Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Talsewu, Wotgalih, Kec. Yosowilangun, Kab. Lumajang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Laskar Pelangi merupakan salah satu objek wisata yang berada di daerah Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini pernah mengalami permasalahan pengerukan tambang pasir yang dilakukan dengan bebas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan merugikan masyarakat setempat. Kini berbagai upaya sedang dilakukan oleh pemerintah serta masyarakat setempat untuk pengelolaan wisata.

Upaya yang dilakukan oleh warga pun diantaranya adalah membersihkan hutan cemara, membersihkan cerug pantai untuk aktivitas pariwisata, serta mempersiapkan sebuah kolam buatan yang akan dibangun sebagai fasilitas bermain para pengunjung nantinya. Setelah itu, warga juga telah mempersiapkan beberapa bambu yang dapat digunakan untuk duduk sambil menikmati keindahan pantai yang tenang.

Walaupun proses dalam penataan Pantai Laskar Pelangi memerlukan waktu yang cukup lama, pemerintah dan warga bersikeras tetap akan menjadikan daerah ini sebagai lokasi wisata. Pemerintah berharap agar lokasi wisata ini dapat menjadi tempat berlibur yang nyaman bagi para wisatawan nantinya. Anda wajib mengunjungi lokasi wisata berbentuk pantai yang tersembunyi ini dengan berbagai keunikan di dalamnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Laskar Pelangi

Daya Tarik Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Fathur Rohman 

1. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai ini adalah sebuah lokasi wisata yang tenang dan membuat hati anda damai ketika berkunjung kesana. Pantai ini bisa menjadi solusi tempat bagi anda yang ingin menenangkan fikiran setelah lelah bekerja seharian dan membutuhkan udara segar untuk relaksasi tubuh. Tumbuhan hijau banyak menjulang tinggi di sekitar pinggir pantai yang menjadikan suasana menjadi lebih rindang.

Terdapat pula tempat duduk serta meja dengan nuansa alami yang dibuat secara permanen yang menempel ke tanah. Bangku dan meja tersebut terbuat dari bahan dasar kayu dan bambu. Anda dapat berbincang bersama teman sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi datang kesana kemari yang tertiup oleh dahan pohon. Anda juga dapat duduk sambil menikmati makanan yang anda bawa berlibur.

2. Cerug Air

Yang menjadi daya tarik kedua dari Pantai Laskar Pelangi yang berada di Lumajang ini yakni adanya cerug air. Cerug air ini berada diantara pertemuan pantai dan jalur sungai. Tempat ini dapat digunakan para wisatawan yang ingin menikmati segarnya air dari pantai.

Selain itu, para wisatawan bahkan dapat menggunakan air tersebut untuk mandi. Ada juga yang menggunakannya untuk layanan armada perahu. Di dekat cerug ini tidak terdapat ombak yang besar sehingga keadaan air cerug sangat tenang dan aman bagi para wisatawan. Ombak yang akan masuk hanya sampai batas sebelah selatan pantai ini saja.

Ombak juga dibatasi oleh gundukan pasir yang tinggi dan menyebabkan ombak tersebut terhalang masuk ke dalam. Area ini juga dapat digunakan untuk bermain anak-anak yang tidak akan menyebabkan resiko.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lokasi Pantai Pelangi Lumajan
Image Credit: Facebook Awal Sumarno 

Alamat dari lokasi Pantai Laskar Pelangi ini berada di sebuah kampung bernama Talsewu, Kelurahan Wotgalih. Daerah tersebut merupakan bagian dari Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini banyak dikunjungi warga untuk melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat. Jadi, anda tidak akan kesulitan mencari rute menuju lokasi wisata pantai ini.

Untuk rute menuju lokasi wisata, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Karena di daerah Lumajang tersedia banyak transportasi umum darat yang memadai. Anda hanya perlu menaiki bus atau transportasi umum lainnya dari pusat Kota Lumajang menuju lokasi wisata tujuan. Anda juga dapat mengakses lokasi ini dengan menggunakan transportasi online yang telah lumrah digunakan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai
Image Credit: Facebook Awal Sumarno 

Untuk tiket masuk menuju Pantai Laskar Pelangi ini tidak dipungut biaya atau gratis. Jam operasionalnya pun dibuka selama 24 jam lamanya untuk semua kalangan wisatawan. Tentu saja hal ini semakin memudahkan para wisatawan yang ingin sekedar berlibur satu hari, menginap, ataupun berniat berkemah di lokasi wisata ini.

Anda juga dapat datang pagi hari ataupun sore hari untuk menikmati panorama alam. Sedangkan untuk biaya berlibur ke lokasi wisata ini, anda setidaknya harus memegang biaya hingga ratusan ribu rupiah. Hal ini hanya termasuk kedalam biaya makan dan transportasi saja.

Sedangkan jika anda datang dari luar kota atau luar Pulau Jawa serta ingin menginap di lokasi terdekat pantai, diperlukan biaya tambahan. Untuk paket liburan lengkap seperti itu akan menghabiskan biaya hingga dua juta rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas Menarik di Pantai Laskar Pelangi Lumajan
Image Credit: Facebook Awal Sumarno 

1. Berfoto

Berfoto adalah hal yang wajib dilakukan oleh kalangan muda di era modern seperti ini. Dimanapun para pengunjung akan melakukan pemotretan diri sebagai kenang-kenangan bahwa anda telah mengunjungi suatu tempat wisata. Selain melakukan foto diri, tidak sedikit pengunjung yang hanya memotret pemandangan alamnya yang mempesona saja dengan tujuan agar liburan terasa lebih berkesan.

