Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Pantai Sayang Heulang merupakan destinasi wisata alam di Garut yang cukup populer di masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota. Pantai ini memiliki pesona keindahan pantai yang masih alami dan terjaga. Air lautnya pun masih jernih dengan warna biru yang cerah, membuat pantai ini semakin indah untuk dilihat.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 3,5 kilometer. Pasir di Pantai Sayang Heulang berwarna putih kecoklatan. Disini kalian juga bisa melihat karang-karang yang indah secara langsung karena air lautnya jernih. Di tepi pantai, tumbuh banyak pohon yang rimbun. Dengan adanya pepohonan di sekitar pantai, membuat pengunjung betah karena suasananya yang sejuk dan rindang.

Jika berkunjung kesini, kalian akan kagum dengan kebersihan di sekitar kawasan pantai ini. Tidak ada sampah berserakan dan kondisi di pesisir pantai sangat bersih. Tak heran jika pengunjung betah berlama-lama disini.

Pesona Keindahan & Keunikan Pantai Sayang Heulang

Pesona Keindahan & Keunikan Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Digarut.com

Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya bentang karang yang menjorok ke laut di sepanjang pantai. Ketika surut, karang-karang tersebut muncul ke permukaan dan para pengunjung dapat berjalan-jalan di atas karang sepanjang garis pantai.

Di pantai ini juga terdapat ikan-ikan lucu berwarna-warni yang berenang di sekitar karang. Karena permukaan pantai ini banyak ditumbuhi karang. Jadi, pengunjung tidak bisa leluasa untuk berenang disini. Harus tetap hati-hati dan jangan sampai merusak karang.

Pantai ini terbagi menjadi dua zona, yaitu zona berkarang dan zona tidak berkarang. Di sebelah barat pantai ini terdapat bukit teletubies. Pengunjung dapat menuju tempat tersebut dengan berjalan kaki. Dari puncak Bukit Teletubies kalian bisa melihat Pantai Sayang Heulang yang indah dan mempesona.

Selain keindahan pantai dan karangnya yang begitu menawan. Pantai Sayang Heulang juga memiliki keunikan-keunikan lain yang tak kalah penting untuk kalian ketahui. Dari mulai fasilitas yang disediakan, mitos yang beredar, dan keterangan lain terkait Pantai Sayang Heulang. Berikut ini adalah penjelasannya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Flickr.com @Deden Heryana

Pantai ini terletak di Garut, memiliki jarak sekitar 87 km dari pusat kota. Tepatnya di wilayah Macangahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Sayang Heulang, dari pusat kota kalian bisa menuju ke arah Cikajang. Setelah itu, lanjut ke Desa Mancangahar. Jalur ini merupakan salah satu jalur termudah. Namun, jika kalian masih bingung, bisa bertanya pada warga sekitar atau menggunakan aplikasi google maps.

Mitos yang Ada di Pantai Sayang Heulang

Mitos yang Ada di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Di pantai ini terdapat satu mitos yang dipercaya oleh penduduk sekitar. Mereka percaya bahwa tempat ini memiliki penunggu laut. Apabila laut surut, mereka percaya bahwa ada kuda putih yang berjalan ke tengah lautan. Katanya ada orang sekitar yang sempat melihatnya.

Akan tetapi, tidak ada penjelasan lanjutan terkait apa makna dari penglihatan orang-orang tersebut. Warga sekitar percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja jika manusia tidak merusak dan tidak mengganggu alam. Tidak ada ritual khusus yang mereka buat. Asalkan segala aktivitas di pantai masih wajar alias tidak merusak fasilitas ataupun karang laut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sayang Heulang

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Commons.wikimedia.org

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung. Pengelola pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang modern dan pastinya lengkap. Di kawasan ini tersedia fasilitas seperti kamar mandi yang bersih, lahan parkir yang luas, dan berbagai macam rumah makan. Disini juga tersedia fasilitas penginapan untuk para pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sayang Heulang

Harga Tiket Masuk di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Jabarprov.go.id

Untuk memasuki wilayah tempat wisata Pantai Sayang Heulang, kalian hanya cukup membayar tiket seharga 10 ribu saja. Sangat terjangkau bukan, untuk ukuran pantai dengan fasilitas yang cukup memadai dan pemandangan yang memukau. Kapan lagi bisa liburan di tempat yang indah tapi tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Selain tiket masuk, kalian juga perlu membayar parkir sekitar 2000 saja untuk sepeda motor, 5000 untuk mobil, dan 25.000 untuk bus-bus besar.

Akivitas yang Menarik untuk Dicoba

Akivitas yang Menarik untuk Dicoba
Image Credit: Nativeindonesia.com

Terdapat berbagai macam kegiatan menarik yang bisa kalian coba di pantai ini. Berikut ini adalah 5 hal menarik yang dapat kalian coba kalau berkunjung ke tempat ini.

1. Snorkeling dan Berenang

Dua kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan jika berkunjung ke pantai. Terlebih jika pantainya memiliki kondisi alam yang masih asri dan alami, serta batu karang yang indah dan air laut yang jernih. Tentu hal tersebut menambah keinginan untuk snorkeling atau berenang. Pasti akan menjadi sangat menyenangkan bukan?

Pantai Sayang Heulang sudah memenuhi syarat sebagai pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling. Dengan kondisi pantai yang landai serta kondisi alam yang masih alami. Sehingga ekosistem yang ada di bawah laut masih terjaga. Bagi kalian yang ingin snorkeling disini, kalian harus membawa perlengkapannya sendiri dari rumah, karena disini belum terfasilitasi.

Bagi kalian yang hobi berenang, pantai ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang tepat. Pasalnya kalian bisa melihat keindahan karang-karang saat air laut surut. Berenang ditepi pantai juga tak kalah menyenangkan, tapi yang terpenting kalian harus tetap hati-hati.

2. Menikmati Matahari Tenggelam

Panta merupakan tempat yang identik dengan sunrise atau sunset. Dimana di pantai kita dapat menikmati pemandangan tersebut dengan sangat jelas dan terkesan lebih indah. Kedua momen tersebut bisa kalian nikmati di Pantai Sayang Heulang bersama teman atau pasangan sembari menikmati secangkir kopi.

Menikmati suasana matahari terbenam merupakan salah satu kegiatan yang paling favorit saat di pantai. Melihat gradasi warna dari biru menjadi orange bahkan terkadang pink mendekati ungu, semua hal tersebut tak pernah hilang dari ingatan.

3. Bermain Voli Pantai

Voli pantai adalah salah satu olahraga khas daerah pantai yang wajib kalian coba. Di Pantai Sayang Heulang tersedia lapangan kecil yang dibuat khusus untuk bermain bola voli. Jika kalian berkunjung bersama teman-teman, kalian boleh menggunakan fasilitas yang satu ini. Dijamin liburan kalian akan semakin seru dan menyenangkan.

4. Bersantai Dibawah Pohon yang Rindang

Dengan adanya pohon-pohon yang rimbun di pinggir pantai, kalian juga bisa bepiknik dibawah pohon rindang sembari menikmati deburan ombak pantai. Piknik bersama teman atau keluarga dengan membawa makanan sendiri dari rumah tentu akan menambah kesan hangat saat liburan. Menggelar tikar dan menikmati makanan sembari menikmati keindahan pantai bersama keluarga. Pasti akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Itulah beberapa ulasan terkait Pantai Sayang Heulang yang ada di Garut. Pantai ini tentu menjadi salah satu destinasi wajib jika kalian berkunjung ke Garut. Disini kalian bisa menikmati keindahan pantai serta karang-karang yang cantik dan menawan.