Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Besar Tanjung Anom, Namorih, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Kampung ladang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Deli Serdang. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah nan hijau karena terdapat banyak tanaman yang menyejukkan mata. Biasanya pengunjung yang datang dari kalangan anak muda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama teman-temannya. Dan objek wisata ini menjadi salah satu wisata populer dekat Kota Medan.

Sebelum menjadi objek wisata, awal mula lahan yang memiliki luas 10 hektar ini merupakan sebuah ladang yang digunakan untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran. Hingga pada tahun 2006, pemilik lahan ini menjadikannya objek wisata yang memiliki konsep pemandangan ladang dan pedesaan yang indah ini.

Di objek wisata Kampung Ladang, pengunjung mendapatkan kenyamanan dari alam dan udara yang sejuk karena terdapat banyak pepohonan, tumbuhan, hingga bunga yang berwarna-warni. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa bermain wahana atau permainan yang tersedia di objek wisata ini. Karena ada banyak hal yang dapat dijelajahi, sehingga menjadikan banyak pengunjung yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Ladang

Daya Tarik Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Kampung Ladang Outbound)

Destinasi hits ini memilik daya tarik sendiri, sehingga menjadikan banyak pengunjung yang berdatangan untuk menikmati pesonanya. Daya tarik yang dimiliki objek wisata ini antara lain sebagai berikut.

1. Memiliki Konsep yang Unik

Kampung Ladang ini mengusung konsep ladang atau pedesaan. Jadi Anda akan menjumpai tanaman-tanaman dan pepohonan yang menghiasi objek wisata ini. Terdapat pula bunga-bunga yang warna-warni sehingga menambah keindahan pemandangan yang dimiliki.

Alasan mengusung konsep ini yaitu pengelola ingin memperkenalkan budaya pertanian kepada para pengunjung. Alasan lainnya adalah agar pengunjung lebih dapat menjaga dan mencintai lingkungan.

Dengan konsep yang dimilikinya ini, Anda dapat melakukan acara prewedding karena banyak spot foto yang romantis tersedia di lokasi wisata ini. Selain itu terdapat pula spot-spot foto yang indah dan menarik untuk Anda yang ingin mengabadikan momen ketika liburan.

2. Memiliki Taman dan Telaga yang Luas

Selain pepohonan dan bunga-bunga, Kampung Ladang juga memiliki taman dan telaga yang luas. Anda dapat berkeliling dan menaiki perahu atau sampan untuk lebih menikmati suasana. Bagi yang ingin mencoba menaiki perahu atau sampan yang tersedia, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Anda juga dapat berfoto ketika menaiki perahu atau sampan tersebut.

3. Memiliki Arena Outbond

Tidak hanya menyediakan pemandangan yang asri dan indah, di objek wisata ini juga menyediakan arena untuk melakukan kegiatan outbond. Beragam permainan dapat Anda coba dan mainkan seperti flying fox, berkeliling menggunakan ATV, menaiki perahu atau sampan, mencoba mengendarai mobil boogie, bermain fish game, trampolin, water ball, high roop, hingga bermain aral rintang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Sita Arsita Pernangin Angin)

Kampung ladang terletak di provinsi Sumatera Utara. Lebih tepatnya terletak di Kabupaten Deli Serdang, Jalan Tuntungan, desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu. Jika Anda dari kota Medan, perjalanan akan ditempuh selama satu jam dengan jarak tempuh 29,3 kilometer.

Untuk rutenya sendiri, silahkan ambil jalan menuju kabupaten Deli Serdang. Anda akan melewati Jalan Guru Patimpus hingga sampai ke jalan Besar Tj. Anom. Setelah sampai ke jalan Besar Tj. Anom, lokasi tempat wisata sudah dekat. Cukup beberapa menit Anda akan sampai di objek wisata ini.

Anda tidak perlu takut tersesat, karena di sepanjang perjalanan Anda akan melihat banyak petunjuk arah menuju Kawasan wisata. Anda juga dapat melihat lokasi lebih jelasnya melalui maps atau dapat bertanya kepada penduduk sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek wisata

Harga Tiket Objek wisata
Image Credit: Google Maps (Rihhadatul Aisy)

Sebelum memasuki wisata Kampung Ladang ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk. Tarif yang diberikan sangat murah yaitu sebesar Rp 5.000 per orang (harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu). Biaya tersebut belum termasuk outbond, flying fox, dan wahan lainnya.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, pengguna roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 3000, roda empat Rp 5000, dan bus pariwisata sebesar Rp 10.000.

Objek wisata ini buka setiap hari dimulai pukul 08.00-18.00. Biasanya para pengunjung berdatangan pada akhir pekan dan hari libur nasional untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dekat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Ladang

Kegiatan di Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Hanxin Chen)

Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan selama liburan di Kampung Ladang. Berikut beberapa jenis kegiatan seru yang dapat Anda coba.

1. Bermain Flying Fox

Kegiatan pertama yang dapat Anda lakukan yaitu bermain flying fox. Anda dapat merasakan ketegangan ketika menaikinya. Ketika bermain flying fox, Anda akan dibimbing oleh ahlinya dan diberikan perlengkapan keamanan agar tetap aman selama bermain.

