Lumajang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang sangat indah. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu keberadaan tempat-tempat wisata tersebut di Lumajang.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat foto yang keren. Tempat wisatanya juga beragam, mulai dari wisata dengan situs budaya, sejarah, maupun wisata untuk spot foto yang modern dan kekinian. Ada pula wisata alam menakjubkan seperti gunung dan air terjun.

Maka dari itu jika kamu berkunjung ke Lumajang, kamu bisa menikmati berbagai macam tempat wisata yang ada. Berikut ini adalah 25 tempat wisata di Lumajang yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin berlibur.

1. Agrowisata Lumajang

Agrowisata Lumajang
Image Credit: Aslimajang.wordpress.com

Jika kamu dan keluarga suka berlibur ke tempat-tempat yang bernuansa alam, maka Agrowisata Lumajang ini bisa menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai macam buah-buahan yang tumbuh dengan subur.

Adapun buah-buahan yang tumbuh antara lain adalah durian, manggis, salak, dan lain-lain. Di sana kamu juga akan menemukan kolam indah dilengkapi dengan flying fox, perahu donat, juga arung jeram. Selain itu, masih ada banyak aktivitas menyenangkan lain yang bisa kamu nikmati di sini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rambaan, Sukorejo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

2. Hutan Bambu Lumajang

Hutan Bambu Lumajang
Image Credit: Google Maps (Meteorgirl Meteorgirl)

Hutan bambu Lumajang memiliki daya tarik tersendiri. Hutan dengan luas 14 hektar ini berada di Kecamatan Candipuro. Mungkin sebagian besar orang ketika mendengar nama hutan bambu hal pertama yang terlintas di benak adalah kesan angker. Jangan salah, hutan bambu ini justru terlihat elok.

Siapa saja yang berkunjung ke hutan ini akan merasakan ketentraman dan ketenangan. Bahkan, ketika datang pada siang hari sama sekali tidak akan terkena sinar matahari. Ketika pertama kali masuk, Anda akan melihat terowongan raksasa dari bambu yang tumbuh secara alami.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Ranu Bedali

Ranu Bedali
Image Credit: Catatansinggihhendra11.blogspot.com

Tahukah kamu apa itu Ranu Bedali? Ya, danau ini adalah danau terakhir yang masuk dalam segitiga danau, dua danau lainnya adalah Ranu Pakis dan Ranu Klakah. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Tempat wisata ini berada di ketinggian, sehingga suasananya sejuk dan udaranya segar. Dengan pemandangan yang indah, tempat ini sangat nyaman untuk kamu kunjungi saat banyak masalah dan ingin melepaskan rasa penat. Begitu pulang dari tempat ini kamu akan merasa lebih baik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunng Cilik, Ranubedali, Kec. Ranuyoso, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

4. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis
Image Credit: Instagram.com @wiliargo

Meskipun Lumajang memiliki banyak air terjun yang masih alami, tetapi medan untuk menuju kesana masih terbilang mudah. Salah satunya yaitu air terjun Watu Lapis yang bisa ditempuh menggunakan berbagai kendaraan seperti mobil ataupun sepeda motor. Namun, tidak tersedia angkutan umum, sehingga harus membawa kendaraan pribadi.

Air terjun ini baru dibuka pada tahun 2013, sehingga termasuk air terjun baru yang masih terjaga keasriannya. Untuk masuk ke air terjun ini sangatlah murah, jadi tidak perlu khawatir jika budget minim.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

5. Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak
Image Credit: Travelingyuk.com

Apakah kamu suka ke pantai? Jika iya, ketika kamu ke Lumajang kamu harus mampir ke Pantai Watu Pecak. Pantai Watu Pecak tidak terlalu jauh dari kota, dan tempatnya berdekatan dengan Pantai Bambang.

Ombak di Watu Pecak sangat besar dan berbahaya, sehingga tidak disarankan jika terlalu dekat dengan bibir pantai. Namun jika kamu memang suka dengan tantangan, kamu bisa berselancar di pantai ini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dengan ombak bergulung-gulung dengan pepohonan di sekitar pantai yang nampak menari-nari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

6. Kolam Renang Veteran

Kolam Renang Veteran
Image Credit: Google Maps (Indra Harjaya)

Bingung mencari wisata bersama anak-anak di Lumajang? Kolam renang Veteran menjadi solusi yang tepat. Apalagi kolam renang ini memiliki luas 2 hektar, sehingga anak-anak bisa berenang lebih leluasa. Bahkan, dengan luas kolam renang ini sering digunakan untuk perlombaan renang hingga tingkat nasional.

