15 Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sibolga

Sibolga merupakan kotamadya yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Sibolga terletak di wilayah pantai barat pulau Sumatera, membujur di sepanjang pantai dari utara ke selatan. Sibolga juga merupakan bekas ibukota Karesidenan Tapanuli.

Kota Sibolga yang merupakan wilayah dekat pantai tentunya sangat khas dengan keindahan sunset ala pantai. Daerahnya yang dekat dengan pantai membuat Sibolga memiliki suhu udara yang cukup panas. Meski begitu, keramahtamahan penduduk Sibolga membuat siapa saja yang singgah di Sibolga merasa nyaman.

Sibolga yang terletak di wilayah pantai membuat Sibolga menjadi kota dengan banyak pulau cantik yang memikat. Namun, apakah wisata di Sibolga hanya sebatas pantai dengan pulau-pulau kecil nan cantik? Berikut rekomendasi empat wisata menarik yang ada di Sibolga.

1. Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir Putih

Image Credit: Jurnalasia.com

Sesuai dengan namanya, Pulau Pasir Putih menawan dengan keindahan hamparan pasir putih. Air laut yang jernih berwarna biru membuat mata menjadi segar. Jernihnya air membuat terumbu karang yang berada di bawahnya terlihat, memanjakan mata siapa saja yang memandangnya.

Pasir putih lembut yang membentang membuat orang betah duduk berlama-lama di sana. Pulau Pasir Putih sangat direkomendasikan untuk wisatawan, terutama yang menyukai keindahan pantai dengan pasirnya yang putih.

Lokasi: Jl. Sibolga – Barus, Mela II, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

2. Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang

Image Credit: Wisata-nusantara-indonesia.blogspot.com

Pulau Poncan Gadang merupakan pulau yang sangat dikenal dengan goa-goa Jepang yang eksotis. Konon menurut cerita warga setempat, ada banyak jasad tentara Jepang yang disembunyikan di goa itu dan belum diambil sampai sekarang.

Ada banyak resort yang ditawarkan di Pulau Poncan. Para wisatawan yang akan menginap tentunya tidak akan merasa bingung di sini. Banyak resort dengan berbagai level harga yang ditawarkan. Disini, kita dapat menikmati keindahan laut saat matahari terbit.

Lokasi: Pulau Poncan, Kec. Pasar Belakang, Kota Sibolga.

3. Pulau Poncan Ketek

Pulau Poncan Ketek

Image Credit: Mapio.net

Nama Pulau Poncan Ketek yang mirip dengan nama Pulau Poncan Gadang seringkali membuat wisatawan menyebut kedua pulau ini sebagai pulau kembar. Jarak Pulau Poncan Gadang dengan Pulau Poncan Ketekpun cukup dekat.

Meskipun Pulau Poncan Ketek lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek memiliki panorama yang tidak kalah indah dengan Pulau Poncan Gadang. Bahkan, ukurannya yang lebih kecil membuat wisatawan lebih mudah mengelilingi Pulau Poncan Ketek.

BACA:  12 Tempat Wisata di Batubara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Poncan Ketek, Kec. Pasar Belakang, Kota Sibolga.

4. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Image Credit: Deliserdangmall.com

Pantai Pandan merupakan salah satu pantai terpopuler di Sibolga. Pantai Pandan sangat khas dengan panoramanya yang indah dan luas. Para wisatawan yang ingin menikmati sunset sangat direkomendasikan mengunjungi Pantai Pandan.

Ada banyak restoran dan tempat makan di sekitar Pantai Pandan yang menyediakan masakan khas Sibolga. Menikmati makanan khas Sibolga dengan pemandangan Pantai Pandan yang indah membuat wisatawan serasa ada di Surga.

Lokasi: Jl. Sisimangaraja padang sidempuan, Sibuluan Indah , Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

5. Pantai Bosur

Pantai Bosur

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Bosur yang asri dan alami membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pantai Bosur memiliki banyak tempat duduk di pinggirnya yang nyaman untuk bersantai.

