah yang utama berupa padang rumput yang terhampar luas. Tempat ini seperti sebuah perkampungan dengan penghuninya yang berupa satwa-satwa liar.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

5. Klenteng Poo Tong Biaw

Klenteng Poo Tong Biaw

Image Credit: Rahmankamal.com

Klenteng yang digunakan beribadah umat Tri Dharma ini memiliki arsitektur yang menawan. Walaupun untuk tempat ibadah, klenteng Poo Taw Biaw juga banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat isi dalam klenteng.

Seperti klenteng pada umumnya, tempat ini memiliki benda-benda yang khas dari agama Budha, misalkan relief dewa, bejana untuk wadah dupa, patung naga, dan banyak yang lainnya. Banyak lilin menyala apabila Anda memasuki tempat ini dan akan rutin diganti oleh orang yang menjaga klenteng.

Lokasi: Besuki, Kec. Besuki, Kab. Situbondo.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Wanawisataperhutani.blogspot.com

Situbondo juga memiliki banyak pantai indah, salah satunya pantai pasir putih. Pantai ini memiliki letak di selat Madura. Pasirnya yang putih bersih tampak membentang di sepanjang bibir pantai.

Pantai pasir putih ini sangat terkenal baik dari warga setempat maupun turis yang datang berkunjung. Jangan lupa untuk snorkeling bila datang ke sini. Pemandangan koral yang indah dengan ikan warna-warni akan menjadi suguhan pertama apabila menyelam di pantai pasir putih.

Lokasi: Pandansari, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo.

7. Pantai Pethek

Pantai Pethek

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai pethek atau juga dikenal dengan nama pantai Geung ini berada di jalur pantura sehingga banyak disinggahi para pengemudi kendaraan yang ingin beristirahat. Apabila Anda suka memancing, maka pantai ini cocok didatangi.

Sore hari di pantai pethek akan didominasi oleh pemandangan nelayan yang sedang mencari ikan. Pantai ini memiliki banyak fasilitas seperti rumah makan dan penginapan. Menikmati kuliner khas pesisir tentu saja cocok dilakukan disini sembari melihat pemandangan pantai yang indah.

Lokasi: Jl. Pantai Pathek, Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo, Kab. Situbondo.

8. Pantai Bilik

Pantai Bilik

Image Credit: Nulspounya456789.blogspot.com

Pantai Bilik berlokasi di dalam Taman Nasional Baluran. Pantai ini menawarkan keindahan wisata laut yang mempesona. Jika ingin berkunjung ke tempat ini jangan lupa bawa bekal dan tikar untuk dinikmati bersama.

Air lautnya yang jernih serta ombaknya yang tidak terlalu besar membuat tempat ini cocok untuk merilekskan pikiran. Pantai ini memiliki nuansa pegunungan dan cocok disambangi jika sedang berlibur.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

BACA:  13 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

9. Waduk Bajul Mati

Waduk Bajul Mati

Image Credit: Reresepan.com

Waduk yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo ini sebelumnya menjadi sarana pengairan serta pembangkit listrik. Tetapi berwisata di waduk bajul mati menjadi salah satu rekomendasi untuk menghabiskan sore Anda.

Jika menyambangi tempat ini, hal yang pertama dirasakan adalah kesejukan udaranya. Lokasinya yang luas maka perlu menggunakan mobil atau motor untuk menyusurinya.

Lokasi: Baluran, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

10. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong

Image Credit: Wisatasitubondoblog.wordpress.com

Bagi kalangan anak muda, tempat ini sangat populer apalagi yang suka eksplore Instagram. Untuk mencapai tempat ini, jarak 2 km harus ditempuh dengan berjalan kaki karena jalannya yang tidak dapat dilewati kendaraan.

Memang jarak yang ditempuh lumayan jauh, rasa lelah pun tidak bisa dipungkiri. Tetapi rasa lelah itu akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan alam yang alami dan belum banyak dikunjungi orang. Tempat ini cocok untuk dijadikan spot foto yang bagus dan bernuansa alam.

Lokasi: Secang Barat, Kalisari, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo.

11. Bendungan Curah Cottok

Bendungan Curah Cottok

Image Credit: Ihategreenjello.com

Bendungan ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengairi sawah di daerah itu. Bendungan curah cottok memiliki sumber air berasal dari air waduk dan air hujan.

Bendungan ini banyak dikunjungi saat sore hari. Menikmati senja di pinggir bendungan merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan. Hamparan air yang luas tentu saja akan menenangkan pikiran apabila dinikmati.

Lokasi: Curah Cottok, Kec. Curah Cottok , Kab. Situbondo.

12. Kebun Kopi Kayu Mas

Kebun Kopi Kayu Mas

Image Credit: Lensapena.id

Bagi Anda yang menyukai suasana sejuk perkebunan, tempat ini cocok untuk disambangi. Dinginnya udara bercampur dengan hijau daun kopi yang berada di perkebunan ini dapat menjadi rekomendasi tempat berlibur Anda.

