20 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Jakarta adalah salah satu kota terpadat sekaligus menjadi ibukota dari Indonesia. Di kota ini Anda bisa menemukan berbagai macam wisata menarik, mulai dari yang bersejarah hingga modern. Setelah puas berkeliling Jakarta, tentunya tidak akan sah apabila belum membawa oleh-oleh khas yang sangat lezat.

Selain menyimpan segudang tempat wisata menarik, Jakarta juga mempunyai berbagai kuliner khas yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Meskipun dikenal sebagai ibukota, tetapi Anda tetap bisa menemukan oleh-oleh dengan harga yang bervariasi di kota tersebut.

Perkembangan zaman yang pesat juga ternyata tidak menenggelamkan makanan khas Jakarta, yang didominasi dari suku Betawi. Meskipun terdiri dari bangunan serta gedung yang tinggi, Anda tetap bisa mendapatkan makanan khas Jakarta. Berikut 20 rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta yang wajib anda bawa pulang.

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Image Credit by Bukalapak.com

Bukan hanya garut, Jakarta sebagai ibukota Indonesia juga mempunyai dodol khas, yaitu dodol Betawi. Dodol asli dari Betawi sendiri dibuat dengan beberapa campuran, seperti ketan putih, ketan hitam, gula aren sebagai pemberi rasa manis dan juga durian.

Jika berkunjung ke Jakarta, tentu saja dodol Betawi bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah. Selain rasanya yang nikmati, dodol juga diklaim bisa bertahan cukup lama meskipun tidak menggunakan pengawet buatan.

2. Roti Buaya

Roti Buaya

Image Credit by Misteraladin.com

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal dengan roti buaya. Sesuai dengan namanya, roti buaya memiliki bentuk layakanya buaya sungguhan dengan ukuran yang cukup besar.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa merasakan roti buaya walaupun tidak melangsungkan pernikahan. Beberapa kedai roti di Jakarta sudah menyediakan roti ini khusus untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Pegipegi.com

Meskipun dinamakan bir pletok, tetapi minuman yang satu ini tidak memabukkan dan juga tergolong minuman yang halal. Hal tersebut karena bir pletok dibuat dengan rempah-rempah tradisional, seperti jahe, daun pandan, serai dan beberapa bahan lainnya.

Diberi nama bir pletok karena saat proses produksinya air tersebut akan direbus dan mengeluarkan suara meletup. Bir ini juga dikemas dengan menggunakan botol kaca dan juga dalam bentuk serbuk, sehingga dapat Anda jadikan buah tangan.

4. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Image Credit by Ainurskitchen.com

Kue kembang goyang adala salah satu nama jajanan ringan tradisional yang sudah cukup terkenal di Jakarta. Diberi nama demikian karena kue ini mempunyai bentuk layaknya bunga matahari yang sedang mekar.

Kue ini dapat Anda jadikan oleh-oleh karena harganya yang murah dan juga lezat. Taburan biji wijen diatas kue ini membuat rasanya semakin gurih dan juga nikmati.

5. Kue Semprong

Kue Semprong

Image Credit by Bisnisusahaonline.com

Kue semprong adalah jajanan khas Jakarta yang sudah dikenal seluruh Indonesia. Kue ini mempunyai bentuk seperti tabung kecil yang memanjang dengan tekstur renyah dan gurih.

Aroma dari kue ini sangat menarik para konsumen, sehingga tidak sedikit dari mereka yang membeli dalam jumlah besar untuk dijadikan oleh-oleh. Kue ini juga sangat cocok bagi penggemar rasa manis, karena menggunakan gula merah sebagai bahan bakunya.

6. Tape Uli

Tape Uli

Image Credit by Pinterest.com

Tape yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat di Jakarta, terutama suku Betawi. Rasanya yang unik membuat tape ini sangat cocok jika dikonsumsi bersama dengan kopi.

Cara memakannya pun cukup unik, yaitu dengan mencampurkan antara uli dan juga tape. Bagi Anda yang ingin membawa pulang jajanan ini, maka harus mempertimbangkan jarak terlebih dahulu, karena tape uli tidak dapat bertahan lama.

7. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

Image Credit by Usaharumahan.id

Sesuai dengan namanya, kue ini juga mempunyai bentuk yang menyerupai akar dari pohon kelapa, yaitu melengkung tidak beraturan. Kue akar kelapa terbuat dari beberapa bahan utama, seperti tepung beras, telur, gula, mentega dan juga tepung ketan.

