Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Mengeksplor Pantai Terindah di Pacitan, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Saat mendengar kata Pacitan, yang terlintas di benak Anda pasti wisata Goanya yang mengesankan. Namun, tahukah Anda bahwa Pacitan juga memiliki destinasi Bahari yang menakjubkan. Pasirnya yang bersih dan lembut serta ombaknya yang indah dengan gambaran laut biru menawan, menjadi daya tarik utamanya.

Wisata bahari di Pacitan memiliki keunikan tersendiri yang membuat pengunjung menjadi kagum. Mulai dari hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana, hingga spot-spot unik yang tidak ada di tempat lain. Mengetahui lebih dalam dan mengeksplor keindahan secara langsung adalah pilihan yang tepat.

Bagi Anda pecinta panorama alam yang murni, sempatkan singgah dan menjelajahi keindahan pantai di Pacitan. Tidak akan ada penyesalan bagi Anda, semua hal akan menjadi mengesankan. Berikut rekomendasi wisata pantai yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pantai Temperan

Pantai Temperan
Image Credit: Google Maps (Dwi Sulistyani)

Pantai satu ini memiliki pesona khas berupa mercu suar kecil yang terletak di bagian ujung pantai. Menjadi sumber sinyal yang menuntun kapal-kapal nelayan saat masuk dan keluar agar terhindar dari batu karang. Terdapat banyak sekali batu-batu hitam yang tersebar di pinggiran pantai, terlihat indah saat terbentur oleh hantaman ombak yang lembut.

Memiliki spot foto yang banyak dan menarik. Sering dijadikan tempat pengambilan gambar per-wedding pasangan yang akan menikah. Balutan warna biru pada hamparan laut lepasnya sungguh mengagumkan. Selain itu Anda bisa menyaksikan kegiatan nelayan yang mencari ikan atau berlabuh di sekitar bibir pantai Temperan. Tidak ada biaya masuk yang dibebankan, semua gratis.

Lokasi: Bagak, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

2. Pantai Watu Karang

Pantai Watu Karang
Image Credit: Twitter.com @agathaconchita

Pantai watu Karang menjadi tujuan utama para peselancar karena ombaknya yang besar serta anginnya yang kencang. Memiliki gelombang ombak terbaik yang ada di Indonesia. Terlebih saat Anda berkunjung pada bulan April hingga Oktober. Suasana yang dibangun juga sangat menyenangkan untuk bersantai dan bertamasya bersama keluarga atau orang tersayang.

Terdapat sebuah karang besar yang memecah gelombang di tengah hamparan laut yang biru. Pasirnya lembut cocok untuk bersantai dan berjalan-jalan. Lokasinya mudah ditemukan, dan dengan banyak pengunjung yang datang terutama pecinta olahraga selancar air. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan per orang yaitu sebesar Rp 5.000,- saja.

Lokasi: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

3. Pantai Pancer Door

Pantai Pancer Door
Image Credit: Instagram.com @edit.studio_

Pantai Pancer Door menawarkan ombak yang besar dan cocok untuk Anda pecinta olahraga selancar air. Banyak sekali opsi ombak yang ditawarkan yaitu barrel, beach break, hingga river mouth break. Bukan hanya yang sudah professional, Anda yang masih belajar berselancar airpun direkomendasikan untuk mampir saat tiba di Pacitan.

Sarana prasarannya sudah memadai, cocok untuk dijadikan tempat berlibur keluarga. Semua fasilitas penunjang terjaga dengan baik dan bersih oleh pengelola. Lokasinya mudah dijangkau dengan akses yang memadai. Biaya untuk setiap orang yang ingin menikmati keindahan Pantai Pancer Door yaitu sebesar Rp 5.000,- pada hari biasa, Rp 10.000,- hari libur dan akhir pekan.

Lokasi: Baleharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Twitter.com @chandraandrey

Pantai Karang bolong menjadi tiruan yang tidak kalah menawan dengan Pantai Batu Bolong di Bali. Pesona yang ditawarkan juga tidak kalah eksotis. Uniknya di sini terdapat sebuah air terjun yang mengalir langsung ke laut. Saat ini menjadi destinasi bahari yang populer di Pacitan dan sekitarnya.

Dinamakan Karang bolong karena terdapat sebuah batu karang yang menjuntai di tengah laut dan bolong di tengahnya. Banyak daya tarik yang ditawarkan, dan hal-hal menarik yang bisa dilakukan di sana. Biaya masuk untuk setiap orang adalah sebesar Rp 5.000,- saja. Sangat murah dan tidak mengecewakan pastinya.

