Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Bagi yang suka berlibur ke Jogja pasti tak asing dengan Pasar Beringharjo. Pasar tertua dengan nilai sejarah dan filosofis ini menawarkan beragam kebutuhan, utamanyanya pakaian dan souvenir bagi wisatawan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08:30-21:00, Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika berkunjung ke kota gudeg, Jogja, jangan hanya mengunjungi keratonnya saja tapi juga membawa pulang oleh-oleh khasnya yang unik. Banyak makanan, kudapan, kain batik, pakaian dan aksesoris batik, yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko dan pasar yang tersebar di kota budaya dan kota pelajar ini.

Salah satu pasar tertua dan terlengkap yang menyediakan berbagai oleh-oleh unik khas Yogyakarta adalah Pasar Beringharjo. Berbagai macam oleh-oleh maupun kuliner khas dapat Anda temukan disini. Mulai dari rempah-rempah untuk minuman tradisional yang menyehatkan badan hingga aksesoris dengan aksen batik khas Jawa.

Pasar Beringharjo adalah pasar yang merupakan pusat oleh-oleh terbesar dan telah menjadi pusat perekonomian masyarakat Yogyakarta sejak dahulu. Hal ini menjadikan Pasar ini tempat yang tepat untuk berburu barang dan kuliner yang identik dengan Yogyakarta. Berikut informasi lebih lengkap tentang Pasar Beringharjo sebelum mengunjungi pasar ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Beringharjo

Daya Tarik Pasar Beringharjo

Image Credit: Instagram.com @muh_rizalfy

1. Wisata Belanja dan Kuliner

Mengunjungi Jogja memang tak bisa terhindar dari berbelanja dan memborong oleh-oleh. Mengunjungi Pasar Beringharjo Jogja sama seperti mengunjungi surga belanja. Anda dapat merasakan sensasi mencuci mata melihat barang dagangan yang terpajang apik dan memiliki pemandangan khas etnis Jawa.

Saat sampai di pasar tradisional ini, Anda akan disambut oleh pedagang-pedagang makanan dan kudapan yang siap memanjakan lidah. Anda bisa mencoba minuman khas seperti ronde yang menghangatkan atau jamu-jamuan yang menyehatkan. Jika ingin yang dingin menyegarkan, coba juga es dawetnya.

Jika lapar, Anda bisa memesan pecel urap beserta kue-kue tradisionalnya seperti bakpia, legomoro, hingga kue kipo. Jangan khawatir tentang harga, karena Anda bisa menawar hingga menemukan harga yang pas. Tapi, jangan sampai yang kita tawar terlalu murah dan merugikan penjual ya.

2. Koleksi Batik Terlengkap

Batik memang identik dengan Jogja. Memiliki berbagai macam motif khas membuat batik Jogja diburu banyak orang untuk dikoleksi. Beberapa yang terkenal antara lain batik parang rusak, batik kawung, batik sidomukti, dan batik ciptoning. Motif-motif ini selain di aplikasikan pada kain, juga di aplikasikan pada berbagai produk fashion.

Berburu batik di Pasar Beringharjo adalah pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, berbagai jenis batik dapat Anda dapatkan disini dengan berbagai harga, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan. Dari kain, baju, celana, tas, blangkon, sandal, sepatu dengan motif batik khas Jogja juga dapat Anda beli disini.

BACA:  50 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika Anda jeli, tentu Anda bisa mendapatkan batik kualitas terbaik dengan harga murah dengan sedikit menawar. Berbeda dengan berburu batik di toko yang bisa jadi harganya akan lebih mahal. Jadi jika Anda memutuskan untuk membeli batik sebagai oleh-oleh, pastikan pasar tertua ini menjadi tujuan Anda berburu batik.

Pusat kain batik dan fashion berikut aksesoris batik dapat Anda temukan di gedung barat Pasar Beringharjo Jogja. Gedung barat ini memiliki 2 lantai yang khusus dipenuhi pemandangan batik khas Jawa dan Jogja.

3. Dikelilingi Dengan Tempat Wisata Lain

Terletak di pusat kawasan wisata Jogja, tentunya Pasar Beringharjo dikelilingi berbagai destinasi wisata menarik lainnya. Sehingga, ketika Anda sudah puas berwisata di beberapa tempat wisata, Anda bisa menutup jalan-jalan Anda dengan berbelanja di pasar tertua ini.

