Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Dari gugusan pantai yang ada di Lampung, sepertinya Pantai Queen Artha masih layak dijadikan destinasi wisata utama. Keindahannya tidak kalah dengan pantai lain yang lebih populer, harga tiket masuknya jauh lebih murah. Selain itu, fasilitasnya cukup  lengkap dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan selama berlibur ke sini.

Saat ini kondisinya tidak terlalu ramai, tetapi setiap hari selalu saja ada wisatawan yang datang. Lain halnya jika berkunjung dihari libur, maka kemungkinan sedikit lebih ramai dibandingkan hari biasa. Faktanya, kondisi yang sunyi ini banyak dimanfaatkan wisatawan untuk melepas penat bersama keluarga atau pasangan.

Objek wisata bahari ini berganti nama setidaknya empat kali. Sebelum bernama Pantai Queen Artha, lokasi wisata ini dikenal dengan Pantai Sekawarna, Pantai Tripanca, dan Pantai Sahara. Jadi jangan bingung ketika mendengar beberapa nama lain tersebut, karena semuanya merujuk pada satu lokasi yang sama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Queen Artha

Daya Tarik Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps Angga E. Pratama

Meskipun telah berganti nama beberapa kali, namun dalam hal keindahan dan pesonanya tidak sedikit pun berubah. Ada banyak alasan kenapa wisatawan lebih memilihnya untuk meluangkan waktu liburan mereka. Hal ini tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Queen Artha itu sendiri.

1. Pemandangan Eksotis Laut Lepas

Alasan berkunjung ke sini tidak lain karena pesona indahnya yang memukau. Pemandangannya begitu apik dan beberapa tidak dimiliki oleh pantai di tepat lain. Sebut saja Pulau Tangkil yang berdiri gagah di tengah lautan seolah tidak terusik oleh datangnya angin dan ombak. Pulau ini menjadi tujuan berikutnya bagi wisatawan yang ingin berkeliling.

Sementara di sudut lain, wisatawan dapat melihat perbukitan elok yang samar-samar terlihat hijau karena jaraknya cukup jauh. Meskipun kurang jelas dalam hal warnanya, namun kontur khas perbukitan yang berundak cukup jelas terlihat. Hamparan laut lepas pun cukup indah dan tidak ada satu pun bangunan yang menghalangi pesonanya.

2. Bentangan Pasir Lembut

Tidak jauh berbeda dengan wisata bahari lainnya, Pantai Queen Artha memiliki pasir putih nan lembut. Warnanya putih kecokelatan menjadi ciri khasnya tersendiri, yang mana biasanya pasir di pantai lebih berwarna putih atau hitam. Teksturnya yang lembut sangat aman dijelajahi meskipun tanpa menggunakan alas kaki.

Adanya pasir ini mejadi daya tarik bagi wisatawan, terutama untuk anak-anak. Tidak sedikit dari mereka yang bermain pasir dengan riang gembira. Mulai dari membentuk objek bangunan hingga berendam di dalam pasir, semuanya memberikan kesan liburan yang berbeda. Bagi dewasa, pasir ini sering dijadikan media terapi melancarkan aliran darah dengan berjalan santai di atasnya.

3. Pantai dengan Ombak yang Tenang

Hampir semua pantai di Lampung memiliki karakteristik ombak yang tenang, termasuk Pantai Queen Artha. Dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi, air laut yang awalnya tenang menimbulkan riak kecil bergelombang. Pemandangan pun jauh lebih eksotis dan menambah suasana menjadi lebih syahdu.

Keuntungan mengunjungi pantai dengan ombaknya yang tenang yaitu lebih aman jika ingin melakukan aktivitas air. Seperti berenang atau bermain air, di sini jauh lebih aman dibandingkan dengan pantai yang memiliki ombak besar. Meski demikian, ada juga kerugiannya bagi pecinta selancar, karena pantai ini tidak cocok untuk aktivitas tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps Scrappy Schapiro

4. Suasana Asri dari Pepohonan

Apabila anda sering mengunjungi pantai lain, maka mungkin ada sedikit perbedaan di Pantai Queen Artha. Perbedaan yang dimaksud adalah dari pepohonan rindang yang tumbuh subur memenuhi bibir pantai. Kebanyakan objek wisata seperti ini hanya menampilkan keindahan pantai secara umum, namun kondisinya kering karena minim vegetasi hijau.

Lain halnya jika anda berkunjung ke sini, karena dibalik lautan lepas, pemandangan hijau pepohonan turut menghiasi. Sebagian besar vegetasi hijau di pantai cantik ini didominasi oleh pohon waru. Sebagian lagi dipenuhi semak belukar dan rumput yang tidak kalah hijaunya. Pengunjung yang merasakan cuaca panas biasanya berteduh di bawahnya.

5. Spot Jembatan Kayu

Daya tarik Pantai Queen Artha berikutnya dari jenis fasilitas. Di sini terdapat jembatan kayu yang menjorok ke arah tengah laut. Meskipun terbuat dari kayu, namun untuk kekuatannya terjamin dan dipastikan aman. Pengelola setiap saat mengecek kondisinya apakah masih layak dipakai atau perlu diperbaiki.

Jembatan ini sering dijadikan salah satu spot terbaik menikmati pesona alam pantai yang mengagumkan. Tidak sedikit wisatawan yang menggunakan sebagai spot foto berlatar laut lepas dan Pulau Tangkil yang terlihat kecil. Selain itu, jembatan ini juga kerap dijadikan tempat bersantai sambil menikmati pesona matahari tenggelam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Gueen Artha
Image Credit: Google Maps Abu Hanzha

Pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan tanpa harus bersusah payah menempuh perjalanan yang sulit adalah mengunjungi Pantai Queen Artha. Meskipun mendekati lokasi wisata banyak lubang yang harus diwaspadai dan jalanan yang tidak begitu lebar, namun secara keseluruhan akses jalannya sudah sangat baik.

