10 Mall Keren di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Jogja

Inilah rekomendasi mall terbaik di Kota Jogja. Bukan hanya sekedar kota wisata budaya namun juga wisata belanja yang menarik dapat Anda temui.

Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih tepatnya Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota budaya dan juga dengan destinasi wisatanya yang beragam. Namun Yogyakarta juga dikenal sebagai kota belanja.

Para pelancong lokal maupun mancanegara kerap menjadikan kota ini sebagai tempat berlibur. Sedangkan untuk buah tangan, mereka kerap mengunjungi pusat-pusat yang menawarkan kerajinan lokal berupa batik, kayu, perhiasan perak, dan masih banyak lagi dengan harga yang bervariasi.

Meski kental dengan kearifan lokalnya, Kota Yogyakarta tetaplah kota yang menjadi tempat di mana masyarakat urban tumbuh. Hal ini yang membuat banyak sekali gedung-gedung pusat perbelanjaan modern memenuhi setiap sudut Kota Yogyakarta. Hingga kini, setidaknya ada 10 mall terbaik di Yogyakarta yang bisa menjadi referensi untuk Anda kunjungi.

1. Plaza Ambarrukmo Mall

Plaza Ambarrukmo Mall

Image Credit: Tanahnusantara.com

Plaza Ambarrukmo atau kerap dikenal dengan sebutan Amplaz oleh masyarakat lokal ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern dengan luas wilayah mencapai 120.000 meter persegi. Plaza Ambarrukmo didapuk sebagai pusat perbelanjaan terbaik di kawasan Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Sebagai mall terbesar di Kota Yogyakarta, Plaza Ambarrukmo menyajikan konsep urban yang membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata berbelanja terfavorit bagi anak muda maupun keluarga. Seperti pusat perbelanjaan pada umumnya, banyak toko-toko pakaian dengan merk ternama, restoran siap saji, tempat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, dan sebagainya.

Bahkan Plaza Ambarrukmo juga menyediakan tempat yang bisa digunakan sebagai lokasi pameran antara lain di Atrium Ground Floor, 2nd Floor Hall, Lower Ground Mini Hall, dan 3rd Floor Hall.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.80, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

2. Mall Malioboro

Mall Malioboro

Image Credit: Tiket.com

Baik siang maupun malam hari, kawasan Malioboro selalu padat dengan lalu lalang kendaraan dan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berjalan di sepanjang trotoar. Di sepanjang jalan Malioboro ini banyak sekali pedagang kaki lima yang berjejer menawarkan beragam kerajinan tangan dengan harga yang variatif.

Selain itu, Malioboro juga dipenuhi dengan tenda-tenda lesehan yang menjajakan sajian khas Yogyakarta. Namun, bukan hanya kearifan lokal saja yang ditawarkan di jalan Malioboro ini. Di lokasi ini juga berdiri pusat perbelanjaan modern tertua di Kota Yogyakarta, yakni Mall Malioboro.

Pusat perbelanjaan yang berdiri sejak tahun 1993 ini memiliki sejumlah tenant-tenant ternama seperti Gramedia Book Store, Mc’Donalds, Matahari Department Store, dan Hero Supermarket. Bangunan yang terdiri dari tiga lantai utama dan dua lantai dasar ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan yang mampu menarik banyak pengunjung.

BACA:  10 Taman Keren di Jogja untuk Mengisi Akhir Pekan

Lokasi: Jl. Malioboro No.52-58, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

3. Jogja City Mall

Jogja City Mall

Image Credit: Therichjogjahotel.com

Ingin menikmati suasana pusat perbelanjaan yang berbeda di Kota Yogyakarta? Cobalah berkunjung ke Jogja City Mall atau yang biasa disingkat dengan JCM oleh masyarakat lokal. Dari semua pusat berbelanjaan modern yang ada di kota budaya ini, JCM menyuguhkan desain yang terbilang cukup unik.

Bangunan Jogja City Mall dibungkus dengan gaya arsiktektur khas Romawi Kuno lengkap dengan pilar-pilar yang menjulang tinggi dengan megah. Namun begitu pengunjung memasuki lokasi perbelanjaan ini, pengunjung akan disambut dengan gaya interior modern yang dikombinasikan dengan arsitektur khas Jawa.