Beberapa tempat wisata terdekat dari pasar ini antara lain, jalanan Jogja yang wajib dikunjungi yaitu jl. Malioboro, Museum Benteng Vredeburg, Taman Pintar Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Museum Anak Kolong Tangga, gerai cokelat nDalem, Malioboro Mall, dan pastinya kraton Yogyakarta.

4. Pemandangan Kawasan Pecinan

Jika berjalan ke arah utara Pasar Beringharjo Jogja, Anda akan menemukan pemandangan gerbang berwarna merah lengkap dengan patung naga khas tionghoa. Kawasan ini bernama kampung Ketandan dan memang mayoritas penduduknya adalah warga etnis tionghoa.

Terlihat kontras dengan pemandangan arsitektur Jogja yang lekat dengan suku Jawa, gerbang kampung ini menonjol dengan atapnya yang melengkung khas Cina. Bangunan-bangunan di kawasan pecinan ini memang tidak kental dengan bangunan khas tionghoa. Hal ini dikarenakan telah mengalami pemugaran beberapa kali.

Sebagian besar penduduk di kampung Ketandan adalah pedagang. Para pedagang di kawasan pecinan ini rata-rata merupakan toko kelontong penjual bahan makanan pokok, serta penjual jamu dan obat-obatan tradisional. Namun beberapa tahun terakhir banyak yang beralih menjadi toko emas dan permata.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pasar Beringharjo

Alamat Pasar Beringharjo

Image Credit: Instagram.com @sukatripjogja

Pasar Beringharjo terletak di pusat kawasan wisata di Jogja. Beralamat di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan. Untuk mencapai lokasi pasar tradisional bisa menggunakan angkutan umum seperti becak, delman, bus, atau kendaraan pribadi.

Jalan kaki juga dapat menjadi pilihan sambil menikmati keindahan jalanan Jogja. Jalan yang Anda lalui adalah jl. Malioboro yang populer karena letak pasar ini berada di sebelah selatan jl. Malioboro.

BACA:  15 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Berikut rute-rute yang Anda lalui untuk menuju Pasar Beringharjo dari terminal, stasiun kereta, dan bandara terdekat.

  • Dari stasiun Tugu Yogyakarta, menuju ke halte Malioboro 1 dan menaiki bus KOR 10, berhenti di halte Malioboro 3, kemudian dengan berjalan kaki belok kanan menuju jl. Pabringan selama 6 menit.
  • Jika berjalan kaki dari stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa langsung menuju ke jl. Malioboro dilanjutkan ke jl. Margo Mulyo, kemudian dengan belok kanan menuju jl. Pabringan. Perjalanan dengan berjalan kaki memakan waktu 22 menit.
  • Dari terminal Giwangan, menuju ke halte terminal Giwangan dan menaiki bus KOR 3B, berhenti di tpb Suryotomo Barat, kemudian dengan berjalan kaki belok kanan menuju jl. Sandiloto selama 3 menit.
  • Dari bandara Adisutjipto, menuju ke halte Mall Sahid J-Walk dan menaiki bus KOR 1B, berhenti di halte Senopati 1, kemudian dengan berjalan kaki belok kiri menuju jl. Sriwedani selama 6 menit.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan Pasar Beringharjo, Jogja. Tetapi jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda diharuskan membayar uang parkir. Rp 2.000 untuk roda 2 dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Dilakukan di Pasar Beringharjo

Dilakukan di Pasar Beringharjo

Image Credit: Google Maps (Nova Maulana)

1. Berbelanja Makanan, Bahan Makanan, hingga Rempah-Rempah

Memang berwisata tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai kuliner khas daerah tersebut. Begitu pula ketika berkunjung ke Jogja. Berbagai makanan dan kue tradisional dijajakan di pasar ini dengan harga yang murah tapi dengan rasa yang mahal.

