Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi besar di Pulau Jawa dan tentunya mempunyai berjuta destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Cidora. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan memiliki pasir yang kehitaman yang bersih dan cukup terawat.

Lokasi pantai ini sebenarnya tidak jauh dari beberapa destinasi wisata populer Garut lain seperti pantai Ranca Buaya. Uniknya, keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah tebing yang menjulang di bibir pantai.

Meski demikian, jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Cidora terbilang masih cukup sedikit dibandingkan tetangganya. Padahal keindahan pantai yang dimiliki tidaklah kalah dari pantai Ranca Buaya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas secara detail terkait pantai cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cidora

Daya Tarik Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Bondan NM

1. Pesona Batu Karang dan Tebing Pantai

Pantai yang berlokasi di Garut ini memiliki pesona yang terdapat di kawasan karang serta tebing pesisir pantai. Anda dapat melihat karang-karang yang menghijau saling menyatu di sekitar sisi kiri dan kanan bibir Pantai Cidora. Batu karang ini sangat besar, bahkan sering kali diterpa secara berulang-ulang oleh ombak yang menerjang tetapi tetap kokoh berdiri.

Selanjutnya, pengunjung dapat langsung menaiki batu karang yang berwarna kehitaman dengan dihiasi tumbuhan hijau untuk memancing karena di sela-sela karang terdapat ikan-ikan laut yang terjebak oleh jebakan terjangan ombak yang menerpa.

Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana ikan berenang dengan lincahnya berusaha untuk keluar dari sela-sela karang yang tinggi, anda dapat berinteraksi langsung. Namun disarankan, ada beberapa batu karang yang sangat licin karena itu wisatawan harus lebih waspada.

Selain batu karang, terdapat tebing-tebing tinggi di sisi kiri dan kanan pesisir Pantai Cidora. Perbukitan tebing ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang menghijau dengan tinggi yang menjulang. Pohon rindang yang membuat suasana pantai menjadi lebih alami terbebas dari polusi udara.

Di perbukitan tebing terdapat makhluk hidup kecil yang gemar bersembunyi, karena masih dan jarang terjamah manusia. Beberapa dapat terlihat seperti kawanan burung yang ikut berkicauan dan menari-nari di atas pepohonan tebing.

2. Keindahan Laut

Berkunjung ke pantai tentu laut lah yang menjadi fokus utama para pengunjung. Keindahan lautan yang dimiliki pantai ini memang tiada duanya. Luasnya perairan biru yang membentang terlihat sangat sedap dipandang.

Keindahan ombak laut yang menggulung ke daratan sangatlah menarik untuk disimak. Ombak di pantai ini terbilang tidak terlalu tinggi sehingga masih cukup aman untuk dijadikan tempat untuk bermain di bibir pantai.

Walaupun demikian, pihak pengelola melarang para wisatawan untuk bermain air di pinggir Pantai Cidora. Hal ini dikhawatirkan ombak dapat mengganas seketika, tetapi pengunjung tetap dapat bermain-main air di pesisir pantai sambil menikmati suasana keindahan laut yang menenangkan.

Selain keindahan ombak, ada alternatif menarik yang hanya dapat dirasakan ketika berada di pantai ini yakni sunrise dan sunset. Momen ini bisa disimak hanya saat sore dan pagi hari.

Daya TarikDimiliki Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Anggoro Prasetyo Utomo

3. Pasir Pantai

Kawasan pantai ini memiliki pasir hitam yang menambah daya tarik. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir pantai putih yang halus, tempat ini justru mempunyai pasir hitam yang kasar.

Walaupun kasar anda tetap dapat menikmatinya, seperti melakukan aktivitas di pesisir pantai sambil menyaksikan tiupan angin yang kencang. Bermain pasir seperti membuat

4. Spot Pantai yang Tenang

Pantai Cidora menampilkan keindahan bentangan air yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sebenarnya cukup ideal untuk dijadikan spot permainan air seperti untuk berenang atau bermain air. Namun sayangnya hal ini tidak diperbolehkan karena setiap saat ombak bisa membesar.

Selain itu, saat air laut mulai surut maka Anda bisa menyaksikan hamparan karang yang cukup luas dengan air yang menggenang. Disitulah terkadang wisatawan bisa menjumpai ikan-ikan yang terperangkap dan bisa ditangkap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ayye Arifin

Destinasi Pantai Cidora terletak di kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat lebih tepatnya berada di Desa Purbayani kecamatan Caringin. Lokasi masih cukup mudah dijangkau, apalagi berdekatan dengan pantai lain seperti Ranca Buaya.

Untuk waktu perjalanan yang dibutuhkan guna sampai ke lokasi yakni sekitar 4 hingga 5 jam dari pusat kota Garut. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri menuju lokasi pantai. Beberapa rumah warga juga akan Anda temui di perjalanan.

