Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 05.00-17.00 WIB, Alamat: Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pasar Kanoman tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan andalan warga Kota Cirebon dan sekitarnya. Lebih jauh, tempat yang padat ini menawarkan nilai historis tentang perjuangan melawan penjajah ratusan tahun lalu. Datang ke sini sama artinya mengenang sedikit aspek perjuangan bangsa dalam mempertahankan tanah air.

Apalagi, ada sebuah keraton yang berada di jalur lintasan pasar. Hanya saja, sulit untuk melihatnya dari jauh karena tertutupi oleh lalu-lalang warga saat mereka sedang berbelanja setiap harinya. Anda perlu usaha sedikit lebih besar untuk memecah kepadatan pengunjung, kemudian melihat bagaimana keraton itu tetap terjaga sampai sekarang.

Sementara itu, bagi masyarakat modern dan kebanyakan awam, pasar unik ini adalah tempat mereka menggantungkan harapan hidup setiap harinya. Bagi selaku konsumen yang mencari kebutuhan pokok, atau penjual dengan dagangan kecil di mana butuh usaha agar mampu bersaing antara satu sama lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Kanoman

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Kanoman
Image Credit: Instagram Wahyu Munajat

1. Satu Jalur dengan Keraton

Datang ke Pasar Kanoman memberikan kesempatan mengeksplorasi keraton di jalur yang sama. Keraton Kanoman namanya, di mana ada sedikit cerita perihal perjuangan warga Cirebon pada masa lalu saat harus mempertahankan tanah air dari pendudukan Belanda.

Ini dapat menjadi tour wisata yang menyenangkan karena Anda bisa mencari kuliner sekaligus mengunjungi keraton untuk melihat-lihat catatan sejarah. Keberadaan keraton di sekitar Jalan Lemahwungkuk juga dapat dijadikan alternatif saat sedang mencari tempat istirahat, sedikit menjauh dari padatnya aktivitas di pasar.

2. Berwarna-Warni

Sejak beberapa tahun lalu, terjadi inovasi yang lebih kreatif di kawasan Pecinan karena adanya kerja sama Forum Pedagang Kanoman dengan PT Pacific Paint. Pasar Kanoman turut merasakan imbasnya di mana banyak ruko dicat berwarna-warni sehingga membuat tampilannya lebih sedap dipandang mata.

Tidak hanya membuat visual pasar lebih indah, tetapi adanya cat juga mampu melindungi bangunan dari terpaan cuaca panas maupun hujan. Setidaknya terdapat 200 ruko yang merasakan efek positif akibat kerja sama tersebut. Sejumlah kanopi di dekat bangunan utama turut serta dimodifikasi demi menciptakan kondisi cerah ceria.

3. Relatif Lengkap

Anda dapat mencari berbagai kebutuhan rumah tangga saat mengunjungi pasar yang cantik ini. Pada waktu bersamaan, pengunjung juga bisa berkesempatan merasakan hiburan seperti kepuasan kuliner atau berburu kerajinan tangan tradisional.

Apa pun yang Anda cari, kemungkinan besar bisa ditemukan di dalam pasar bersejarah ini. Apakah itu oleh-oleh, makanan pokok, kue-kue tradisional, atau hal lainnya, jangan ragu untuk datang mencari. Tentun perlu usaha lebih agar nyaman saat berkeliling ke sana-kemari demi menemukan apa yang Anda inginkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pasar Kanoman
Image Credit: Twitter ernip

Mampirlah ke Jalan Lemahwungkuk jika Anda merasa kebingungan harus mencari kebutuhan pokok di mana. Tidak hanya bagi warga lokal, wisatawan pun dapat menjadikan pusat perbelanjaan di daerah ini dalam rangka mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pasalnya, ada Pasar Kanoman yang bersejarah membentang panjang di salah satu sudut Kecamatan Lemahwungkuk, Jawa Barat. Ada banyak hal dapat dieksplorasi di dalamnya, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, kain batik, hasil tangkapan laut, hingga kebutuhan pangan pokok.

Adanya pasar bersejarah tersebut menambah riuhnya Kota Cirebon sekaligus daftar objek kunjungan bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Bahkan jika Anda sekadar datang untuk tugas kantor, misalnya, tetap pertimbangkan mampir ke area pasar atau setidaknya melihat-lihat Keraton Kanoman di jalan yang sama.

Sebagai pusat perbelanjaan, tidak ada tiket masuk khusus yang diberlakukan saat Anda memasuki kawasan Pasar Kanoman. Siapa saja bisa mampir ke sini untuk mencari kebutuhan mereka, atau sekadar mengisi waktu luang dengan berburu kuliner tradisional.

