10 Oleh-Oleh Khas Lamongan Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Lamongan

Lamongan merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang ramai ketika musim liburan. Selain menawarkan berbagai wisata alam maupun buatan disana, terdapat banyak kuliner maupun jajanan yang bisa kita cicipi ketika berwisata kesana. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga dan kawan terdekat.

Umumnya makanan maupun jajanan khas Lamongan memiliki keunikan tersendiri, sehingga cita rasanya tidak bisa Anda temukan di kota lain. Beragam buah tangan bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh maupun souvenir yang terletak di setiap sudut kota Lamongan.

Jangan salah, harga yang ditawarkan untuk tiap oleh-olehnya cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang hanya untuk membeli buah tangan bagi keluarga. Apabila dalam waktu dekat ini berniat untuk mengunjungi Lamongan, berikut daftar yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas Lamongan.

1. Jumbrek

Jumbrek

Image Credit by Suaramuslim.net

Merupakan jajanan khas Lamongan yang cukup populer dan dinikmati oleh berbagai kalangan wisatawan, lokal maupun luar negeri. Cita rasanya unik dengan campuran rasa manis dengan tekstur yang lembut.

Jumbrek merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan santan serta gula jawa. Kemudian adonan dibungkus dengan daun siwalan, jenis pohon yang sering ditemui di Lamongan, dibentuk mirip kerucut kemudian dikukus hingga matang.

2. Marning Khas Lamongan

Marning Khas Lamongan

Image Credit by Oleh2kotalamongan.blogspot.com

Marning merupakan jenis camilan tradisional yang terbuat dari jagung yang dikeringkan, kemudian digoreng hingga kering. Teksturnya renyah dan memilik rasa yang gurih, sehingga cocok untuk teman mengobrol dan oleh-oleh bagi keluarga.

Camilan ini memiliki daya simpan yang cukup lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir marning akan cepat basi. Bagi Anda yang membutuhkan waktu lama untuk sampai ke kampung halaman, bawalah marning sebagai alternatif jajanan.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan

3. Wingko Babat

Wingko Babat

Image Credit by Wikipedia.org

Wingo merupakan jajanan tradisional Lamongan yang terbuat dari kelapa. Rasanya manis dan gurih, sehingga sering dijadikan pilhan oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga.

Sedangkan pemilihan nama Babat, memang dimaksudkan untuk merujuk Babat, desa tempat Wingko ini banyak diproduksi.  Tersebar hampir di seluruh outlet penjualan cinderamata, membuat wingko babat mudah di dapatkan.

4. Ental

Ental

Image Credit by Jejakpiknik.com

Ental merupakan dawet yang terbuat dari buah siwalan yang dicampur tepung beras, sehingga cita rasa yang dihasilkan manis dan menyegarkan. Harganya juga cukup terjangkau, hany sekitar 5.000 rupiah untuk satu porsinya.

Namun ental merupakan minuman yang tidak bertahan lama. Oleh karena itu, hanya cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk mereka yang bertempat tinggal tidak jauh dari Kota Lamongan. Jika dibiarkan terlalu lama, ental akan mengental dan menjadi basi.

5. Keripik Sunduk

Keripik Sunduk

Image Credit by Jejakpiknik.com

Anda yang menyukai kuliner seafood, camilan kerupuk sunduk tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, keripik sunduk juga sering dibawa sebagai oleh-oleh ataupun buah tangan karena daya tahannya yang cukup lama, namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Keripik ini memiliki bahan dasar ikan sunduk, salah satu jenis ikan yang sering ditemui di perairan Lamongan. Bentuknya mirip dengan ikan tenggiri ataupun ikan kakap. Selain murah, keripik sunduk bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

6. Gula Merah Siwalan

Gula Merah Siwalan

Image Credit by Gopensil.com

Gula merah ini cukup unik karena terbuat dari sadapan air mayang atau nira, sejenis palem-paleman yang tumbuh subur di sekitar kota maupun desa Lamongan. Warna yang dihasilkan oleh air sadapa tersebut cenderung cokelat cerah karena pembuatanya dicampur dengan gula pasir.

BACA:  13 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda dengan mudah bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Kota Lamongan. Harganya juga terjangkau, seringnya dihargai 20.000 rupiah untuk satu kilonya.

7. Rempeyek Cinta Rasa

Rempeyek Cinta Rasa

Image Credit by Jejakpiknik.com

Rempeyek jenis ini memang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, rempeyek cinta rasa dari Lamongan memiliki ciri rasa khas yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya.