Lokasi: Karang Bolong, Kec. Donorejo , Kab. Pacitan.

5. Pantai Sruni

Pantai Sruni
Image Credit: Ksmtour.com

Apakah Anda sedang mencari pantai yang menyajikan pesona privat? Pantai Sruni adalah alternatif terbaik yang bisa dikunjungi saat berada di Pacitan. Tempatnya masih tidak banyak diketahui oleh khalayak umum, lokasinya juga tersembunyi. Sehingga suasananya sangat damai, tenang, dan menenangkan.

Banyak sekali bebatuan hitam yang tersebar indah di sekitaran bibir pantai. Pasir putihnya juga membentang luas dan bersih. Tebing-tebing karang menghiasi setip sudut, menambah indahnya. Banyak sekali spot foto yang bisa dipilih menjadi latar belakang. Hal-hal menarik juga bisa Anda lakukan di sana. Paling penting lagi karena biaya masuknya gratis untuk Anda semua.

Lokasi: Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

6. Pantai Langitan

Pantai Langitan
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Menemukan lokasi Pantai Langitan memanglah tidak mudah, karena berada di balik sebuah tebing karang yang menjulang tinggi. Atmosfer alam yang alami terbangun begitu apik dan sangat kental. Panoramanya tersuguhkan seperti sebuah teluk kecil yang mengesankan. Gradasi warna hijau dan hempasan ombaknya juga tidak kalah menakjubkan.

Suasananya sangat privat, dengan sedikit pasir putih dan juga sebaran karang yang indah. Namun, perlu diketahui bahwa sebelum memutuskan untuk berkunjung alangkah lebih baik untuk menyiapkan fisik yang fit. Karena untuk mencapai lokasi Anda harus menuruni bukit yang cukup terjal dan lumayan berbahaya. Kabar gembiranya, Anda bisa masuk tanpa membayar sepeserpun.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

7. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Image Credit: Instagram.com @dolansolo

Kali ini Anda benar-benar akan dimanjakan dengan pesona yang tidak biasa. Pantai Banyu Tibo menyajikan pemandangan air terjun yang langsung mengalir ke arah laut lepas. Dikelilingi oleh tebing karang yang melengkung indah, dengan rongga-ronga yang indah serta pepohonan hijau yang lebat di atasnya.

Pasirnya putih kecokelatan dengan lengkungan bibir pantai yang tidak terlalu panjang namun indah. Anda benar-benar akan merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu di Pantai Banyu Tibo. Pesonanya sangat menakjubkan dan mengesankan. Semua bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5.000,- saja per orang.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

8. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh
Image Credit: Twitter.com @dolandolencom

Pantai Kali Uluh masih belum banyak dikunjungi oleh pengunjung, karena keberadaannya masih tersembunyi. Oleh karena itu, tempatnya asri dan terjaga dari kerusakan alam yang ditimbulkan oleh tangan manusia tidak bertanggung jawab.

Belum ada pengelola yang resmi untuk menjaga destinasi wisata ini, sehingga tidak ada biaya masuk yang dibebankan saat Anda berkunjung. Dimana lagi menikmati keindahan laut dan gulungan ombak yang menawan secara gratis kalau bukan di Pantai Kali Uluh.

Lokasi: Klesem, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan.

9. Pantai Srau

Pantai Srau
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Pantai Srau memiliki daya tarik khas berupa tiga bagian pantai yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari bagian timur yang menyajikan keindahan matahari terbenamnya. Bagian barat dengan pesona matahari terbitnya. Serta bagian tengah yang menyajikan keindahan laut selatan yang mengesankan.

Lokasinya berada di daerah yang tidak banyak mendapat jangkauan aktivitas manusia. Suasana yang terbangun cukup tenang untuk bermeditasi dan menghapuskan seluruh penat. Banyak juga spot foto yang bisa menjadi latar belakang unik untuk menambah koleksi sosial media Anda. Biaya masuknya gratis, atau tidak ada pungutan sepeserpun.

Lokasi: Candi Pringkuku, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

10. Pantai Pangasan

Pantai Pangasan
Image Credit: Instagram.com @ryansaf99

Saat pertama memasuki area Pantai Pangasan, Anda akan disuguhkan dengan keindahan batu karang yang menjulang tinggi. Membentuk sebuah menara dengan gradasi indah yang berada di tubuhnya dan pohon rindang di atasnya. Orang-orang menyebutnya sebagai monument laut Pangasan.