Jogja City Mall dibuka mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Sehingga pengunjung tidak perlu kebingungan untuk menghabiskan waktu di mall yang satu ini. Selain untuk berbelanja, JCM juga menawarkan arena ice skating yang cukup luas dan tentunya mampu menciptakan momen yang tak terlupakan bagi pengunjung yang belum pernah mencoba olahraga yang satu ini.

Lokasi: Jl. Magelang No.KM 6 No. 18, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

4. Galeria Mall Yogyakarta

Galeria Mall Yogyakarta

Image Credit: Gudeg.Net

Galeria Mall Yogyakarta merupakan pusat perbelanjaan modern ketiga yang bediri di kota gudeg ini. Lokasi mall yang satu ini cukup strategis sehingga tidak heran jika tempat ini cukup mudah ditempuh dengan beragam jenis transportasi.

Walaupun bukan termasuk mall yang besar, Galeria Mall Yogyakarta memiliki area parkir yang cukup memadai dan berbagai jenis fasilitas yang siap untuk mengakomodasi para pengunjung mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Mall yang kerap disebut dengan Gale oleh penduduk sekitar Kota Yogyakarta ini merupakan tempat yang cocok untuk melepas penat karena memiliki banyak sekali kafe-kafe dan restoran. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta di malam hari sambil menikmati hidangan mewah di restoran yang bernama Canting Jogja.

Restoran mewah ini terletak di area rooftop Galeria Mall. Jadi, selain menikmati beragam jenis hidangan lezat, pengunjung akan ditemani dengan pemandangan Kota Yogyakarta di malam hari. Lokasi ini jelas sangat cocok sekali untuk bersantai setelah menjalani hari yang melelahkan di kota gudeg.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.99-101, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

5. Lippo Plaza Yogyakarta

Lippo Plaza Yogyakarta

Image Credit: Siloamhospitals.com

Lippo Plaza Yogyakarta merupakan pusat perbelanjaan yang berdiri di bekas gedung Sapir Square semenjak tahun­ 2015 silam. Dengan desain arsitektur yang menawarkan konsep urban, mall ini menawarkan beragam tenant yang siap untuk memanjakan para pengunjung dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Lippo Plaza sendiri juga terletak di lokasi yang cukup strategis sehingga mudah ditempuh.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Populer

Pusat perbelanjaan yang terdiri dari sembilan lantai ini menjadi salah satu tujuan berbelanja para warga Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Berkat bangunannya yang menjulang tinggi, Lippo Plaza menjadi cukup mudah ditemukan dan dikenal oleh siapapun yang melintas di kawasan sekitar mall ini.

Jika ingin membeli buah tangan, di lantai dasar Lippo Plaza terdapat satu tenant terkenal yang menawarkan oleh-oleh khas dari Yogyakarta seperti kaos, tas, dan jaket yang diproduksi oleh masyarakat Yogyakarta sendiri. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas Wi-Fi sambil duduk di sofa-sofa yang sudah disediakan di area Smart Longue.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.32, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

6. Hartono Mall

Hartono Mall

Image Credit: Gudeg.net

Hartono Mall bisa dianggap sebagai pusat perbelanjaan terbaru yang berdiri di Kota Yogyakarta. Sebagai salah satu mall terbesar di kota budaya ini, Hartono Mall menawarkan setidaknya 300 tenant ternama untuk mengakomodasi segala jenis kebutuhan pengunjung.

Untuk melepas penat setelah berkeliling di berbagai toko retail di Hartono Mall, pengunjung bisa beristirahat sejenak sambil menikmati beragam jenis kuliner di food court. Mall yang dibuka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kursi roda bagi difabel yang bisa dipinjam secara gratis.

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman.

7. Mall Jogjatronik

Mall Jogjatronik

Image Credit: Indonesiashoppingcenter.com

Dari namanya saja sudah jelas bahwa Mall Jogjatronik menawarkan beraneka ragam alat dan keperluan elektronik dari berbagai merk. Selain berada di lokasi yang sangat strategis dan menyuguhkan tempat yang nyaman, mall ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti food court, mesin ATM, dan tempat karaoke.

