Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kotabumi waykanan Blambangan, Tangkas, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Curup Kereta Way Kanan, itulah nama destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu andalan bagi warga Lampung. Pengunjung yang datang dapat mencapai ratusan setiap harinya jika liburan panjang tiba. Tentu daya tariknya tidak jauh dari hal-hal yang berhubungan dengan air.

Ini dikarenakan objek wisata yang akan kita bahas kali ini berupa air terjun. Tempatnya berada di Kabupaten Way Kanan dan tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera. Meskipun bukan satu-satunya air terjun di Lampung, namun pesona yang dimiliki memikat hati banyak wisatawan. Menurut pengelola, pengunjung yang datang didominasi warga Sumatera.

Berkunjung ke sini tidak mengenal waktu, artinya cocok dikunjungi kapan saja. Meskipun saat itu sedang ramai, namun tidak sulit menemukan lokasi yang cocok untuk mengisi waktu luang. Ukuran air terjun yang lebar menjadikan banyak titik yang kosong. Sebagaimana air terjun pada umumnya, wisatawan diperbolehkan berenang atau bermain air di sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curup Kereta

Daya Tarik Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Anggie Permana

Banyaknya pengunjung yang datang tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki Curup Kereta Way Kanan. Pesonanya indah dan memiliki karakteristik yang unik, baik dari aliran air maupun batuan tebingnya. Sedikit memberikan gambaran, berikut daya tarik yang dimaksud!

1. Bentuk Unik Curup Kereta

Air terjun di Way Kanan ini memang tidak terlau tinggi, kira-kira hanya 5 meter saja. Namun untuk lebarnya tidak perlu dipertanyakan lagi, bentuknya memanjang mirip gerbong kereta api. Oleh sebab inilah dikenal dengan Curup Kereta dengan segala eksotisme yang dimiliki. Aliran airnya cukup deras, bahkan lebih deras ketika musim hujan.

Jika di musim kemarau, debit air tidak begitu tinggi, namun tetap mengalir menampakkan pesonanya. Tidak semua batu tebing dialiri air ketika musim kemarau tiba. Hanya sebagian saja sehingga beberapa bagian masih terlihat batu dengan kontur khas tebing yang memiliki guratan alami.

Dari kejauhan mirip seperti tirai putih yang membentang. Namun jika mendengar suaranya, maka anggapan tersebut hilang karena gemuruhnya cukup jelas terdengar. Air terjun ini juga memiliki kolam, namun tidak terlalu dalam. Kondisi kolam yang tidak dalam ini banyak dimanfaatkan wisatawan untuk aktivitas berenang.

Sebagian bahkan lebih ekstrem lagi dengan lompat tebing. Curup Kereta Way Kanan memiliki tebing yang tidak kalah eksotis dengan air terjun di tempat lain. Kontur nya berundak mirip tangga, jadi pengunjung dapat mendakinya. Tetapi untuk pendakian yang dimaksud tidak dapat menuju puncak air terjun, melainkan masih di bawahnya.

2. Dilengkapi Wahana Permainan

Baru-baru ini, objek wisata yang ada di Lampung ini dilengkapi dengan wahana seru dan menantang. Wahana yang dimaksud adalah flying fox yang biasanya banyak diminati anak-anak. Memang tidak terlalu panjang jarak lintasannya, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh cantik dari vegetasi hijau yang membentang luas.

Daya Tarik di Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Amarta 25

3. Lokasinya Strategis

Ada alasan tersendiri kenapa pengunjung Curup Kereta Way Kanan lebih banyak didominasi oleh warga dari luar Lampung. Ini dikarenakan lokasinya yang strategis, dan bahkan lebih dekat dari Jalan Lintas Sumatera. Letaknya yang tidak jauh dari perkotaan juga menjadi salah satu alasan wisatawan lebih memilihnya.

Ada kalanya sebuah objek wisata yang menawarkan ragam daya tarik, namun tetap tidak terlalu ramai pengunjung. Biasanya, alasan utamanya adalah karena lokasinya yang sulit dijangkau. Sebagai contoh adalah pegunungan, dimana wisatawan harus melakukan tracking panjang dan berat menuju puncaknya.

4. Suasana Hijau nan Asri

Daya tarik Curup Kereta Way Kanan berikutnya dari suasananya yang masih asri. Di sekitar air terjun masih tampak hijau menyegarkan dipenuhi pepohonan rindang. Sungguh terasa sejuk selama berkunjung ke sini, apalagi airnya menyegarkan. Selain batu tebing dan aliran air yang cantik, wisatawan mendapatkan pemandangan layaknya pegunungan.

Tidak mengherankan jika setiap hari selalu ramai pengunjung yang memadai lokasi wisata ini. Kondisi udaranya baik, jauh dari polusi udara seperti di perkotaan. Mengunjungi air terjun ini tidak hanya mendapatkan pengalaman liburan yang seru, namun juga pikiran kembali fresh dan tubuh lebih sehat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Amarta 25

Curup Kereta Way Kanan dulunya bernama Curup Helar yang keberadaannya dimanfaatkan warga setempat untuk teknologi sederhana menumbuk padi. Caranya dengan menambahkan baling-baling yang dikaitkan sedemikian rupa dengan penumbuk sehingga nantinya berjalan otomatis.

Lokasi air terjun ini berada di Kotabumi Waykanan Blambangan, Tangkas, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Jarak dari Jalan Lintas Sumatera hanya 7 kilometer dan hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menempuhnya. Jika anda datang dari pusat Way Kanan, maka dibutuhkan waktu 1 jam lebih dengan jarak tempuh 34 kilometer.

