Belum punya rencana mau berlibur kemana? Kalau begitu mungkin Bojonegoro bisa Kamu jadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburanmu. Karena Kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini memang punya beragam destinasi menarik yang kerap membuatnya dijadikan sorotan.

Bojonegoro sendiri punya banyak tempat hits yang pastinya membuat momen liburanmu kian menyenangkan. Selain dapat menyegarkan pikiran, liburan ke Bojonegoro juga tidak menguras banyak biaya.

Jika kamu ingin mencari tempat yang nyaman untuk berlibur, tempat wisata di Bojonegoro berikut bisa dijadikan pilihan. Beragam pilihan destinasi mulai dari wisata alam, tempat bersejarah, serta tempat-tempat seru lainnya yang sudah dirangkum pada artikel di bawah ini.

1. Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor
Image Credit: Wartawisata.id

List pertama datang dari wisata alam yang terletak di Kecamatan Temayang Bojonegoro. Air Terjun Kedung Maor punya tebing-tebing indah yang mengelilinginya, Bila Kamu tidak takut ketinggian Kamu bisa naik ke atas terbing ini untuk menghasilkan foto yang bagus.

Karena tebing ini tidak terlalu tinggi maka para pengunjung sering juga memanfaatkannya untuk meloncat ke dalam kolam air yang terdapat di bawah air terjun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Clebung, Bubulan, Kedungsari, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

2. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing
Image Credit: Nusantaranews.co

Bojonegoro menyimpan banyak destinasi wisata yang epik, salah satunya adalah Agrowisata Belimbing. Di tempat yang satu ini Anda bisa menikmati buah-buahan segar yang dipetik langsung. Tentu saja objek utama buahnya adalah belimbing.

Agrowisata Belimbing berada di atas tanah yang luasnya sekitar 20 hektar. Selain itu di beberapa titiknya dibangun sebuah gazebo sebagai tempat peristirahatan para pengunjung. Nikmati berwisata sekaligus edukasi budidaya belimbing khas Bojonegoro.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngringin, Ngringinrejo, Kec. Kalitidu, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

3. Air Terjun Goa Kikik

Air Terjun Goa Kikik
Image Credit: Islahagus.blogspot.com

Dari namanya mungkin sudah ketahuan kalau destinasi wisata yang satu ini menyajikan dua jenis wisata yang berbeda dalam satu tempat. Tempat ini bukan hanya memiliki air terjun yang masih terjaga kealamiannya namun juga memiliki goa yang seru untuk dijelajahi.

Air terjun yang terletak di Desa Sumberejo ini masih tergolong tempat wisata baru, sehingga destinasi berikut ini sangat cocok bagi Kamu yang menyukai kedamaian. Apalagi dengan kondisi alam di sekitar air terjun kian membuat tempat ini terasa asri.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberejo, Malo, Tinawun, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

4. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Ingin liburan santai bersama keluarga dan menikmati spot foto yang instagramable, semua itu bisa didapatkan di Taman Rajekwesi. Taman yang satu ini berada di kecamatan Bojonegoro. Di kelilingi oleh pepohonan yang menghijau serta jalan setapak yang dibuat estetik, membuat Taman Rajekwesi menjadi arena bermain anak yang menyenangkan.

Tempatnya luas dengan suasana alam yang sejuk. Taman Rajekwesi juga menyediakan area jogging track.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rajekwesi Bojonegoro, Pondokasri, Klangon, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

5. Air Terjun Clebung Bubulan

Air Terjun Clebung Bubulan
Image Credit: Reresepan.com

Selanjutnya ada air terjun di tengah hutan yang kerap dijadikan sebagai primadona pariwisata oleh warga Bojonegoro sendiri. Air Terjun Clebung Bubulan memiliki ketinggian mencapai 20 meter, meskipun tergolong tinggi namun aliran air yang berada di bawahnya ternyata cukup tenang.

Selain memiliki arus yang tenang air aliran air terjun ini sangatlah jernih dan menyegarkan. Di sini Kamu bebas bermain air ataupun mengambil foto dengan Air Terjun sebagai latarnya. Bahkan saking amannya banyak orang yang sengaja berfoto tepat dibawah air terjun tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Clebung, Bubulan, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

6. Grojogan Pucangarum

Grojogan Pucangarum
Image Credit: Facebook.com (Ilma Innez)

Jalan setapak menuju Grojogan Pucangarum dikelilingi oleh pepohonan, sehingga terkesan melewati terowongan hutan sepanjang jalannya. Meski terbilang membutuhkan usaha yang cukup sulit, namun anda tidak akan kecewa ketika sampai di lokasinya. Grojogan Pucangarum memiliki suasana yang begitu asri.

