Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Ketika piknik ke pegunungan sudah mulai bosan, saat berlibur ke pantai dengan berbagai keindahannya adalah hal biasa, anda membutuhkan tempat wisata baru yang luar biasa. Muncak Tirtayasa merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan panorama alam yang menawan di Pesawaran, Lampung.

Selain itu, safari menuju lokasi memiliki sensasi tersendiri, sebab jalanan yang menanjak dan berkelok membuat perjalanan semakin asyik dan seru. Pemandangan alam yang cantik dan eksotik sudah mulai terasa saat perjalanan menuju area wisata tersebut. Apalagi waktu berada di sini, beragam keindahan alam seperti pegunungan, lautan samudera dan pepohonan bisa dilihat jelas dengan menggunakan teropong.

Daya Tarik yang Dimiliki Muncak Tirtayasa

Daya Tarik Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Hayatul Islam

Beragam daya pikat yang ada di Muncak Tirtayasa sangat berbeda dengan tempat wisata di zona berlibur lain seperti pantai, curug, pegunungan atau yang lainnya. Karena destinasi wisata alam ini dapat memberikan keindahan alam yang cantik, menarik dan eksotik secara utuh.

1. Gugusan Pulau Eksotis

Alasan utama bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata ini yaitu terdapat gugusan pulau yang berjajar tersebar dengan berbagai ukuran di lautan. Ada yang berukuran kecil, sedang bahkan besar. Meski terlihat dari jarak yang cukup jauh, beragam ukuran tersebut memberikan pesona alam yang indah menawan di tengah lautan.

Selain itu, burung camar dan jenis burung lain beterbangan, perahu nelayan berlayar mencari ikan, langit biru dan awan putih, menyatu membentuk keseimbangan alam. Lanskap yang cantik, menarik, eksotik dan estetik untuk disaksikan bersama pasangan, keluarga, atau teman. Apalagi bagi para pemuda milenial, zona wisata ini layak untuk di abadikan dan di upload ke sosial media.

2. Kerlip Lampu Kota yang Cantik

Ketika pagi, siang, hingga sore hari, gugusan pulau, pepohonan hijau, birunya air laut, dan panorama alam yang indah mempesona di Muncak Tirtayasa terlihat sangat jelas. Akan tetapi, pada saat malam hari semua keindahan tersebut akan sirna dengan sendiri, sebab langit gelap gulita dan hanya bulan serta bintang yang menyinari.

Akan tetapi, para wisatawan tidak perlu risau dan galau, karena pada saat malam hari keindahan kawasan piknik ini berubah menjadi kerlip lampu kota yang cantik. Lampu beraneka warna seperti warna merah, kuning, hijau dan warna lainnya terlihat begitu jelas dan berkolaborasi layaknya sebuah pelangi.

3. Kabut Tipis di Waktu Pagi

Selain gugusan pulau dan kerlip lampu kota yang cantik, ada keindahan lain yang menjadi daya tarik Muncak Tirtayasa yaitu kabut tipis d waktu pagi. Sebuah destinasi wisata yang unik dan jarang di temukan pada tempat wisata yang lain. Bagi para pelancong yang berkesempatan berkunjung pada pagi hari, zona ini akan menampakkan kabut tipis yang menarik untuk di abadikan.

Benda seperti asap tipis berwarna putih tersebut terlihat seperti sketsa lukisan pemandangan alam yang indah mempesona. Sebab masih tampak jelas panorama gunung, gugusan pulau, lautan, pepohonan dan lainnya. Akan tetapi, hal yang harus diperhatikan saat berada di area ini, pastikan membawa jaket tebal, karena hawa dingin akan memangsa tubuh anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Ahmad Sarladi

Ketika ulasan daya tarik membuat anda dan keluarga tidak betah untuk segera berkunjung ke Muncak Tirtayasa, daerah ini bisa di akses oleh sepeda motor maupun mobil. Lokasinya berada di Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari Jalan Padang Cermin, Gedong Tataan dan Jalan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, jarak tempuh yang harus dilalui sekitar 60 km. Sedangkan lama perjalanan hingga mencapai lokasi membutuhkan waktu 1 jam 50 menit. Bawalah kendaraan anda dengan kecepatan normal, sebab daerah ini akan memanjakan mata karena panorama alamnya indah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps heru darmawan

Safari berlibur ke Muncak Tirtayasa sudah mendapatkan bonus pemandangan alam saat perjalanan, namun ketika tiba di lokasi wisatawan hanya dikenai biaya tiket masuk Rp. 10.000. Sebuah destinasi wisata alam yang murah meriah dan mendapat bonus khusus pesona alam yang indah waktu ekspedisi menuju lokasi.

