Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ribuan tempat wisata. Tempat wisata tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Tentu sangat asik bukan untuk dijelajahi satu persatu. Wisata tersebut sangat beraneka ragam ada wisata alam, wisata edukasi, maupun wisata sejarah. Tentunya hal tersebut mampu meningkatkan jumlah wisatawan.

Ketika berada di Provinsi Lampung kurang lengkap jika belum mengunjungi objek wisata yang ada, Kabupaten Lampung Barat. Menjadi pusat ibukota Kabupaten Lampung Barat, Liwa memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi saat liburan.

Secara geografis daerah Liwa merupakan suatu kota yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga menjadikan kota liwa menjadi destinasi wisata yang berbasis alam, sehingga sangat menarik nan indah untuk dinikmati bersama keluarga serta orang tercinta. Berikut daftar tempat wisata yang direkomendasikan.

1. Danau Ranau

Danau Ranau
Image Credit: Google Maps Dayu Jati

Danau Ranau merupakan danau yang secara geografis berada diantara dua Kabupaten yakni Kabupaten Lampung Barat, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Danau nan indah ini memiliki destinasi yang sangat eksotis, karena memiliki latar belakang gunung serta dikelilingi oleh perbukitan. Hal tersebut menjadi suatu nilai yang sangat menarik untuk dikunjungi

Danau nan indah ini tentunya memiliki cuaca yang sangat sejuk. Hal tersebut dapat dilihat dari letak geografis yang dikelilingi oleh gunung dan daerah perbukitan. Pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis dan menarik bagi para pecinta alam dan para keluarga yang ingin melepas rasa penatnya.

Kegiatan paralayang juga dapat dilakukan oleh para wisatawan agar dapat melihat keindahan destinasi secara keseluruhan yang ada di Danau Ranau nan indah dan eksotis ini. Sehingga wisata ini dapat dikunjungi oleh wisatawan pecinta alam dan wisatawan yang menyukai kegiatan yang ekstrim, seperti melakukan paralayang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Lampung Barat, Lampung.

2. Sungai Way Besai

Sungai Way Besai
Image Credit: Google Maps Way Besai Rafting

Sungai Way Besai ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki destinasi yang cukup indah untuk dikunjungi oleh wisatawan. Sungai ini dikembangkan menjadi jalur arum jeram (rafting). Dengan hal tersebut sungai ini sangat cocok untuk para wisatawan yang menyukai tantangan.

Para wisatawan dapat menguji adrenalin dengan melakukan rafting atau arum jeram. Kegiatan rafting atau arum jeram dapat di mulai dari Pekon Sidang jaya sampai batas finish akhir di Pekon Sukananti, Kecamatan Sidang Jaya. Kegiatan tersebut dapat memakan waktu yang cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 jam.

Sungai nan indah ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis. Sepanjang perjalanan para Wisatawan juga dimanjakan oleh keindahan alam yang lengkap dengan aneka flora dan fauna yang menjadi khas Lampung. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati dari kesejukan air Sungai Way Besai yang sangat jernih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suka Jaya, Kec. Sumber Jaya, Kab. Lampung Barat, Lampung.

3. Danau Suoh

Danau Suoh
Image Credit: Google Maps ma’ruf 1703 chenel

Danau Suoh memiliki destinasi yang tidak kalah menarik dengan Danau Ranau. Danau Suoh ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya. Daya tarik Danau Suoh ini yakni memiliki air yang dapat berubah-ubah tentunya hal tersebut sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Danau nan cantik ini memiliki tiga titik atau lokasi. Danau ini diakibatkan karena adanya gempa Liwa yang terjadi pada tahun 1994. Ketiga lokasi tersebut juga memiliki nama-nama tersendiri, yakni Danau Lebar Suoh, Danau minyak, dan Danau Asam. Ketiga Danau tersebut juga memiliki khas yang berbeda-beda sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Danau Lebar Suoh merupakan salah satu bagian dari Danau Suoh. Danau Lebar Suoh ini memiliki air yang sangat jernih, namun beda halnya jika dilihat dari kejauhan yakni terlihat memiliki warna biru pekat. Danau ini memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki pulau yang berada di tengah danau. Keindahan yang eksotis tersebut dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Danau Asam merupakan salah satu bagian dari Danau Suoh. Danau ini disebut danau asam karena memiliki air danau yang bersifat asam. Selain itu danau nan indah ini memiliki gundukan pasir yang menyerupai anak gunung di mana bagian tengahnya mengeluarkan asap dan tepian danau yang berupa pasir yang berwarna kuning yang menyerupai pasir pantai.

Danau Minyak, danau ini dikatakan Danau Minyak karena pada permukaan air danau terlihat seperti adanya minyak yang mengapung. Selain itu, pada danau ini para wisatawan dapat menikmati banyaknya burung belibis yang sedang berkumpul dan berenang. Selain itu di tepi danau juga terdapat kawah merah yang disebabkan semburan gas alam yang menyembur air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suka Marga, Kec. Suoh, Kab. Lampung Barat, Lampung.

4. Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Achmad Subchan

Kebun Raya Liwa ini menjadi salah satu wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Kabupaten Lampung Barat. Wisata nan indah ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Kebun Raya Liwa ini memiliki pesona dan panorama yang berbasis alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah berupa perbukitan serta didukung dengan udara yang sejuk. Para Wisatawan juga disuguhi dengan adanya beberapa taman yang sangat indah untuk dipandang. Para pecinta tumbuhan juga dapat mengunjungi wisata ini, karena terdapat banyak koleksi tanaman yang sangat cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Mengaku, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Lampung.