Kolam renang antara orang dewasa dengan anak-anak berbeda kedalamannya, sehingga keamanan sudah terjamin. Kebersihan di sekitar kolam renang juga terjaga demi kenyamanan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran No.93, Veteran, Karangsari, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

7. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Image Credit: Katalogwisata.com

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan Ranu Kumbolo bukan? Ya Ranu Kumbolo yang berada di Lumajang ini merupakan sebuah danau di Gunung Semeru yang sangat digemari para wisatawan sebab pemandangan airnya yang indah.

Namun jika kamu hendak ke Ranu Kumbolo, kamu harus mendaki Gunung Semeru terlebih dahulu. Para pendaki Gunung Semeru biasanya akan mengambil air terakhir kali di tempat ini sebelum melanjutkan pendakian. Pemandangan Ranu Kumbolo di malam hari sangatlah indah.

Harga Tiket: Rp 19.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ranu Kumbolo, Tulungrejo, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

8. Danau Klakah

Danau Klakah
Image Credit: Google Maps (Phi_phi)

Danau kelak a berada di ketinggian 900 Mdpl. Danau dengan luas 22 hektar persegi ini memiliki kedalaman 28 meter. Keindahan danau ini semakin lengkap dengan adanya Gunung Lemongan sebagai backgroundnya. Belum lagi dikelilingi dengan pepohonan hijau sehingga bisa menambah suasana sejuk.

Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju danau ini karena belum tersedia transportasi umum. Perjalanan yang Anda tempuh akan terbayar dengan pemandangan indah danau ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Jatian, Tegalrandu, Kec. Klakah, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

9. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru
Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun yang ada di Kecamatan Pronojiwo ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 19.00. Pemandangan di Air Terjun Kapas Biru ini tak kalah indah dibanding air terjun lainnya, seperti Air Terjun Tumpuk Sewu.

Begitu sampai di sana kamu akan disambut dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Gemericik airnya juga akan menambah suasana nyaman dan membuat kamu menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang air terjun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

10. Ranu Pane

Ranu Pane
Image Credit: Google Maps (rm zainul)

Danau Ranu Pane masih menjadi salah satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sehingga ketika Anda berkunjung ke Bromo bisa sekalian mampir ke Ranu Pane. dari danau ini Anda bisa melihat dengan jelas Gunung Semeru yang berdiri dengan kokoh.

Danau Ranu Pane seluas 1 hektar dengan dikelilingi pepohonan dan rerumputan yang hijau. Berada di danau ini Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Keindahan danau Ranu Pane menjadi salah satu wisata terpopuler saat ini.

Harga Tiket: Rp5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ranupane Satu, Ranupani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

11. Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit
Image Credit: Cewealpukat.com

Siapakah yang suka dengan hamparan hijau kebun teh di bawah bukit? Apakah kamu salah satunya? Jika iya kamu harus mencoba suasana sejuk kebun teh di Lumajang satu ini. Kebun teh ini memiliki luas area sekitar 931,82 hektar dan memiliki ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial, dan sampai saat ini masih terus beroperasi. Kebun Teh Kertowono Gucialit ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Dari kebun teh ini kamu bisa menikmati pemandangan sekaligus melihat proses pengolahan teh menjadi produk teh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Poli, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

12. Situs Biting

Situs Biting
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Lumajang tidak hanya memiliki wisata dengan keindahan alam dan wisata yang mengasyikkan. Tetapi di Lumajang Anda juga bisa berkunjung ke wisata edukasi seperti halnya Situs Bitting. Situs Bitting memiliki luas 135 hektar, sehingga Anda bisa melihat dengan leluasa. Situs peninggalan kerajaan Lumajang ini menjadi situs arkeologi.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Situs Bitting yaitu tidak hanya bisa mengabadikan foto. Namun, Anda juga bisa mempelajari sejarah-sejarah yang ada di Indonesia. Jangan takut kesasar jika ingin ke Situs ini, karena bisa dicari di google maps.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutorenon, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

13. Puncak B-29

Puncak B-29
Image Credit: Ksmtour.com

Puncak B-29 adalah salah satu tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan muda-mudi, terutama bagi mereka yang memang suka mendaki. Puncak B-29 memiliki ketinggian 2.900 mdpl, maka tak heran jika di sana hawanya sudah terasa dingin.

