Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Way Ratai No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada di Kota Bandar Lampung. Memamerkan keindahan pantai yang indah dan cantik menjadikan pantai satu ini sangat terkenal. Bahkan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar Bandar Lampung. Sudah jelas jika keindahan pantai tiada ada duanya.

Sari Ringgung pertama kali dibuka untuk umum di tahun 2014. Mengalami beberapa kali renovasi dan berbagai pertimbangan agar wisata ini memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata pantai lainnya. Berbagai objek wisata dapat dinikmati pengunjung saat berlibur ke destinasi pantai Bandar Lampung satu ini.

Berbagai fasilitas yang sudah disediakan pengelola pantai, dapat dinikmati pengunjung selama menghabiskan waktu liburan di pantai satu ini. Sari Ringgung dapat menjadi referensi, ataupun waiting list liburan Anda bersama dengan keluarga, teman, atau pun kerabat. Jangan lupa untuk berkunjung ke mari saat mengunjungi Bandar Lampung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sari Ringgung

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Ayub Effendi)

Pantai cantik ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit yang ada di Provinsi Lampung. Menyuguhkan keindahan pantai yang luar biasa cantik dan menakjubkan menjadikan pantai satu ini banyak diminati wisatawan sekitar area pantai, pun wisatawan yang berasal dari luar Kota Bandar Lampung.

1. Adanya Objek Wisata Unik, Yakni Masjid Terapung

Salah satu yang menjadi tujuan utama para pengunjung Pantai Sari Ringgung adalah adanya masjid terapung, yang biasa disebut Masjid Al Aminah. Mulai dijadikan sebagai objek wisata keagamaan di tahun 2015 secara resmi oleh Pemkot Lampung sendiri. Hampir setiap hari, masjid satu ini selalu ramai dikunjungi dan tiap tahun selalu meningkat.

Faktanya, Masjid Al Aminah dibangun hanya dengan bermaterialkan kayu, serta bentuk bangunan begitu sederhana. Lokasinya yang berada di perairan pantai, membuat area masjid berdekatan, bahkan bersentuhan langsung dengan tambak ikan milik nelayan. Merupakan area pantai, tidak heran jika nelayan menjadi mata pencaharian warga sekitar.

2. Menjadi Spot yang Cukup Bagi Pecinta Snorkling

Daya tarik selanjutnya, yakni digunakannya pantai ini sebagai spot snorkling bagi para pecinta olahraga satu ini. Berlibur ke pantai mungkin akan sia-sia tanpa melakukan kegiatan snorkling. Namun, sayang tidak semua pantai cocok dijadikan spot snorkling. Eits, tapi jangan salah, karena di pantai ini pengunjung juga bisa melakukannya.

Pantai di Kota Bandar Lampung ini masuk dalam perairan yang memiliki ombak yang aman dan tidak terlalu besar. Hal tersebut memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati kegiatan snorkling di bawah laut. Indahnya kehidupan bawah laut siap memanjakan pengunjung yang sedang bermain olahraga snorkling.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Baskoro Baskie)

3. Spot Berenang yang Aman Bagi Anak-anak dan Orang Dewasa

Jika Pantai Sari Ringgung aman digunakan sebagai spot snorkling, maka pantai ini pasti juga sangat aman jika dijadikan sebagai tempat berenang bagi setiap pengujung yang datang. Pengunjung bisa mengajak serta buah hati mereka untuk menikmati sensasi berenang di sekitar pantai. Pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan mengasyikkan.

Pengunjung bisa berenang di sekitaran area bibir pantai. Biasanya pengelola pantai sudah menetapkan garis aman spot berenang untuk memudahkan wisatawan yang datang berkunjung. Jangan lupa juga untuk menyewa ban atau pelampung yang sudah disediakan agar kegiatan berenang Anda semakin seru dan menyenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sari Ringgung

Alamat Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Twitter.com @wawanherdianto

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu tujuan destinasi wisata pantai yang ada di Lampung. Lokasinya lengkapnya, yakni masuk di Desa Sidodadi, Kecamatan Padang Cermin, serta masuk dalam wilayah Kabupaten Pesawaran. Untuk bisa mencapai lokasi pantai dibutuhkan sekitar 30-60 menit perjalanan memakai kendaraan.