Pada gerbang utama Pasar Beringharjo terdapat banyak pedagang makanan dengan aroma sedap yang membuat perut keroncongan. Terlihat tumpukan lauk pedagang gudeg khas jogja, baceman, dan pecel urap. Ditambah pedagang kue dan kudapan seperti bakpia, krasikan, ting-ting, dan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Jika pergi ke gedung sebelah timur,di lantai 1 Anda akan menemukan toko bahan pokok. Disana Anda bisa berburu bahan dasar makanan tradisional seperti cincau, isian dawet, dan gula merah. Jadi, jika Anda ingin belajar membuat minuman khas Jogja, disini tempatnya untuk mendapatkan bahannya.

Naik ke lantai 2 gedung timur, aroma khas rempah-rempah Jawa akan menggelitik hidung Anda. Berbagai jenis rempah atau empon-empon berjajar rapi dan siap dibeli. Jika Anda tertarik membuat jamu sendiri atau minuman menyehatkan seperti wedhang uwuh, habiskan waktu Anda memilih bahan disini.

Tak hanya bahan baku jamu saja, Anda juga bisa membeli jamu yang sudah diolah oleh tangan-tangan berpengalaman dalam perjamuan. Anda bisa membawa pulang beberapa jenis jamu atau meminumnya langsung di tempat. Jamu ditambah es batu tentu menyegarkan diminum setelah lelah berbelanja. Menyehatkan pula.

BACA:  15 Tempat Wisata Anak & Keluarga di Jogja yang Populer

2. Berburu Oleh-Oleh Khas Jogja

Menyebutkan satu-satu oleh khas Jogja tentu tak ada habisnya. Begitu banyak pilihan mulai dari makanan, gantungan kunci, aksesoris, pakaian, tas, hingga dekorasi. Menghabiskan waktu berburu oleh-oleh bisa Anda lakukan di Pasar Beringharjo Jogja, pastinya tanpa membuat kantong Anda kosong.

Souvenir dan oleh-oleh yang dijual disini selain harganya dapat ditawar, juga ada yang berjualan secara grosir. Harga grosir tentunya jauh lebih murah dari harga satuan. Jadi, jika Anda perlu membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, tak perlu khawatir lagi masalah harga.

3. Berburu Barang Kuno dan Antik

Anda pecinta barang kuno dan antik? Atau Anda suka mengoleksinya? Dengan pergi ke lantai 3 gedung timur Pasar Beringharjo, Anda akan puas memilih barang antik yang Anda inginkan. Mesin ketik kuno, telepon kuno, tv kuno, setrika kuno, hingga koin dan uang kertas kuno dapat Anda temui disini.

Tak jarang barang-barang yang sudah langka juga dapat Anda dapatkan disini jika lebih teliti mencari. Seperti patung patung dan arca, uang Jepang, dan uang Belanda. Tentunya harga yang harus Anda bayarkan sesuai dengan kelangkaan dan kualitas barang antik yang Anda pilih.

4. Berbelanja Baju Adat Jawa

Pasar Beringharjo adalah tempat dimana anda bisa mendapatkan baju adat Jawa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Entah untuk pernikahan, properti, atau sekedar oleh-oleh. Berbagai pilihan blangkon, Surjan, Beskap, hingga selop tersedia berbagai ukuran dari anak-anak hingga dewasa.

Toko penjual baju adat ini bisa Anda temui di gedung barat pasar. Jika Anda ingin melengkapi baju adat Anda dengan keris, Anda bisa menemukannya di sentra barang Antik yang terdapat di gedung Timur.

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Beringharjo Jogja

Fasilitas di Pasar Beringharjo Jogja

Image Credit: Google Maps (Sonny Liyanto)

Sebagai tempat wisata belanja dan kuliner terlengkap dan terbesar tentu memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga membuat Anda lebih nyaman berbelanja. Berikut fasilitas yang disediakan Pasar Beringharjo.

  • Lahan parkir
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Tempat sampah
  • Petugas dan papan pengumuman
  • Sentra penjual batik
  • Sentra penjual produk fashion
  • Sentra penjual aksesoris dan souvenir
  • Sentra penjual bahan makanan
  • Sentra penjual rempah-rempah
  • Sentra penjual barang antik

Demikian informasi mengenai daya tarik, lokasi, rute, dan fasilitas Pasar Beringharjo Jogja. Jangan lupa untuk membawa cukup uang untuk berbelanja di surga belanja ini, karena semua barang yang dijajakan dalam pasar ini begitu menarik untuk dibawa pulang. Terutama untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, teman, atau tetangga.