Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Desa Munca, Hanura, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Muncak Pass dikenal sebagai salah satu wisata alam favorit tujuan wisatawan di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Memiliki pemandangan bukit hijau dengan view yang langsung menjorok ke Teluk Lampung. Wisatawan yang datang dapat bersantai sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh bukit ini. Banyak pengunjung berdatangan karena ingin menyaksikan sendiri bentang alam yang dikenal indah oleh banyak orang.

Pemandangan alam dari lokasi wisata menampilkan teluk yang luas dan berwarna biru, di sekitar teluk pun dikelilingi hutan hijau yang disuguhkan khusus untuk wisatawan. Karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun, suhu udara pun terasa sangat sejuk dan asri. Direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin melepas penat sejenak sekaligus mengagumi indahnya ciptaan-Nya.

Wisatawan yang berkunjung ke Muncak Pass juga difasilitasi oleh beragam fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang disediakan tidak lain bertujuan untuk mendukung kenyamanan wisatawan sekaligus menarik lebih banyak pengunjung yang datang. Mulai dari fasilitas umum seperti halnya mushola, toilet hingga tempat parkir luas. Fasilitas pendukung seperti spot foto yang instagramable pun tersedia disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Muncak Pass

Daya Tarik Dimiliki Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Dicki Ramadlon)

Muncak Pass merupakan sebuah bukit hijau asri yang berlokasi di Lampung tepatnya Desa Munca. Bukit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah Lampung. Banyak juga wisatawan berdatangan dari luar daerah hanya untuk melihat keindahan yang disuguhkan oleh bukit ini. Beragam daya tarik yang dihadirkan juga menjadi faktor banyaknya pengunjung yang berdatangan.

1. Menyuguhkan Pemandangan Indah Teluk Lampung

Obyek wisata ini mulai populer pada tahun 2017 tepatnya saat liburan Tahun Baru. Wisatawan mulai berdatangan karena mendengar kabar bahwa bukit ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan lain dari yang lain. Bahkan pemandangan yang disuguhkan tidak kalah indah dengan Maldives. View yang langsung dapat terlihat saat mengunjungi tempat wisata ini adalah pemandangan Teluk Lampung.

Teluk Lampung berlokasi di perairan Selat Sunda tepatnya di bagian selatan Lampung. Teluk yang terkenal sebagai salah satu teluk besar yang berada di Lampung ini bermuara dua sungai yang membagi Kota Bandar Lampung. Pemandangan yang dihasilkan dari teluk ini sangatlah indah jika dilihat dari Muncak Pass. Sehingga pantas saja kalau menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

Teluk Lampung yang terlihat dari obyek wisata ini mempunyai air yang berwarna biru. Bukan hanya Teluk Lampung saja yang terlihat, namun juga gugusan pulau-pulau kecil pun dapat wisatawan lihat dari ketinggian bukit ini. Pemandangan birunya laut dan hijaunya pulau-pulau kecil merupakan sebuah perpaduan apik yang hanya dimiliki oleh obyek wisata ini.

2. Dikelilingi Pepohonan Hijau yang Asri

Menilik dari penamaan obyek wisata Muncak Pass ini, tentunya yang terpikir di benak kita ialah berhubungan dengan gunung/bukit yang hijau pastinya. Wisatawan yang berkunjung kesini dapat merasakan sejuknya alam sekitar sebab terdapat banyak sekali pepohonan menyerupai hutan. Karena pepohonan hijau nan rimbun itu pula, lokasi ini pun sangat jauh dari kata polusi.

Lokasi obyek wisata ini yang berada di Desa Munca merupakan faktor mengapa terdapat banyak pepohonan disini. Keberadaan pepohonan rimbun disini menciptakan aura natural yang sangat terasa kental terasa. Selain itu letaknya yang berada di bukit, juga menjadi pendukung adanya rimbunan pohon hijau, sehingga tidak pernah sekalipun terucap kata “polusi” disini.

