Tujuan utama dari berlibur tidak lain untuk melepas penat dan mengembalikan pikiran agar lebih segar. Tentunya setelah aktivitas sehari-hari, baik pekerjaan maupun sekolah. Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di pantai, gunung, atau wahana rekreasi lainnya, taman bunga juga termasuk. Jika anda berminat, Taman Bunga Favorit di Jogja bisa menjadi pilihan utama. Bukan tanpa alasan, salah satu provinsi di Jawa Tengah ini tidak hanya memberikan satu atau dua taman saja, namun banyak sekali pilihan yang didapat.

Meskipun bukan yang utama, rekreasi di taman bunga bisa menjadi alternatif. Selain murah, keindahan yang disajikan tidak kalah dengan objek wisata lain. Keindahannya memang tidak sepenuhnya alami karena sebagian besar taman merupakan hasil dari buatan manusia. Akan tetapi perpaduan antara hasil buatan dengan unsur alami tersebutlah yang justru menciptakan suasana dan nuansa tersendiri.

Selain dapat melepas penat dan mendapatkan pengalaman liburan berbeda, taman bunga dipastikan dapat menghasilkan foto indah dan menakjubkan. Hal ini pasti menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang aktif di media sosial. Upload foto hasil liburan di Jogja dengan background bunga-bunga nan indah, siapa yang tidak ingin mengikuti jejak anda? Apalagi jika kebetulan mereka sedang berada di dekat lokasi!

1. Alamanda Jogja Flower Garden

Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Rifai ardiansyah

Jenis bunga yang ada di Alamanda Jogja Flower Garden cukup banyak, diantaranya bunga celosia, Alamanda dan lainnya. Namun keberadaan bunga alamanda mendominasi taman tersebut sehingga dijadikan sebagai nama tempat wisata. Taman bunga ini tidak hanya menawarkan keindahan bunga saja, melainkan miniatur dari tokoh kartun favorit.

Selain karakter Doraemon dan Nobita, taman bunga yang ada di Kabupaten Sleman ini juga dihiasi dengan balon udara dan kincir angin. Tentu bukan bangunan sesungguhnya, hanya sebuah miniatur yang biasanya digunakan sebagai spot foto unik dan menarik. Di setiap sudut juga terdapat tempat duduk dengan bentuk mirip sangkar beralaskan rumput hijau tebal sehingga empuk ketika diduduki.

Bagi anda yang tertarik dengan suasana danau atau telaga, silahkan mendatangi tempat yang ada di belakang deretan kincir angin. Di sana bisa anda temukan sebuah telaga kecil, lengkap dengan tempat duduk santai seperti ketika anda menikmati suasana pantai. Cukup dengan biaya 15.000 untuk dewasa dan anak-anak 10.000 rupiah, anda bisa menikmati semua fasilitas dan keindahan yang ada di sana.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tempel – Turi No.Km.5, Dedapan, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Taman Bunga Celosia Kemadang

Taman Bunga Celosia Kemadang
Image Credit: Google Maps Mega Nur Pratiwi

Dinamakan Taman Bunga Celosia Kemadang karena memang letaknya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Taman bunga cantik ini menawarkan keindahan bunga celosia dengan warna dominan kuning dan merah. Letaknya berada di dekat pantai yang ada di Jogja, tepatnya di sebelah timur Pantai Kukup.

Menariknya, bukan hanya keindahan bunga saja yang ada di sana, namun juga bangunan unik menghiasi di tengah taman. Adapun bangunan yang dimaksud adalah kincir angin dan rumah burung. Bukan hanya satu kincir angin, melainkan cukup banyak dengan bangunan yang berjejer rapi. Untuk rumah burung, anda bisa naik ke atasnya dan foto selfie di sana.

Tidak hanya berjalan-jalan di sekitar taman bunga atau sekedar berdiri untuk melakukan foto, anda juga bisa duduk ditempat yang disediakan. Dibuka pukul 07.00 dan ditutup pada 17.00, anda hanya perlu 5.000 rupiah untuk menikmati semua keindahannya. Namun ingat, anda harus mematuhi semua peraturan yang ada di sana, salah satunya dilarang memetik bunga yang ada di taman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Taman Gumuk Pasir

Taman Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps parangtritis garden and vineyards

Lokasinya berada di dekat Pantai Parangtritis, bukan hanya taman yang bisa anda nikmati, melainkan banyak aktivitas lainnya. Diantaranya adalah outbound, sandboarding, dan tidak lupa mengendarai ATV atau Jeep. Sebagaimana lokasi pantai, taman bunga favorit di Jogja ini dipadukan dengan pasir. Siapa sangka jika pasir dan bunga yang dipadukan bisa menjadi taman wisata menarik dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Taman Gumuk Pasir dibuka pada pukul 05.00 dan ditutup pukul 19.00 dengan biaya murah meriah, hanya 5.000 rupiah. Spot paling menarik dan selalu ramai didekati pengunjung adalah bunga berbentuk hati. Bukan sepenuhnya bentuk hati, melainkan hati yang terbuka dengan jalan masuk sehingga anda bisa berada di dalamnya. Anggap saja sebagai simbol bahwa anda bisa memasuki hati seseorang yang dicintai, baik istri, anak, atau keluarga lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Muhamad Yani

Dominasi warna merah, itulah keindahan yang disajikan Taman Bunga Amarilis yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Tidak banyak aktivitas yang dilakukan di taman bunga ini selain mengambil foto dengan background tanaman yang sangat indah. Ada jalan di sekitar taman yang dikhususkan bagi pengunjung, juga sebagai tempat pemberhentian untuk mengambil foto. Oleh sebab itu, tidak diperkenankan untuk memasuki taman karena bisa merusaknya.

