Pantai Pasir Putih Lampung

Pantai Pasir Putih salah satu wisata pantai yang eksotis di Lampung Selatan. Wisata bahari yang menyuguhkan pesona bawah laut dan pemandangan yang indah sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Pasir Putih di Lampung dikenal memiliki pesona bahari yang memikat. Menawarkan pemandangan eksotis bak lukisan, menjadikan pantai ini layak dikunjungi. Di samping itu, udara di sini cukup sejuk dan segar.

Tidak berlebihan untuk dilabeli sebagai salah satu wisata ikonik di Kepulauan Sumatra. Sejalan dengan namanya, daya tarik paling utama memang berupa pasir yang putih, bersih, dan halus. Walau ramai disambangi pengunjung, lingkungannya masih cukup terawat.

Akses untuk tiba di lokasi juga terbilang mudah. Anda dapat memilih lewat jalur darat atau laut. Tidak perlu khawatir karena segala kebutuhan Anda sudah disediakan, baik penginapan, musala, kamar mandi, maupun fasilitas penunjang lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih

Daya Tarik Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @indonesiakaya

1. Pemandangan Eksotis Bak Lukisan

Anda akan disuguhkan pemandangan yang menawan hati bak melihat lukisan. Sederet pohon kelapa berdiri kokoh di atas butir-butir pasir putih nan halus. Airnya jernih hingga Anda dapat melihat ke dasar laut. Selain itu, warna airnya tampak hijau kebiru-biruan.

Pesona Pantai Pasir Putih semakin lengkap dengan keberadaan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Anda dapat menyaksikan nuansa serba hijau dari kejauhan. Seluruh keindahan tersebut akan memancar sempurna ketika matahari terbenam. Pastikan Anda tidak melewatkan sunset.

2. Udara Sejuk dan Segar Cocok untuk Relaksasi

Tidak hanya menawarkan keindahan visual, suasana di sini sangat mendukung untuk berwisata. Udaranya sejuk dan segar, rasanya Anda dapat mengisi energi kembali setelah lelah beraktivitas seharian. Lingkungannya pun asri dan terawat.

Semilir angin diiringi nyiur dedaunan kelapa berperan layaknya nyanyian alam. Dimanjakan suara deru ombak yang menghantam tebing dan menyapu pesisir. Tumbuh pula pohon ketapang dan waru yang menciptakan keteduhan. Tentu, kombinasi ini akan menghadirkan efek penenang.

3. Ombak yang Bersahabat

Letak geografis pantai berhasil menciptakan ombak yang bersahabat. Pantai Pasir Putih ini dikelilingi oleh pulau-pulau lain sehingga mengurangi intensitas pergerakan ombak. Dengan kata lain, kawasan perairannya cukup aman bagi Anda yang ingin mencoba beragam aktivitas seru.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih

Alamat Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Hani Fa)

Sedikit beranjak dari pusat Kota Bandar Lampung, pantai ini berjarak sekitar 23 km dan memakan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Tepatnya berlokasi di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Anda bisa memulai rute darat dari Jalan Pajajaran. Lurus terus sejauh 1 km lalu belok kanan ke Jalan Urip Sumoharjo. Anda akan menemukan persimpangan setelah menempuh perjalanan 3 km. Ambil lajur kiri ke Jalan Soekarno Hatta dan teruskan hingga mencapai Jalan Trans Sumatra.

Sejauh 18 km dari Jalan Trans Sumatra, Pantai Pasir Putih tepat di kanan jalan. Tidak sulit untuk menemukannya. Selain memanfaatkan aplikasi penunjuk arah, Anda dapat bertanya kepada penduduk sekitar jika mengalami kendala.

Di lain pihak, apabila Anda tertarik menggunakan rute laut, setidaknya Anda perlu menyewa speed boat terlebih dahulu. Biaya yang dipatok untuk satu kendaraan rata-rata sebesar Rp 200.000.

Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Melalui kawasan Panjang dan Tarahan, terdapat gerbang perbatasan yang menghubungkan lokasi wisata tujuan. Perjalanan laut ini cukup menantang untuk dicoba.

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan modal sebesar Rp 20.000 untuk menikmati pesona pantai ini. Biaya tersebut sudah termasuk sewa parkir, jadi pastikan Anda tidak membayar lagi.

Memang terbilang relatif mahal dibandingkan wisata serupa lainnya. Namun demikian, itu tentu sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan. Jika Anda ingin mendapatkan tarif lebih murah, disarankan untuk mampir bersama rombongan menggunakan bus atau mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pasir Putih

Kegiatan di Pantai Pasir Putih
Image Credit: Twitter.com @indberitanews

1. Bersosialisasi dengan Penduduk Setempat

Ini terkesan sedikit aneh untuk aktivitas laut, tetapi patut dicoba. Selain bermain air, Anda dapat mencari tahu lebih jauh tentang budaya di kawasan sekitar. Direkomendasikan bagi Anda yang tertarik mengenal pola hidup masyarakat pesisir Nusantara.

Tidak perlu ragu menyapa karena penduduk setempat sudah terbiasa dengan kehadiran para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Jika beruntung, Anda mungkin saja bisa mengikuti para nelayan pergi memancing.

2. Menyusuri Pesisir Pantai

Sangat disayangkan apabila Anda melewatkan aktivitas yang satu ini. Sembari menyusuri bibir pantai, Anda dapat mencari kerang-kerang kecil dan merasakan sensasi kelembutan tekstur pasir. Bosan berkeliling, Anda boleh juga mencoba membangun istana pasir.

