15 Taman Keren di Bandung untuk Mengisi Akhir Pekan

Taman Keren Bandung

Kota Bandung merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang kerap menjadi tujuan wisata bagi para pelancong domestik maupun internasional. Salah satu hal yang menjadi ciri khas Kota Kembang ini adalah banyaknya ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Beberapa tahun yang lalu Bandung sempat kehilangan ketenarannya sebagai Kota Kembang. Seakan ingin mengembalikan namanya dan ingin meningkatkan indeks kebahagiaan warga kota sambil menikmati udara sejuk, Walikota Bandung mewujudkan keinginannya tersebut dengan membuka banyak ruang hijau terbuka.

Keberadaan taman-taman di Kota Bandung juga menjadi tujuan wisata gratis yang bisa dinikmati oleh warga lokal maupun wisatawan. Apabila Anda berencana untuk berwisata ke Kota Bandung, berikut adalah 15 rekomendasi taman keren yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Taman Pasupati

Taman Pasupati

Image Credit: Iradiofm.com

Dari namanya saja, taman ini sudah jelas terletak di bawah Jembatan Pasupati. Namun taman ini juga dikenal dengan sebutan Taman Jomblo. Disebut demikian karena taman ini dipenuhi dengan kursi kecil berwarna-warni yang hanya bisa diduduki oleh satu orang.

Sebelumnya, Taman Pasupati hanyalah tempat di bawah jembatan layang yang kumuh, rawan kejahatan, dan diabaikan oleh warga kota. Namun, kini sudah menjadi salah satu tempat terbuka bagi warga Bandung untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Taman Pasupati juga menyediakan area skateboard yang berstandar internasional dan bisa digunakan bagi anak-anak muda yang menekuni jenis olahraga yang satu ini. Pemerintah kota menyadari bahwa mereka sering menggunakan tempat-tempat yang bisa mengganggu kenyaman umum. Karena itulah pemerintah kota menyediakan area khusus bagi mereka.

Lokasi: Jl. Tamansari No.66, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

2. Taman Asia Afrika

Taman Asia Afrika

Image Credit: Nasional.republika.co.id

Taman ini merupakan salah satu taman tematik yang baru selesai dibangun. Keindahan taman ini bisa dinikmati pada siang maupun malam hari dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat untuk merilekskan diri.

Sesuai dengan namanya, taman ini diwarnai dengan banyak ornamen yang berkaitan dengan Konferensi Asia Afrika. Patung para tokoh yang berperan dalam KAA juga menghiasi tempat seluas 1.6 hektar tersebut.

Seperti taman-taman pada umumnya, taman ini juga dihiasi dengan air mancur. Dilengkapi dengan lampu LED berwarna warni, air mancur di taman ini menjadi pemandangan khas di malam hari.

Lokasi: Jl. Moh. Toha, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung.

3. Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga

Image Credit: Bandungview.info

Begitu memasuki gerbang Taman Pustaka Bunga, pengunjung akan merasakan udara yang sejuk serta pemandangan yang asri dengan pepohonan yang rindang serta berbagai jenis bunga. Para pengunjung pun bisa menikmati hijaunya tanaman dengan duduk di bangku-bangku yang sudah disediakan.

Tidak hanya sekedar menikmati keindahan taman saja, para pengunjung juga bisa membeli beraneka ragam jenis tanaman serta bunga di bagian penjualan tanaman hias. Pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk, namun disediakan tempat donasi yang bersifat suka rela.

BACA:  22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Citarum No.23 A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

4. Taman Fotografi

Taman Fotografi

Image Credit: Phinemo.com

Kota Bandung dikenal dengan banyaknya taman tematik yang tersebar di berbagai penjuru kota. Salah satunya adalah Taman Fotografi. Dari namanya saja sudah jelas bahwa taman ini menjadi tempat berkumpul bagi para komunitas fotografi.

Ada satu hal yang menarik dari Taman Fotografi, yakni rangka tempat bermain anak. Banyak yang tidak menyadari bangka rangka permainan ini berbentuk kamera jika dilihat dari samping. Selain itu, ada empat pohon besar yang membuat taman ini menjadi sangat rindang dan cocok menjadi tempat bersantai.

