Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Pandansimo merupakan salah satu gugusan pantai cantik yang ada di Bantul. Pesona alamnya sungguh luar biasa dan masih begitu alami. Tidak banyak pengunjung yang datang jika dibandingkan pantai lain di tempat yang sama. Hal ini ternyata menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan yang mendambakan kesunyian.

Sebagaimana pantai di Bantul pada umumnya, juga sebagian besar pantai di Jogja, ombak di sini cukup besar. Ini dikarenakan garis pantai berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Angin pun kebanyakan berhembus dengan sangat kuat dibandingkan yang datang sepoi-sepoi. Maka dari itu, pantai cantik ini tidak cocok dijadikan aktivitas berenang.

Meski demikian, tidak kurang aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sini. Bermain pasir di pinggir pantai termasuk salah satunya. Asalkan tetap berhati-hati, menunggu ombak sambil berlarian di tepi pantai juga menarik. Keindahan pantai semakin terlihat tatkala dibatasi oleh Sungai Progo yang menghubungkan Pantai Selatan dengan Gunung Merapi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandansimo

Daya Tarik Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps heni rifai

Pantai Pandansimo terdiri dari dua kata, yakni Pandan yang berarti pohon pandan, dan Simo yang berarti Macan atau Harimau. Terlepas dari penamaannya, pantai cantik ini memilki daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan.

1. Termasuk Pantai Keramat

Dikatakan keramat karena pantai yang termasuk deretan Pantai Selatan ini pernah digunakan sebagai tempat tirakat Sri Sultan Hamengku Buwono ke VIII. Tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga untuk mendapatkan petunjuk dari kepemimpinan yang dijalankan oleh beliau.

Hingga saat ini, banyak warga yang juga melakukan hal serupa di sini. Suasana semakin mistis ketika mereka melakukannya pada malam Jumat kliwon. Di salah satu sudut terdapat sebuah bangunan kecil mirip padepokan dengan ciri khas bangunan jawa. Daya tarik ini memang sedikit menyeramkan, namun justru membuat wisatawan penasaran.

2. Keindahan Alam Sempurna

Daya tarik Pantai Pandansimo selanjutnya dari pesona alamnya yang indah. Ombak tinggi yang berkejaran di tepi pantai memberikan pemandangan yang luar biasa. Sedikit menakutkan, namun cukup eksotis dipandang dari segala sudut. Gulungan yang besar disertai angin kencang menjadi pertanda bahwa kecantikan pantai ini perlu diwaspadai.

Pantai ini dilengkapi bentangan pasir cukup luas, teksturnya pun lembut. Wisatawan sering menjadikannya sebagai media untuk bermain. Bersama anak-anak, orang tua saling menyiram pasir untuk menambah kebahagiaan selama liburan. Hampir tidak ada batu karang di sini, jadi cukup aman untuk segala aktivitas.

3. Pemandangan Kincir Angin

Daya Tarik di Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Hampir tidak ada pantai di Jogja yang memiliki pemandangan kincir angin selain di Pantai Pandansimo. Unik tentunya, karena kincir angin di sini masih aktif digunakan sebagai pembangkit listrik untuk menerangi kawasan sekitar pantai. Pembuatan kincir angin ini tidak lepas dari mahasiswa UGM yang bekerja sama dengan pemerintahan terkait.

Ukurannya yang besar mampu menghasilkan sekitar 4 – 10 kilowatt. Rencananya ke depan akan ditingkatkan lagi untuk menjangkau wilayah yang lebih luas. Jaraknya yang tidak jauh dari spot utama rekreasi membuat wisatawan lebih mudah dalam menjangkaunya. Tidak lupa mereka menjadikannya sebagai salah satu latar belakang objek foto.

4. Tersedia Wahana Outbound

Bukan hanya menikmati keindahan Pantai Pandansimo ketika berkunjung, namun juga menikmati wahana permainan. Di sini tersedia wahana yang pastinya menarik, terutama bagi anak-anak. Tidak perlu menyusuri bibir pantai dengan berjalan kaki, ada ATV sebagai wahana utama yang disediakan.

Karena pantai eksotis ini kurang cocok untuk berenang, pengelola menyediakan wahana air berupa kolam renang. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin berbasah-basahan selama liburan. Jarak dari garis pantai tidak terlalu jauh, jadi wisatawan tetap mendapatkan pemandangan pantai yang mempesona.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps Irwan Jumbo Jade

Pantai Pandansimo berlokasi di Desa Ngentak, Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota, sekitar 35 kilometer jika anda datang dari Tugu Jogja. Dengan kecepatan kendaraan rata-rata, anda pun dapat menempuhnya dengan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit.