5. Taman Hamtebiu

Taman Hamtebiu
Image Credit: Google Maps LutfiSyaifa 0102

Bagi para wisatawan yang ingin melepas kepenatan dalam kerja dan ingin bersantai dengan keluarga, maka Taman Hamtebiu adalah solusi yang tepat. Destinasi dari wisata yang cantik ini sangat worth it untuk bersantai bersama keluarga di Lampung. Para pengunjung juga dapat menikmati wahana air yang berupa sepeda air dan permainan air bebek-bebekan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Lampung.

6. Kaki Gunung Persegi

Kaki Gunung Persegi
Image Credit: Instagram pesagi

Wisata Kaki Gunung Persegi ini sangat direkomendasikan bagi para pecinta keindahan alam. Gunung ini termasuk gunung tertinggi yang ada di Provinsi Lampung. Destinasi wisata yang indah nan asri ini tidak boleh dilewatkan dan wajib dikunjungi oleh wisatawan jika sudah berada di Kabupaten Lampung Barat.

Wisata Kaki Gunung Persegi ini dapat dijumpai di Kecamatan Belakang Bukit, Liwa, Lampung Barat. Para Pengunjung juga dapat menikmati serta memanjakan mata dengan melihat keindahan senja sampai matahari tenggelam di wisata nan indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Belalau, Kab. Lampung Barat, Lampung.

7. Bukit Bawang Bakung

Bukit Bawang Bakung
Image Credit: Google Maps Om Sidik Aryo

Bukit Bawang Bakung ini memiliki destinasi wisata yang sangat indah dengan melihat keindahan alam. Para Pecinta gunung khususnya pendaki sangat direkomendasikan untuk berkunjung di wisata ini. Para Pendaki dapat menikmati pemandangan serta merasakan sensasi layaknya berada di negeri atas awan yang sangat indah dan eksotis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Negeri Ratu, Kec. Batu Brak, Kab. Lampung Barat, Lampung.

8. Kubu Perahu

Kubu Perahu
Image Credit: Twitter D! Radio Lampung

Kubu Perahu menjadi wisata yang termasuk memiliki destinasi yang tergolong favorit di Kabupaten Lampung Barat. Wisata ini berupa perbukitan yang dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang cukup tinggi dan terdapat aliran sungai, sehingga mempercantik serta memberi suasana yang sejuk di wisata ini.

Wisata Kubu Perahu juga terdapat jasa junggle tracking. Di mana Junggle tracking ini merupakan kegiatan yang berada di alam bebas, hal tersebut sangat berkaitan dengan petualangan dan ekowisata. Hal tersebut sangat cocok untuk para pecinta tracking.

Para wisatawan juga dapat menikmati indahnya tiga air terjun. Air terjun tersebut memiliki air yang sangat jernih serta memanjakan mata para pengunjung. Tidak hanya sekedar melihat keindahannya, tetapi para pengunjung juga dapat mandi dan berfoto ria di bawah air terjun.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Lampung.

9. Situs Megalitik Batu Berak

Situs Megalitik Batu Berak
Image Credit: Google Maps Dhea shagat

Situs Megalitik Batu Berak ini memiliki beraneka ragam peninggalan pada zaman megalitikum yang dapat dilihat dari adanya menhir dan lainnya. Wisata yang berbasis nilai sejarah ini sangat direkomendasikan untuk para guru atau siswa yang ingin menambah wawasannya mengenai sejarah. Wisata ini dapat tergolong pada wisata edukasi.

Sesuai dengan namanya Situs Batu Berak yang diserap dari bahasa Lampung yang memiliki arti Situs Batu Sejajar. Tidak berhenti disitu, Wisata Situs Megalitik Batu Berak juga meninggalkan benda-benda bersejarah seperti dolmen, menhir, batu datar, maupun keramik lokal dan asing.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purawiwitan, Wonosobo, Kab. Lampung Barat, Lampung.

10. Wisata Taman Hambekhos

Wisata Taman Hambekhos
Image Credit: Google Maps plc259 edukasi viplus dan vtube

Destinasi Wisata Hambekhos ini berupa taman yang sangat cocok untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat untuk piknik bersama keluarga. Wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga sangat dianjurkan untuk diabadikan melalui kamera smartphone yang nantinya dapat dijadikan sebagai kenangan.

Wisata ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, karena taman ini memiliki kolam yang dapat dijadikan untuk mandi bagi anak-anak. Hal tersebut menjadi nilai plus agar orang tua tidak khawatir dengan mengajak keluarga terutama anak-anak. Selain itu juga sangat cocok untuk dikunjungi oleh para guru beserta murid-muridnya

Wisata ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, sehingga para wisatawan yang jauh tidak perlu khawatir dalam berwisata. Fasilitas-fasilitas tersebut yakni seperti mushola, toilet, tempat makan, oleh-oleh, tenda, serta adanya spot foto. Adanya spot foto dan tempat makan menjadikan para wisatawan enggan untuk pulang dan meninggalkan.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Luas, Kec. Batu Ketulis, Kab. Lampung Barat, Lampung.

Itulah beberapa daftar wisata yang populer di Liwa, Kabupaten Lampung Barat. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi berwisata oleh para pengunjung untuk dinikmati bersama keluarga serta orang tercinta.