Rempeyek ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, hanya sekitar 12.500 hingga 13.500 untuk satu bungkus ukuran medium, tergantung pula jenis topping yang Anda pilih. Camilan ini cukup tahan lama sehingga sering dijadikan oleh-oleh untuk mereka yang berasal dari luar kota.

8. Dawet Siwalan

Dawet Siwalan

Image Credit by Ksmtour.com

Minuman manis ini merupakan salah satu kuliner khas Lamongan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Namun dengan catatan lokasi rumah Anda tidak jauh dari kota Lamongan, sehingga pengkonsumsian es dawet ini dapat segera dilakukan.

Dawet siwalan terbuat dari buah poho siwalan, yang banyak tumbuh di pesisir pantai Pulau Jawa, salah satunya Lamongan. Tekstur buah ini cukup kenyal dan memberikan rasa manis yang menyegarkan.

9. Asem Bandeng

Asem Bandeng

Image Credit by Resepkoki.id

Apabila Anda berniat untuk membawa makanan non cemilan atau jajanan tradisional sebagai oleh-oleh, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah asem bandeng. Asem bandeng terbuat dari bandeng yang dimasak bersama rempah sekaligus kuah bening yang menggugah selera.

Anda bisa memakannya bersama nasi hangat. Asem bandeng merupakan makanan khas Lamongan yang cukup populer, satu porsinya berkisar antara 6.000 rupiah hingga 10.000 rupiah.

10. Pecel Lele Lamongan

Pecel Lele Lamongan

Image Credit by Wikipedia.org

Lamongan memiliki pecel lele khusus, yang satu porsinya dihargai sekitar 15.000 hingga 20.000 rupiah, yang sudah termasuk sepiring nasi. Di dalamnya berisi ikan lele yang digoreng kering, sambal serta lalapan yang menyegarkan.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Surabaya yang Bikin Betah Nongkrong

Cita rasanya banyak disukai oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Karena alasan tersebut, sekarang banyak dijumpai warung makan pecel lele Lamongan yang menjamur di berbagai wilayah.

5 Toko Pusat Oleh-Oleh di Kota Lamongan

1. Pusat Oleh-Oleh Hj. Rohimah

Pusat Oleh-Oleh Hj. Rohimah

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.44, Kauman, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Google.com (Ade noviantoro)

Disini Anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Lamongan, mulai dari makanan, produk tekstil hingga aksesoris. Oleh-oleh yang paling banyak dicari adalah wingko babat yang menjadi salah satu produk unggulan mereka.

2. Rumah Makan Nasi Boranan

Rumah Makan Nasi Boranan

Lokasi: Jl. DR. Wahidin, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Nasiborankhaslamonganmbakna.business.site

Salah satu lokasi wisata kuliner di Lamongan ini menyediakan nasi khas daerah tersebut, yakni Nasi Baronan. Anda bisa membungkusnya dan menjadikannya buah tangan bagi keluarga maupun teman dekat.

3. Wingko Arjuna

Wingko Arjuna

Lokasi: Gg. Arjuno, Kauman, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Google.com (Wayan Mahmudy)

Wingko Arjuna merupakan salah satu toko di Lamongan yang juga menyediakan wingko sebagai fokus utama penjualan. Namun selain itu, Anda bisa memilih beragam jajanan maupun camilan khas Lamongan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Oleh-Oleh Lamongan

Oleh-Oleh Lamongan

Lokasi: Jl. Lamongrejo Gg. Buntu No.6, Jetis, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Google.com (Oleh Oleh Lamongan)

Toko ini menjual berbagai macam makanan, minuman serta beberapa atribut yang menjadi ciri khas Kota Lamongan, seperti kaos atau topi daerah. Buka setiap pagi dari pukul 8 pagi hinga 8 malam,

5. Wingko Babat Loe Lan Ing

Wingko Babat

Lokasi: Jl. Raya Babat – Bojonegoro No.189, Banaran, Kec. Babat, Kab. Lamongan. – Image Credit by Ksmtour.com

Berlokasi di pusat kota, outlet oleh-oleh ini menyediakan beragam buah tangan khas Lamongan, utamanya wingko babat. Loe Lan Ing merupakan salah satu penyedia wingko babat terenak di Lamongan. Loe Lan Ing Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 10 malam.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Lamongan yang wajib Anda ketahui. Apabila berwisata kesana, jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner dan membawakan buah tangan bagi keluarga tercinta.