Tidak ada pasir yang membentang di sekitar pantai. Namun, terdapat banyak bongkahan atau pecahan batu karang yang indah. Sayangnya akses menuju lokasi Pantai Pangasan masih terbilang cukup sulit, karena belum terdapat penghubung jalan yang memadai. Biaya masuknya juga tidak ada atau bisa dikatan gratis, karena memang belum ada pihak pengelola yang pasti.

Lokasi: Kalipelus, Krajan, Ketro, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan.

11. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Image Credit: Twitter.com @wahyushant

Anda tertarik untuk menikmati keindahan dari bebatuan karang? mampirlah ke Pantai Buyutan di Pacitan. Bentuk dan jenisnya beranekaragam dibalur dengan suasana pemandangan pantai yang mengesankan. Kokoh dan menawan begitulah gambaran karangnya.

Di sekelilingnya di penuhi oleh pepohonan hijau yang sejuk dan indah. Bukit dan tebing menjulang di sisi kanan dan kirinya. Menikmati keindahan dari atas adalah alternatif yang bisa dicoba. Semua bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 5.000, per orang.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

12. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Pantai Teleng Ria adalah lokasi yang paling hits dan populer di Pacitan saat ini. Menjadi salah satu destinasi bahari dengan rujukan utama saat liburan bagi pengunjung lokal ataupun luar kota. Daya tarik yang menjadi keunggulan untuk memikat pengunjung adalah wahana yang bermacam-macam.

Anda bisa belajar berselancar, berenang di Waterpark, berkemah di bawah pohon cemara, serta berfoto dengan latar belakang yang indah. Semua hal-hal menarik tersebut dapat Anda lakukan dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 5000,- saat hari biasa, dan Rp 10.000,- pada akhir pekan atau masa libur.

Lokasi: Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

13. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Image Credit: Instagram.com @aditjangkung

Semua daftar wisata bahari yang berada di daerah Pacitan tentunya menawarkan tampilan yang unik dan mengesankan. Pantai klayar salah satunya, ombaknya yang eksotis dengan semburan air yang unik menjadi ciri khas utamanya.

Air menyembur di atas bibir pantai yang dihiasi oleh hamparan pasir putih kecokelatan sehingga elok dipandang. Keunikan itu terjadi karena adanya gulungan ombak yang berhasil masuk ke dalam sela-sela karang sehingga menyembur keluar. Anda dapat menikmati keindahan tersebut dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000,- di hari biasa, serta Rp 10.000,- saat akhir pekan atau masa libur.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

14. Pantai Taman

Pantai Taman
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Melakukan olahraga air, bermain pasir dan juga berjemur adalah sesuatu yang biasa dilakukan saat berada di pantai. Namun, istimewanya saat berada di Pantai Taman, Anda bisa melakukan kegiatan ekstrim yang menguji nyali. Hal ekstrim tersebut adalah Flying fox, menjutai dari tebing karang yang berada di ujung kanan dan kiri hamparan laut Taman.

Jalur Flying Fox Pantai Taman menjadi salah satu jalur terpanjang yang ada di Wilayah Indonesia. Panjangnya mencapai 415 meter dengan ketinggian 74 meter serta kecepatan mencapai 50 km/jam. Harga tiket masuk pantai berkisar antara Rp 3.000,- untuk anak-anak dan Rp 5.000,- untuk orang dewasa.

Lokasi: Hadiwarno, Ngadirojo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

15. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul
Image Credit: Twitter.com @zabhiesites

Pantai Ngandul terbilang sepi dari pengunjung, keberadaannya masih tidak banyak diketahui. Namun, di dalamnya tersembunyi pesona alam yang menakjubkan. Jaraknya juga cukup jauh dari pusat kota Pacitan sekitar 40 kilometer.

Jika Anda mencari pasir putih di Pantai Ngandul, tentu tidak akan ketemu. Karena suasana yang Anda temui saat pertama tiba adalah laut tanpa pasir yang terhubung dengan bebatuan karang dan tebing karang memecah langsung laut. Harga tiket untuk satu orang yaitu Rp 5.000,- saja.

Lokasi: Krajan Wetan, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

Itulah sederet wisata pantai di Pacitan yang hits dan populer. Sarana prasarana hingga akses menuju lokasi mudah dijangkau. Memiliki daya tarik yang khas dan unik, bisa dikunjungi saat waktu kosong atau liburan tiba. Sekedar mampir untuk menghilangkan penat ataupun bermalam membangun momen yang indah.