Karena lokasi pantai berdekatan dengan pantai Ranca Buaya, anda dapat mengikuti petunjuk yang sama untuk sampai ke lokasi tujuan dengan mengikuti rute perjalanan yang telah disediakan di beberapa jalan dengan petunjuk.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya Anda bisa bebas mengakses lokasi tujuan dengan bantuan teknologi seperti google maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ryanto Amandita

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Cidora, Anda hanya membutuhkan biaya tiket yang cukup terjangkau. Dengan Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa masuk ke area pantai ini.

Namun, harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan jika Anda datang dengan kendaraan. Biaya parkirnya pun masih cukup murah yakni Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Untuk jam operasionalnya, pantai ini buka dari hari Senin hingga Minggu dan buka non stop selama 24 jam. Jadi, Anda dapat berkunjung ke lokasi pantai ini setiap waktu. Tinggal Anda menyiapkan waktu kapan untuk bisa datang ke sini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cidora

Aktivitas di Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ryanto Amandita

1. Memancing

Aktivitas yang dapat dilakukan adalah memancing ikan. Di sekeliling pantai yaitu di sekitar bagian sisi kiri dan kanan terdapat beberapa batu karang besar yang berdiri kokoh. Anda dapat memancing di karang ini, dengan menggunakan alat pancing ataupun meraup ikan-ikan yang tersesat di balik karang.

Jika beruntung, anda dapat menangkap ikan yang tersesat di beberapa lokasi karang tersebut. Aktivitas memancing juga dapat mengobati rasa penat. Duduk di pekarangan dengan memegang pancing, menunggu umpan dilahap mangsa mungil, dapat meninggalkan kesan sendiri, bahkan dibalut dengan deburan ombak.

2. Berjemur

Aktivitas lainnya di Pantai Cidora adalah berjemur. Mungkin bagi sebagian wisatawan hal ini tidak lumrah, karena tidak cocok ke pantai hanya menghabiskan waktu berdiam diri saja tetapi bagi wisatawan asing seperti dari luar negeri, kegiatan ini menjadi hal yang populer untuk dilakukan.

Tetapi sebelum berjemur, disarankan agar menggunakan pelindung tubuh seperti sunscreen dan sunblock agar tubuh anda tidak terpanggang. Waktu yang baik untuk berjemur dari waktu pagi saat matahari terbit hingga maksimal sebelum jam 9 pagi. Jika lewat dari jam itu dipastikan sengatan matahari sangatlah panas di kulit.

3. Bermain di Pinggir Pantai

Aktivitas ini dapat dilakukan jika datang bersama rombongan atau kelompok. Anda bisa bermain bola ataupun pasir. Hal yang lazim dilakukan di pantai yakni bermain sepakbola.

Namun, jika lupa membawa bola Anda bisa membuat berbagai kreasi dengan pasir. Ya, bermain pasir mungkin akan mengingatkan Anda akan indahnya kenangan masa kecil.

Aktivitas Menarik di Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps leonardo Alvon

4. Menyusuri Pantai Cidora

Kegiatan susur pantai mungkin jadi pilihan menarik jika Anda bingung mau melakukan apa. Berjalan di bibir pantai sambil merasakan dinginnya air laut dan pasir yang basah tentu tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.

Tentu saja, Anda sebaiknya melakukan susur pantai bersama teman, keluarga atau orang tercinta agar lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga mempunyai teman untuk mengobrol sambil jalan-jalan.

5. Mengabadikan Momen

Kegiatan ini tidak boleh terlewatkan saat Anda berada di Pantai Cidora. Banyaknya spot foto menawan tentunya sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera ataupun smartphone Anda.

Spot foto seperti di pesisir pantau ataupun di pinggir karang jadi spot utama ketika pengunjung kesini. Bahkan tidak jarang pantai populer ini digunakan sebagai spot untuk foto prawedding. Tentu ini bisa menjadi referensi menarik bagi Anda yang masih single, bukan?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ayye Arifin

Berbicara mengenai fasilitas, fasilitas di Pantai Cidora terbilang belum terlalu memadai. Pasalnya keberadaan pantai ini memang belum begitu seterkenal pantai di sebelahnya.

Meski demikian, disini Anda masih bisa menjumpai fasilitas umum seperti toilet, tempat makan, area parkir, bahkan penginapan di sekitar lokasi pantai. Untuk toilet, pantai ini memiliki toilet umum yang bisa digunakan pengunjung.

Untuk area parkir wisata ini cukup luas dan bebas. Anda dapat memarkirkan kendaraan sesuai keinginan. Bagi Anda yang lapar, pantai ini juga mudah ditemui jajanan atau warung-warung yang menjajakan makanan yang lezat.

Jika Anda datang dari luar kota, sangat disarankan untuk menginap di hotel terdekat pantai sehingga lebih mengefisiensi waktu Anda. Namun, siapkan budget ya tepat ya

Itulah ulasan terkait Pantai Cidora, pantai yang indah namun belum banyak mendapat perhatian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke lokasi.