Berlibur ke pantai, tentu saja terdapat banyak sekali spot foto di setiap sudut lokasi wisata. Anda dapat berfoto instagenic sambil menikmati percikan air, berfoto ketika matahari terbit, ataupun melakukan foto ketika sunset. Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang pepohonan tinggi hijau yang tumbuh di sekitar pantai. Hasil foto pun dapat anda bagikan di sosial media untuk menarik minat pengunjung lain.

2. Berenang

Berlibur ke Pantai Laskar Pelangi tentu saja tidak akan menyenangkan jika hanya berdiam diri menikmati keindahan pantai. Anda wajib berenang menikmati deburan ombak dan air laut yang jernih. Anda dapat membawa peralatan berenang lengkap dengan menyiapkannya terlebih dahulu dari rumah sebelum berlibur. Akan lebih sangat menyenangkan jika anda berlibur dengan berenang bersama keluarga dekat.

Anda juga dapat berenang dengan membawa teman-teman yang semakin membuat suasana liburan menjadi lebih seru. Namun, anda wajib mentaati peraturan berenang yang berlaku di pantai tersebut. Anda hanya boleh berenang sampai batasan tertentu saja untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Berenanglah dengan tetap menjaga keamanan diri dari bahaya yang terjadi di pantai.

3. Memancing

Kegiatan lainnya yang wajib anda lakukan di lokasi wisata ini adalah memancing. Anda dapat memancing pada pinggir pantai dan mendapatkan banyak hasil tangkapan ikan secara gratis. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan anda. Anda hanya perlu membakar ikan dan menikmatinya secara gratis sambil melihat keindahan pantai. Jadi, anda tidak perlu membeli cemilan ketika berlibur ke pantai.

Anda juga dapat berbagi dengan keluarga, teman ataupun wisatawan lainnya ketika membakar ikan untuk menikmatinya bersama. Kegiatan membakar ikan ini akan semakin terasa enak ketika dilakukan pada malam hari.

Suasana udara yang dingin akan terasa hangat dengan menikmati ikan bakar yang memiliki bau harum yang lezat. Liburan pun akan terasa lebih bermakna ketika melakukan kegiatan seperti ini.

4. Menyaksikan Tari Barong

Anda harus mengunjungi Pantai Laskar Pelangi ini ketika acara pergantian tahun. Selain diadakannya pesta kembang api yang dinyalakan di sekitar pantai seperti pada umumnya, pantai ini juga mempunyai acara khusus. Anda dapat menyaksikan tari barong khas dari Jawa Timur yang akan menghibur para wisatawan. Acara tari barong ini biasa dilakukan warga dalam acara pergantian tahun di sekitar pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Sekitar Pantai Laskar Pelangi
Image Credit: Google Maps Melvin Z Firdaus 

1. Gajah Mada Hotel, Resto and Hall

Gajah Mada Hotel ini berada di Kota Lumajang. Jarak dari hotel menuju lokasi wisata pun cukup jauh yakni sekitar 22 kilometer. Hotel ini memiliki bentuk yang sangat mewah dan bersih. Fasilitas yang tersedia di hotel ini diantaranya adalah kamar tidur double, AC, toilet pribadi, dan fasilitas umum lainnya. Anda dapat menginap di hotel ini jika anda ingin berlibur dengan fasilitas yang nyaman untuk beristirahat.

2. Dira Hotel Kencong

Dira Hotel Kencong adalah sebuah hotel dengan desain unik dimana anda akan tinggal seperti di sebuah perumahan dalam dongeng. Bentuk hotel ini memiliki desain bangunan yang beraneka warna sehingga membuat anda semakin tertarik dan memilih untuk istirahat di penginapan ini. Hotel ini memiliki fasilitas kamar tidur mewah yang besar, lemari baju, toilet dan lahan parkir yang luas.

3. Griya Bunda Family

Griya Bunda Family adalah sebuah penginapan dekat Pantai Laskar Pelangi berbentuk rumah sederhana yang bersih. Penginapan ini memiliki harga yang relatif murah dibandingkan penginapan lainnya. Walaupun tidak memiliki fasilitas yang lengkap seperti hotel, penginapan ini memiliki harga yang sangat murah yakni 150.000 rupiah untuk setiap malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps Fathur Rohman 

Untuk fasilitas yang tersedia di sekitar pantai ini masih sederhana dan terbilang umum untuk menunjang kebutuhan pengunjung yang datang. Fasilitas umum tersebut diantaranya adalah tempat duduk untuk beristirahat, toilet umum, hingga fasilitas warung kecil yang menjual berbagai cemilan untuk para wisatawan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai lokasi wisata Pantai Laskar Pelangi yang berada di Kota Lumajang. Jadi ketika anda berkunjung ke Jawa Timur khususnya Kota Lumajang, anda wajib berkunjung ke pantai yang masih memiliki suasana asri ini.