Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Putri Malu adalah salah satu wisata alam di Lampung yang sangat terkenal bahkan hingga mancanegara. Banyak orang yang menyebut air terjun ini sebagai surga tersembunyi karena keindahan alam dan suasana yang masih asri. Tidak heran banyak pengunjung yang memilih destinasi wisata ini untuk menyegarkan pikiran.

Air terjun cantik ini memiliki ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan pegunungan. Airnya juga jernih dan segar. Tidak heran jika air terjun ini dipilih menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Sayangnya dari area parkir menuju Air Terjun Putri Malu ini cukup jauh. Jaraknya sekitar 7,5 km. Anda bisa menempuhnya menggunakan kendaraan roda dua. Meski demikian, medan jalan tidak terlalu sulit. Selain itu, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Putri Malu

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Twitter.com @wisatawaykanan

Air Terjun ini menjadi pilihan destinasi wisata alam bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai wisata alam. Hal ini tentu tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki air terjun itu sendiri.

1. Keindahan Air Terjun

Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian 100 meter dan berada di antara tebing tinggi sehingga membuatnya terlihat sangat indah. Deburan air cukup deras karena tidak berundak. Air dari atas langsung turun menuju sungai di bawahnya.

Tebing-tebing tinggi yang mengapit air terjun itu tampak estetik. Ditambah dengan lumut-lumut dan pepohonan di sekitarnya. Anda akan merasa seperti sedang melihat pahatan dalam bentuk abstrak dan kontras yang menakjubkan.

Keindahan itu juga ditambah dengan bebatuan besar di bawahnya. Bebatuan-bebatuan ini menambah daya tarik dari objek wisata alami yang satu ini. Sungainya juga tidak terlalu dalam sehingga sangat cocok untuk bermain air sambil menikmati percikan air.

2. Keindahan Alam Sekitar

Di sekitar Air Terjun Putri Malu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya di lokasi Air Terjun saja, bahkan Anda bisa melihat pemandangan alam yang masih asri di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, perjalanan dari area parkir hingga lokasi tidak akan terasa lelah.

Pemandangan yang tersaji berupa pegunungan dan perkebunan warga. Anda juga akan melewati jembatan penyebrangan yang akan menarik perhatian Anda untuk berhenti dan mengabadikan momen. Udara juga masih sangat segar karena jauh dari polusi. Hal ini tentu menambah daya tarik bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru yang berbeda dengan di kota.

Daya Tarik Air Terjun Putri Malu
Google Maps (Ristanial S)

3. Wisata Petualangan

Menuju ke curug Putri Malu harus menempuh perjalanan yang panjang dan tidak mudah. Dalam perjalanan dari Kampung Juku Batu, Anda akan merasakan sensasi yang mendebarkan. Medan yang menanjak dan menurun ala pegunungan membuat Anda serasa sedang berpetualang. Ditemani pemandangan alam yang indah, perjalanan akan terasa menyenangkan.

4. Berdekatan dengan Wisata Lain

Lokasi wisata alam ini tidak terlalu jauh dengan beberapa lokasi wisata lainnya. Ada pemandian air panas yang berada di sekitar sungai Neki yang bisa Anda kunjungi. Juga ada Curup Bukit Duduk jika Anda tertarik dengan wisata petualangan. Karena jarak yang tidak terlalu jauh, memungkinkan Anda untuk mengunjungi beberapa lokasi pariwisata dalam satu waktu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket Masuk
Image Credit: Facebook.com @Yarman1304

Air Terjun Putri Malu ada di kawasan Hutan Register 24 yang berada di Kampung Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan. Kawasan ini cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga disarankan untuk membawa perbekalan. Jika Anda datang pada musim penghujan, sebaiknya Anda juga membawa jas hujan untuk berjaga-jaga.

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 207 km jika Anda memulai perjalanan dari Lampung. Kurang lebih menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam. Dari pusat Bandar Lampung, Anda dapat menggunakan via Kotabumi menuju Bukit Kemuning lalu menuju Baradatu. Kemudian Anda melanjutkan perjalanan ke arah Pasar Banjit sampai di Juku Batu.

Jika Anda berada di Kabupaten Way Kanan, maka perjalanan Anda tidak akan terlalu jauh. Jarak Air Terjun dari Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan hanya sekitar 46 km. Anda tinggal menuju SMU N 1 Baratadu yang bersimpangan dengan lokasi air terjun.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus berhenti di Juku Batu karena jalan hanya bisa dilewati dengan kendaraan roda dua. Namun tidak perlu khawatir, di sana ada ojek gunung yang akan mengantar Anda ke curug Putri Malu. Anda hanya cukup membayar Rp 100.000 satu orang pemotor sekaligus penunjuk.