Lokasi: Jl. Kemuning No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum

Image Credit: Byanjauharsaladin.blogspot.com

Tidak dapat diragukan lagi jika Bandung adalah kota penghasil seniman paling banyak. Demi mewadahi dan memberikan tempat untuk menyalurkan hobi bermusik para warga Bandung, pemerintah kota Bandung membangun Taman Musik Centrum yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki jiwa bermusik.

Banyak musisi di Kota Bandung yang memanfaatkan taman ini untuk menunjukkan kreatifitas bermusik mereka. Selain untuk menunjukkan kemampuan mereka, para pengunjung yang datang pun juga merasa dimanjakan dengan hiburan musik yang bisa dinikmati secara gratis.

Lokasi: Jl. Sumbawa No.32, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

6. Taman Lansia

Taman Lansia

Image Credit: Bersapedahan.wordpress.com

Meski bernama Taman Lansia, bukan berarti taman ini dipenuhi dengan pengunjung dari kalangan lanjut usia. Banyak pengunjung lintas usia dari Kota Bandung maupun kota sekitarnya yang mengunjungi taman ini untuk rekreasi, merilekskan diri setelah menjalani hari yang penat, dan sebagainya.

Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi yang bisa digunakan secara gratis, bangku kayu, dan toilet yang selalu dijaga kebersihannya oleh petugas. Ciri khas taman ini terletak pada dua danau kecil yang berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Lokasi: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Pet Park

Pet Park

Image Credit: Travelspromo.com

Awalnya, pembangunan Pet Park diawali dengan banyaknya keluhan warga Bandung yang terganggu dengan binatang peliharaan yang dibawa oleh warga ke taman. Hal inilah yang membuat pemerintah kota memutuskan untuk membangun taman khusus bagi warga yang memiliki binatang peliharaan.

Pet Park jika dilengkapi dengan area untuk jogging, kandang hewan, dan juga alat-alat untuk melatih ketangkasan hewan. Taman ini cukup ramai di akhir pekan dengan para pengunjung yang berolahraga sambil membawa binatang peliharaan mereka. Selain itu, taman ini menjadi titik kumpul bagi komunitas yang memiliki hewan peliharaan tertentu.

Lokasi: Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

BACA:  Pohon Miring Pancawati, Tempat Rekreasi Favorit di Karawang

8. Taman Vanda

Taman Vanda

Image Credit: Myblogderafik.blogspot.com

Taman Vanda merupakan salah satu taman di Kota Bandung yang lokasinya tidak sulit ditemukan karena terletak di jalan utama yang sangat ramai. Dulunya, taman ini bernama Taman Dollar karena berdekatan dengan salah satu bank konvensional.

Pada siang hari, Taman Vanda terlihat seperti taman pada umumnya. Namun, pengunjung akan terpukau dengan keindahan khas Taman Vanda yang bisa dinikmati pada malam hari. Berkat sorot lampu LED dan atraksi air mancur yang berwarna-warni, taman ini jauh lebih ramai pada malam hari karena mampu memanjakan mata para pengunjung.

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

9. Taman Film

Taman Film

Image Credit: Yukpiknik.com

Masyarakat Indonesia sudah tidak asli dengan namanya layar tancap, dan inilah yang menginspirasi pemerintah Kota Bandung untuk membangun taman di mana pengunjung bisa menikmati film yang ditayangkan dengan layar yang terbentuk dari beton selain karena ingin memanfaatkan lahan yang terbengkalai.

Para pengunjung bisa duduk di atas hamparan rumput sintetis dan juga tempat duduk berundak. Taman ini jelas menjadi salah satu taman yang unik dimana pengunjung bisa menikmati film secara gratis dan menghidupkan kembali tradisi lama di Indonesia, yakni layar tancap.

Lokasi: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10. Taman Superhero

Taman Superhero

Image Credit: Travelspromo.com

Taman Superhero merupakan tempat yang cocok untuk mengajak buah hati bermain di ruang terbuka. Patung-patung superhero dari dalam negeri maupun luar negeri banyak menghiasi area taman ini. Bahkan terkadang ada beberapa cosplayer superhero yang siap untuk diajak berfoto dengan pengunjung dan menghibur anak-anak.

Meski tidak terlalu luas, banyaknya pepohonan yang rindang membuat pengunjung betah berlama-lama untuk bermain dan beraktifitas bersama sang buah hati. Selain itu, taman ini juga menyediakan perpustakaan untuk menarik anak-anak membaca koleksi buku yang sudah disediakan.