Pantai Bosur sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga besar. Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan ngobrol bersama keluarga, Pantai Bosur dapat dijadikan destinasi yang baik.

Lokasi: Kalangan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

6. Pulau Putri

Pulau Putri

Image Credit: Tripelaketoba.com

Pulau Putri sangat eksotis dengan keindahan bawah lautnya. Rata-rata wisatawan yang menyukai pemandangan bawah laut ataupun snorkeling biasa mengunjungi Pulau Putri sebagai tempat pertama yang dikunjungi. Pulau Putri juga memiliki banyak pohon yang tumbuh di atasnya sehingga membuat suasana panas menjadi sejuk dan teduh.

Air pantai yang jernih juga membuat wisatawan yang tak bisa menyelam tetap dapat menikmati keindahan bawah laut yang tampak dari permukaan. Meski biaya transportasi menuju Pulau Putri sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Pulau lain, keindahan Pulau Putri membuat kita tidak kecewa membayar mahal.

Lokasi: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

7. Pulau Mursala

Pulau Mursala

Image Credit: Traverse.id

Meski secara pembagian wilayah NKRI Pulau Mursala tidak termasuk wilayah Sibolga, Pulau Mursala memiliki jarak yang sangat dekat dengan Kota Sibolga. Ciri khas Pulau Mursala yang membuatnya terkenal adalah adanya air terjun yang langsung turun ke laut.

Selain adanya air terjun yang langsung turun ke laut, Pulau Mursala juga pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood yang berjudul “Kingkong”. Hal tersebut membuat Pulau Mursala lebih terkenal baik di kalangan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

BACA:  10 Wisata Pantai di Medan Paling Recommended

Lokasi: Pulau Musala,Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

8. Pantai Indah Kalangan

Pantai Indah Kalangan

Image Credit: Pedomanwisata.com

Sesuai dengan namanya, Pantai Indah Kalangan memiliki nilai keindahan yang luar biasa. Pasalnya, Pantai Indah Kalangan tidak hanya menyajikan pemandangan pasir putih nan lembut maupun air laut biru yang jernih. Pantai Indah Kalangan memiliki ciri khas pemandangan bukit yang mengelilinginya.

Wisatawan dapat melihat bukit dan pantai secara langsung. Selain itu, fasilitas di Pantai Indah Kalangan juga sudah cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, banana boat, bahkan tempat penginapan. Banyak tempat makan yang juga berdiri di sekitar Pantai Indah Kalangan.

Lokasi: Hajoran, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

9. Batu Lobang

Batu Lobang

Image Credit: Autotekno.sindonews.com

Batu Lobang merupakan tempat wisata yang berupa Goa di wilayah Sibolga. Bentuknya sesuai dengan nama Batu Lobang, yakni seperti batu yang berlubang. Batu Lobang merupakan goa yang menghubungkan Kota Sibolga dengan Kabupaten Tapanuli Utara. Panjang goa sekitar 20 meter sehingga tidak melelahkan wisatawan yang mengelilinginya.

Batu Lobang juga dijuluki sebagai “Goa Belanda” karena dibangun oleh Belanda di era kolonialisme Belanda. Batu Lobang menjadi saksi sejarah kolonialisme Belanda pada masanya. Ada banyak nilai plus di Batu Lobang ini. Selain nilai sejarah, Batu Lobang juga menyajikan keindahan alam khas goa yang membuat wisatawan ingin mengabadikan momen di sana.

Lokasi: Jl. Sibolga – Tarutung, Simaninggir, Kec. Sitahuis, Kab. Tapanuli Tengah.

10. Bukit Tor Simarbarimbing

Bukit Tor Simarbarimbing

Image Credit: Batakpost.com

Bukit Tor Simarbarimbing memiliki banyak keindahan menakjubkan. Bagi para pecandu ketinggian, Bukit Tor Simarbarimbing sudah tentu menjadi wishlist saat mengunjungi Kota Sibolga. Pada ketinggian bukit, wisatawan akan disuguhi pemandangan kota yang tenteram disertai dengan pemandangan Teluk Tapian Nauli.