Di puncak bukit ini, wisatawan tidak hanya merasakan kesejukan angin yang dibawa dari bawah teluk tetapi juga dari pepohonan hijau. Banyaknya stomata yang berada dalam satu pohon saja sudah baik dalam menciptakan udara bersih, apalagi dengan jumlah pepohonan yang tak terhitung jumlahnya disini. Tentu sangat baik dalam mencegah polusi udara serta menciptakan udara yang bersih.

Daya Tarik Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Meko Setiadi)

3. Spot Foto yang Istagramable

Daya tarik lainnya dari puncak bukit yang indah ini adalah adanya spot foto instagramable. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Eropa hanya untuk mendapatkan jepretan foto yang kece, wisatawan bisa berkunjung kesini dan merasakan berfoto dengan latar belakang yang sangat indah. Spot foto yang disediakan pun beragam, demi menunjang kualitas berfoto para pengunjungnya.

Hadirnya Instagram memang berdampak besar bagi perkembangan kualitas foto dengan background yang kece. Banyak para anak muda yang berlomba-lomba menghasilkan foto yang ciamik demi meraup jumlah like dan followers. Beragam cara juga dilakukan, seperti halnya mendatangi lokasi wisata yang menghadirkan pemandangan indah layaknya obyek wisata ini

Pemandangan teluk dan puncak bukit yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya akan terlihat semakin pas difoto jika dipadupadankan oleh beragam spot foto yang menarik. Kesan natural yang khas dari hijaunya perbukitan menyatu dengan spot foto yang bertema tradisional merupakan sebuah angle foto yang sempurna. Pastinya dapat memikat banyak like serta followers di akun Instagram.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Muncak Pass

Alamat Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Geoffrey Nugraha)

Muncak Pass merupakan salah satu destinasi wisata alam mengagumkan yang terletak di Lampung tepatnya di Desa Munca. Lokasi wisata alam ini berjarak 17 km pusat Kota Bendar Lampung. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini sudah tergolong mudah dilalui, baik oleh kendaraan beroda dua maupun beroda empat namun harus tetap berhati-hati.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi danau berair jernih ini kurang lebih sekitar 40 menit jika dimulai dari pusat Kota Bandar Lampung. Saat tanggal-tanggal merah seperti halnya lebaran ataupun libur sekolah, jalan menuju bukit akan sedikit ramai sehingga akan mempengaruhi waktu tempuh menuju lokasi. Wisatawan banyak berdatangan untuk menyaksikan sendiri keindahan bentang alam dari bukit ini.

Untuk menyambangi puncak bukit ini, wisatawan dapat memulai perjalanan menuju Jl. RE. Martadinata untuk kemudian sampai ke Pantai Tirtayasa. Selepas wisatawan sampai di Pantai Tirtayasa, wisatawan dapat lurus hingga melewati Pantai Duta Wisata. Lalu tetap lurus ke Desa Lempasing. Setelah sampai ke Desa Lempasing, silahkan menuju ke Desa Munca hingga sampai menemui lokasi wisata yang dituju.

Bayangkan saja dengan waktu kurang dari satu jam tepatnya 45 menit dengan jarak 17 km dari Bandar Lampung, wisatawan sudah dapat menyaksikan sendiri keindahan alam hasil ciptaan-Nya. Wisatawan bisa berkunjung bersama keluarga dan menikmati bersama suguhan alam yang dihadirkan oleh bukit ini. Sungguh, liburan di puncak bukit ini merupakan sebuah pilihan yang sangat bagus.

Harga Tiket Masuk Muncak Pass Pesawaran

Harga Tiket Muncak Pass Pesawaran
Image Credit: Google Maps (Muhammad Sadam)

Seperti halnya obyek wisata lainnya, saat memasuki obyek wisata pasti akan dikenai biaya sebagai tiket masuk. Sama halnya dengan wisata Muncak Pass ini. Namun, wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir akan biaya yang menguras dompet. Karena obyek wisata ini memasang tarif yang ramah di kantong bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan alamnya.

