13 Tempat Wisata di Lumajang

Tempat Wisata Lumajang

Lumajang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang sangat indah. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu keberadaan tempat-tempat wisata tersebut di Lumajang.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat foto yang keren. Tempat wisatanya juga beragam, mulai dari wisata dengan situs budaya, sejarah, maupun wisata untuk spot foto yang modern dan kekinian. Ada pula wisata alam menakjubkan seperti gunung dan air terjun.

Maka dari itu jika kamu berkunjung ke Lumajang, kamu bisa menikmati berbagai macam tempat wisata yang ada. Berikut ini adalah 13 tempat wisata di Lumajang yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin berlibur.

1. Agrowisata Lumajang

Agrowisata Lumajang

Lokasi: Rambaan, Sukorejo, Kec. Pasrujambe – Image Credit by Aslimajang.wordpress.com

Jika kamu dan keluarga suka berlibur ke tempat-tempat yang bernuansa alam, maka Agrowisata Lumajang ini bisa menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai macam buah-buahan yang tumbuh dengan subur.

Adapun buah-buahan yang tumbuh antara lain adalah durian, manggis, salak, dan lain-lain. Di sana kamu juga akan menemukan kolam indah dilengkapi dengan flying fox, perahu donat, juga arung jeram. Selain itu, masih ada banyak aktivitas menyenangkan lain yang bisa kamu nikmati di sini.

2. Ranu Bedali

Ranu Bedali

Lokasi: Gn. Cilik, Ranubedali, Kec. Ranuyoso. – Image Credit by Catatansinggihhendra11.blogspot.com

Tahukah kamu apa itu Ranu Bedali? Ya, danau ini adalah danau terakhir yang masuk dalam segitiga danau, dua danau lainnya adalah Ranu Pakis dan Ranu Klakah. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Tempat wisata ini berada di ketinggian, sehingga suasananya sejuk dan udaranya segar. Dengan pemandangan yang indah, tempat ini sangat nyaman untuk kamu kunjungi saat banyak masalah dan ingin melepaskan rasa penat. Begitu pulang dari tempat ini kamu akan merasa lebih baik.

3. Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak

Lokasi: Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kec. Pasirian. – Image Credit by Travelingyuk.com

Apakah kamu suka ke pantai? Jika iya, ketika kamu ke Lumajang kamu harus mampir ke Pantai Watu Pecak. Pantai Watu Pecak tidak terlalu jauh dari kota, dan tempatnya berdekatan dengan Pantai Bambang.

Ombak di Watu Pecak sangat besar dan berbahaya, sehingga tidak disarankan jika terlalu dekat dengan bibir pantai. Namun jika kamu memang suka dengan tantangan, kamu bisa berselancar di pantai ini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dengan ombak bergulung-gulung dengan pepohonan di sekitar pantai yang nampak menari-nari.

4. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Lokasi: Ranu Kumbolo, Tulungrejo, Kec. Pasrujambe. – Image Credit by Katalogwisata.com

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan Ranu Kumbolo bukan? Ya Ranu Kumbolo yang berada di Lumajang ini merupakan sebuah danau di Gunung Semeru yang sangat digemari para wisatawan sebab pemandangan airnya yang indah.

Namun jika kamu hendak ke Ranu Kumbolo, kamu harus mendaki Gunung Semeru terlebih dahulu. Para pendaki Gunung Semeru biasanya akan mengambil air terakhir kali di tempat ini sebelum melanjutkan pendakian. Pemandangan Ranu Kumbolo di malam hari sangatlah indah

5. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

Lokasi: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo. – Image Credit by Pegipegi.com

Air terjun yang ada di Kecamatan Pronojiwo ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 19.00. Pemandangan di Air Terjun Kapas Biru ini tak kalah indah dibanding air terjun lainnya, seperti Air Terjun Tumpuk Sewu.

Begitu sampai di sana kamu akan disambut dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Gemericik airnya juga akan menambah suasana nyaman dan membuat kamu menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang air terjun.

6. Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit

Lokasi: Poli, Kec. Gucialit. – Image Credit by Cewealpukat.com

Siapakah yang suka dengan hamparan hijau kebun teh di bawah bukit? Apakah kamu salah satunya? Jika iya kamu harus mencoba suasana sejuk kebun teh di Lumajang satu ini. Kebun teh ini memiliki luas area sekitar 931,82 hektar dan memiliki ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial, dan sampai saat ini masih terus beroperasi. Kebun Teh Kertowono Gucialit ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Dari kebun teh ini kamu bisa menikmati pemandangan sekaligus melihat proses pengolahan teh menjadi produk teh.

7. Puncak B-29

Puncak B-29

Lokasi: Argosari, Kec. Senduro. – Image Credit by Ksmtour.com

Puncak B-29 adalah salah satu tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan muda-mudi, terutama bagi mereka yang memang suka mendaki. Puncak B-29 memiliki ketinggian 2.900 mdpl, maka tak heran jika di sana hawanya sudah terasa dingin.

