Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berada di Kota Malang belum lengkap rasanya apabila belum menjelajahi salah satu dari berbagai destinasi wisata bahari yang tersuguh di daerah ini. Pantai Teluk Asmara salah satunya. Memiliki keindahan alam yang sejuk dan masih sangat asri membuat pantai ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung.

Pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini dipercantik dengan hamparan laut biru dengan ombak yang relatif tenang ditambah gugusan dari pulau pulau kecil di sekitaran kawasan pantai yang semakin melengkapi keindahan yang tersuguh. Keberadaan pulau pulau kecil ini tentu saja dapat menjadi daya tarik tersendiri yang jarang dijumpai di kawasan wisata lain.

Objek wisata bahari ini sangat pas digunakan untuk mengusir rasa lelah akibat kegiatan sehari hari, misalnya saja lelah akibat lembur kerja atau juga lelah karena dikejar tugas sekolah. Selain itu, tempat ini juga cocok dijadikan destinasi untuk liburan bersama orang orang terkasih seperti keluarga atau juga teman.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Asmara

Daya Tarik Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Sinta Ardelia

1. Pemandangan Alam yang Begitu Indah

Anda tidak akan merasa kecewa apabila menikmati pemandangan di kawasan pantai ini, sebab anda akan disuguhkan dengan berbagai pesona alam yang menakjubkan. Pesona alam tersebut diantaranya mulai dari hamparan laut biru yang luas, hingga pasir dengan ciri khas berbeda di setiap pantai.

Pantai ini juga memiliki berbagai keunikannya sendiri, diantaranya terdapat tebing yang tercipta dari batuan karang, gugusan karang hidup yang cantik, hingga tepian laut yang landai. Semua hal ini dapat Anda temukan apabila Anda berkunjung ke kawasan wisata pantai di Malang ini.

2. Keindahan Dua Jenis Pantai Dalam Satu Kawasan

Di tengah tengah garis Pantai Teluk Asmara terdapat bukit yang seolah memberi sekat antara tepian pantai satu dengan tepian pantai yang lain. Anda dapat menikmat panorama gugusan batu karang landai dengan air laut yang hampir tidak memiliki ombak.

Pada bagian kiri bukit pantai, Anda bisa bermain sampai 50 m dari tepi pantai, sebab airnya cukup dangkal. Waktu terbaik mengunjungi area ini yaitu ketika air laut sedang surut. Sedangkan pada bagian kanan bukit pantai, Anda akan disuguhkan dengan pantai berpasir putih yang begitu indah. Di kawasan ini Anda bisa bermain air dan juga pasir lembut.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Djay Riyadhi

3. Memiliki Ombak Tenang dan Kencang

Ombak yang ada di objek wisata bahari ini terbilang cukup tenang yang disebabkan oleh adanya banyak batu karang landai. Di area ini Anda bisa bermain main dengan genangan air yang banyak membanjiri area pantai.

Lain halnya dengan sisi kanan pantai, pada bagian ini ombak pantai terlihat lumayan kencang, sehingga tidak terlalu disarankan untuk bermain air di area pantai ini. Walaupun diperbolehkan untuk berenang dan bermain air di sini, Anda tetap harus selalu memperhatikan keamanan dengan berhati hati.

4. Keindahan Pasir yang Begitu Menawan

Pasir yang ada di pantai ini memiliki keindahan yang dapat memukau siapapun yang melihatnya. Memiliki warna putih kemuning-kuningan membuat kawasan pantai terasa lebih hangat dan eksotis.

Bagi Anda yang sedang berwisata bersama anak anak, bermain pasir mungkin bisa menjadi pilihan hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga. Hal ini tentu saja akan menambah pengalaman Anda ketika sedang berwisata di Pantai Teluk Asmara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tekuk Asmar
Image Credit: Google Maps Arafah Cahya Kamila

Pantai ini termasuk ke dalam jajaran pantai yang berada di Kabupaten Malang. Lokasi Pantai Teluk Asmara berdekatan dengan pantai pantai lain di Malang, yakni Pantai Goa Cina dan Pantai Clungup. Memiliki jarak sekitar 70 km dari pusat Kota Malang pantai ini memiliki dua pilihan rute perjalanan terbaik yang dapat Anda pilih.

Rute pertama yaitu, dari Kota Malang Anda bisa menuju ke arah Turen. Kemudian menuju daerah Sumbermanjing Wetan dengan berbelok arah ke selatan. Anda bisa meneruskan terus menyusuri jalan dan menuju ke arah Sendang Biru hingga bertemu pertigaan. Dari sini Anda hanya perlu memperhatikan papan petunjuk jalan yang tersedia dan mengikutinya hingga sampai lokasi pantai.

Rute kedua yaitu, dari Kota Malang Anda bisa menuju ke arah Kepanjen. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Pagak hingga ke daerah Kecamatan Bantur. Dari Kecamatan Bantur, perjalanan dapat dilanjutkan menuju arah Pantai Balekambang hingga sampai di perempatan. Dari sini, Anda tinggal belok kiri dan mengikuti papan petunjuk jalan yang tersedia.

Pada rute kedua, Anda juga dapat mengambil jalan lain untuk bisa sampai di Kecamatan Bantur, yakni dari pusat Kota Malang ke arah Gondanglegi, dan baru menuju Kecamatan Bantur.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Malang Mbois

Untuk dapat menikmati berbagai keindahan di Pantai Teluk Asmara yang ada di Malang ini, Anda tidak akan dikenakan biaya mahal, bahkan biaya yang akan Anda bayarkan dapat dikatakan cukup bersahabat. Maka dari itu objek wisata bahari ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata dengan pengeluaran budget yang minim.

