Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Kuwaru masih menjadi tempat favorit traveller karena lahan yang bersih dan asri. Pantai telah menyediakan tanaman cemara udang yang sangat khas. Anda yang menapakkan kaki di pasir eksotis dapat menemukan deretan tanaman itu.

Disana memang menarik karena air laut tidak dicemari beragam polusi. Pengunjung bisa melihat deburan ombak yang cukup deras dengan air bersih. Perahu pun banyak yang berlalu lalang di Pantai karena ada nelayan yang menangkap ikan.

Wisata hits tersebut juga cocok dijadikan tempat berburu makanan terutama seafood. Tak hanya itu, pelancong bisa pula bermain di area pasir karena banyak permainan yang disewakan. Sehingga datang ke pantai ini akan menjadi liburan yang paling menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuwaru

Daya Tarik Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Wawan B

1. Biota Laut

Pantai Kuwaru membuat traveller terkesima dengan beragam biota laut yang tersebar. Destinasi hits ini lebih dikenal sebagai sentra seafood karena menyediakan biota yang tidak sedikit. Bahkan sebagian penduduk asli setempat masih bekerja sebagai seorang nelayan. Jika para tamu datang ketika siang hari maka dapat melihat perahu yang masih berjejer.

Biota laut seperti kepiting, ikan kecil, lobster, hingga kerang melengkapi keindahan tempat wisata. Setiap biota yang hidup di sekitar pantai dilestarikan dan tidak boleh dieksploitasi dalam jumlah banyak. Jika laut sedang surut Anda bisa pula melihat rumput laut. Kecantikan tersebut menjadi pemikat hati dan membuat setiap orang selalu merekam biota laut itu.

2. Lingkungan yang Bersih

Destinasi dengan lingkungan bersih pasti membuat kunjungan semakin terasa nyaman. Pantai Kuwaru memang tidak diragukan lagi sebagai tempat rekreasi yang menawarkan tempat luas dan bersih. Pasir eksotis pun terlihat di area tanpa sampah plastik. Para tamu lebih suka duduk di pasir hitam itu sambil melihat debur ombak yang sedang mengalami pasang surut.

Lingkungan yang bersih juga dilengkapi air laut yang terlihat sangat jernih. Meskipun ombak di sini termasuk tinggi, hal tersebut tidak menyurutkan minat pelancong untuk menikmati keindahan laut dari pinggir. Setiap orang juga kerap piknik di area karena suasana alam yang mendukung serta lingkungan yang masih dirawat dengan baik.

3. Tanaman Cemara

Pantai Kuwaru dikenal sebagai obyek rekreasi yang menyuguhkan ratusan pohon cemara udang. Setiap cuaca sedang terik pengunjung pasti tidak akan terasa panas.

Cemara di area itu memang menjadi payung hidup yang membuat suasana kembali sejuk. Jajaran pohon ini sudah sering dipakai untuk berfoto dan duduk bersantai sambil menikmati es kelapa muda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Mas Bro

Pantai cantik ini tepat berada di Desa Kuwaru, Srandakan, Yogyakarta. Tempat wisata dengan panorama laut indah pasti sudah populer di kalangan pengunjung. Apalagi titik lokasi dari pantai tidak begitu jauh jika dijangkau dari daerah kota Jogja. Setiap kendaraan pribadi yang ingin pergi ke area Pantai bisa menentukan jalan dari rute tercepat agar tidak sulit.

Pada hari liburan jalan raya dipenuhi beragam kendaraan roda empat dan dua. Mulai saja dari rute Jalan KH Ahmad Dahlan untuk melipir ke Jalan Suryowijayan. Arahkan sampai Jalan Samas dan telusuri Jalan Lintas Selatan yang cukup strategis. Belok ke kawasan desa Kuwaru, setelah dari sana jarak beberapa meter pilih pintu masuk ke Pantai cantik ini.

Berkunjung selama satu hari dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin mencari udara segar. Perjalanan pun terasa seru jika Anda mengajak keluarga dan melintasi setiap sudut kota Jogja. Traveller bisa melihat keramaian aktivitas di jalan raya yang menemani perjalanan ke Pantai. Bahkan disana tampak pula sejumlah panorama cantik lain yang tersebar.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps hermes li

Pantai Kuwaru dijadikan salah satu pilihan rekreasi yang menjual biaya tiket masih murah. Selama masuk ke destinasi cantik ini semua kalangan bisa menyiapkan budget Rp 5.000. Mulai jam kunjungan pagi sampai sore menjelang malam tiket masuk dipatok dengan harga tersebut. Wisatawan yang suka berjelajah dan bermain air di Pantai tentunya senang.