Perlu diketahui, bunga amarilis hanya mekar setahun sekali, tepatnya pada penghujung musim kemarau. Dengan kata lain, bunga ini akan mekar ketika awal memasuki musim hujan. Lama waktunya tidak lama, hanya sekitar satu minggu. Pastikan anda tidak melewatkannya dengan berkunjung di Dusun Ngasemayu, Desa Salam. Tiket masuknya hanya 10.000 rupiah untuk jangka waktu 06.00 – 18.00 WIB. Selain menikmati keindahannya secara langsung, anda juga membawa pulang bibit atau tanaman amarilis dengan membelinya di sekitar lokasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Imron Rosyadi

Taman Bunga Asri, itulah nama lokasi wisata yang ada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Jogja ini. Kali ini bukan hanya didominasi satu bunga saja, melainkan terdiri dari bunga matahari, bunga celosia, dan juga beberapa bunga lainnya dengan warna mengagumkan. Lokasinya yang berada di dekat Pantai Samas membuat salah satu taman bunga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Selain menikmati keindahan berbagai macam bunga yang ada di sana, anda juga bisa foto dengan background keindahan alam warna warni dari bunga. Spot yang paling banyak diburu bagi pasangan yakni kerangka berbentuk hati. Di samping kerangka tersebut ada bunga dengan warna kuning dan merah, sangat disayangkan jika anda melewatkan spot ini. Lokasinya dibangun diatas lahan seluas 600 meter persegi, dijamin anda puas berkeliling dengan hanya membayar 5.000 rupiah per orang, untuk anak-anak bebas masuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari
Image Credit: Google Maps Leli Dewi Pramudyani

Sesuai dengan namanya, taman bunga ini menawarkan keindahan bunga matahari secara keseluruhan. Lokasinya berada di Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, lebih tepatnya dekat dengan pantai. Jalan-jalan menikmati keindahan alam bunga, serta foto selfie, itulah kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi wisata ini.

Bagi anda yang menganggap kurang menarik, sebaiknya perhatikan waktu ketika berkunjung. Di pagi hari, bunga dengan dominan warna kuning tersebut sangat cantik ketika dihiasi dengan pancaran sinar matahari. Apalagi berpadu dengan warna cerah biru langit yang menandakan suasana hat juga cerah. Keindahan Kebun Bunga Matahari ini hanya mengharapkan imbalan berupa uang sebesar 5.000 rupiah per orang. Tentu anda tidak keberatan dengan tiket masuk ini bukan?

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Taman Bunga Resoinangun

Taman Bunga Resoinangun
Image Credit: Google Maps Johanna Tio Naomi

Di kawasan pantai Samas, anda tidak hanya menemukan Taman Bunga Asri, namun juga Taman Bunga Resoinangun. Taman bunga favorit di Jogja ini menghadirkan berbagai jenis bunga, diantaranya bunga matahari, bunga kertas, dan juga bunga Celosia. Keindahannya tidak dapat tertandingi dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Ayunan, tempat duduk, dan sepeda, itulah beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan.

Dengan biaya 5.000 rupiah, anda bisa masuk mulai jam 6 pagi hingga pukul 6 sore. Menariknya, dengan biaya murah tersebut, anda mendapat souvenir berupa topi dan payung yang digunakan selama di lokasi taman yang juga dikenal dengan Resoinangun Garden ini. Jika tertarik, silahkan datang langsung ke alamat Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Kebun Bunga Hutan Pinus Mangunan

Kebun Bunga Hutan Pinus Mangunan
Image Credit: Google Maps Krisna Budiman

Bagaimana jika taman bunga dipadukan dengan suasana hutan pinus? Tentu sangat indah bukan? Kebun Bunga Hutan Pinus Mangunan menyajikan keindahan yang dimaksud. Lokasi tepatnya di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul dengan biaya tiket sangat murah meriah, cukup 2.500 saja per orang.

Meskipun biaya tiketnya murah, fasilitas dan keindahan bukan termasuk murahan. Sebut saja keindahan bunga celosia dan bunga marigold yang tersebar di beberapa titik. Dari kejauhan, mungkin anda menganggap bahwa pohon pinus yang menjulang tinggi dapat menghasilkan bunga indah tersebut.

Apalagi jika di pagi hari anda bisa menikmati pemandangan khas hutan pinus, yakni kabut tebal dengan udara sejuk menyertai. Bukan hanya itu, ada sejenis rumah pohon cukup unik yang bisa anda jadikan spot foto atau sekedar menikmati pemandangan dari ketinggian. Taman bunga ini juga dilengkapi dengan tempat duduk melingkari pohon pinus, cocok dijadikan tempat santai sambil menikmati keindahan alam.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Apa aktivitas yang dilakukan ketika mengunjungi taman bunga? Tentu saja dengan berfoto mengabadikan momen liburan. Itulah yang juga anda lakukan ketika berkunjung ke beberapa taman bunga favorit di Jogja yang telah disebutkan. Warna warni bunga dan layout yang disediakan pastinya mengundang siapa saja untuk mendekatinya. Dengan biaya rata-rata cukup murah, liburan menyenangkan juga bisa dilakukan.