Dari lokasi parkir menuju Grojogan Pucangarum tidak bisa ditempuh dengan kendaraan. Sehingga Anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter agar sampai di destinasi wisata indah ini. Kelelahan itu akan terbayar lunas dengan pemandangan air terjun setinggi 20 meter yang eksotis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maor, Clebung, Kec. Bubulan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

7. Pemandian Air Panas Banyu Kuning

Pemandian Air Panas Banyu Kuning
Image Credit: Sinarharapan.net

Tidak banyak pemandian air panas yang bisa ditemui di Indonesia oleh karena itu saat mengunjungi Kabupaten Bojonegoro jangan sampai melewatkan Pemandian Air Panas Banyu Kuning. Nama Banyu Kuning sendiri konon berasal dari warna tanah dan batuan di sekitar pemandian yang berwarna kuning keemasan.

Pemandian air panas alami yang berada di Kecamatan Gondang ini sebenarnya masih tergolong baru. Namun, karena bayak warga yang ingin merasakan sensasi mandi menggunakan air panas alami membuat tempat ini ramai dalam sekejap. Terlebih lagi dengan beredarnya informasi tentang khasiat air dengan zat belerang yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krondonan, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

8. Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit
Image Credit: Alamasedy.com

Destinasi wisata alam yang tidak kalah indah di Bojonegoro adalah Air Terjun Kedung Gupit. Wisata tersebut letaknya begitu tersembunyi. Maka tidak heran suasananya masih begitu asri dan alami. Dengan di kelilingi sebuah tebing tinggi juga pepohonan hijau, aliran air seakan melebar beberapa meter ke sisi tebing.

Untuk sampai di Air Terjun Kedung Gupit Anda harus berjalan kaki sejauh 1 KM. Barulah setelah perjalanan tersebut akan Anda saksikan air yang jatuh dari ketinggian 8 meter. Dapatkan spot cantik untuk media sosial Anda dengan background Air Terjun Kedung Gupit.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gayam, Klino, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

9. Objek Wisata Negri di Atas Angin

Objek Wisata Negri di Atas Angin
Image Credit: Wisatajawatimur0311.blogspot.com

Objek wisata berikut ini sering sekali dikunjungi oleh anak-anak muda di Kabupaten Bojonegoro. Karena melalui bukit ini Anda bisa melihat pemandangan Kota Bojonegoro layaknya berada di atas langit. Saking indahnya tempat yang berlokasi di Desa Deling ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan fotografi maupun prewed.

Dari atas sini Kamu bisa melihat keindahan matahari terbenam hingga merasakan bagaimana kesejukan udara di atas bukit hijau yang asri. Apabila Kamu masih punya banyak waktu maka Kamu bisa bermalam di bukit ini dengan mendirikan tenda sambil melihat gemerlap bintang di langit.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Deling, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

10. Watu Gandul

Watu Gandul
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Meski jalan menuju Watu Gandul terbilang ekstrim, tapi tempat wisata Bojonergoro ini memiliki pesona yang begitu eksotis. Apalagi medannya yang cukup curam sangat cocok bagi penggemar motor trail.

Nama watu gandul sendiri diambil dari spot utamanya yaitu tiga buah batu raksasa yang seolah menggantung bertingkat.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gondang, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

11. Kayangan Api

Kayangan Api
Image Credit: Ngadem.com

Banyak sekali tempat wisata unik yang bisa Kamu kunjungi di Bojonegoro salah satunya seperti Kayangan Api atau yang sering disebut dengan api abadi. Uniknya lagi konon api ini sudah ada sudah ada sejak jaman kerajaan majapahit dan tetap menyala hingga sekarang.

Karena dulunya tempat yang berada di Kecamatan Ngasem ini dianggap sakral  maka tempat ini pun memiliki situs-situs peninggalan yang berlokasi di sekitar api. Terdapat juga sebuah sumur bernama sumur blekutuk yang lokasinya tak jauh dari Kayangan Api, oleh warga Bojonegoro sumur tersebut kerap dijadikan sebagai media membersihkan benda-benda pusaka.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dander, Ngembul, Butoh, Kec. Ngasem, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

12. Air Terjun Kedung Peti

Air Terjun Kedung Peti
Image Credit: Google Maps (Titis Brata)

Hawa sejuk, pemandangan yang indah, tumbuhan hijau sejauh mata memandang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Air Terjun Kedung Peti. Wisata alam yang satu ini terletak di kecamatan Malo. Tinggi air terjun yang mencapai 30 meter membuat siapapun takjub ketika melihatnya.

