Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Kota Way, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Curup Gangsa, salah satu objek wisata air terjun yang sangat indah di Kabupaten Way Kanan, Lampung, tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya. Bagi para pengunjung, objek wisata ini merupakan surga destinasi yang tersembunyi yang terletak di Lampung. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan banyak pepohonan rimbun yang menyejukan mata seperti perkebunan kopi, lada dan lain-lain.

Air terjun ini merupakan lokasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan sekitar Lampung. Sumber airnya berasal dari sungai Way Tangkas yang sangat jernih dan bersih. Untuk bisa sampai ke lokasi curug, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup menguras tenaga. Setidaknya ada 67 anak tangga yang harus Anda lewati.

Ketinggian air terjun Curup Gangsa yakni sekitar 50 meter dari permukaan tanah. Menariknya, di sekitar lokasi juga masih terdapat beberapa air terjun yang lebih kecil sehingga dapat menambah keindahan yang dimilikinya. Pemandangan air terjun ini juga semakin indah mengingat ada banyak pepohonan yang mengelilinginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curup Gangsa

Daya Tarik Curup Gangsa
Image Credit: Twitter.com @bandarlampung

1. Pemandangan yang Indah

Curup Gangsa memiliki pesona yang tidak boleh dilewatkan bagi pengunjung. Menyuguhkan banyak pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan ketika Anda berlibur ke lokasi ini Terdapat banyak spot foto yang disediakan, terutama air terjun yang dikelilingi oleh air terjun yang lebih kecil.

Terdapat juga pepohonan rimbun yang menambah keindahan yang dimilikinya. Pemandangan akan lebih indah dan menakjubkan jika dilihat dari sekitar sungai. Bebatuan kali yang terdampar di sekitar sungai tersebut membuat pemandangannya semakin cantik. Pemandangan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen selama liburan.

2. Banyak Kebun Kopi dan Lada

Selama perjalanan, Anda akan menemukan banyaknya kebun kopi dan lada. Kebun ini pun menjadi daya tarik tersendiri karena Anda akan melihat beberapa orang yang sedang mengelola atau memanen kopi atau lada tersebut. Anda juga dapat membantu memetik langsung kopi-kopi yang sudah matang untuk diolah kembali.

Daya Tarik Dimiliki Curup Gangsa
Image Credit: Facebook.com @adi.sasongko.948011

3. Perjalanan yang Menyenangkan

Untuk pengunjung yang memiliki jiwa petualang, wisata alam Curup Gangsa ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena untuk sampai ke air terjunnya, Anda akan melewati banyak rintangan. Anda juga harus menuruni 67 anak tangga untuk sampai ke air terjun Panjang dan lamanya perjalanan menjadikan Anda menikmati setiap apa yang disuguhkan objek wisata ini.

Lokasinya yang berada di dalam hutan membuatnya masih terlihat alami. Meskipun perjalanan yang ditempuh sangat panjang dan lama tetapi rasa lelah selama perjalanan ini akan terbayar sesuai dengan keindahan yang disuguhkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Dzulham Hadhady)

Air terjun Curup Gangsa lebih tepatnya terletak di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Berada di Kecamatan Kasui Desa Kotaway. Dari kota Bandar Lampung, lokasi objek wisata ini dapat ditempuh selama 4 hingga 5 jam perjalanan melalui jalan Lintas Sumatera Tengah. Setelah itu masuk ke dalam menyusuri perkampungan dan beberapa perkebunan selama kurang lebih satu jam.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan menemukan banyak pemandangan rumah-rumah seolah berada di Bali. Karena tiap rumah di perkampungan ini memiliki pura layaknya perumahan di pulau Dewata. Jika sudah menemukan perkampungan ini, maka Anda akan sampai di Pasar Kasui. Dari lokasi ini, Anda membutuhkan sekitar 5 kilometer lagi perjalanan.

Perjalanan yang akan Anda lalui tidaklah mulus. Karena jalanan disini tidak cukup bagus, ada banyak jalan berlubang sehingga akan membuat Anda merasakan kesulitan dalam perjuangan menuju objek wisata tersebut. Setelah tiba di objek wisata ini, rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan dan pesona yang disuguhkan.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Jika Anda menggunakan roda empat, perjalanan akan dihentikan di pasar Kasui karena tidak memungkinkan untuk dilewati. Di pasar Kasui sudah tersedia pangkalan ojek untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua jika berkunjung ke Curup Gangsa.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga TiketObjek Wisata
Image Credit: Google Maps (Ristanial S)

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Mengingat banyaknya pengunjung yang berdatangan dari dalam maupun luar daerah, maka biaya tiket masuk akan diberlakukan sesuai ketentuan. Hal ini dimaksudkan guna pengelolaan lebih baik dan menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan agar pengunjung menjadi lebih nyaman.

Untuk biaya parkirnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk roda empat atau bus pariwisata dan Rp 5.000 untuk roda dua. Sedangkan untuk biaya ojeknya ketika di pasar Kasui, Anda dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang.