Dari puncak B-29 ini kamu akan melihat indahnya pemandangan gunung Bromo. Puncak yang berada di Kecamatan Senduro ini merupakan Kawasan Taman Nasional. Tempat wisata ini memang cukup eksotis untuk kamu nikmati bersama teman-teman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argosari, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

14. Pantai Tlepuk

Pantai Tlepuk
Image Credit: Instagram.com @adistydina

Lumajang memang kaya akan pesona alam yang sangat indah tak terkecuali pantainya. Pantai yang satu ini memiliki ombak tenang, sehingga aman untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi adanya tebing bebatuan yang indah bisa dijadikan sebagai spot foto.

Bagi yang suka memancing tak perlu khawatir karena di pantai ini tersedia rawa yang cocok untuk dijadikan tempat pemancingan. Selain itu, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti sekedar jalan-jalan, berenang, voli pantai dan berjemur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat:Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

15. Pantai Wotgalih

Pantai Wotgalih
Image Credit: Memotimurlumajang.id

Pantai ini adalah salah satu wisata alam di Lumajang yang bisa kamu kunjungi saat sedang penat dan lelah dengan berbagai aktivitas sehari-hari. Pantai indah ini lokasinya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah dengan warna air laut yang biru eksotik. Pasir di Pantai Wotgalih juga terasa halus, bersih, dan berwarna hitam.  Pasir hitam pantai ini dikenal juga dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang dengan mutu tinggi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wotgalih, Kec. Yosowilangun, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

16. Pantai Bambang

Pantai Bambang
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Apakah Anda pecinta pantai? Jika benar, ketika berada di Lumajang jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Bambang. Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dengan pasir hitamnya. Justru inilah yang menjadi daya tarik tersendiri Pantai Bambang.

Keunikan lain dari pantai ini yaitu memiliki pasir dengan ukuran yang cukup besar. Hal ini dikarenakan pasir berasal dari gunung Bromo. Tips aman ketika berkunjung ke Pantai Bambang yaitu jangan bermain air terlalu menengah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rekasan, Bago, Kec. Pasirian, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

17. Kawasan Wonorejo Terpadu

Kawasan Wonorejo Terpadu
Image Credit: Jawatimuran.wordpress.com

Jika kamu mencari tempat untuk berlibur bersama dengan keluarga besar, kawasan Wonorejo Terpadu adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi. Tempat yang biasa disebut KWT ini memang terkenal ramai saat musim liburan.

Tempat wisata yang berada di Lumajang ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00. Kawasan Wahana Terpadu ini menawarkan banyak fasilitas tempat bermain, dan jika berlibur di sana kamu bisa bisa menikmati kolam renang, wahana arus air, luncuran, dan juga fasilitas bermain lain yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menikmati komedi putar, kereta gantung, dan fasilitas bermain air lainnya.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

18. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
Image Credit: Google Maps (khaled Al-Naqeeb)

Selain pantai, Lumajang juga memiliki wisata air terjun yang cukup banyak salah satu air terjun yang terkenal di Lumajang yaitu tumpak Sewu. Air terjun yang berada di Desa Sidomulyo ini hanya bisa dinikmati dari ketinggian, sehingga tidak bisa langsung bermain dengan airnya. Namun, tak perlu khawatir karena dengan keindahan air terjun ini semuanya akan terbayar.

Air terjun tumpak Sewu terlihat sangat mempesona dan eksotis karena berasal dari tebing-tebing tinggi. Sehingga jika diperhatikan air terjun ini membentuk sebuah tirai putih. Dengan keindahan tersebut tentu saja menjadi background yang sangat indah untuk jepretan foto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

19. Pemandian Selo Kembang

Pemandian Selo Kembang
Image Credit: Wisatalumajang.com

Pemandian satu ini merupakan objek wisata air yang bisa kamu kunjungi di Kecamatan Lumajang. Wisata air ini dapat kamu nikmati dengan berendam di sebuah kolam besar yang airnya berasal dari pegunungan.

Di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandangan indah perbukitan yang  dijamin dapat membuat pikiranmu menjadi lebih rileks. Selain itu, kamu juga dapat menikmati wahana flying fox dan juga danau buatan yang indah. Kamu juga bisa mengelilinginya dengan perahu.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senduro, Pancen, Purworejo, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

20. Coban Sriti

Coban Sriti
Image Credit: Google Maps (Coban Sriti)

Coban Sriti Lumajang tak kalah cantik jika dibandingkan dengan coban lainnnya. Coban Sriti terkenal dengan kemegahannya. Karena Coban ini cukup tinggi dengan tebing yang megah. Coban Sriti terdiri dari 2 air terjun, sehingga ketika jatuh membuat area sekitar seperti kabut putih.