Air Terjun Kedung Peti memiliki tiga tingkatan dengan aliran air yang tidak begitu deras. Kondisi alamnya masih sangat terjaga sehingga menyuguhkan pengalaman tidak terlupakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Gaplok, Ketileng, Kec. Malo, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

13. Sendang Grogolan

Sendang Grogolan
Image Credit: Blokbojonegoro.com

Tempat wisata yang berada di Kecamatan Dander ini mempunyai air yang sangat jernih serta lingkungan yang masih hijau. Di tempat ini Kamu bisa berenang sepuasnya ataupun melakukan olahraga rafting dengan perlengkapan yang sudah disiapkan di sana.

Lokasinya yang berada di tengah hutan serta dikelilingi oleh banyak pepohonan akan memberikan kesejukan yang membuatmu betah untuk berlama-lama di sini. Jika Kamu ingin berkunjung ke sini sebaiknya siapkan juga Kamera dalam air untuk menghasilkan foto unik saat Kamu sedang menyelam.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngunut, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

14. Air Terjun Krondonan

Air Terjun Krondonan
Image Credit: Instagram.com @touristguidesurabaya

Bojonegoro seakan tidak mau berhenti menunjukkan kekayaan alamnya. Hal itu ditunjukkan dengan adanya Air Terjun Krondonan di kecamatan Gindang. Untuk sampai di air terjun Anda harus melewati jalur yang cukup ekstrim. Di mana jalan setapak dipenuhi dengan pohon jati yang menjulang.

Namun kelelahan akan segera terbayarkan dengan melihat aliran air yang jatuh dari ketinggian 15 meter. Meski belum memiliki fasilitas umum, air terjun Krondonan memiliki air yang jernih menyegarkan. Disarankan untuk datang bukan pada saat musim penghujan. Pasalnya air biasanya sedikit keruh ketika musim penghujan tiba.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krondonan, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro,Jawa Timur.

15. Hutan Jati Bojonegoro

Hutan Jati Bojonegoro
Image Credit: Kanalbojonegoro.com

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu pemasok kayu jati terbesar dari Jawa Timur. Kayu-kayu ini di datangkan dari hutan jati yang berada di Kecamatan Dander. Pemandangan diantara pepohonan jati ini pasti sangat bagus bila Kamu gunakan untuk berfoto.

Namun sebaiknya jangan mengunjungi hutan ini di musim kemarau, meskipun daun-daun yang berguguran terlihat indah namun pemandangan yang ada disana hanyalah pepohonan yang sudah mengering.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngunut, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

16. Waduk Pedang

Waduk Pedang
Image Credit: Google Maps (Edie Irwan)

Mulanya, Waduk Pedang bukanlah tempat wisata yang menarik perhatian. Pasalnya tempat yang satu ini hanyalah sebuah waduk untuk sarana irigasi.

Namun sebab tangan ajaib masyarakat sekitar, Waduk disulap menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi. Lokasinya dibuka 24 jam non stop dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari jogging, memancing, berjalan santai, menikmati pemandangan sekitar waduk, sampai jogging.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kepoh Kidul, Kedungadem, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

17. Bukit Tono

Bukit Tono
Image Credit: Okezone.com

Satu lagi bukit indah yang dimiliki oleh Kabupaten Bojonegoro yaitu Bukit Tono. Di bukit tersedia berbagai spot foto menarik yang disediakan oleh pengelola, sehingga jika dipadukan dengan pemandangan alam di skitarnya pasti mampu menghasilkan bayak foto yang instagramable banget.

Dikarenakan lokasi tempat wisata yang berada di Kecamatan Gondang ini cukup sulit diakses maka sebaiknya Kamu menggunakan kendaraan roda dua untuk sampai ke atas bukit.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambongrejo, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

18. Bendungan Gerak

Bendungan Gerak
Image Credit: Google Maps (Fighter Kids)

Letak Bojonegoro yang dekat dengan Bengawan Solo membuat pemerintah membuat sebuah bendungan sebagai pengendali debit air. Di sini Anda akan menemukan banyak orang bersepeda santai ataupun sekedar menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Bendungan Gerak dibangun dengan begitu kokoh sehingga menarik perhatian para wisatawan. Anda pun bisa menikmati semilir angin sambil berjalan santai di tepi bendungan.