Dari Tugu Jogja, arahkan kendaraan ke Selatan melewati Jalan Bugisan Selatan. Kemudian menuju ke Jalan Mrisi yang mengarah ke Masjid Abdurahaman Bin Auf. Selanjutnya melintasi sepanjang Jalan Bantul hingga ke Jalan KH Wahid Hasyim. Rute berikutnya yaitu menuju ke Jalan Samas dan belok kanan ke arah Jalan Lintas Selatan setelah perempatan.

Sekitar 6 kilometer, anda akan tiba di pertigaan jalan, silahkan belik kiri menuju ke Pantai Pandansimo. Arah yang anda lalui ini melewati beberapa pantai, diantaranya adalah Pantai Kuwaru dan Pantai Baru. Meski perjalanan cukup panjang, namun pemandangan ini dijamin tidak membuat bosan dan justru menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps Ricky Bayu Pamungkas

Menikmati pantai cantik di Bantul ini tentunya tidak gratis, karena ada tiket masuk yang wajib dibayarkan. Tidak mahal tentunya, meskipun anda datang membawa banyak rombongan. Untuk memasuki kawasan Pantai Pandansimo, cukup sediakan dana sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang.

Tambahan biaya wajib hanya dari retribusi parkir, tentunya tidak berlaku apabila anda datang menggunakan kendaraan umum. Parkir sepeda motor dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah, sedangkan mobil 10.000 rupiah. Semua biaya yang disebutkan belum termasuk wahana ATV dan kolam renang, jadi siapkan dana lebih apabila ingin menikmatinya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pandansimo

Aktivitas Menarik Pantai Pandansimo
Image Credit: Google Maps Isna Chanel

Liburan bukan hanya untuk mengisi waktu luang tentunya, namun juga mendapatkan kesan yang mendalam. Pada umumnya, kesana akan didapatkan dari aktivitas yang menarik ketika berada di lokasi. Untuk Pantai Pandansimo sendiri, berikut aktivitas yang menarik dilakukan!

1. Mengendarai ATV

Salah satu wahana yang menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah ATV. Kendaraan ini termasuk unik dan mampu berjalan diatas medan sulit sekalipun. Di pantai, medan yang harus dilalui tentunya berupa pasir. Tantangan terjadi ketika pada umumnya pasir mudah membuat pengendara terpeleset.

2. Mandi di Kolam Renang

Meskipun Pantai Pandansimo tidak cocok dijadikan aktivitas berenang, namun anda tetap mendapatkan sensasi mandi di sekitar pantai. Kolam renang yang di sediakan di sini memang tidak terlau besar, namun cukup untuk memberikan liburan yang istimewa. Apalagi dengan berenang di kolam renang cukup aman dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

3. Wisata Kuliner

Apabila pergi ke suatu tempat, akan lebih sempurna jika anda menikmati kuliner lokal. Begitu juga dengan kali ini, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang ada di sekitar Pantai Pandansimo. Banyak menu yang disediakan, baik yang umum atau yang khas. Seafood merupakan menu andalan di pantai indah ini dengan ikan yang segar.

4. Berburu Spot Foto

Berburu spot foto termasuk alah satu aktivitas wajib bagi sebagian besar pelancong. Bahkan ada yang menganggap jika liburan kurang berkesan tanpa mengabadikan momen sebagai kenang-kenangan. Spot yang paling banyak diburu ketika di pantai yakni dari gulungan ombak tinggi dan bentangan pasir luas. Di pantai ini, anda dapat menjadikan kincir angin raksasa sebagai spot utama.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Pandasimo
Image Credit: Google Maps Waskara Waskara

Pantai Pandansimo dibangun dengan fasilitas yang lengkap untuk semua wisatawan yang berkunjung. Area parkir kendaraan cukup luas, aman juga tentunya karena ada petugas yang menjaganya. Jika ingin bilas setelah mandi di kolam, silahkan gunakan toilet yang juga untuk keperluan buang air. Warung, mushola, dan gazebo pun tersedia di sini.

Itulah hal menarik yang wajib anda ketahui sebelum mendapatkan semua pesona dari salah satu pantai di Bantul ini. Harga tiketnya murah, fasilitas lengkap, pun ada banyak daya tarik yang dimiliki. Siapa pun dijamin betah ketika mengunjungi Pantai Pandansimo, termasuk mungkin anda yang berencana pergi ke lokasi.