Pesona Keindahan Pantai Kejawanan di Cirebon yang Memukau

Pantai Kejawanan Cirebon

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
MapCek Lokasi

Cirebon merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, sehingga tidak sedikit destinasi wisata yang memanjakan mata Anda dengan pemandangan di alam bebas. Hal ini pula yang menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Kota Cirebon.

Di provinsi yang terkenal dengan julukannya Gimah Ripah Repeh Rapih yang artinya Makmur Sentosa Sederhana Rapih ini tersimpan sejuta keindahan alam ciptaan Tuhan. Keindahan alam ini bias Anda temui dalam bentuk destinasi wisata gua dan curug bahkan pantai. Salah satu pantai yang menjadi primadona di provinsi ini adalah Pantai Kejawanan yang terletak di Cirebon.

Di Kota Cirebon yang terkenal dengan Kota Udang ini menyimpan sejuta keindahan destinasi laut, salah satunya adalah Kejawanan. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahunnya. Lokasi Kota Cirebon yang terletak dekat dengan pesisir utara jawa, yang menjadi rute para warga Jakarta ketika akan pulang kampung memudahkan akses pengunjung.

Lokasi & Rute Menuju Pantai Kejawanan

Lokasi & Rute Menuju Pantai Kejawanan

Image Credit: Medcom.id

Lokasi Pantai Kejawanan sendiri tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon, yakni Desa Yos Sudarso. Bagi Anda warga Cirebon yang ingin berkunjung ke destinasi wisata ini dapat menaiki kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan mengikuti papan petunjuk selama perjalanan.

Nah, Bagi Anda warga Jakarta tidak perlu bingung. Anda hanya perlu mengambil rute Jalan Raya Pantura atau Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali sejauh 215 km atau kurang lebih akan menghabiskan waktu 3 jam.

Selanjutnya Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Tengah, khusunya di Kota Semarang dan Jawa Timur. Anda hanya perlu mengambil rute Jalan Raya Pantura Semarang sejauh 246 km atau kurang lebih akan menghabiskan waktu 5 jam. Lamanya perjalanan ini akan terobati saat Anda menikmati pemandangan Pantai Kejawanan yang akan merilekskan pikiran Anda.

BACA:  Pohon Miring Pancawati, Tempat Rekreasi Favorit di Karawang

Harga Tiket Masuk Pantai Kejawanan

Harga Tiket Masuk Pantai Kejawanan

Image Credit: Yes24.co.id

Menikmati keindanhan alam bebas memang tidak ternilai harganya, begitupun dengan Pantai Kejawanan. Dengan keindahan birunya air laut ternyata harga tiket masuknya dibandrol dengan sangat terjangkau, siapapun pasti bisa berkunjung ke tempat ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Kejawanan patut mengetahui harga tiketnya murah sekali, yakni hanya mulai dari harga Rp  1000; dengan harga tiket parkir sepeda motor Rp 2.000; dan mobil hanya cukup membayar Rp  5.000; Dengan harga yang super murah tersebut tidak akan membuat Anda menyesal mengunjungi pantai ini.

Nah, selanjutnya untuk jam buka tempat wisata ini adalah sejak pukul 06.00-18.00 WIB. Jadi, tunggu apalagi? Ayo susun planning bersama keluarga tercinta. Dan ciptakan liburan yang mengesankan di Pantai Kejawanan.

Spot Sunset Terbaik di Cirebon

Spot Sunset Terbaik di Cirebon

Image Credit: Flickr.com @MAHARGIANTO

Nah, bagi Anda penikmat sunset wajib mengunjungi Pantai Kejawanan ini. Anda bisa mengabadikan matahari terbenam yang tidak kalah dari pemandangan sunset dengan beberapa pantai di Indonesia.

Tips bagi Anda yang ingin menikmati sunset di Pantai Kejawanan sebaiknya Anda mengunjungi pada sore hari di saat matahari akan mulai terbenam. Dan jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan keindahan sunset di sore hari.

Sewa Perahu untuk Mengarungi Pantai Kejawanan

Sewa Perahu untuk Mengarungi Pantai Kejawanan

Image Credit: Twitter.com @Kelilingcirebon

Selanjutnya, Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan laut tetapi tidak ingin melakukan snorkeling, maka menyewa perahu adalah pilihan yang tepat. Dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp  5.000; Anda sudah bisa mengarungi keindahan Pantai Kejawanan secara langsung loh.