Biaya lain yang perlu Anda keluarkan ketika berada di tempat wisata ini yaitu biaya parkir kendaraan. Biaya ini pun juga cukup murah dan wajar. Yakni sekitar antara 10 sampai 20 ribu rupiah saja per kendaraan. Namun biaya ini masih belum ditetapkan dan sewaktu waktu dapat berubah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Asmara

Aktivitas di Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Khansa Cintya P.H

1. Menikmati Keindahan Sunset

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pantai merupakan spot lokasi terbaik untuk melihat matahari terbenam atau sunset. Tak terkecuali Pantai Teluk Asmara. Sangat disayangkan apabila Anda melewatkan momen matahari tenggelam ini, sebab ketika momen sunset tiba, area kawasan pantai akan terasa seketika hangat dan ekspotis.

2. Snorkeling

Pantai ini memiliki ombak atau arus pantai yang cukup tenang meskipun terletak di bagian Selatan Pulau Jawa yang terkenal berombak ganas. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Dengan melakukan kegiatan snorkeling Anda dapat menikmat berbagai keindahan bawah laut yang ditawarkan di pantai ini. Mulai dari keindahan terumbu karang hingga cantiknya berbagai ikan kecil dapat Anda nikmati ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling. Hal ini dapat menciptakan pengalaman unik tersendiri bagi Anda.

3. Berkemah

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata pantai ini yaitu melakukan kegiatan kemah. Ketika memutuskan untuk berkemah, Anda akan dapat merasakan keindahan malam dengan suara ombak tenang dan suara alam sekitar yang begitu menyegarkan pikiran.

Memiliki area pantai yang luas, dapat membuat Anda merasa nyaman dan tidak khawatir dengan ombak yang tinggi. Selain itu, apabila Anda malas membawa atau tidak memiliki alat perkemahan, Anda dapat menyewa berbagai alat perkemahan hingga tenda pada warga sekitar yang banyak menawarkan jasa penyewaan ini.

Aktivitas Menarik di Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps TEKNISI AMATIRAN

4. Mengumpulkan Cangkang Kerang

Bagi Anda yang gemar mengoleksi benda benda unik, mungkin kegiatan ini dapat Anda lakukan. Di Pantai Teluk Asmara Anda dapat mengumpulkan berbagai cangkang kerang yang dapat menjadi koleksi menarik. Terdapat berbagai bentuk dan warna cangkang kerang yang begitu cantik. Anda dapat menemukan banyak cangkang kerang mati yang masih utuh di sepanjang tepi pantai ini.

5. Berjalan-jalan Melihat Terumbu Karang

Terumbu karang yang terdapat di pantai ini terlihat begitu jelas. Pada bagian kiri bukit, Anda dapat berjalan jalan di hamparan karang untuk melihat segala biota laut yang ada di panta di ini.

Beberapa hal yang mungkin dapat Anda lihat diantaranya terumbu karang hidup, gurita, siput laut, hingga babi lalut yang cukup berbahaya. Apabila Anda memutuskan bermain di pantai ini, tentunya Anda harus menyiapkan perlindungan yang baik.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Villa Asmara Hills

1. Ariesta Homestay

Penginapan pertama yang memiliki jarak tidak terlalu jauh dari kawasan Pantai Teluk Asmara yaitu Ariesta Homestay. Homestay satu ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang tentunya dapat membuat pengunjung merasa nyaman di sini. Walaupun belum memiliki fasilitas berupa AC, namun udara di penginapan ini dapat dikatakan sangat sejuk. Tempat ini juga cocok bagi para backpacker.

2. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Penginapan yang berada di Sendang Biru ini dapat dikatakan sudah cukup bagus, walaupun tampilannya masih cukup sederhana. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya kulkas, AC, wifi, area parkir, televisi, air bersih, kasur empuk, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

3. Villa Asmara Hills

Villa satu ini memiliki desain interior yang cukup menarik, yakni didominasi dengan bahan kayu yang dapat membuat suasana terasa sejuk. Lokasi villa ini yang tidak terlalu jauh dari kawasan Pantai Teluk Asmara dapat membuat perjalanan Anda lebih efisien. Beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati disini yaitu sarapan gratis, wifi, area parkir, serta layanan kendaraan dengan biaya tambahan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Teluk Asmara
Image Credit: Google Maps Millat Hanif

Fasilitas yang ada di Pantai Teluk Asmara memanglah belum selengkap kawasan wisata lain. Sebab pantai ini masih dalam proses pembangunan dan pengembangan. Walaupun belum begitu lengkap, namun sudah disediakan beberapa fasilitas berupa fasilitas kebutuhan dasar yang dapat Anda gunaka

Fasilitas-fasilitas kebutuhan dasar yang tersedia tersebut diantaranya lahan parkir yang cukup luas, tempat ibadah bagi umat muslim, dan juga kamar mandi yang kebersihannya masih terjaga. Selain itu, terdapat pula warung makan yang dapat Anda manfaatkan ketika tiba tiba lapar. Anda dapat bersantai menikmati keindahan alam pantai sambil menyantap hidangan dari warung warung ini.

Apabila ingin bermalam di kawasan pantai Anda dapat berkemah dan mendirikan tenda. Fasilitas yang mendukung kegiatan ini yaitu tersedianya tempat penyewaan peralatan kemah beserta tendanya. Fasilitas lain yang mulai ada secara bertahap di tempat ini yaitu, wahana flying fox, gazebo, gardu pandang, spot foto, dan masih banyak lagi fasilitas lain yang sedang dikembangkan.

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Pantai Teluk Asmara, tentu saja Anda dapat menambahkan objek wisata bahari ini ke dalam daftar pilihan liburan Anda, khususnya di Kabupaten Malang. Berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kawasan wisata ini ditambah keindahan pemandangan alam yang ada, pastinya sangat sayang apabila Anda lewatkan.