Khusus bagi yang datang dari Lintas Sumatera, silahkan menuju ke Simpang Empat Kampung Negeri Baru. Anda dapat menaiki ojek jika tidak membawa kendaraan pribadi. Sedangkan bagi yang datang dari arah Way Kanan, sebelumnya harus melewati Jalan Letjend Alamsyah dan Jalan Jenderal Sudirman terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Amarta 25

Banyaknya pengunjung datang ternyata tidak hanya dari daya tarik yang dimiliki Curup Kereta Way Kanan. Alasan lain adalah karena biaya masuknya yang murah sehingga cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Untuk masuk ke air terjun eksotis ini, anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar 5.000 rupiah per orang.

Harga tersebut belum termasuk parkir yang memanfaatkan lahan terbuka di sekitar air terjun. Anda hanya butuh tambahan budget sebesar 5.000 jika membawa sepeda motor, dan 10.000 jika membawa mobil. Meskipun dibuka setiap haris selama 24 jam, namun tetap disarankan mengunjunginya di terang hari ketika hari libur karena ramai pengunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curup Kereta

Aktivitas Menarik Curup Kereta
Image Credit: Google Maps DLita Official

Sedikit informasi tambahan, Curup Kereta Way Kanan pernah digunakan lokasi shutting untuk acara televisi swasta yang membahas pesona alam Indonesia, yakni My Trip My Adventure. Ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di sini, berikut diantarnya!

1. Berenang dan Bermain Air

Jika melihat genangan air, sifat alami manusia adalah ingin bermain dan merasakan kesegarannya. Inilah aktivitas yang dapat anda lakukan pertama kali ketika tiba di lokasi. Apalagi untuk genangan air kali ini cukup luas. Kolam air terjun di Lampung ini lebih besar dari kolam umumnya yang anda temukan di tempat lain.

Kedalamannya yang tidak terlalu menjadikannya cocok untuk aktivitas berenang. Wisatawan yang datang biasanya menuju ke tengah kolam dan ingin merakan langsung guyuran air yang deras. Untuk kejernihan airnya memang tidak terlalu, namun kesegarannya pasti terasa karena termasuk di dataran tinggi.

2. Lompat Tebing

Tebing berundak di Curup Kereta Way Kanan terlihat mudah dipanjat. Tidak sedikit mereka yang menguji nyali dengan mendaki batuan tebing tidak merata tersebut. Tujuannya untuk lompat tebing, ada juga yang ingin mendapatkan sensasi dari guyuran air paling atas. Meski terlihat sangat menyenangkan, diharapkan tetap berhati-hati karena batu cukup licin.

Melepaskan beban dengan lompat dari ketinggian memang sangat menyenangkan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berusaha keras dalam pendakiannya. Setinggi 5 meter bagi sebagian orang tentunya bukan masalah. Apalagi ada sensasi tersendiri ketika berhasil menaklukkan batu tebing licin dan melompat ke kolam.

3. Menikmati Keindahan Curup Kereta Way Kanan

Pengunjung yang tidak dapat berenang atau tidak ingin bermain air bukan berarti tidak dapat melakukan aktivitas seru. Keindahan Curup Kereta Way Kanan Lampung tidak dapat dipandang sebelah mata. Menikmati keindahannya pun termasuk aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Terlebih udaranya sejuk, warna hijau dari vegetasi pun menyegarkan mata.

Aktivitas Menarik di Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Susengki 07

4. Serunya Flying Fox

Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan air, ada juga aktivitas yang tidak kalah serunya di darat. Ada wahana permainan anak yang dikenal flying fox. Lintasannya yang lumayan panjang memberikan sensasi liburan berkesan bagi anak-anak. Dari titik ketinggian yang berbentuk rumah pohon, anak-anak meluncur ke bawah dengan kecepatan sedang.

5. Mencari Spot Foto Terbaik

Berburu spot foto di Curup Kereta Way Kanan sepertinya tidak ada ruginya. Banyak spot cantik yang siap dijadikan latar belakang foto, baik untuk kenang-kenangan maupun di posting di media sosial. Ada jembatan bambu yang cocok dijadikan aktivitas ini. Apabila anda dapat mengambil sudut yang tepat, dipastikan hasil jepretan sangat mengagumkan.

6. Wisata Kuliner

Setelah lelah beraktivitas seharian penuh, perut pastinya menuntut untuk diisi. Di sinilah waktu yang tepat bagi anda untuk berwisata kuliner. Apalagi banyak warung yang menyediakan berbagai menu makanan.  Harganya pun tergolong murah untuk sekelas objek wisata andalah di suatu daerah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curup Kereta Way Kanan
Image Credit: Google Maps hamdani makruf

Curup Kereta Way Kanan memberikan fasilitas memadai demi kenyamanan pengunjung. Area parkir nya luas dengan banyak pepohonan yang meneduhkan kendaraan. Ada toilet bagi wisatawan yang ingin buang air atau ganti baju setelah aktivitas air. Tersedia juga mushola dan tempat duduk serta gazebo.

Itulah informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat memberikan gambaran sekilas bagi anda yang ingin menuju ke lokasi. Berkunjung ke sini lebih disarankan membawa banyak rombongan. Menikmati keindahan Curup Kereta Way Kanan serta ragam aktivitas di dalamnya tentu sayang jika hanya sendirian.