Lokasi: Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

11. Taman Sejarah

Taman Sejarah

Image Credit: Tourbandung.id

Taman Sejarah merupakan salah satu taman terbaru yang menawarkan wisata edukasi. Taman ini dihiasi dengan foto para tokoh bersejarah di Kota Bandung yang dipajang dalam kaca akrilik yang berjajar rapi.

Dinding-dinding yang berjajar di area Taman Sejarah juga dipenuhi dengan murral sehingga membuat taman ini menjadi seperti museum terbuka. Untuk menarik pengunjung, taman ini juga memiliki beberapa kolam kecil yang cocok dijadikan area bermain anak-anak. Taman ini cocok untuk bersantai sekaligus mengenang kembali sejarah perjuangan tokoh terkenal di Bandung.

Lokasi: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

12. Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika

Image Credit: Wikipedia.org

Taman Dewi Sartika merupakan taman tertua di Kota Bandung. Setelah pemerintah Kota Bandung merevitalisasinya, taman ini menjadi semakin menarik banyak pengunjung serta cocok dijadikan tempat untuk berekreasi tanpa harus mengeluarkan biaya.

BACA:  Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik Sukabumi

Selain itu, kini Taman Dewi Sartika memiliki beberapa area yang menambah keindahan taman ini seperti taman bermain anak-anak, taman hewan dengan beberapa hewan jinak, serta taman bunga. Meski taman ini bisa dikunjungi oleh siapa saja, pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok demi menjaga kesejukan udara.

Lokasi: Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

13. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota

Image Credit: Bersapedahan.wordpress.com

Semula Taman Balai Kota hanyalah lahan kosong yang terbengkalai yang ditumbuhi dengan tanaman liar serta beberapa pohon besar yang sudah berusia ratusan tahun. Semenjak Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota, area tersebut diubah menjadi lahan terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh para warga Bandung.

Ciri khas taman ini adalah adanya tanaman yang menjulang setinggi orang dewasa dan menghalangi penglihatan. Hal inilah yang membuat taman ini mendapat julukan sebagai taman labirin sebab pengunjung harus mencari jalan keluar mereka sendiri.

Selain itu, ada pula daya tarik yang cocok bagi anak muda, yakni gembok cinta. Di sini, para muda-mudi bisa menuliskan namanya dan nama pasangannya pada sebuah gembok serta menggantungkannya di tempat yang sudah disediakan dengan harapan hubungan mereka bisa semakin kuat.

Lokasi: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

14. Taman Teras Cikapundung

Taman Teras Cikapundung

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Taman Teras Cikapundung menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Kota Kembang. Area taman ini sendiri adalah area sungai yang membelah Kota Bandung dan mengalir menuju Sungai Citarum. Sebelumnya, tempat ini sudah terkenal menjadi titik kumpul bagi komunitas yang berada di Bandung.

Taman Teras Cikapundung juga dilengkapi dengan fasilitas aphitheater dimana pengunjung bisa menikmati live music dan acara pertunjukan lainnya. Pengunjung juga bisa bersantai sambil duduk di atas beton berundak. Pada malam hari, pengunjung bisa mengabadikan pesona taman ini dengan menikmati pertunjukan air mancur.

Lokasi: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

15. Taman Cibeunying

Taman Cibeunying

Image Credit: Komunitasaleut.com

Pada zaman dahulu, Taman Cibeunying merupakan tempat peninggalan bersejarah pada zaman penjajahan Belanda. Dulunya taman ini berupa hutan yang memanjang di sepanjang jalan. Pada tahun 1980, taman ini mengalami revitalisasi menjadi area terbuka hijau bagi warga Bandung.

Disamping itu, Taman Cibeunying juga menjadi taman yang cocok bagi para penggemar tanaman hias. Banyak penjual yang menjajakan beraneka ragam tanaman hias. Namun yang menjadi primadona di sekitar taman ini adalah tanaman jenis anggrek. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Jadi, bagi penggemar tanaman hias, Taman Cibeunying patut untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Taman Cibeunying Selatan, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Itulah 15 taman terbaik di Kota Bandung yang cocok untuk dikunjungi sebagai tempat merilekskan diri. Banyaknya ruang terbuka hijau yang tersebar di berbagai penjuru Kota Bandung menjadikan kota ini sebagai salah satu paru-paru Jawa Barat dan menjadi objek wisata yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.