Sedangkan para pelancong yang membawa kendaraan, dikenai biaya tiket parkir. Bagi pengunjung yang membawa sepeda motor retribusi parkir senilai Rp. 5.000, sedangkan wisatawan yang membawa mobil karcisnya hanya Rp. 10.000 saja. Harga tersebut, baik tiket masuk maupun retribusi parkir, suatu saat dapat berubah, tergantung kebijakan yang diambil dari pihak pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Muncak Tirtayasa

Aktivitas Menarik Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Fitri Puspita

Kini saatnya mengulas tentang kegiatan menarik yang ada di Muncak Tirtayasa, agar berbagai persiapan dan perlengkapan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan sejak awal. Berikut beberapa aktivitas menarik yang dapat di lakukan saat berada di kawasan wisata ini, yaitu:

1. Bersantai di Café Melihat Pemandangan Alam

Apabila wisatawan tiba di lokasi Muncak Tirtayasa pada pagi, siang atau sore hari, kegiatan asyik dan menarik yaitu bersantai di café melihat pemandangan alam. Pengunjung dapat menggambar setiap sudut yang ada di area café dan sekitarnya, mencari spot foto cantik dan eksotik dengan latar belakang pegunungan, lautan dan pepohonan.

Selain itu, beragam keindahan lainnya sangat menarik untuk diabadikan dan di upload ke media sosial. Beragam jenis minuman, mulai dari, teh, kopi panas dan lainnya, pantas untuk dinikmati sambil menyaksikan keindahan panorama alam. Begitu juga berbagai kudapan seperti kentang goreng, tahu goreng, jamur crispy dan lainnya lebih mantap untuk disantap.

2. Menikmati Sunset

Jika di Muncak Tirtayasa sudah menunjukkan jam 17.00 waktu setempat, anda harus segera pergi dari café dan menuju ke spot yang cantik dan eksotik untuk menyaksikan matahari tenggelam ke ufuk Barat. Menikmati sunset di kawasan ini menjadi primadona bagi para pengunjung, pada jam tersebut lokasi ini selalu dipadati oleh anak kecil, remaja, hingga orang dewasa.

Landscape pada destinasi wisata alam ini seperti laut biru indah mempesona, gugusan pulau tersebar di samudera, pepohonan dan lainnya, sangat disayangkan jika terlewatkan. Apalagi saat sunset tiba, warna langit dari biru berubah menjadi merah jingga, membuat fenomena ala mini layak untuk di abadikan. Berbagai pose dengan handphone yang digenggam mewarnai aktivitas mereka di sana.

3. Melihat Bulan dan Bintang Saat Malam

Bersantai di café dan menikmati sunset menjelang malam hari merupakan aksi menarik yang ada di Muncak Tirtayasa. Jika kegiatan tersebut sudah dilakukan, tutuplah aktivitas menarik anda dengan melihat bulan dan bintang saat malam. Rasa lelah ketika perjalanan, semua akan terbayar lunas dengan berbagai aktivitas yang di tutup memandang bintang dan bulan di langit.

Saat memandang ke atas, langit tampak begitu gelap, namun bulan dan bintang memberikan cahanya, sehingga gemerlap bintang dan sinar rembulan menjadi penerang. Terkadang ada bintang yang terlihat paling terang bernama bintang kejora. Menatap langit dengan udara malam yang sejuk dan segar, menjadi aktivitas menarik untuk dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Raymond Simanjorang

Beragam aksi yang anda kerjakan saat berada di Muncak Tirtayasa, akan dijamin keamanan dan kenyamanan nya. Karena berbagai sarana yang ada di kawasan ini sudah tersedia seperti lahan parkir kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor.

Selain itu, ada juga kantin untuk mengisi perut lapar, café sebagai tempat nongkrong, gazebo dan fasilitas yang lain, tentunya untuk mendukung kebutuhan wisatawan yang datang.

Apabila anda dan keluarga mencari tempat piknik yang asyik, menarik, cantik dan eksotik, mengunjungi tempat ini merupakan pilihan utama. Muncak Tirtayasa siap mendampingi kegiatan para wisatawan mulai dari pagi, siang, sore bahkan hingga malam hari dengan berbagai aktivitas menarik yang ada di sana.