Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kandangmerak, Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang termasuk dalam deretan kota wisata yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan jika Malang selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Beragam tempat wisata akan banyak ditemukan disana, baik wisata alam, wisata taman bunga, wisata kekinian, wisata museum, dan lain sebagainya. Pantai Banyu Meneng adalah salah satu tempat wisata alam disana.

Pantai ini tak kalah menarik dari pantai Balekambang yang populer di Malang. Para wisatawan bisa menjadikan pantai tersebut sebagai alternatif wisata selain pantai Balekambang. Pemandangan yang disuguhkan begitu indah dan mempesona. Meskipun nama pantainya belum terlalu populer, namun cukup worth it untuk dikunjungi. Bahkan, kemungkinan Anda akan merasa betah berada disana.

Aksesnya masih terbilang sulit, akan tetapi Anda tidak akan merasa kecewa ketika sampai di lokasi dan segala keletihan akan terbayar lunas dengan kecantikan pantai yang mempesona. Lokasinya masih tersembunyi karena aksesnya masih sangat terbatas, namun banyak unggahan foto menarik dari para wisatawan yang telah berkunjung kesana di sosial media dan mengundang rasa penasaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Banyu Meneng

Daya Tarik Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps ArkaNanta official

Berwisata ke Malang akan terasa kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjuni tempat wisata alamnya. Tak melulu pantai Balekambang saja, para wisatawan bisa mencoba menguji adrenalin melewati akses yang cukup sulit demi bertemu dengan pantai cantik nan eksotik yang diberi nama ‘Banyu Meneng’.

1. Memiliki Filosofi Nama yang Menarik

Salah satu daya tarik pantai ini adalah dari keunikan namanya. Dinamakan Pantai Banyu Meneng karena mempunyai filosofi yang menarik. Nama pantai diambil dari bahasa jawa ‘Banyu Meneng’ yang memiliki artian ‘air yang tenang atau air yang diam’ dalam bahasa Indonesia. Filosofi nama tersebut menyesuaikan keadaan dan kondisi nyata disana.

Disebut sebagai ‘air yang diam atau air yang tenang’ karena ombak pantainya cukup tenang. Batu karang berukuran besar berhasil menghalangi ombak tinggi mendatangi pantai. Sehingga batu karang tersebut berperan penting dalam memecah ombak tinggi menjadi ombak yang tenang. Sehingga nama pantainya sangat merepresentasikan kondisi pantai yang sebenarnya.

2. Memiliki Pemandangan yang Cantik Nan Eksotik

Selain namanya yang unik, dengan melihat hasil foto para wisatawan yang bertebaran di sosial media ketika berwisata di pantai tersebut, membuat rasa penasaran wisatawan lainnya semakin membuncah. Berdasarkan kondisi nyatanya, pantai dengan ombak yang tenang ini mempunyai pemandangan yang begitu cantik dan juga eksotik.

Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, namun pantai ini dikelilingi oleh banyak hutan bakau yang memberikan nuansa rindang. Panorama pantai tersajikan dengan nyata berupa perpaduan birunya laut dan langit sehingga tampak begitu mempesona. Pasir pantainya berwarna putih bersih dan lembut sehingga sangat aman untuk keluarga terutama anak-anak.

3. Merupakan Surganya Para Pecinta Fotografi

Pemandangan yang cantik dan mempesona menjadi surga tersendiri bagi para wisatawan yang cinta dunia fotografi. Panorama yang disajikan oleh alam sekitar di Pantai Banyu Meneng menjadi latar belakang atau objek utama yang kerap dipilih oleh para wisatawan untuk berswafoto. Terlebih lagi panorama ketika sunrise dan sunset menyapa pantai cantik ini.

Banyak sekali para wisatawan yang berkunjung kesini untuk menyalurkan hobi fotografi karena memang panorama yang disuguhkan begitu menakjubkan. Pon plusnya lagi adalah suasana pantai yang tidak terlalu ramai sehingga para wisatawan bisa mendapatkan hasil foto tanpa takut ‘bocor’. Sehingga pantai ini sangat recommended untuk para pecinta fotografi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Twitter BeritaSeleb .com

Lokasi Pantai Banyu Meneng berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sumberbening. Di desa tersebut banyak pantai yang letaknya berderet, dan pantai ini terletak kurang lebih 100 meter di sebelah kanan pantai Kondang Merak.

Pantai satu ini merupakan salah satu pantai yang terbilang masih baru dan perawan karena belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Masih banyak yang belum mengetahui lokasinya.

Karena ombaknya tenang, maka Pantai Banyu Meneng sangat aman dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai usia. Bahkan anak-anak pun aman bermain di pantai tersebut karena ombaknya tidak berbahaya. Walaupun aksesnya masih terbilang sulit, namun ke depannya pasti pemerintah setempat akan memperbaiki akses menuju ke pantai dan suatu saat menjadi pantai populer bagi wisatawan.

Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang bisa menjangkau pantai ini. Pantai tersebut sebagai salah satu wilayah konservasi lutung jawa. Sehingga pemerintah setempat merawat dan menjaga pantai satu ini dengan baik. Akses jalannya akan diperbaiki secara perlahan.

Sementara jalur menuju ke lokasi masih terbilang ekstrem sehingga para wisatawan harus selalu berhati-hati. Perjalanan bisa dimulai dari pusat Kota Malang. Jaraknya sekitar 66km saja dari pusat kota menuju ke lokasi.

Para wisatawan bisa berangkat dari pusat kota ke arah selatan dan mengikuti jalur ke wilayah Gadang dan Balulang. Setelah itu para wisatawan akan menemui pertigaan di Krebet.

Dari pertigaan tersebut, para wisatawan dapat mengikuti jalur ke arah Gondang Legi hingga menemui perempatan di wilayah Balekambang. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan ke arah kanan. Lalu ikuti jalan hingga bertemu dengan gerbang masuk Pantai Kondang Merak. Lokasi Pantai Banyu Meneng tak jauh dari situ, para wisatawan hanya perlu berjalan kaki saja menuju ke lokasi sejauh 100 meter.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Jacky Metro Times

Untuk tiket masuknya, para wisatawan dapat menyiapkan budget Rp 10ribu per orang ketika weekday dan Rp 15ribu ketika weekend. Kemudian untuk tarif parkir kendaraan yakni Rp 10ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 7500 untuk kendaraan roda dua. Area parkir di tempat wisata ini cukup luas. Oleh karena itu para wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan perihal area parkir disana.

Yang perlu diperhatikan ketika berencana ingin berwisata di pantai eksotik ini adalah pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan prima karena kondisi jalan sepanjang 5km menuju ke lokasi masih rusak. Kemudian hindari berkunjung ketika musim hujan karena jalanan akan sangat sulit dilalui dan licin.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Twitter 103.7 FM

1. Camping

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Meneng yakni berkemah. Para wisatawan yang belum merasa puas menikmati momen liburan disana bisa sekaligus berkemah karena pihak pengelola menyediakan camping ground yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Panorama malam di pantai ini dan suasananya tidak akan bisa membuat berpaling.

2. Bermain Pasir

Jarang sekali pantai yang memiliki pasir lembut dan aman untuk digunakan bermain. Jika Anda ingin menyenangkan anak-anak, pantai ini cocok dijadikan pilihan destinasi wisata karena anak-anak bisa bermain pasir dengan nama disana. Pasirnya pun lembut sehingga anak-anak bisa mendirikan istana pasir tanpa takut tergerus ombak besar yang datang.

3. Berenang dan Bermain Air di Pantai

Karena ombaknya tenang, maka pantai ini terbilang aman untuk para wisatawan yang ingin berenang dan bermain air. Tidak perlu khawatir soal tempat ganti karena pihak pengelola wisata sudah menyediakan ruang ganti untuk para wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah puas berenang maupun bermain air di tepi pantai.

Aktivitas Seru Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps edy elektron

4. Hunting Foto

Bagi para wisatawan pecinta dunia fotografi, pantai ini sangat recommended untuk dikunjungi. Setiap sudut Pantai Banyu Meneng begitu menarik untuk diabadikan di dalam jepretan kamera sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit para wisatawan ketika berkunjung kesana karena latar belakangnya begitu bagus.

5. Hunting Sunrise atau Sunset

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk hunting sunrise atau sunset. Para wisatawan mengunjungi pantai ketika pagi sekali atau saat menjelang senja agar mendapatkan momen tersebut. Bahkan ada pula wisatawan yang camping di pinggir pantai hanya karena ingin mendapatkan kedua momen sunset dan sunrise.

6. Diving dan Snorkeling

Walaupun belum populer, namun berwisata kesana tidak akan membuat para wisatawan bosan karena pihak pengelola wisata menyediakan fasilitas berupa persewaan alat diving dan snorkeling yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Dengan bermain diving atau snorkeling, para wisatawan akan dibuat takjub dengan panorama terumbu karang disana.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Dekat Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps DMC 2 PASURUAN

1. Vio Homestay

Belum ada penginapan yang tersedia di area Pantai Banyu Meneng. Oleh karena itu, para wisatawan bisa memilih Vio Homestay sebagai tempat menginap. Lokasinya berada sekitar 20km dengan pantai dan membutuhkan waktu sekitar 31 menit menuju ke lokasi. Fasilitasnya cukup lengkap, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur bersama.

2. Evlogies Homestay

Berada di sebelah Vio Homestay, Evlogies Homestay juga bisa menjadi opsi tempat menginap. Fasilitasnya termasuk cukup lengkap, dimana para wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas gratis teh dan kopi, WIFI, kamar mandi, lemari, tempat tidur, dan kipas angin. Terdapat layanan pengantaran makanan ke kamar sesuai dengan request wisatawan yang menginap disana.

3. Homestay Boncel

Terletak sekitar 19km dari lokasi, para wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 31 menit saja dari homestay. Fasilitas di Homestay Boncel cukup lengkap, seperti tempat tidur, lemari, dapur bersama, ruang tamu, dan kamar mandi. Lokasinya berada di jalan perempatan Jls Pantai Bajulmati.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Fajar Adi Firmansyah

Meski belum populer seperti pantai lainnya di Malang, namun pihak pengelola Pantai Banyu Meneng sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Terdapat camping ground yang dapat digunakan untuk berkemah.

Selain itu, ada juga fasilitas tempat parkir yang luas, toilet umum, kamar mandi, musholla, dan warung makan. Para wisatawan muslim tidak perlu khawatir ketika akan beribadah karena mshola disana bersih dan terawat.

Pihak pengelola juga menyediakan penyewaan alat snorkeling dan diving jika para wisatawan ingin menikmati momen liburan sambil menyelam melihat panorama alam bawah laut. Ada fasilitas penyewaan pelampung untuk para wisatawan yang ingin berenang.

Oleh karena itu, Pantai Banyu Meneng recommended untuk dikunjungi walaupun belum populer. Untuk fasilitasnya sudah lengkap, meskipun belum ada penginapan yang letaknya dekat dengan pantai. Para wisatawan juga aman mengajak anak-anak karena disana bisa mengajak mereka untuk bermain pasir, berenang, maupun bermain air.