Pusat elektronik yang buka pada setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam ini merupakan surga bagi para pecinta gadget di seluruh kawasan Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Para pengunjung bisa menemukan berbagai produk elektronik seperti ponsel pintar, komputer, laptop, kamera, hingga semua aksesorisnya.

Bahkan jika pengunjung ingin membeli produk bekas pun, Mall Jogjatronik juga menyediakan sejumlah produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengunjung. Selain itu, pusat perbelanjaan elektronik terlengkap ini juga kerap mengadakan acara pameran produk-produk elektronik.

Lokasi: Jogjatronik, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

8. Sahid J-Walk

Sahid J-Walk

Image Credit: Gudeg.Net

Sahid Jogja Walk atau disingkat dengan Sahid J-Walk merupakan pusat perbelanjaan yang menyuguhkan konsep kawasan hijau terbuka yang cukup luas. Mall yang didapuk sebagai salah satu mall terbesar di Yogyakarta dengan luas 2,2 hektar persegi ini siap untuk memanjakan para pengunjung dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Sahid J-Walk juga menyuguhkan toko-toko retail dari berbagai merk lokal maupun luar negeri dan hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Setelah mengelilingi mall dengan kawasan hijau terbuka ini, pengunjung bisa memanjakan perut di area Food Walk yang menjajakan berbagai jenis hidangan tradisional maupun modern.

BACA:  16 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Bagi para pengunjung yang memiliki buah hati, Sahid J-Walk juga bisa menjadi salah satu mall di Kota Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena banyak sekali wahana permainan anak seperti arena trampolin raksasa.

Lokasi: Jl. Janti, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

9. Jogja Town Square

Jogja Town Square

Image Credit: Kompasiana.com

Jogja Town Square adalah salah satu dari sekian banyak pusat perbelanjaan baru yang berdiri di Kota Yogyakarta. Pusat perbelanjaan yang berdiri di kawasan pemukiman modern ini memiliki lahan sekitar lima hektar. Tidak heran jika kawasan ini dianggap sebagai kawasan komersial terlengkap di Kota Yogyakarta.

Jogja Town Square sendiri mengusung konsep hiburan modern yang dilengkapi dengan tenant-tenant kuliner yang siap melayani pengunjung selama 24 jam non stop. Pusat perbelanjaan ini sendiri memang sudah diterima dengan cukup baik oleh warga Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Seperti pusat perbelanjaan pada umumnya, Jogja Town Square menjadi salah satu tempat tujuan berbelanja dan bersantai para anak muda dan keluarga.

Lokasi: Jl. Tambak Bayan 4 No.19b, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

10. Sleman City Hall

Sleman City Hall

Image Credit: Tribunnews.com

Meski tidak terletak di Kota Yogyakarta, Sleman City Hall tetap mampu menarik banyak pengunjung. Pusat perbelanjaan yang satu ini terbilang masih baru karena soft opening diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 dan grand opening diselenggarakan secara resmi pada bulan Juni 2019 silam.

Sleman City Hall berada di lokasi yang cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh siapapun dengan berbagai jenis moda transportasi. Sleman City Hall juga memiliki fasilitas yang tak kalah dengan sejumlah pusat perbelanjaan lainnya seperti Wi-Fi, kursi roda, parkir, charging area, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pusat perbelanjaan modern ini juga memiliki sejumlah hall yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk menyelenggarakan kegiatan tertentu sekaligus meramaikan suasana. Biasanya acara-acara tersebut kerap diselenggarakan di Atrium Shinta, Atrium Rama, Garden Area, Plaza, dan Ballroom.

Dengan lebih dari seratus tenant dan memiliki delapan lantai, Sleman City Hall menyajikan berbagai jenis kebutuhan yang terbagi dalam berbagai kategori mulai dari pakaian, kesehatan dan kecantikan, toko buku, kuliner, elektronik, perlengkapan rumah tangga, arena bermain, dan hiburan serta layanan finansial.

Lokasi: Jl. Gito Gati No.18, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman.

Itulah 10 rekomendasi mall di Jogja yang menawarkan beragam jenis kebutuhan masyarakat mulai dari perlengkapan sehari-hari, pakaian, kesehatan dan kecantikan, hingga elektronik. Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata budayanya yang beragam dan tetap akan berkembang seiring berjalannya waktu dengan berbagai fasilitas modern seperti pusat perbelanjaan masa kini.