Retribusi untuk parkir kendaraan juga cocok untuk kantong pengunjung. Setiap kendaraan roda dua diperkirakan memiliki tiket parkir Rp 5.000. Sedangkan roda empat sedikit berbeda dengan biaya Rp 10.000 dan lahan boleh digunakan oleh siapapun. Tarif yang tertera itu sudah disesuaikan dengan budget para tamu agar semua orang bisa datang ke tempat ini.

Pada area pun terlihat sentra seafood yang menyediakan makanan khas Pantai. Jika pengunjung ingin mencicipi olahan dari seafood itu dapat menyiapkan budget mulai Rp 20.000. Destinasi alam ini menyediakan pula tempat membeli oleh-oleh. Anda bisa berburu cinderamata dengan harga yang berbeda mulai Rp 15.000 sesuai jenis dan bentuk.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kuwaru

Aktivitas Menarik Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Ana Diyana

1. Bermain Pasir

Pantai Kuwaru sudah mempunyai hamparan pasir yang sungguh memikat hati. Setiap area yang dilengkapi pasir eksotis dapat dimanfaatkan untuk spot bermain. Wisatawan yang suka bermain voli Pantai boleh membawa bola ketika pergi kesana. Khusus anak-anak pun bisa membawa alat bermain untuk membentuk istana pasir.

2. Bermain ATV

Pasir yang cantik di kawasan pantai biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan permainan ATV. Pantai menawan ini sudah menyiapkan tempat sewa ATV khusus usia dewasa. Menyusuri setiap area Pantai semakin seru jika Anda naik ATV. Bahkan pelancong juga tidak akan merasa lelah selama berkeliling dengan ATV.

3. Berburu Spot Foto

Pantai Kuwaru memiliki puluhan spot foto yang tidak pernah mengecewakan. Mulai dari background air laut jernih, pohon cemara, hingga pasir pasti bagus saat dipotret. Para tamu yang sudah datang bersama kerabat atau teman dekat dapat menyiapkan beberapa kamera. Pilih saja setiap sudut yang ingin dijadikan latar hunting foto.

4. Piknik

Alam terbuka yang ada di sekitar pantai semakin mendukung aktivitas piknik. Wisatawan tidak dilarang jika ingin membawa makanan dari luar Pantai. Anda juga bisa mencoba seafood yang ada di pinggir Pantai untuk memanjakan diri selama liburan. Semua kuliner dapat dinikmati sambil menggelar sebuah tikar di antara hamparan pasir yang bersih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps agus triyono

Pantai Kuwaru telah memiliki fasilitas memadai yang tidak kalah dengan area destinasi alam lain. Pusat belanja buah tangan menjadi fasilitas yang cocok untuk dikunjungi setiap pelancong. Bahkan disana sudah menjual aneka kerajinan khas. Camping ground terlihat begitu luas dan siapapun yang tertarik untuk mendirikan tenda boleh ke spot ini.

Wisatawan tidak perlu takut bosan karena Pantai sudah menyiapkan sewa permainan. Mulai dari ATV hingga perahu untuk menyusuri wisata telah disiapkan di sekitar. Pada kawasan loket masuk pun tampak lahan parkir yang sudah memadai. Pengunjung yang ingin mencari toilet umum dapat menuju ke area pojok karena Pantai sudah memiliki fasilitas tersebut.

Pantai Kuwaru tentu mempunyai fasilitas tempat makanan yang dikenal dengan sentra seafood. Kursi Pantai untuk berburu sunrise dan sunset telah tersebar di sepanjang pasir. Tempat ibadah seperti mushola mini pun ada di kawasan. Spot untuk mengabadikan momen dan piknik juga menjadi salah satu fasilitas yang melengkapi wisata cantik ini.

Demikian ulasan Pantai Kuwaru yang menjadi salah satu rekomendasi obyek berlibur. Pantai dengan aneka biota laut yang memikat hati menjadi keunikan dari wisata ini. Apalagi disana ada sewa permainan Pantai yang cukup banyak supaya tidak ada yang bosan selama berkunjung. Anda pasti betah berada di area bersama keluarga karena banyak pesona alami.