Untuk mencapai puncak Bukit, wisatawan harus menempuh perjalanan jalan kaki. Meski begitu, wisatawan tidak akan merasa bosan karena di sepanjang jalan ada perkampungan suku nias yang sangat terkenal. Perkampungan suku nias ini lengkap menyuguhkan adat istiadat orang nias beserta atributnya. Di sana kita akan melihat replika lompat batu khas suku nias.

Lokasi: Sibolga Ilir, Kec. Pasar Baru, Kab. Sibolga.

11. Bukit Ketapang

Bukit Ketapang

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Mirip dengan Bukit Tor Simarbarimbing, Bukit Ketapang juga menyuguhkan keindahan Kota Sibolga dari ketinggian beserta Teluk Tapian Nauli. Bukit Ketapang merupakan tempat bersejarah di Kota Sibolga.

BACA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Salah satu objek wisata sejarah yang ada pada Bukit Ketapang adalah Benteng Jepang. Benteng Jepang merupakan benteng peninggalan Jepang pada era penjajahan Jepang.

Lokasi: Ketapang Sibolga, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

12. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning

Image Credit: Ceritasibolga.com

Jembatan Kuning merupakan jembatan yang terbentang sepanjang 100 meter di atas laut. Warnanya yang kuning membuat Jembatan Kuning terlihat cerah dan eksotis. Jembatan Kuning merupakan wisata baru di Kota Sibolga. Meski begitu, Jembatan Kuning sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Jembatan Kuning sangat populer di kalangan Wisatawan karena tempatnya yang romantis. Saat matahari tenggelam, suasana romantis semakin memanjakan wisatawan untuk tetap tinggal dan membuat betah para pasangan yang sedang memadu asmara.

Lokasi: Pasar Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

13. Benteng SimareMare

Benteng SimareMare

Image Credit: Daerahwisata.com

Benteng Simare-mare merupakan benteng bersejarah peninggalan Jepang. Benteng Simare-mare sangat strategis karena letaknya yang dekat dengan pusat Kota Sibolga.

Selain dekat dengan pusat kota, Benteng Simare-mare juga dekat dengan laut. Hal ini membuat wisatawan mendapatkan banyak keuntungan. Bisa menikmati sejarah, keindahan laut, serta pusat kota.

Lokasi: Simare-Mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

14. Tangga Seratus

Tangga Seratus

Image Credit: Travelwisatasumut.blogspot.com

Tangga Seratus merupakan tempat wisata di Sibolga dengan menyuguhkan anak tangga yang jumlahnya lebih dari seratus. Anak tangga ini akan mengantarkan wisatawan sampai ke puncak tangga.

Keindahan yang disuguhkan saat sampai di tangga teratas adalah indahnya Kota Sibolga dari ketinggian yang luar biasa. Pemandangan yang masih asri dan hijaupun tersaji dengan baik di sini.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Sibolga Ilir, Kec. Pasar Baru, Kota Sibolga.

15. Kuliner Ikan Bakar Fukong

Kuliner Ikan Bakar Fukong

Image Credit: Bumantaranews.com

Rasanya ada yang kurang jika akan meninggalkan Kota Sibolga tanpa mengunjungi Kuliner Ikan Bakar Fukong. Tempat wisata kuliner ini menyajikan masakan ikan bakar yang gurih dan lembut. Orang akan serasa dimanjakan lidahnya ketika menikmati ikan bakar di sini.

Selain ikan bakar, tersedia juga menu cumi-cumi dan udang yang tak kalah sedapnya. Bagi wisatawan yang mencintai kuliner, jangan lupa mencantumkan Kuliner Ikan Bakar Fukong ke dalam wishlistnya.

Lokasi: Jl. S.Parman No.39, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

Itulah 15 tempat wisata yang ada di Sibolga yang wajib Anda kunjungi. Meski daerahnya sebagian besar ada di tepi pantai, tempat wisata yang bukan pantai juga tak kalah menarik dan banyak ditemukan di Kota Sibolga ini.