Nama lain Coban Sriti yaitu Conan Wolu atau delapan, karena untuk sampai ke air terjun harus melewati delapan sungai. Jika dilihat dari atas keindahan terlihat jelas, apalagi di kelilingi dengan tebing-tebing yang tinggi. Untuk menuju air terjun ini harus melewati Medan yang sulit, tetapi tetap saja masih banyak pengunjung yang datang terutama pecinta alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jogokereng, Tamanayu, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

21. Wisata Goa Tetes

Wisata Goa Tetes
Image Credit: Dolandolen.blogspot.com

Goa Tetes memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan juga menarik untuk kamu kunjungi. Untuk sampai di goa ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 55 kilometer dari pusat kota. Selain di goa, kamu juga akan menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

Untuk sampai ke Goa tetes, kamu harus terlebih dahulu berjalan kaki, namun kamu tak perlu khawatir, sebab selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang eksotis dan menyejukkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

22. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi
Image Credit: Google Maps (Pay Rifa’i)

Ketika ke Lumajang wajib sekali Anda mengunjungi air terjun yang satu ini. Ya, Air terjun Kabut Pelangi ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Kabut Pelangi ini di bagian bawah sering kali muncul Pelangi yang indah. Pelangi ini berasal dari biasan cahaya matahari dan air.

Tiket masuk air terjun ini sangatlah murah, sehingga tidak sebanding dengan keindahannya. Untuk menuju air terjun ini, Anda disarankan untuk membawa bekal baik air minum atau makan. Sekalipun di lokasi air terjun tersedia warung, tetapi untuk mengantisipasi warung tutup. Selain itu, perlu juga membawa baju ganti dan pakaian yang tebal, pastinya akan terasa dingin.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

23. Tubing Adventure Lumajang

Tubing Adventure Lumajang
Image Credit: Vidio.com

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin adalah Tubing Adventure. Tempat ini sangat menantang dan seru untuk dijadikan tempat berlibur.

Adapun permainan Tubing Adventure yang bisa kamu nikmati adalah jenis olahraga air. Menyenangkan bukan? Kamu bisa meluncur di atas ban dan melewati sekitar tiga desa dengan jarak sekitar 4 kilometer. Tempat wisata ini cocok untuk kamu nikmati bersama dengan teman-teman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Senduro, Tempuran, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

24. Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pura Mandara Giri Semeru Agung
Image Credit: Google Maps (Atang Triastama)

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang dianggap suci bagi masyarakat sekitar. Sehingga tak heran jika di kaki gunung Semeru terdapat pura bernama Mandara Giri Agung Semeru. Pura ini terbilang baru di bangun untuk dijadikan tempat ibadah umat Hindu di sekitar Gunung Semeru.

Layaknya Pura pada umumnya, Pura Mandara Giri Semeru Agung memiliki gaya arsitektur seperti Pura di Bali. Keunikan Pura ini memang tidak terlepas dari budaya sekitar. Ketika mengunjungi Pura ini, Anda bisa belajar sejarah dari orang-orang sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Serma Dohir, Sumberagung, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

25. Museum Daerah Lumajang

Museum Daerah Lumajang
Image Credit: Ayanalfa.blogspot.com

Salah satu wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi di Lumajang adalah Museum daerah Lumajang. Museum yang berada di Kedungjajang ini diresmikan oleh Bupati Lumajang pada 25 Agustus 2015 lalu. Museum yang memiliki fasilitas lahan parkir luas, ruang pameran museum, serta fasilitas lainnya ini buka setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Di dalam ruang Pamer Museum ini terdapat delapan koleksi yang bisa kamu lihat. Delapan koleksi tersebut antara lain Koleksi Prasejarah, Koleksi Klasik, Naskah Kuno, Koleksi senjata, koleksi numismatik, koleksi kolonial, dan bahkan koleksi replika serta koleksi lain-lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Nah, itu tadi adalah 25 objek wisata yang bisa kamu temui di Lumajang. Jika berkunjung ke Lumajang, kamu harus mampir ke tempat-tempat wisata di sana yang terkenal dengan keindahan panorama dan juga kesejukannya. Kamu juga dapat mengajak keluarga besar untuk ikut berlibur di Lumajang. Kamu hanya perlu memilih tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi. Selamat berlibur ya.