Namun, jika Anda enggan mengotori tangan dan melepas alas kaki, tidak ada salahnya sekadar berkeliling untuk mengamati setiap detail pemandangan. Lingkungan yang asri dan terawat, dibarengi udara sejuk dan segar, sungguh suatu kombinasi sempurna untuk bersantai ria.

3. Berburu Cendera Mata

Objek wisata kerap dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan ekonomi masyarakat, begitu pula Pantai Pasir Putih Lampung. Tidak heran, banyak ditemukan pernak-pernik cantik khas Lampung di sini. Aneka cendera mata siap untuk dijadikan buah tangan dan dibagikan kepada orang tersayang.

4. Menilik Keindahan Bawah Laut

Tidak hanya pesona yang langsung tersaji di depan mata, tempat ini juga mampu memikat pengunjung dengan keindahan bawah lautnya. Anda dapat memanfaatkan momen renang dan menyelam untuk menilik kehidupan beragam jenis biota laut. Suasananya masih terawat dan terjaga. Dijamin tidak akan mengecewakan.

Kegiatan di Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Facebook.com @indonesiatravel

5. Menjelajahi Kawasan Perairan dan Pulau Sekitarnya

Telah disediakan kendaraan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menjelajahi di lautan. Biasanya kendaraan yang digunakan adalah kano atau perahu motor. Menariknya, perahu motor tersebut kerap dipasangi kaca di bagian dasar sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan bawah laut.

Setelah mengitari kawasan perairan pantai, Anda bisa mencoba berkunjung ke pulau-pulau terdekat. Sebut saja, Pulau Bule dan Pulau Condong yang tidak kalah menawan. Anda hanya perlu mengeluarkan modal sebanyak Rp 250.000 untuk menyewa perahu.

Kedua pulau tersebut menyuguhkan pesona yang berbeda. Jika berada di Pulau Bule, Anda akan dibuat terpukau oleh keragaman ikan hias dan terumbu karangnya. Sementara di Pulau Condong, Anda akan menemukan banyak keramba milik para nelayan.

6. Bermain Voli atau Sepak Bola

Hamparan pasir di pantai ini terbilang luas. Setidaknya cukup untuk digunakan sebagai arena bermain voli atau sepak bola. Olahraga yang asyik untuk seru-seruan bersama sahabat atau keluarga.

Namun demikian, Anda harus menyiapkan peralatan sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakannya. Selain itu, Anda perlu berhati-hati jangan sampai mengusik kenyamanan pengunjung lain.

7. Berjemur Hingga Menunggu Sunset

Kurang lengkap rasanya bila ke pantai tanpa berjemur. Anda bisa memanfaatkan sewa tikar jika kurang nyaman berbaring di atas pasir. Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah mengubur separuh badan ke dalam timbunan pasir.

Tidak berhenti sampai di situ, usahakan untuk bertahan hingga menjelang sore di lokasi agar Anda dapat menyaksikan sunset. Panorama matahari terbenam di Pantai Pasir Putih, berpotensi membuat Anda terpaku.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Pasir Putih

Penginapan Terdekat dari Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Andang Achmad)

1. ReedDoorz

Penginapan ini menawarkan pemandangan laut lepas yang dapat dilihat dari jendela kamar. Harga cukup terjangkau sebanding dengan kualitas pelayanan. Sesuai namanya, desain eksterior didominasi oleh warna merah. Perjalanan menuju pantai kira-kira dapat ditempuh sekitar 5 menit menggunakan kendaraan bermotor.

2. Hotel Mutiara

Nyaman, bersih, dan rapi, tiga yang dapat mewakili deskripsi hotel ini. Kualitas airnya cukup bagus. Tempat parkir luas, suasana di sekelilingnya juga asri. Cocok dijadikan tempat menginap bersama rombongan.

3. Kost Bilqis 2 Syariah

Tempatnya luas dan nyaman, aman dari kebisingan. Cocok bagi Anda yang menyukai kedamaian. Tersedia televisi di setiap kamar. Hanya butuh waktu sekitar 7 menit perjalanan menuju pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Twitter.com @smulawardi

Fasilitas dasar yang disediakan pengelola meliputi ruang MCK, musala, tempat parkir, kantin, dan sejenisnya. Sebagaimana layaknya objek wisata, fasilitas semacam itu pasti ada. Anda tidak perlu khawatir kesulitan selama berada di sini. Tersedia pula toko yang menjual aneka ragam cendera mata.

Selain itu, ada sewa tikar untuk dijadikan alas duduk agar pasir tidak mengotori pakaian. Anda bisa bersantai di bawah pohon ketapang atau waru sambil menghirup udara sejuk. Bagi Anda yang ingin bermain air tapi tidak tahu cara berenang, disarankan menyewa ban atau pelampung.

Jika ingin menilik keindahan bawah laut, sebaiknya Anda mencoba snorkeling. Selain menyelam, Anda juga bisa menantang diri dengan berselancar. Telah disediakan peralatan lengkap disertai keamanan tinggi, juga bimbingan dari pemandu berpengalaman.

Masih belum cukup, pihak pengelola juga menawarkan sewa perahu kano untuk menjelajah. Dengan harga yang relatif terjangkau, kendaraan ini dapat menampung maksimal 10 orang. Sangat menggiurkan, bukan?

Bagi Anda yang menyukai wisata bahari, Pantai Pasir Putih yang ada di Lampung Selatan patut dijadikan referensi. Jangan lupa senantiasa aktifkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari kunjungan di akhir pekan atau masa liburan karena situasinya akan sangat ramai.