Dengan menempuh jarak sekitar 25 kilometer dari Kota Bandar Lampung, perjalanan bisa saja menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi jalan, serta kecepatan yang Anda gunakan. Disarankan untuk berkecepatan yang sewajarnya saja, lebih tepatnya tidak terlalu kencang, agar tidak membahayakan orang lain.

Rute yang biasa dilewati adalah mengikuti jalur Jalan Pajajaran atau Jalan Hanoman. Belok kiri menuju Jalan Teuku Umar, Anda akan menemukan jalan dua pilihan, seperti huruf Y, pilih jalur ke arah kanan. Anda akan dibawa menuju area Jalan Raden Intan sejauh 1,5 kilometer. Setelahnya Anda tinggal belok kanan menuju Jalan Ahmad Yani.

Untuk mempermudah menuju Jalan Ahmad Yani, Anda tinggal mencari Tugu Adipura, dan perjalanan Anda kurang 700 meter lagi. Setelahnya, Anda akan menemukan jalan Y kembali, namun kali ini pilih arah kiri menuju Jalan Wolter Monginsidi. Belok kanan ke area Jalan Basuki Rahmad, lalu pilih kanan arah Jalan P. Emir Moh. Noer.

Dari Moh. Noer, belok kiri ke Jalan Sumur Putri. Anda tinggal melihat saja petunjuk-petunjuk yang sudah disediakan. Anda juga bertanya pada warga sekitar, karena rute menuju lokasi Sari Ringgung cukup rumit dan berkelok. Manfaatkan pula fitur Google Maps untuk mempermudah perjalanan Anda jika tidak mau ribet.

Sedikit informasi, karena kondisi jalanan di beberapa titik sangat rusak dan rawan. Ada baiknya sebelum menuju area pantai, pengunjung dianjurkan untuk mengecek ulang kondisi kendaraan yang akan dibawa. Mulai dari rem, kopling atau gigi, lampu, hingga klakson. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik, juga fit agar selalu aman.

Harga Tiket Masuk Pantai Sari Ringgung Lampung

Harga Tiket Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Khamdani Aja)

Untuk memasuki area Pantai Sari Ringgung, pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk yang sudah ditetapkan oleh pengelola pantai. Sejak dibuka pada tahun 2014 untuk publik, pengelola menetapkan tarif Rp. 5.000,00 saja kepada setiap pengunjung yang datang, demi menghabiskan waktu liburan di pantai satu ini.

Harga yang cukup terjangkau dan murah, serta ramah di kantong. Tarif lahan parkir pun juga ditetapkan sebesar Rp 5.000,00 bagi kendaraan bermotor, serta sebesar Rp 20.000,00 untuk kendaraan roda empat. Jika ada rombongan, pengelola juga menyediakan tempat parkir khusus bagi pengunjung yang membawa kendaraan bus.

Namun, untuk harga patok bus bisa dibilang cukup mahal karena ukuran bus yang cukup memakan tempat. Jam operasional sendiri, adalah mulai dari pukul 06.00 pagi hingga jam 17.00 sore waktu setempat. Jauh berbeda dengan pantai-pantai yang umumnya dibuka selama 24 jam penuh, apalagi jika di akhir pekan atau weekend.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sari Ringgung

Kegiatan di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Facebook.com @pantaisariringgunglampung

1. Berkunjung ke masjid apung

Salah satu kegiatan menarik yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung dan berlibur ke Sari Ringgung adalah mengunjungi masjid apung, yakni Masjid Al Aminah. Dijadikan sebagai objek wisata di tahun 2015 oleh Pemkot Bandar Lampung setempat, menjadikan Masjid Al Aminah sangat diminati hampir oleh semua pengunjung yang datang.

Berada dekat dengan tambak milik warga, membuat Al Aminah begitu sederhana. Bangunannya yang seluruhnya terbuat dari kayu menambah kesederhanaanya. Pengunjung bisa menjadikan masjid satu ini sebagai tempat wisata keagamaan saat berlibur ke tempat wisata satu pantai kebanggan Kota Bandar Lampung ini.