Obyek wisata ini memasang tarif masuk sebesar Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan motor, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 dan untuk biaya parkir kendaraan mobil, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 10.000. Dengan tarif yang terjangkau, wisatawan yang datang sudah bisa menikmati keindahan dari puncak bukit satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Muncak Pass

Kegiatan di Muncak Pass
Image Credit: Instagram.com @nurmanrabbani

1. Piknik dengan View Teluk Lampung

Muncak pass terkenal juga akan panorama teluknya yang indah. Mulai dari warna airnya yang biru hingga pulau-pulau kecil yang tersebar di tengah-tengah teluk. Wisatawan bisa melihat luasnya Teluk Lampung yang berpadu dengan birunya langit. Sangat kontras jika dipandang dari segi manapun. Pantas saja kalau obyek wisata ini memiliki banyak peminat.

Wisatawan dapat bersantai ataupun piknik bersama keluarga sembari menikmati semilir angin yang dibawa dari teluk. Wisatawan juga bisa menyantap makanan yang disajikan oleh kedai makanan yang tersedia disini. Dengan menyantap makanan serta piknik bersama keluarga diatas bukit ini, dijamin menjadi liburan indah yang tidak akan terlupakan.

2. Bersantai Dikelilingi Pepohonan Hijau

Walaupun lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Bandar Lampung, obyek wisata ini tetap asri karena letaknya berada di puncak bukit. Terdapat banyak sekali pepohonan rimbun yang berdiri kokoh. Udara di sekitar area bukit pun dikenal sejuk oleh beberapa wisatawan yang datang. Tak hanya itu, tempatnya yang bersih dari sampah juga menjadi sebuah faktor mengapa obyek wisata ini menjadi favorit.

Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga sembari dikelilingi rimbunnya pohon. Pengunjung juga bisa mencicipi beragam makanan yang disajikan oleh beberapa kedai makanan di sekitar lokasi wisata. Untuk menambah pengalaman bersantap bersama keluarga, telah disediakan beberapa meja makan yang bisa dipakai pengunjung untuk duduk bersantai sembari menyantap makanan bersama keluarga.

Kegiatan Dilakukan di Muncak Pass
Image Credit: Twitter.com @Adi_Irawan99

3. Berswafoto dengan Latar yang Instagramable

Karena tempatnya yang indah, pengelola lokasi wisata Muncak Pass berinisiatif untuk menambah keindahan danau dengan beberapa spot foto menarik yang bisa dicoba oleh pengunjung yang datang. Dengan adanya spot foto, pengunjung tidak perlu pusing menentukan angel untuk berfoto. Wisatawan bisa mengambil foto berlatarkan spot foto yang instagramable dengan pemandangan yang memukau.

Spot foto yang disediakan tidak kalah cantiknya dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai. Kesan natural perbukitan birunya Teluk Lampung bersatu padu menghasilkan angle foto yang ciamik. Sangat kontras untuk pengunjung yang ingin mengambil foto disini. Banyak wisatawan yang datang tanpa melewatkan kesempatan berfoto di puncak bukit indah satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Muncak Pass Pesawaran

Fasilitas di Muncak Pass Pesawaran
Image Credit: Google Maps (Sigit S)

Sebuah tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap tentu akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang akan datang. Fasilitas yang tersedia lengkap pun berdampak pada pengunjung yang betah berlama-lama berada di sebuah wisata alam. Tanpa adanya fasilitas yang lengkap, sebuah wisata alam tentu akan sepi pengunjung..

Seperti halnya Muncak Pass, bukit ini memiliki fasilitas lengkap. Faktor dari kelengkapan ini ialah letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota . Fasilitas di bukit ini juga tergolong lengkap, mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas penunjang. Fasilitas umum seperti halnya area parkir yang luas, toilet, mushola dan sebagainya. Serta fasilitas penunjang seperti halnya spot foto yang instagramable.

Demikianlah beberapa hal mengenai Muncak Pass yang telah diuraikan diatas. Obyek wisata ini masih tergolong jauh dari kata sampah dan polusi. Tempatnya yang sejuk dengan pemandangan yang asri serta tarif masuknya yang tidak menguras dompet juga menjadi nilai tambah untuk obyek wisata satu ini. Jadi, apakah anda berminat untuk liburan bersama keluarga disini?