Destinasi wisata kali ini berada di Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Uniknya, jarak dari Bandar Lampung jauh lebih dekat dibandingkan dari Pesawaran. Jika anda berangkat dari Pesawaran, maka dibutuhkan waktu 1 jam 45 menit untuk menempuh jarak sepanjang 57 kilometer.

Lain halnya jika berangkat dari Bandar Lampung, anda hanya butuh waktu tidak lebih dari 20 menit karena hanya menempuh jarak 7 kilometer saja. Bagi yang datang dari arah Pesawaran, silahkan mengambil rute melewati Jalan Ganjaran. Sedangkan bagi yang datang dari Bandar Lampung, rute terbaik yakni melewati Jalan Laksamana R.E.Martadinata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps Let’s Go Serbia

Tidak harus mahal untuk menikmati pesona luar biasa dari Pantai Queen Artha. Menjadi salah satu objek wisata yang cocok dikunjungi semua kalangan, pantai eksotis ini tidak membebankan tiket masuk perorangan. Sebagai gantinya, setiap wisatawan yang datang dihitung dari kendaraannya, cukup unik tentunya.

Bagi yang datang membawa sepeda motor, harga tiket masuk yang berlaku yakni 15.000 rupiah. Sedangkan pengunjung yang membawa mobil dikenakan biaya masuk 25.000 rupiah. Oleh sebab harga tiket dilihat dari jenis kendaraan, maka untuk retribusi parkir nya juga termasuk biaya masuk yang dimaksud.

Selain biaya untuk tiket masuk, Pantai Queen Artha menyediakan beberapa fasilitas penyewaan bagi wisatawan yang membutuhkan. Sebagai contoh adalah tikar yang di banderol dengan harga sewa 10.000 rupiah, gazebo dengan harga 30.000 rupiah, dan ban karet seharga 5.000 untuk ukuran kecil dan 10.000 untuk ukuran besar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Queen Artha

Aktivitas Menarik Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps Abu Hanzha

Setelah mengetahui daya tarik, rute terbaik, dan harga tiket masuk, tidak ada salahnya jika anda mengetahui aktivitas yang menarik di sini. Meskipun sama-sama berupa pantai, sebagian aktivitas tidak sama dengan di tempat lain. Berikut adalah contoh aktivitas di Pantai Queen Artha yang dapat anda lakukan!

1. Berenang dan Bermain Air

Salah satu aktivitas yang tidak boleh terlupakan di sini adalah berenang dan bermain air. Ombaknya yang tenang dan hampir tanpa gulungan semakin mendukung aktivitas ini. Namun perlu diketahui, tidak semua garis pantai cocok untuk aktivitas air ini. Pasalnya, sebagian dasarnya dipenuhi dengan batu karang tajam dan tanah lumpur.

2. Mengunjungi Pulau Tangkil

Jika anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya mengunjungi gundukan tanah luas yang dikenal dengan Pulau Tangkil. Satu-satunya akses untuk menuju ke pulau eksotis tersebut adalah dengan menggunakan perahu dari Pantai Queen Artha. Sebagian nelayan di sini rela mengantarkan anda ke lokasi tujuan, asalkan harganya pas dan sesuai kesepakatan.

3. Bermain Kano

Kembali kepada aktivitas seru yang berhubungan dengan air, kali ini ada peralatan khusus sehingga lebih seru. Apabila berenang sudah terlalu biasa, saatnya mencoba permainan yang lebih seru dan menantang. Di sini tersedia tempat penyewaan kano, anda bisa mendayung dan mencoba keseimbangan diatas permukaan air.

Aktivitas Menarik di Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps sazeli mustofa

4. Berburu Spot Foto

Mengunjungi Pantai Queen Artha kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas foto. Seiring dengan perkembangan teknologi, aktivitas ini menjadi wajib selama liburan. Apalagi untuk objek wisata kali ini memiliki pesona yang luar biasa. Mulai dari lautan lepas, pulau dan perbukitan, hingga rimbunnya pepohonan, tentunya cocok menjadi background foto.

5. Belanja Ikan Segar

Objek wisata yang anda tuju kali ini tidak jauh dari TPI Lempasing. Keputusan yang tepat jika sebelum pulang mampir ke tempat pelelangan ikan tersebut. Ada banyak jenis ikan segar yang tersedia, mulai dari ikan besar berupa tongkol hingga ikan kecil sejenis teri. Untuk harganya sendiri dipastikan murah dibandingkan harus membeli di pasar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Queen Artha
Image Credit: Google Maps Kennedy Keken

Selain memiliki daya tarik dari pesona alamnya, Pantai Queen Artha juga dilengkapi berbagai fasilitas penting. Untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan, pengelola pantai cantik ini menyediakan area parkir luas, toilet, dan mushola. Bagi yang ingin istirahat santai, silahkan menyewa gazebo berupa pondok mini sesuai harga yang disebutkan tadi.

Berbagai daya tarik sudah kita bahas, begitu pula dengan lokasinya yang ternyata cukup strategis. Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat sebelum anda menuju ke Pantai Queen Artha. Setelah membaca setiap detail nya, keputusan tetap di tangan anda, apakah dianggap layak dikunjungi atau tidak.