Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Gresik, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Populer & Paling Hits yang Wajib Anda Jelajahi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Gresik merupakan satu wilayah di Jawa Timur yang letaknya berdekatan dengan Surabaya dan Selat Madura. Gresik sendiri dikenal sebagai kota industri karena di sana banyak terdapat perusahaan industri berdiri mulai dari yang bertaraf nasional hingga internasional

Meskipun dikenal sebagai kota industri, bukan berarti Gresik tidak memiliki panorama alam asri yang alami untuk menyejukkan pikiran. Terdapat banyak destinasi wisata eksotis yang tidak kalah dengan objek wisata di Jawa Timur lainnya yang patut Anda kunjungi saat berkunjung ke Gresik ini.

Letaknya yang berada di dekat Selat Madura membuat Gresik memiliki sejuta pesona pantai yang unik dan indah. Pulau-pulau kecil cantik menghiasi setiap perairan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Keindahan pantai tersebut menjadi spot-spot menarik untuk berfoto dan menjadi tujuan wisata bagi yang ingin berlibur menghilangkan penat. Berikut beberapa wisata pantai terbaik di Gresik yang bisa Anda pilih.

1. Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko
Image Credit: Youtube.com @aristiyo resmana

Bagi Anda yang ingin merasakan pantai bak milik pribadi, berkunjung ke Pulau Gili Noko ini agaknya menjadi solusi yang tepat. Perpaduan antara pasir putih yang lembut dengan air laut jernih yang tenang menjadi salah satu cara untuk relaksasi.

Tidak hanya menikmati panorama pantainya saja, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut pulau ini dengan snorkeling dan melihat keanekaragaman biota lautnya. Puas menyelam Anda juga bisa bersantai sambil berjalan di bibir pantai untuk sekadar menghilangkan penat sembari mengambil foto lautan yang indah.

Pantai merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan sunset, begitupun di pulau ini. Pulau yang terletak di Sangkapura kabupaten Gresik ini menawarkan keindahan sunset yang romantis dengan warna jingga yang memantul ke perairan Gresik.

Lokasi: Pamona, Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

2. Pantai Ngemboh

Pantai Ngemboh
Image Credit: Twitter.com @gresiknews

Pantai yang tak kalah hits lainnya yaitu pantai Ngemboh. Menyajikan panorama alam yang masih asli menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Di Pantai Ngemboh Anda bisa menyaksikan hamparan luas perairan laut Gresik yang luas tanpa batas.

Pantai ini kerap dijadikan tujuan bagi para keluarga untuk piknik atau menikmati sunset di sore hari. Anda bisa bersantai di bibir pantai sembari menyaksikan semburat jingga dengan suara deburan ombak yang menenangkan.

Bila bulan puasa Ramadhan tiba, pantai ini juga kerap dijadikan tujuan ngabuburit para masyarakat dan wisatawan sembari menunggu beduk maghrib. Pantai ini berada di Ujungpangkah kabupaten Gresik.

Lokasi: Ngemboh, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik.

3. Pantai Dalegan

Pantai Dalegan
Image Credit: Google Maps (Den Dik)

Mendengar nama Pantai Dalegan mungkin sudah tak asing lagi khususnya bagi warga Gresik. Pantai ini menjadi salah satu pantai unggulan masyarakat Gresik. Memiliki pasir putih yang membentang luas sepanjang bibir pantai membuat wisatawan berbondong-bondong datang menyambangi pantai ini.

Deburan ombak yang tenang menjadi salah satu favorit pengunjung yang mencari ketenangan ke tempat ini. Pepohonan hijau yang rindang di pesisir pantai cukup menjadi penyejuk yang biasa digunakan pengunjung untuk berteduh. Anda bisa bermain ombak, bermain pasir atau berjalan santai sembari menikmati setiap momen eksotis di pantai Dalegan ini.

Puas bermain Anda bisa berkeliling untuk mengisi perut di warung-warung yang berjejer di tempat ini. Pantai Dalegan ini terletak di Panceng, Campurejo tepatnya berada di bagian paling utara Kabupaten Gresik.

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

4. Tanjung Ga’ang

Tanjung Ga’ang
Image Credit: Instagram.com @fauziyah_wulandari

Ingin menikmati dua pemandangan eksotis sekaligus? Anda patut menyambangi Tanjung Gaa’ang yang berada di Kumalasa kecamatan Sangkapura ini. Tempat ini menjadi tujuan wisata populer dikalangan wisatawan. Pasalnya Anda bisa menyaksikan tebing karang yang tinggi tak beraturan dan air laut yang jernih di bawahnya. Untuk menikmatinya tersebut Anda harus menuju tebing dengan menyewa perahu.

Di tempat yang masih sama, Anda bisa menyaksikan bentangan luas laut yang indah dan menawan. Anda bisa berjalan kaki dari Tanjung Kodok menuju ke Tanjung Ga’ang. Sesampai di sana Anda akan disambut dengan air laut yang biru dan memukau. Lokasi ini menjadi spot favorit untuk mengambil foto dan menikmati pemandangan pantai yang eksotis.

Lokasi: Patarselamat, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

5. Pantai Ria

Pantai Ria
Image Credit: Facebook.com @wisatagresik.id

Bagi Anda yang pernah ke Gresik mungkin sudah tak asing dengan nama Pulau Bawaean. Di pulau tersebut terdapat objek wisata pantai elok yang patut untuk dikunjungi. Pantai Ria merupakan pantai unik di Bawean yang menawarkan tonjolan batu karang hitam di pantainya. Alih-alih pasir yang lembut dan deburan ombak, pantai ini justru lebih tenang dengan tepian batu karang.