Harga Tiket: Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang, Kec, Trucuk, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

19. Wana Tirta Dander

Wana Tirta Dander
Image Credit: Reresepan.com

Punya hobi berenang tapi ingin cari tempat yang ramah bagi anak-anak? Kalau begitu datanglah ke Wana Tirta Dander. Bagi Kamu yang sedang berwisata bersama keluarga maka tak ada salahnya untuk bermain sebentar di waterpark yang terletak di Kecamatan Dander ini.

Tempat tersebut mempunyai fasilitas yang cukup lengkap terutama untuk anak-anak. Disini Kamu bukan hanya bisa berenang dengan bebas, tapi terdapat juga beberapa wahana seru seperti seluncuran, kolam arus, outbound dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alang-alang Kemangi, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

20. Alun-Alun Bojonegoro

Alun-Alun Bojonegoro
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ajie Prasetyo)

Berkunjung ke Bojonegoro rasanya kurang afdhol jika tidak melipir ke Alun-Alun Bojonegoro. Bahkan lokasi yang satu ini hampir selalu ramai oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Jika datang di waktu tertentu Anda dapat menyaksikan pagelaran seni khas Bojonegoro.

Sama seperti alun-alun pada umumnya, Alun-Alun Bojonegoro membebaskan siapapun untuk masuk tanpa pungutan biaya. Di pusat area alun-alun Anda akan mendapati sebuah monumen pahlawan. Waktu yang tepat mengunjungi tempat ikonik Bojonegoro ini adalah saat pagi, sore, dan malam hari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mas Tumapel 1 Kadipaten, Kauman, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

21. Waduk Pacal

Waduk Pacal
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Jalan-jalan ke luar kota gak harus keluar banyak uang, kamu bisa berhemat dengan mengunjungi Waduk Pancal yang berada di Kecamatan Temayang. Waduk ini sudah ada sejak masa kependudukan Belanda dan diresmikan pada tahun 1933.

Hingga kini waduk tersebut masih ramai dikunjungi oleh warga Bojonegoro terutama para pemancing. Waduk Pancal punya pemandangan yang indah dan asri, bahkan di sore hari Kamu bisa melihat sunset dengan jelas di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedungsumber, Kec. Temayang, Kab. Bojenegoro, Jawa Timur.

22. Teksas Wonocolo

Teksas Wonocolo
Image Credit: Nationalgeographic.grid.id

Tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Kedewan ini merupakan tempat hits yang sering digunakan untuk berfoto oleh anak-anak muda. Seperti namanya tempat ini mengusung tema layaknya berada di Texas serta dilengkapi dengan berbagai properti foto yang mendukung.

Disini terdapat sekitar sekitar 250an sumur minyak bumi. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai background untuk mengambil foto yang unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonocolo, Kec. Kedewan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

23. Mata Air Desa Sumber Arum

Mata Air Desa Sumber Arum
Image Credit: Siscaykp.blogspot.com

Saat cuaca sedang terik berenang di Mata Air Desa Sumber Arum akan terasa sangat menyegarkan, terlebih lagi kejernihan air di sini tidak berubah sama sekali dan tetap terjaga hingga sekarang.

Karena sering digunakan untuk mandi oleh warga setempat Kamu pun tidak perlu membayar untuk merasakan kesegaran air disini. Yang perlu Kamu lakukan hanyalah bersikap sopan serta menunggu antrean bila mata air sedang penuh.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Singayudha, Sumberarum Dua, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

24. Taman Wisata Sariyo

Taman Wisata Sariyo
Image Credit: Wongjonegoro.com

Bojonegoro memang punya banyak tempat rekreasi yang ramah untuk dompet. Salah satunya seperti Taman Wisata Sario yang terletak di Jalan Raya Padangan.

Di tempat ini Kamu bisa mencoba berbagai macam permainan air seperti menaiki perahu dan lain-lain dengan harga yang murah. Fasilitas disini pun terbilang lengkap sehingga cukup tempat ini cukup nyaman digunakan untuk melepas lelah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blimbing, Purworejo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

25. Go-Fun Entertaiment Complex

Go-Fun Entertaiment Complex
Image Credit: Gofun.co.id

Tempat wisata terakhir ini menyajikan tema layaknya pasar malam dengan wahana-wahananya yang khas. Macam-macam wahana bisa Kamu coba disini seperti komedi putar, biang lala, dan lain-lain.

Dengan gemerlap lampu yang menarik tempat ini juga bisa Kamu jadikan sebagai spot keren berfoto bersama teman maupun keluarga.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran No.20, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Demikian beberapa list tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro yang bisa Kamu kunjungi. Terdapat berbagai jenis destinasi yang bisa Kamu coba seperti tempat wisata alam yang asri hingga berbagai wisata unik lainnya yang membuat liburanmu berasa menyenangkan.