Apabila telah sampai di tempat ini, maka Anda dapat menikmati sajian kopi arabika yang dibuat langsung dari perkebunan. Kopi dengan cita rasa asam, pahit, serta manis ini tentu saja akan memanjakan lidah setelah Lelah beraktivitas.

Lokasi: Pelle, Kayumas, Kec. Arjasa, Kab. Situbondo.

13. Wisata Arung Jeram

Wisata Arung Jeram

Image Credit: Mohammadbalok.weebly.com

Jika ingin mengunjungi tempat yang memacu adrenalin dan olahraga air, maka tempat ini cocok untuk dikunjungi. Wisata air yang cukup menantang ini dapat didatangi untuk

mencoba tantangan di sana. Sensasi luar biasa akan Anda dapatkan setelah melakukan salah satu olahraga air di Situbondo ini.

Saat menyusuri sungai, pemandangan sawah serta tebing yang berada di sekelilingnya akan turut menjadi penambah keindahan tempat ini. Banyak batu terjal yang akan dilewati, jadi hati-hati dalam menjaga keseimbangan jika tidak ingin terjatuh.

Lokasi: Bantal, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo.

14. Pelabuhan Panarukan

Pelabuhan Panarukan

Image Credit: Trialgame.id

Pelabuhan ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang berupa dermaga dan sudah ada sejak zaman penjajah kolonial Belanda. Pelabuhan panarukan berdiri pada tahun 1880.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Paling Populer

Dulu Pelabuhan ini digunakan sebagai dermaga untuk kapal besar yang melintas. Akan tetapi adanya pendangkalan pantai yang kerap terjadi membuat dermaga ini juga digunakan untuk melabuh kapal-kapal kecil. Suasana matahari terbenam di tempat ini akan membuat candu Anda untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Kalimas Baru No.101, Pesisir Tengah, Kilensari, Kec. Panarukan, Kab. Situbondo.

15. Kolam Renang Tirta Pandawa

Kolam Renang Tirta Pandawa

Image Credit: Wisatatempatku.com

Bagi Anda yang suka berenang dan ingin berenang apabila sedang mengunjungi Situbondo, maka tempat ini cocok untuk menjadi rekomendasi tempat untuk dikunjungi.

Kolam renang ini cocok jika didatangi Bersama keluarga. Ada dua fasilitas yang tersedia di sini. Kolam renang khusus anak-anak dan satu lagi untuk dewasa. Kolam renang ini berair jernih dan bersih walaupun banyak pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Pb. Sudirman No.RT.003, Karangasem, Patokan, Kec. Situbondo, Kab. Situbondo.

16. Pantai Bama

Pantai Bama

Image Credit: Merahputih.com

Banyak orang yang tidak mengetahui lokasi pantai ini dikarenakan lokasinya yang berada di ujung taman nasional Baluran. Karena tidak banyak didatangi wisatawan, menjadikan tempat ini memiliki biota laut yang tumbuh dengan baik.

Terdapat hutan bakau di pantai ini dengan kera liar yang hidup di sana. Bila ingin pergi ke sini, Anda harus menyeberangi jembatan di sela-sela hutan bakau. Ujung jembatan yang teduh banyak digunakan para pengunjung untuk memancing ikan.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

17. Puncak Rengganis Argopuro

Puncak Rengganis Argopuro

Image Credit: Jelajahnesia.com

Argopuro merupakan nama gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung dengan ketinggian 3.088 meter ini merupakan bagian dari pegunungan di Purbolinggo. Puncak Rengganis berada berada di gunung Argopuro.

Terdapat situs peninggalan sejarah berupa teras berundak di puncak Rengganis. Tempat yang merupakan bekas kawah belerang ini mengandung nilai sejarah yang belum terungkap hingga saat ini.

Lokasi: Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo.

18. Padang Rumput Sikasur

Padang Rumput Sikasur

Image Credit: Facebook.com @pergiberwisata

Padang rumput sikasur memiliki hamparan luas rumput hijau yang menyegarkan mata. Memang terasa gersang apabila datang ke tempat ini di musim kemarau, tetapi tempat ini memiliki spot foto yang instagramable sehingga banyak dikunjungi.

Tidak hanya hamparan lumut, ada juga danau Sitanjung yang indah. Bagi Anda yang menyukai fotografi, tempat ini dapat dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo.

19. Pantai Lempuyang

Pantai Lempuyang

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Pantai ini menawarkan pasir putih serta air laut yang jernih. Pemandangan karang laut yang alami juga menjadi daya Tarik tempat ini. Bibir pantai akan terlihat seperti huruf U apabila dilihat dari ketinggian.

Panorama yang indah di pantai ini semakin diperkaya dengan pohon mangrove yang tumbuh. Tempat menarik ini berada di dalam taman Nasional Baluran.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Situbondo yang harus Anda sambangi. Bagaimana, wisata disana tidak kalah menarik dari kota lain bukan? Jangan lupa menghabiskan liburan Anda untuk mengunjungi Situbondo.