Curup Gangsa sendiri buka setiap hari dimulai pada pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB. Sebaiknya Anda berkunjung pada waktu siang hari, karena pada waktu itu Anda dapat merasakan kesegaran dari air terjun yang dipadukan dengan teriknya sinar matahari.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Curup Gangsa

Kegiatan Dilakukan di Curup Gangsa
Image Credit: Twitter.com @AriaAlfariza

1. Camping

Saat sampai di air terjun, pengunjung akan disambut dengan area bumi perkemahan yang biasa digunakan untuk camping. Terkadang banyak siswa-siswi dari lembaga pendidikan menggelar acara camping di area ini. Selain itu banyak juga pengunjung dari luar daerah yang datang untuk melakukan camping.

Ketika melakukan camping di sekitar air terjun Curup Gangsa, Anda diharapkan membawa barang-barang yang dibutuhkan. Seperti selimut, baju tebal, sepatu dan lain sebagainya. Karena ketika malam hari, udara di sekitar air terjun menjadi sangat dingin.

2. Mendaki

Selain bermain air, Anda juga dapat mendaki puncak batu bukit yang terdapat pura yang sakral di atasnya. Pura ini biasa digunakan penduduk setempat untuk melakukan ibadah. Dan juga terdapat kentongan yang dihormati oleh penduduk setempat. Jadi para pengunjung dilarang untuk merusak atau memukulnya.

Ketika Anda sudah sampai puncak, Anda akan dimanjakan dengan panorama bukit Munggur yang sangat menakjubkan. Dari puncak pun terlihat lokasi di area air terjun dengan sangat jelas. Banyak pemandangan indah yang terlihat jelas dari puncak.

3. Berburu Spot Foto

Terdapat banyak spot foto yang tersedia bagi Anda yang ingin mengabadikan momen liburannya. Seperti area yang menjorok langsung ke air terjun, sungai mengalir yang memiliki banyak batu bertebaran di bawah air terjun, pemandangan hijau pepohonan yang mengelilingi air terjun, hingga jembatan kayu yang membelah sungai.

Selain itu, ada pula spot foto lainnya yang wajib Anda coba. Seperti gambar love warna merah, gazebo, hingga tangga pohon yang unik untuk dijadikan background.

Kegiatan di Curup Gangsa
Image Credit: Twitter.com @fajrinherris

4. Berenang

Selain berburu foto, Anda juga dapat berenang dan bermain air bersama di area sungai. Area ini terbilang lebih aman, jadi dapat Anda gunakan untuk bermain air. Tetapi Anda juga tetap harus berhati-hati, kebanyakan batu-batu di sekitar sungai menjadi licin karena terkena air.

Semakin hari, banyak pengunjung yang berdatangan untuk sekedar berenang dengan pemandangan air terjun dan hijaunya pepohonan. Jadi sebelum sampai ke air terjun bawalah perlengkapan keamanan selama berenang dan baju ganti.

5. Makan Bersama

Kegiatan terakhir yang dapat Anda lakukan di Curup Gangsa adalah makan bersama. Setelah bermain air atau melakukan banyak hal, Anda bisa beristirahat dan makan bersama keluarga atau teman liburan Anda. Terdapat banyak tempat peristirahatan seperti gazebo untuk Anda gunakan. Kebersihannya pun terjaga baik sehingga menjadi nyaman untuk digunakan.

Anda dapat membeli makanan di sekitar area objek wisata tersebut atau membawanya dari rumah. Tetapi harap diperhatikan untuk tidak membuang atau meninggalkan sampah sembarang. Tetap menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tercemar dengan sampah-sampah yang berserakan.

Fasilitas yang Tersedia di Curup Gangsa Lampung

Fasilitas di Curup Gangsa
Image Credit: Google Maps (Budi Purnomo)

Untuk fasilitas yang tersedia di Curup Gangsa terbilang masih minim. Jadi jika Anda ingin berlibur ke lokasi wisata ini, persiapkan perlengkapan dan kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi. Tetapi di objek wisata ini sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung seperti toilet, terdapat banyak kantin yang menyediakan berbagai makanan dan kebutuhan lainnya.

Di objek wisata ini pun terdapat beberapa gazebo atau saung untuk Anda gunakan beristirahat setelah lelah bermain air dan berburu foto. Terdapat juga flying fox yang dapat Anda sewa dan dapat merasakan sensasi yang menegangkan. Fasilitas yang satu ini memerlukan biaya tambahan jika Anda ingin mencobanya.

Selain itu, Anda juga disediakan spot foto berupa gambar love berwarna merah dan jembatan ayun. Tersedia pula tempat parkir yang cukup untuk beberapa kendaraan pribadi roda dua, roda empat, bahkan bus pariwisata.

Itulah beberapa informasi mengenai Curup Gangsa. Bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan, Anda dapat mengunjungi objek wisata alam di Way Kanan ini. Ketika berlibur ke objek wisata ini, diharapkan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.