2. Bermain Aral Rintang

Pengelola Kampung Ladang telah menyediakan fasilitas ini untuk pengunjung objek wisata. Anda dapat memainkannya bersama teman-teman atau keluarga.

3. Bermain Water Ball

Objek wisata ini menyediakan water ball untuk Anda gunakan selama bermain. Terdapat banyak jumlah water ball yang disediakan sehingga menambah keseruan liburan Anda bersama teman atau keluarga. Permainan ini cukup aman dimainkan oleh anak-anak.

Kegiatan Menarik di Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Kampung Ladang Outbound)

4. Mencoba Mobil Boogie

Anda dapat menyewa mobil boogie yang telah disediakan di objek wisata ini. Mobil boogie ini dapat Anda gunakan berkeliling untuk menikmati keindahan yang asri. Anda akan dikenakan biaya tambahan ketika ingin mengendarainya.

5. Berkeliling dengan ATV

ATV ini juga dapat menjadi pilihan Anda ketika ingin bermain dan berkeliling di Kampung Ladang. Untuk mencoba fasilitas ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Bagi pengunjung yang baru mencoba, akan dibimbing oleh ahlinya hingga dapat mengendarainya sendiri.

6. Mencoba Trampolin

Trampolin ini juga dapat Anda mainkan ketika lagi santai dan tidak ingin bermain permainan yang menegangkan. Untuk permainan ini dapat dimainkan oleh anak-anak dibawah umur 6 tahun karena lebih aman.

7. Menaiki Sampan atau perahu

Kegiatan terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu menaiki sampan atau perahu. Anda dapat menyewa sampan tersebut untuk dinaiki hingga dua orang dan berkeliling melalui jalur air melihat pemandangan-pemandangan yang indah yang tersaji di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Ladang

Fasilitas di Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Denny Halim)

Objek wisata ini memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang berwisata. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Ladang.

1. Kantin

Dalam kawasan wisata terdapat banyak kantin yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Sehingga Anda tidak perlu keluar untuk membeli sesuatu yang diperlukan. Anda juga dapat bersantai dan berbincang-bincang di kantin dan menikmati makanan atau minuman yang Anda pesan ditemani pemandangan yang asri.

2. Arena Outbond

Fasilitas yang selanjutnya yaitu arena outbond. Objek wisata ini menyediakan arena untuk kegiatan outbond. Bagi Anda yang sedang mengadakan acara outbond bersama teman-teman atau komunitas, Anda dapat berkunjung ke objek wisata ini. Biasanya pengunjung akan dikenakan biaya tambahan jika ingin melakukan kegiatan outbond.

Anda dapat mencoba berbagai permainan seperti flying fox dan lain sebagainya. Ketika ingin mencoba permainannya, Anda akan mendapatkan bimbingan dan perlengkapan keamanan dari petugas permainan tersebut.

3. Musholla

Bagi Anda yang ingin menunaikan kewajibannya, di objek wisata ini juga menyediakan musholla yang cukup untuk digunakan oleh para pengunjung yang datang. Musholla yang ada pun cukup bersih dan nyaman sehingga menjadikan Anda khusyuk dalam beribadah.

4. Toilet

Tersedia juga toilet yang bersih untuk Anda gunakan. Toilet yang tersedia di objek wisata ini terbilang cukup banyak sehingga Anda tidak perlu menunggu untuk menggunakannya.

5. Area Parkir

Kampung Ladang ini juga dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas untuk pengunjung sebelum memasuki objek wisata. Terdapat area parkir untuk pengguna roda dua, roda empat, bahkan bus pariwisata.

6. Gazebo atau Saung

Objek wisata ini telah menyediakan banyak gazebo atau saung untuk Anda gunakan ketika beristirahat. Gazebo atau saung yang disediakan pun bersih, sehingga Anda akan menjadi lebih nyaman ketika beristirahat. Tetapi diharapkan para pengunjung untuk tidak membuang atau meninggalkan sampah di tempat tersebut.

7. Toko yang Menyediakan Souvenir

Bagi pengunjung yang ingin membeli cendera mata atau oleh-oleh untuk dibawa pulang, Kampung Ladang juga terdapat banyak toko yang menyediakan berbagai macam souvenir khas objek wisata ini. Anda dapat membelinya untuk orang-orang terdekat yang ingin diberikan.

8. Villa

Di sekeliling objek wisata ini juga terdapat banyak villa atau penginapan. Sehingga jika pengunjung ingin menginap dan beristirahat karena perjalanan yang jauh, Anda dapat menyewa villa yang telah disediakan tersebut. Terdapat banyak villa yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

9. Aula Pertemuan

Fasilitas ini biasanya digunakan bagi pengunjung yang ingin mengadakan acara-acara tertentu. Jadi pengelola objek wisata ini menyediakan aula pertemuan yang luas sehingga muat banyak orang di dalamnya.

Karena memiliki banyak fasilitas sehingga objek wisata ini cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau teman dekat. Terdapat banyak paket wisata yang dapat Anda nikmati ketika berlibur ke objek wisata ini. Anda dapat memilih paket yang sesuai dan yang Anda inginkan.

Itulah beberapa hal mengenai menarik seputar wisata Kampung Ladang yang ada di Deli Serdang. Karena didukung fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengunjung menjadi lebih menyenangkan dalam bermain dan menikmati pemandangan yang asri.