Dari puncak B-29 ini kamu akan melihat indahnya pemandangan gunung Bromo. Puncak yang berada di Kecamatan Senduro ini merupakan Kawasan Taman Nasional. Tempat wisata ini memang cukup eksotis untuk kamu nikmati bersama teman-teman.

8. Pantai Wotgalih

Pantai Wotgalih

Lokasi: Wotgalih, Kec. Yosowilangun. – Image Credit by Memotimurlumajang.id

Pantai ini adalah salah satu wisata alam di Lumajang yang bisa kamu kunjungi saat sedang penat dan lelah dengan berbagai aktivitas sehari-hari. Pantai indah ini lokasinya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah dengan warna air laut yang biru eksotik. Pasir di Pantai Wotgalih juga terasa halus, bersih, dan berwarna hitam.  Pasir hitam pantai ini dikenal juga dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang dengan mutu tinggi.

9. Kawasan Wonorejo Terpadu

Kawasan Wonorejo Terpadu

Lokasi: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang. – Image Credit by Jawatimuran.wordpress.com

Jika kamu mencari tempat untuk berlibur bersama dengan keluarga besar, kawasan Wonorejo Terpadu adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi. Tempat yang biasa disebut KWT ini memang terkenal ramai saat musim liburan.

Tempat wisata yang berada di Lumajang ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00. Kawasan Wahana Terpadu ini menawarkan banyak fasilitas tempat bermain, dan jika berlibur di sana kamu bisa bisa menikmati kolam renang, wahana arus air, luncuran, dan juga fasilitas bermain lain yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menikmati komedi putar, kereta gantung, dan fasilitas bermain air lainnya.

10. Pemandian Selo Kembang

Pemandian Selo Kembang

Lokasi: Senduro, Pancen, Purworejo, Kec. Lumajang. – Image Credit by Wisatalumajang.com

Pemandian satu ini merupakan objek wisata air yang bisa kamu kunjungi di Kecamatan Lumajang. Wisata air ini dapat kamu nikmati dengan berendam di sebuah kolam besar yang airnya berasal dari pegunungan.

Di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandangan indah perbukitan yang  dijamin dapat membuat pikiranmu menjadi lebih rileks. Selain itu, kamu juga dapat menikmati wahana flying fox dan juga danau buatan yang indah. Kamu juga bisa mengelilinginya dengan perahu.

11. Wisata Goa Tetes

Wisata Goa Tetes

Lokasi: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo. – Image Credit by Dolandolen.blogspot.com

Goa Tetes memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan juga menarik untuk kamu kunjungi. Untuk sampai di goa ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 55 kilometer dari pusat kota. Selain di goa, kamu juga akan menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

Untuk sampai ke Goa tetes, kamu harus terlebih dahulu berjalan kaki, namun kamu tak perlu khawatir, sebab selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang eksotis dan menyejukkan.

12. Tubing Adventure Lumajang

Tubing Adventure Lumajang

Lokasi: Jl. Raya Senduro, Tempuran, Kec.Senduro. – Image Credit by Vidio.com

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin adalah Tubing Adventure. Tempat ini sangat menantang dan seru untuk dijadikan tempat berlibur.

Adapun permainan Tubing Adventure yang bisa kamu nikmati adalah jenis olahraga air. Menyenangkan bukan? Kamu bisa meluncur di atas ban dan melewati sekitar tiga desa dengan jarak sekitar 4 kilometer. Tempat wisata ini cocok untuk kamu nikmati bersama dengan teman-teman.

13. Museum Daerah Lumajang

Museum Daerah Lumajang

Lokasi: Krajan, Wonorejo, Kec. Kedungjajang. – Image Credit by Ayanalfa.blogspot.com

Salah satu wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi di Lumajang adalah Museum daerah Lumajang. Museum yang berada di Kedungjajang ini diresmikan oleh Bupati Lumajang pada 25 Agustus 2015 lalu. Museum yang memiliki fasilitas lahan parkir luas, ruang pameran museum, serta fasilitas lainnya ini buka setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Di dalam ruang Pamer Museum ini terdapat delapan koleksi yang bisa kamu lihat. Delapan koleksi tersebut antara lain Koleksi Prasejarah, Koleksi Klasik, Naskah Kuno, Koleksi senjata, koleksi numismatik, koleksi kolonial, dan bahkan koleksi replika serta koleksi lain-lainnya.

Nah, itu tadi adalah 13 objek wisata yang bisa kamu temui di Lumajang. Jika berkunjung ke Lumajang, kamu harus mampir ke tempat-tempat wisata di sana yang terkenal dengan keindahan panorama dan juga kesejukannya. Kamu juga dapat mengajak keluarga besar untuk ikut berlibur di Lumajang. Kamu hanya perlu memilih tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi. Selamat berlibur ya.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak