15 Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Terhits Dikujungi

Tempat Wisata Sumenep

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Sumenep, Pulau Madura. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Terhits yang Layak Dikunjungi Saat Liburan.

Sumenep adalah salah satu kota besar yang ada di Madura, Jawa Timur. Kota ini juga menjadi pusat pemerintahan dimana terdapat banyak sekali bangunan yang menyimpan sejarah. Walaupun kota sejarah bukan berarti menjadi kota tertinggal.

Sumenep sendiri merupakan wilayah yang banyak terdapat banyak pantai yang bisa menyimpan sejuta pesona. Selain itu, pulau-pulau kecil di Sumenep juga tidak kalah indah untuk dikunjungi layaknya pulau pribadi yang asri dan bersih.

Bukan hanya pantai yang indah saja, wisata sejarahnya pun tidak kalah indah untuk dikunjungi. Jadi tidak ada salahnya jika waktu liburan menyempatkan diri ke daerah ini. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sumenep yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. Bukit Tinggi Daramista

Bukit Tinggi Daramista

Image Credit: Sewadrone.id

Bukit Tinggi Daramista menjadi salah satu dari pesona wisata yang wajib dikunjungi. Tempat ini diresmikan pada September 2016, Bukit Tinggi Daramista ada di Desa Daramista. Hanya sekitar 30 menit perjalanan saja dari pusat kota. Wisatawan bisa melihat keelokan Sumenep dari ketinggian.

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung, antara lain kolam ikan, gazebo, serta spot untuk berswa foto romantis. Jika berkunjung pada malam hari, wisatawan akan disuguhi keindahan kerlap-kerlip lampu warna-warni yang menambah sisi romantis sudut objek wisata ini.

Lokasi: Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep.

2. Bukit Kapur Kombang

Bukit Kapur Kombang

Image Credit: Destinasipedia.com

Mungkin yang ada di pikiran banyak orang di sana hanya melihat bukit kapur yang gersang saja. Tapi semua itu salah. Bukit ini adalah bekas galian yang menciptakan cekungan dinding batu kapur yang indah dan artistik, dan mirip dengan Cappadocia Turki.

Tempat wisata ini mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Tidak salah jika banyak yang memilih tempat ini sebagai tempat untuk melakukan foto pre wedding dengan latar alam. Sudah pemandangan indah, harga untuk masuk juga sangat bersahabat. Jadi jangan ragu kantong akan terkuras untuk menikmati indahnya bukit kapur ini.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

3. Pulau Gili Lebak

Pulau Gili Lebak

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat wisata Gili Lebak adalah pesona andalan Sumenep. Pulau Gili Lebak mempunyai pasir putih yang cukup panjang. Air laut pantai yang jernih, dan mempunyai ombak yang cukup tenang. Disamping itu, wisatawan juga dapat mencoba untuk menyelam, sekaligus melihat cantiknya terumbu karang.

Untuk sampai ke Gili Labak, wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Kalianget lalu menyeberang menggunakan perahu. Harga sewa perahu juga terjangkau dan bisa dibayarkan secara rombongan. Perjalanan yang cukup jauh akan terbayarkan dengan keindahan yang sempurna dari Gili Labak.

BACA:  25 Tempat Wisata di Tuban Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

4. Pantai Ambuten

Pantai Ambuten

Image Credit: Mzrick27.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya tidak jauh dari pantai yaitu Pantai Ambuten. Pantai ini berlokasi di Ambuten Barat. Pantai ini mempunyai ombak yang tenang dan memiliki ombak yang tenang dan juga mempunyai pasir yang lembut. Di sekeliling pantai, terdapat bebatuan karang, dan di beberapa sisi pantai ditumbuhi pepohonan hijau.

Belum ditemukan sampah dan suasananya yang hijau dan asri menjadi nilai lebih dari pantai ini. Pantai Ambuten ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga cocok dikunjungi oleh kalian yang sedang mencari tempat “pengasingan”. Yang ingin menjauh dari hingar-bingar keramaian kota.

Lokasi: Desa Ambuten Barat, Kec. Ambuten, Kab. Sumenep.

5. Museum Kraton Sumenep

Museum Kraton Sumenep

Image Credit: Panduanwisata.id

Beralih dari wisata pantai dan menuju wisata sejarah. Bukan hanya Jogja dan Solo yang memiliki kraton sebagai daya tarik wisatanya. Kota Sumenep juga menyimpan wisata kraton. Kraton Sumenep juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum bahkan dari luar kota Sumenep.

Kota Sumenep sendiri sebetulnya berada di kawasan Kraton Sumenep. Kraton ini bisa menjadi tempat wisata pendidikan yang mempunyai banyak koleksi benda-benda bersejarah, seperti serat atau surat, pusaka, kitab, dan peralatan properti kraton. Selain itu, museum kraton juga menyimpan sebuah Al Quran besar yang , ditulis tangan.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

6. Makam Raja Sumenep Asta Tinggi

Makam Raja Sumenep Asta Tinggi

Image Credit: Studentofmrsbanunrochmaningsih.blogspot.com

Objek wisata selanjutnya merupakan tempat wisata religi yang berlokasi Kebon Agung bernama Makam Raja Sumenep Asta Tinggi. Seperti namanya, tempat ini merupakan makam raja-raja keraton Sumenep. Pintu gerbang makam raja Asta Tinggi Sumenep dipengaruhi oleh gaya arsitektur dari Eropa.

Selain itu,pada bagian kubah makam Sultan Abdurrahman juga bergaya Eropa. Bukan hanya bergaya Eropa, bangunan makam juga dipengaruhi oleh budaya Islam, Hindu, serta Tionghoa. Bahkan ada mitos yang menceritakan bahwa Pangeran Diponegoro dimakamkan di makan ini.

Lokasi: Jl. Asta Tinggi, Temor Lorong, Kebunagung, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

7. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang

Image Credit: Ariyamadura.id

Tempat wisata selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi jika berkunjung ke Sumenep adalah Giliyang. Pulau Giliyang bukan pulau sembarangan untuk dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya pulau ini juga merupakan pulau pulau yang menyegarkan karena memiliki kadar oksigen paling tinggi.

Wisatawan selain bisa menikmati kesegaran udara juga bisa menikmati hamparan pasir yang luas. Wisatawan bisa berlari di atas pasir yang masih sangat terjaga kebersihannya. Jadi keindahan pulau tidak ternoda dengan sampah yang akan mengotori pemandangan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso Paling Populer

Lokasi: Gili Iyang, Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

8. Pulau Sapekan

Pulau Sapekan

Image Credit: Ayokesapeken.com

Tempat wisata selanjutnya masih dengan keindahan pulau di Sumenep, Pulau tersebut adalah pulau Sapekan. Pulau ini terletak di ujung timur Madura. Untuk bisa ke sana, wisatawan memang harus mempunyai kesabaran dan tenaga atau stamina yang cukup besar. Karena wisatawan harus menempuh perjalanan yang sangat panjang.

Perjalanan panjang akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang luar biasa. Di Pulau Sapekan, wisatawan bisa snorkling menikmati pesona alam bawah laut yang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan wisata bawah air pulau ini menjadi salah satu rekomendasi wisata dari pemerintah. Tidak kalah dengan Raja Ampat.

Lokasi: Desa Sapeken, Kec. Sapeken, Kab. Sumenep.

9. Taman Adipura Kota Sumenep

Taman Adipura Kota Sumenep

Image Credit: Anggitaramani.blogspot.com

Pesona wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah taman Adipura Sumenep. Dengan adanya taman di tengah kota bisa menjadi daya tarik tersendiri. Ini bisa menjadi sebuah penyegaran suasana perkotaan yang identik dengan keramaian. Taman ini juga menjadi wadah mengantisipasi dampak negatif perkembangan kota.

Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai paru-paru kota Sumenep, penyaring polusi udara udara dan kotoran. Di samping itu, taman kota ini menjadi wadah warga Sumenep untuk melakukan sosialisasi dengan warga lain dan sekaligus menjadi tempat membuka pusat ekonomi baru.

Lokasi: Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

10. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Image Credit: Simas.kemenag.go.id

Wisata religi lain yang bisa dikunjungi adalah Masjid Agung Sumenep. Bagi yang suka dengan wisata ziarah tidak ada salahnya berkunjung ke sini. Masjid ini berlokasi di pusat kota dekat dengan alun-alun dan sangat dengan kraton. Jadi untuk menemukan Masjid Agung sangatlah mudah.

Masjid ini memiliki gerbang putih dengan corak keemasan di bagian depan. Gapura masjid berbentuk atap susun yang kental dengan arsitektur budaya Tiongkok. Arsitektur masjid tertua di Indonesia ini memang memadukan beragam budaya Eropa, Cina,  Jawa, dan Madura. Lauw Piango merupakan arsitek yang membangun masjid.

Lokasi: Dalem Anyar, Bangselok, Kec. Kotasumenep, Kab. Sumenep.

11. Air Terjun Durbugan

Air Terjun Durbugan

Image Credit: Detik.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah air terjun Durbugan. Air terjun ini mempunyai udara yang menyejukan dan pemandangan yang sangat asri yang dijamin memanjakan mata dan membuat rileks dari kepenatan pekerjaan. Lokasi air terjun ada di desa Kowel.

Air terjun juga bersih dan jernih. Dan pastinya jauh dari yang namanya sampah. Keindahan tempat ini bukan satu-satunya daya tarik dari tempat ini. Keramahan penduduk sekitar juga menjadi nilai lebih tempat ini. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan betah berlama-lama di sini.

BACA:  15 Wisata Pantai di Trenggalek Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Noomtimur, Aeng Merah, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep.

12. Pulau Gili Genting

Pulau Gili Genting

Image Credit: Sewadrone.id

Selain pulau Sapekan, Sumenep masih menyimpan keindahan pulau lain. Pulau tersebut adalah pulau Gili Genting yang berlokasi di kawasan Kabupaten Sumenep dan terletak di bagian tenggara Pulau Madura. Gili Genting sendiri adalah sebuah kota kecamatan. Pantai Sembilan adalah salah satu tempat wisata di pulau ini yang terkenal.

Dahulu, Pantai Sembilan adalah sebuah pelabuhan sangat kecil yang menjadi tempat bersandar perahu penyeberangan yang menghubungkan Pulau Gili Genting dengan pulau-pulau yang berada di seberangnya. Saat ini, Pantai Sembilan sudah menjadi objek wisata terkenal karena sudah berubah dengan drastis.

Lokasi: Pulau Giligenting, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

13. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Image Credit: Ariechicarito.blogspot.com

Bagi pecinta snorkeling atau papan seluncur, pantai Lombang bisa menjadi pilihan sebagai tempat wisata. Pantai ini mempunyai pasir putih dan Pohon Cemara Udang. Hal ini dikarenakan bentuk rantingnya yang membungkuk menyerupai udang. Konon beredar kabar kalau tidak semua Pantai ditumbuhi pohon  seperti ini.

Wisatawan dapat bermain dan berenang di sepanjang Pantai. Jika sudah lelah berenang, wisatawan bisa mencicipi kuliner asli Kota Sumenep. Di Pinggir pantai banyak warung kaki lima yang menjual aneka minuman dan makanan. Dan yang menjadi rekomendasi adalah rujak lontong.

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

14. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Image Credit: Portalwisata.co.id

Pantai Slopeng berbatasan langsung Kecamatan Ambunten ini memiliki pasir pantai yang sangat luas. Wisatawan bisa dengan leluasa berlari-larian, berjemur, dan bermain pasir di atas gundukan pasir. Gundukan pasir ini mirip dengan dataran pegunungan. Di atas gundukan terdapat pohon-pohon kecil.

Karena pantai Sumenep ini sangat luas, pengunjung disediakan penyewaan kuda untuk mengelilingi pantai. Pengunjung juga tidak perlu takut dengan ketinggian ombak karena ombak di pantai ini juga sangat tenang. Jadi membawa anak-anak pun tidak perlu khawatir untuk membiarkan bermain di pantai.

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34 Ambunten, Trebung Ghetteng, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

15. Pulau Masalembu

Pulau Masalembu

Image Credit: Seputarjatim.com

Wisata pulau Sumenep yang indah adalah Pulau Masalembu. Pulau ini dihuni sekitar seribu sampai empat ribu penduduk di setiap desa. Pekerjaan penduduk pulau adalah nelayan dan petani. Dan banyak sekali akan dijumpai penduduk berdarah Bugis.

Masalembu menawarkan pesona keindahan pantai yang luar biasa. Ada beberapa pantai yang indah yang bisa dikunjungi yaitu, Pantai Cemara dan Pantai Masna. Keduanya menyimpan kejernihan  air laut dengan warna langit biru cerah.

Lokasi: Karamian, Kramian, Kec. Masalembu, Kab. Sumenep.

Itulah daftar tempat wisata yang bisa menjadi pilihan jika berkunjung ke Sumenep. Tinggal memilih wisata alam, sejarah, atau religi. Tinggal pilih mana yang diinginkan. Semua tidak akan mengecewakan hati dan isi kantong.