Pantai yang berada di Perapat Tunggal, kecamatan Sangkapura ini tak hanya menawarkan wisata pantai yang indah, namun juga menyuguhkan aktivitas warga setempat. Jangan heran jika Anda menemukan beberapa perahu nelayan yang bersandar di pantai ini, karena tempat ini dijadikan pusat pengolahan rumput laut dan ikan.

Lokasi: Dekatagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

6. Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar
Image Credit: Twitter.com @bankocbcnisp

Masih berada di sekitar Pulau Bawean, tepatnya di Sungairujing kecamatan Sangkapura Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang jarang ditemui. Pantai di Noko Selayar menawarkan panorama berbeda, pasalnya pasir pantainya lembut dan putih hingga mampu menampilkan efek bergelombang yang cantik.

Air lautnya yang jernih bak kaca menyatu dengan pasir di bibir pantai hingga menghasilkan gradasi warna yang menawan. Tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja, Anda juga bisa beraktifitas seperti diving, snorkeling dan tak lupa hunting foto untuk mempercantik feed sosial media. Untuk ke pulau ini Anda harus menaiki perahu motor dari Pulau Bawean sekitar 20 menit.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

7. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara
Image Credit: Instagram.com @aguung8

Destinasi pantai hits di Gresik selanjutnya yakni Pantai Mayangkara. Pesona pantai berpasir putih ini disamakan dengan keindahan pantai Pattaya yang berada di Bangkok. Sepanjang pesisir pantai Anda akan disuguhkan dengan laut yang biru dan ombak yang menenangkan.

Pantai yang berada di Kepuh Teluk kecamatan Tambak ini merupakan objek favorit para pelancong yang doyan foto dan selalu ingin eksis karena tempatnya yang memikat dan mempesona. Selain itu, di pantai ini sudah tersedia fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan seperti mushola, rumah makan, kamar mandi hingga area parkir yang cukup luas.

Lokasi: Diponggo, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

8. Pantai Karang Kering

Pantai Karang Kering
Image Credit: Facebook.com @rizal dby

Pantai satu ini memiliki panorama yang menawan. Air lautnya yang jernih mampu membuat batu karang terlihat dengan jelas serta terdapat pepohonan mangrove yang menghiasi pantai ini. Bagi Anda yang ingin berfoto tempat ini sangat cocok dan menarik untuk mengabadikannya.

Selain berfoto, Anda juga bisa menikmati sunset sambil duduk santai di jembatan atau di pesisir pantai. Anda juga akan menemukan beberapa perahu nelayan yang bersandar di tepian atau perahu yang lalu lalang di perairan pantai Karang Kering ini. Pantai menawan ini berada di Karang Kering, kecamatan Kebomas.

Lokasi: Jl. Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

9. Pantai Kutang

Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps (Wahyudi Dwy Purwanto)

Bagi sebagian orang nama pantai tersebut mungkin cenderung vulgar. Namun jangan salah, ternyata ada sejarah dibalik nama tersebut. Konon katanya, di pantai tersebut banyak kutang atau bra yang berserakan hingga membuat kotor dan kumuh. Atas inisiatif warga, pantai tersebut dibersihkan dari kutang atau bra yang banyak berserakan.

Setelah bersih, pantai tersebut menjadi objek wisata yang populer dan memiliki banyak pengunjung. Pesona pasir putihnya yang lembut dan airnya yang jernih menjadi keunggulan pantai ini. Anda juga bisa menikmati hijaunya mangrove di bagian selatan pantai yang dijamin membuat sejuk di mata.

Selain itu, jembatan kayu yang menghubungkan antara tempat parkir dan pantai menjadi pemanis pantai Kutang ini. Tempat tersebut merupakan spot yang ramai untuk berfoto para pengunjung. Anda juga bisa bermain ayunan di bibir Pantai Kutang. Setidaknya terdapat dua ayunan yang disediakan pengelola untuk memanjakan pengunjungnya.

Puas beraktivitas di pantai, Anda bisa bersantai sambil menikmati camilan atau mengisi perut di warung-warung yang banyak tersebar di area pantai. Apabila Anda membawa bekal untuk piknik, bisa menyewa gazebo-gazebo yang unik atau menggelar tikar di pesisir pantai. Pantai ini terletak di perbatasan antara Lamongan dan Gresik, tepatnya di Kentong, Labuhan.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

10. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Image Credit: Instagram.com @gresiktourism

Sebenarnya pantai Mombhul tergolong pantai baru, namun ia telah menarik banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Panorama yang dimiliki pantai ini mampu menyihir setiap pengunjungnya dan rela untuk berkunjung untuk kedua kalinya.

Air lautnya yang jernih selaras dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh di pantai ini menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu, pantai ini juga telah dilengkapi dengan wahana bermain untuk memanjakan para pengunjungnya seperti waterboom kolam asin hingga tempat penangkaran penyu. Tersedia pula beberapa spot foto menarik berbagai bentuk yang sengaja dibuat oleh pengelola.

Pantai yang terletak di Bawean, kecamatan Tambak ini merupakan objek wisata hits beberapa tahun belakangan ini. Pesona alam dan fasilitasnya yang unik menjadi daya tarik wisatawan hingga membuat pantai ini selalu ramai.

Lokasi: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

Itulah deretan objek wisata pantai hits dan populer di Gresik yang dapat Anda jadikan rekomendasi untuk liburan. Pantai-pantai di atas wajib Anda kunjungi dan sayang jika dilewatkan saat berada di kawasan Gresik untuk liburan.