2. Menghabiskan waktu dengan snorkling

Tidak semua wisata pantai dapat dijadikan sebagai spot snorkling yang baik. Hal tersebut dikarenakan ombak yang terlalu besar dan berbahaya, sehingga beberapa tempat wisata pantai tidak diperkenankan dijadikan sebagai spot snorkling. Namun, jangan salah, pengunjung bisa menikmati kegiatan satu ini di Pantai Sari Ringgung.

Memiliki ombak yang tenang, serta aman, mendukung dijadikannya pantai ini sebagai tempat snorkling. Menyuguhkan keindahan bawah laut yang cantik dan menakjubkan, pasti membuat siapa pun berdecak kagum. Pengujung dapat melihat langsung berbagai macam hewan laut, maupun ekosistem hingga kehidupan biota laut yang ada di sana.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Let’s Go Serbia)

3. Menikmati pemandangan alam dari Pasir Timbul

Objek lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah adanya Pasir Timbul di area perairan pantai ini. Disebut-sebut, seperti pasir yang ada di Maldives, membuat Pasir Timbul juga diminati pengunjung. Pasir ini bahkan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Itu menjadi keunikan tersendiri bagi objek pasir satu ini.

Dari area bibir pantai, Pasir Timbul tampak seperti pulau kecil yang berada di tengah pantai. Untuk bisa mencapai lokasi tersebut, pengunjung diharuskan menyebrang dengan menaiki perahu yang sudah disediakan. Harga sewa akan menjadi sangat murah jika pergi dengan rombongan. Untuk itu carilah rombongan, agar biasa sewa menjadi murah.

Objek wisata pasir timbul mungkin objek yang paling banyak dicari karena hal ini mirip dengan pasir yang ada di Maldives. Pasir ini alami dari laut dan tidak dibuat-buat oleh warga atau pun petugas yang ada di Pantai Sari Ringgung. Untuk menuju objek wisata ini, Anda harus memakai perahu yang disewakan oleh petugas denganbiaya tertentu.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Oyorooms.com

1. OYO 2593 Mawar Homestay

Penginapan yang berada tidak jauh dari pantai ialah Mawar Homestay. Berada tidak jauh dari kota, penginapan ini menyediakan fasilitas yang memadai. Kamar ber-AC, Wifi 24 jam, hingga pelayanan selama 24 jam penuh menjadikan penginapan ini cocok Anda pilih.

2. Yunna Hotel Lampung

Penginapan di sekitar Pantai Sari Ringgung selanjutnya ialah Yunna Hotel Lampung. Memberi fasilitas room service selama 24 jam penuh, kamar ber-AC, hingga Wifi 24 jam membuat penginapan ini diminati. Terdapat pula fasilitas spa yang bisa Anda coba.

3. Wisma Ray Syariah

Penginapan yang terjangkau dengan berbagai fasilitas memadai ini juga bisa dijadikan referensi. Menyediakan pelayanan selama 24 jam penuh dengan ramah, membuat penginapan ini mendapat penilaian cukup tinggi. Ada kamar ber-AC yang nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sari Ringgung Lampung

Fasilitas di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Fasilitas yang ada di sekitaran wisata pantai ini cukup lengkap dan memadai. Terdapat beberapa gazebo atau pondok, hingga tempat ibadah bagi pengunjung Muslim, serta tempat persewaan berbagai macam wahana yang memang disediakan pengelola.

Selain itu, fasilitas pendukung lainnya yang tidak kalah menarik, yakni luasnya lahan parkir dengan biaya parkir yang terjangkau. Toilet pun juga disediakan sedemikian rupa. Serta beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan khas sekitar.

Informasi mengenai Pantai Sari Ringgung di atas, dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum mengunjungi pantai satu ini. Akan lebih seru dan menyenangkan, jika pantai menawan ini Anda jadikan sebagai tempat wisata sekeluarga atau tempat menghabiskan waktu liburan bersama dengan rekan kerja, bisa juga sebagai perayaan kelulusan sekolah.