Kue ini dapat Anda jadikan buah tangan, karena rasanya yang gurih dan juga tidak terlalu manis. Selain itu, kue ini juga dapat bertahan cukup lama, karena tergolong ke dalam kelompok kue kering.

8. Kue Geplak

Kue Geplak

Image Credit by Indonesiakaya.com

Kue geplak adalah salah satu makanan yang menjadi seserahan saat acara pernikahan suku Betawi. Kue ini juga hampir mengalami kepunahan, karena hanya sedikit pedagang yang menjajakannya.

Kue yang dibuat dengan cara tradisional ini memiliki rasa yang cukup manis dengan tekstur lembut. Dinamakan kue geplak sendiri karena proses pembuatannya menggunakan tangan untuk menepuk-nepuk adonan.

9. Kue Telur Gabus Keju

Kue Telur Gabus Keju

Image Credit by Foodizz.id

Jajanan yang satu ini tentunya sangat sering Anda temui hanya pada saat musim lebaran saja. Tetapi di Jakarta, jajanan ini dapat Anda beli di hampir semua toko penyedia oleh-oleh, karena berasal dari Betawi.

Pada awalnya kue ini tidak memiliki varian rasa, tetapi saat ini Anda dapat menikmati kue telur gabus dengan rasa keju pada bagian dalamnya. Kue ini tergolong kue kering, sehingga dapat bertahan lama untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta.

10. Biji Ketapang

Biji Ketapang

Image Credit by Romlah.com

Jajanan yang satu ini mempunyai rasa manis dan tekstur yang kering. Dinamakan biji ketapang karena memiliki bentuk layaknya biji dan digoreng hingga benar-benar kering.

Jajanan biji ketapang bisa Anda temui hampir di semua sudut kota Jakarta. Jajanan yang terbuat dari parutan kelapa dan juga tepung terigu ini sangat nikmati untuk dijadikan sebagai camilan.

11. Keripik Buah

Keripik Buah

Image Credit by Produkdanjasa.com

Berbeda dengan keripik pada umumnya, di Jakarta Anda bisa menemukan keripik yang terbuat dari aneka buah segar. Dengan menggunakan kemasan modern membuat jajanan yang satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Keripik ini mempunyai tekstur yang renyah dan tidak terlalu manis, sehingga sangat disukai para wisatawan. Mulai dari rasa salak, melon, mangga, apel, jambu dan lainnya bisa Anda rasakan dalam bentuk keripik.

12. Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

Image Credit by Ramesia.com

Untuk membawa pulang oleh-oleh yang satu ini, maka harus mempertimbangkan terlebih dahulu jarak Jakarta dengan rumah Anda. Pasalnya pepes tulang lunak ikan mas tergolong makanan basah, sehingga tidak dapat bertahan lama.

Dengan melalui proses masak yang cukup lama, Anda dapat menikmati ikan mas yang mempunyai tekstur lunak. Selain lezat, makanan ini juga tergolong murah, sekitar Rp 35.000 setiap ekor.

13. Pencok Betawi

Pencok Betawi

Image Credit by Tokopedia.com

Jajanan yang satu ini cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas. Dengan rasa pedas yang cukup dan juga sedikit rasa asin membuat pencok Betawi sangat diminati wisatawan.

Jajanan kering yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai buah tangan. Selain karena murah, pencok juga tahan lama sebab tergolong kue kering.

14. Marguerite Nougat

Marguerite Nougat

Image Credit by Nougatworld.com

Tidak semua wisatawan mengenal jajanan yang satu ini. Pasalnya, marguerite nougat baru saja hadir di pasaran, sehingga belum terlalu terkenal.

Meskipun masih baru, tetapi marguerite nougat memiliki rasa yang unik. Perpaduan antara gurih dan manis menjadikan jajanan ini banyak dijadikan sebagai buah tangan.

15. Putu Mayang

Putu Mayang

Image Credit by Pegipegi.com

Berbeda dengan kue putu pada umumnya, putu mayang mempunyai warna yang menarik. Selain itu, cara memakan kue ini juga berbeda, karena Anda harus mencelupkan putu ke dalam gula aren terlebih dahulu.

Dengan harga yang cukup murah, Anda bisa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh. Apalagi kue putu mayang juga bisa ditemukan hampir di semua sudut kota Jakarta.