Namun, pihak pengelola menetapkan tarif standar untuk urusan parkir-memarkir senilai Rp 2.000 bagi pengendara motor serta pemilik mobil Rp 5.000. Ini karena suasananya sangat padat dan ramai sehingga perlu petugas guna mengatur lalu-lintas di daerah pasar agar berjalan lancar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pasar Kanoman

Aktivitas Menarik di Pasar Kanoman
Image Credit: Instagram wisatacirebon.id

1. Mencari Makanan Tradisional

Apakah Anda merindukan suasana tradisional yang khas dengan kearifan lokal? Datanglah ke Pasar Kanoman untuk menuntaskan kerinduan tersebut di mana pengunjung punya banyak kesempatan dalam mencari makanan buatan tangan.

Anda bisa mencari pedagang kaki lima yang biasa menjajakan dagangan di pinggir jalan, atau pada warga lokal di kios khusus. Beberapa jajanan populer antara lain emping, kerupuk, berbagai macam manisan, dan masih banyak lagi.

Makanan tradisional yang ditawarkan pada dasarnya relatif beragam, baik berskala lokal maupun nasional. Jika memungkinkan, akan lebih bagus saat Anda menyempatkan diri mencicipi jenis makanan yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya.

2. Memenuhi Kebutuhan Pokok

Ada kalanya seorang ibu akan menyuruh anaknya untuk berbelanja kebutuhan pokok, entah untuk stock hari itu atau per jangka waktu tertentu. Jika Anda mengalami situasi ini, sebaiknya segera penuhi dengan datang ke Pasar Kanoman yang menyediakan aneka keperluan rumah tangga.

Apakah itu beras, sayur-sayuran, ataupun lauk, seluruhnya dapat ditemukan dengan mudah bersama harga yang relatif murah. Sering kali juga terlihat para nelayan menawarkan hasil tangkapan laut mereka, seperti ikan atau kepiting.

Bagaimana dengan kebutuhan pokok lainnya selain makanan? Tidak perlu khawatir, ada pula los khusus yang biasanya dijadikan tempat para pedagang pakaian untuk menawarkan produk mereka. Ada batik, pakaian kekinian, kaos, dan lain sebagainya, sesuaikan saja dengan selera personal Anda.

3. Mencari Oleh-Oleh

Bagi wisatawan yang datang dari luar daerah dan sedang berlibur di Cirebon, sebaiknya sempatkan diri mampir ke Pasar Kanoman yang unik ini. Anda bisa membeli aneka kerajinan tangan, kain batik, atau makanan untuk kemudian dibawa pulang ke rumah.

Dibanding membeli di toko pusat oleh-oleh di pinggir jalan, lebih direkomendasikan mencarinya di daerah bersejarah ini. Pasalnya, sebagai pasar tradisional para pedagangnya biasanya memberikan promosi harga lebih terjangkau.

Tidak hanya kerajinan tangan khas Cirebon, tidak jarang juga bercampur dengan benda-benda unik ala Kuningan. Beberapa pilihan yang tersedia antara lain peuyeum, jenis, sambal jamblang, bumbu untuk memasak empal gentong, dan masih banyak lagi.

Anda punya pilihan yang variatif untuk dibawa pulang di mana masing-masing dapat disesuaikan dengan budget. Sebaiknya jangan batasi diri Anda dalam melakukan eksplorasi karena Pasar Kanoman benar-benar menyediakan beragam hal unik yang menanti untuk ditemukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pasar

Fasilitas di Pasar Kanoman
Image Credit: Google Maps aryo hadi

Sebagaimana pasar pada umumnya, daerah Kanoman juga punya fasilitas mendasar untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan di dalamnya. Saat Anda ingin pergi ke toilet, itu dapat ditemukan di dekat pintu masuk yang tidak jauh dari area parkir. Adapun musala, bisa Anda cari di sekitar pasar yang biasa dipakai oleh penduduk setempat.

Dari segi penataan, ada dua gedung utama yang masing-masing mempunyai pintu masuk dan Anda bisa pergi ke mana saja. Selain berjualan di gedung tersebut, sering kali pula pedagang kaki lima menjajakan makanan mereka di tepi-tepi jalan. Bagi mereka yang baru datang pertama kali, memang perlu usaha untuk beradaptasi dengan padatnya pasar bersejarah ini.

Namun, yang terpenting dari itu semua, datang ke sini sama artinya memberikan peluang bagi diri mendapatkan penawaran harga terbaik. Tidak perlu ragu untuk melakukan negosiasi saat Anda ingin membeli barang tertentu. Pastinya dengan tidak memaksa, semena-mena, dan berlaku kasar sehingga penjual bisa lebih mudah merasa luluh.

Pasar Kanoman menyimpan unsur historis yang panjang di tengah riuhnya hari-hari ini. Pemerintah tampaknya tidak dapat berbuat banyak guna menertibkan area pasar demi menonjolkan sisi sejarahnya. Namun, situasi tersebut dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung agar mau meluangkan waktu menyusuri jejak perjuangan di dalamnya.