Nah, bagi Anda yang tidak berani untuk mengoperasikan perahu sendiri tenang saja, karena akan ada petugas yang membantu.

BACA:  De Ranch Lembang Bandung, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda

Keunikan Pantai Favorit di Cirebon

Keunikan Pantai Favorit di Cirebon

Image Credit: Saegaleri.com

Keunikan Pantai Kejawanan ini adalah mitos yang tersebar di tengah-tengah masyarakat, yakni air laut yang mampu mengobati segala macam penyakit. Anda hanya berendam di air laut, atau hanya sekadar berkumur saja.

Selain air laut yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, ternyata di tempat ini juga terdapat lumpur ajaib yang juga dipercaya berkhasiat menghaluskan kulit. Dengan membalurkan lumpur ke seluruh tubuh tertentu dan wajah dapat membuat kulit Anda semakin halus, sebab di lumpur ini terkandung mineral alami.

Penyakit yang selama ini sudah berhasil sembuh dengan air ajaib dan lumpur ajaib ini antara lain, diabetes, asam urat bahkan store. Nah, semakin menarik saja kan? Selain melepaskan penat saat liburan, Anda akan lebih sehat setelah liburan.

Sebagaimana destinasi wisata alam, di Pantai Kejawanan pun akan memanjakan Anda dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Pepohonan rindang ini akan menambah sejuk suasana liburan Anda.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat tanggul. Tanggul sendiri adalah tembok miring buatan manusia. Tanggul ini terbentuk indah memanjang di pantai. Tempat ini bisa Anda jadikan salah satu spot foto loh. Tidak hanya di tanggul, Anda juga bisa mengambil spot foto di sepanjang tanaman bakau yang terdapat di pantai ini.

Nikmati Wisata Kuliner Khas Cirebon di Pantai Kejawanan

Nikmati Wisata Kuliner Khas Cirebon di Pantai Kejawanan

Image Credit: Chirohealthandrehabcentre.wordpress.com

Nah setelah lelah berkeliling menikmati keindahan Pantai Kejawanan, Anda juga bisa menikmati sajian kuliner khas laut, seperti seafood dan aneka masakan khas sunda. Jadi ketika Anda berkunjung ke tempat ini, maka akan mendapatkan paket liburan yang komplit.

Tidak hanya menikmati wisata kuliner. Bagi Anda yang memiliki hoby memancing juga bisa menyalurkan hoby Anda disini. Selama tidak merusak dan mengotori pantai, kegiatan memancing ini bisa Anda lakukan. Untuk memancing Anda perlu menyiapkan peralatannya sendiri ya, karena masih belum banyak yang menyediakan jasa sewa peralatan memancing.

BACA:  Orchid Forest Lembang, Destinasi Ekowisata Paling Hits di Bandung

Bagi Anda yang memancing dibebaskan memilih spot mana saja untuk dijadikan area memancung dan tidak dikenakan biaya lagi loh. Jadi buat Anda yang ingin mencoba memancing, tempat ini wajib Anda kunjungi.

Tips Berkunjung ke Pantai Kejawanan

Tips Berkunjung ke Pantai Kejawanan

Image Credit: Youtube.com (Agun Priyatna)

Nah, Apakah Anda sudah memutuskan untuk berlibur ke Pantai Kejawanan? Jika iya, maka Anda sudah mengambil keputusan yang tepat. Sebelum Anda mengunjungi destinasi wisata ini ada sedikit tips untuk Anda.

Pertama, sebaiknya Anda mengunjungi Pantai Kejawanan di pagi atau sore hari, karena di waktu tersebut matahari tidak terlalu menyengat dan jangan lupa menggunakan sunblock ya, agar  kulit Anda tidak terbakar.

Kedua, Anda harus tetap berhati-hati ketika berada di sekitar pantai. Saling menjaga sesama pengunjung, karena tidak semua orang yang mengunjungi laut bisa berenang kan. Jadi tetap harus stay safe ya.

Nah itu dia sekilas tentang Pantai Kejawanan yang terletak di Cirebon yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba. Dengan harga tiket yang murah dan rute jalan yang tidak rumit Anda akan menemukan keindahan alam dengan deburan ombak, dibalut pepohonan yang rindang dan segala keunikannya yang tidak dapat Anda temukan di destinasi wisata lainnya.