Apabila Anda membawa motor pribadi, maka Anda harus berhati-hati karena jalan yang menanjak dan menurun. Karenanya tidak disarankan untuk Anda yang tidak terbiasa dengan medan seperti itu. Perjalanan dari Juku Batu sampai ke lokasi air terjun membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Selama itu, Anda bisa menikmati keseruan yang mendebarkan saat melewati tanjakan dan turunan.

Setelah menempuh perjalanan dari Juku Batu, Anda harus kembali berjalan kaki melewati jalan setapak. Jalan ini dikelilingi pepohonan dan hutan yang indah. Namun jika Anda datang saat musim penghujan, jalanan ini akan lebih licin. Barulah kemudian lelah perjalanan Anda akan terbayar setelah Anda sampai di lokasi wisata.

Karena banyaknya pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di Air Terjun Putri Malu, sekarang destinasi wisata ini sedang dalam pengelolaan Dinas Pariwisata Way Kanan, Lampung. Apalagi air terjun ini merupakan wisata unggulan dari Kabupaten Way Kanan.

Jam operasional wisata air terjun ini pada pukul 08.00 sampai 18.00 dan buka setiap hari. Sedangkan harga tiket masuk tidak terlalu mahal, hanya Rp 20.000 per orang. Harga ini termasuk murah untuk keindahan alam yang disuguhkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Putri Malu

Kegiatan di Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Kukuh 58)

Beberapa kegiatan menarik bisa pengunjung lakukan saat berkunjung di air terjun ini. Apalagi akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman atau orang terkasih. Berikut ragam kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Putri Malu.

1. Bermain Air

Air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar. Tidak heran banyak pengunjung yang langsung bermain air setelah sampai di lokasi. Bahkan banyak pula pengunjung yang mandi dan menceburkan diri di sungai di bawah air terjun. Sungai ini tidak terlalu dalam, namun cukup licin sehingga Anda harus tetap berhati-hati.

Beberapa pengunjung tidak masuk ke dalam air. Apalagi percikan air terjun sudah cukup membuat suhu di sekitar menjadi lebih dingin. Jika Anda juga tidak ingin bermain air, Anda bisa duduk di area air terjun untuk sekedar menikmati keindahan.

2. Spot Foto

Ada banyak sekali spot foto dengan latar pemandangan yang cantik disini. Keindahan air terjun menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengambil foto. Selain itu, tebing yang menjulang tinggi juga menarik untuk menjadi latar foto Anda. Bebatuan di sekitar air terjun yang tampak alami juga sangat sayang untuk tidak diabadikan.

Keindahan alam yang ditawarkan memang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang memiliki hobi berburu tempat-tempat estetis untuk mengambil foto. Anda tidak akan kekurangan tempat-tempat yang bagus sebagai spot foto untuk Anda unggah di sosial media Anda.

3. Piknik Bersama

Di kawasan Air Terjun Putri Malu tidak ada warung untuk membeli makanan atau minuman. Oleh karena itu Anda disarankan untuk membawa bekal makan dan minum dari rumah. Jika Anda datang bersama rombongan, Anda bahkan juga bisa memasak di area air terjun. Sudah banyak anak-anak muda yang menghabiskan waktu besama rombongan untuk piknik dengan memasak dan makan bersama di sana.

Lokasi air terjun berada di kawasan hutan lindung, oleh karenanya Anda harus tetap menjaga kebersihan. Meskipun Anda bisa dengan leluasa memasak dan makan di area air terjun, Anda juga harus tetap membersihkan sisa dan bungkus makanan maupun minuman Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Putri Malu

Fasilitas di Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Google Maps (Fahrizal DP)

Destinasi wisata ini dikelola oleh kelompok masyarakat pengelola hutan. Pengelola objek wisata ini terus berupaya untuk menambah dan merawat fasilitas di area air terjun agar pengunjung lebih nyaman. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin bermain air atau mandi di Air Terjun karena sudah tersedia fasilitas kamar ganti untuk Anda berganti pakaian. Ada juga toilet bagi para pengunjung, juga tersedia gazebo untuk beristirahat.

Air Terjun Putri Malu memiliki daya tarik keindahan alam yang tidak akan membuat Anda menyesal telah berkunjung. Semakin banyak yang mengetahui tempat wisata nan indah di Way Kanan ini sehingga pengunjung juga semakin ramai. Karena itulah tempat wisata ini semakin dikembangkan dari waktu ke waktu oleh pengelola sebagai produk wisata unggulan di Way Kanan.