16. Kue Cincin

Kue Cincin

Image Credit by Belanga.id

Dinamakan kue cincin karena mempunyai bentuk seperti donat dengan lubang di tengahnya. Kue ini menawarkan rasa manis yang berasal dari campuran gula aren saat proses pembuatannya.

Kue cincin juga dapat Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh Jakarta. Dengan harga yang relative murah, kue ini dapat Anda jadikan teman saat malam hari.

17. Kue Rangi

Kue Rangi

Image Credit by Okezone.com

Kue yang satu ini dapat Anda temukan di toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional di Jakarta. Perpaduan antara rasa manisnya gula pasir dan juga asin membuat kue ini banyak disukai orang.

Kue yang sering disebut kue pancong ini memiliki harga yang cukup murah. Dengan demikian, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

18. Kue Ape

Kue Ape

Image Credit by Idntimes.com

Kue ape adalah salah satu jajanan terkenal di ibukota. Kue ini juga sering disebut sebagai surabinya Jakarta.

Perpaduan antara rasa manis, asin dan gurih membuat kue ini sangat disukai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kue ape bersama dengan santan atau gula aren.

19. Kue Talam

Kue Talam

Image Credit by Bukalapak.com

Jajanan yang satu ini wajib Anda coba saat berkunjung ke ibukota. Selain karena lezat, kue ini juga bisa menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue yang berbentuk seperti mangkok kecil ini menawarkan rasa yang manis dan legit. Hal tersebut karena kue talam dibuat dengan menggunakan tepung beras dan gula sebagai bahan dasarnya.

20. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Image Credit by Traveloka.com

Asinan Betawi adalah salah satu makanan yang sangat familiar di telinga orang Indonesia. Saat Anda berkunjung ke Jakarta, maka tidak akan sah jika belum mencicipi makanan yang satu ini.

Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh jika jarak rumah Anda tidak terlalu jauh dengan Jakarta. Pasalnya, asinan ini memiliki kuah, sehingga tidak akan tahan lama.

5 Toko Terkenal Menjual Oeh-Oleh Khas Jakarta

KSM Oleh-Oleh Khas Betawi

KSM adalah salah satu tempat oleh-oleh terkenal di Jakarta. Disini Anda bisa mendapatkan beragam jenis oleh-oleh khas Jakarta. Beberapa diantaranya seperti kuliner Betawi, kerajinan tangan dan juga beberapa barang khas lainnya.

1. Setu Babakan

Setu Babakan

Lokasi: Jl. Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, RT.10/RW.8, Jakarta Selatan. – Image Credit by Tempo.co

Setu babakan adalah salah satu tempat pertunjukan khas Betawi. Setelah puas berkeliling, Anda bisa membeli oleh-oleh di tempat ini juga. Mulai dari bir pletok, arum manis dan masih banyak lagi.

2. Oleh-Oleh Sowan Sunter

Oleh-Oleh Sowan Sunter

Lokasi: Jl. Danau Sunter Utara R 34-37 RT.1/RW.19, Sunter Agung, Tj. Kec. Priok, Kota Jakarta Utara. – Image Credit by Backpackercantik.blogspot.com

Tempat oleh-oleh yang satu ini menawarkan makanan khas Jakarta dan sekitarnya. Anda bisa membeli beragam oleh-oleh, mulai dari makanan basah hingga kering. Toko ini buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 sampai 22.00.

3. Betawi Store

Betawi Store

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Selatan RT.5/RW.2 Lenggang Jakarta MONAS, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Nowjakarta.co.id

Betawi store adalah salah satu tempat oleh-oleh yang berada di sekitaran monas. Toko ini tergolong masih baru, karena berdiri pada tahun 2017 kemarin. Disini Anda bisa membeli beragam pilihan oleh-oleh khas Jakarta, mulai dari makanan dan juga pakaian.

4. Oleh-Oleh Khas Betawi Mpok Romlah

Oleh-Oleh Khas Betawi Mpok Romlah

Lokasi: Jl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Barat, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Rumahukm.com

Sesuai dengan namanya, disini Anda bisa menemukan beragam oleh-oleh yang menarik. Mulai dari berbagai macam camilan dan juga kerajinan tangan. Salah satu Andalan mpo romlah adalah biji Ketapang. Selain biji Ketapang, mpo romlah juga menyediakan akar kelapa, dodol, bir pletok dan juga geplak.

Itulah 20 oleh-oleh khas Jakarta yang dapat Anda bawa pulang ke kampung halaman. Selain itu, ada pula 5 toko rekomendasi untuk menemukan oleh-oleh tersebut.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak