10 Wisata Pantai di Medan Paling Recommended

Wisata Pantai Medan

Menikmati liburan bersama keluarga adalah momen yang sangat penting. Momen seperti ini bisa jadi sangat berharga karena sulitnya mendapatkan waktu untuk bisa berlibur bersama dengan seluruh anggota keluarga Anda  Untuk destinasi wisata yang ada, Medan bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang patut dipertimbangkan.

Medan menjadi salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota ini menyuguhkan banyak tempat wisata yang menarik. Selain itu, kota Medan juga berbatasan dengan area laut dan ini membuat kota ini memiliki area pantai yang cukup luas. Garis pantai yang cukup luas ini menghadirkan banyak pantai yang sangat cantik.

Ada beberapa pantai yang bisa menjadi referensi destinasi wisata Anda dan keluarga Anda. Setiap pantai ini memiliki daya tariknya sendiri, sehingga Anda tidak akan pernah merasa bosan walau Anda mendatangi semua pantai yang ada. Inilah 10 pantai yang patut Anda kunjungi ketika Anda datang ke Medan dan berlibur selama beberapa hari di kota ini.

1. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Huisee.net

Pantai pertama yang bisa didatangi adalah Pantai Cermin. Pantai ini menyuguhkan pemandangan garis pantai yang sangat cantik. Pantai ini menghadirkan pasir yang cukup bagus dan warnanya berpadu dengan warna langit dan air laut yang ada. Walau ini bukanlah pantai dengan pasir putih yang cantik, pemandangannya tetaplah menarik.

Selain itu, yang juga tak kalah menarik dari pantai ini adalah gugusan batu karang yang ada. Batu karang ini tidaklah ada di sekitaran pasir. Namun, secara alami, batu karang berada di belakang garis pasir pantai, sehingga ketika orang datang, mereka akan melalui bebatuan, pasir, dan barulah merasakan air laut.

2. Mangrove Kampung Nipah

Mangrove Kampung Nipah

Lokasi: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedaga. – Image Credit by Deliserdangmall.com

Pantai yang satu ini tidak hanya menyajikan pemandangan indah lautan yang luas dan garis pantai dengan pasir yang lembut. Kawasan pantai ini juga bisa sekaligus menjadi sarana untuk belajar, khususnya ketika Anda datang bersama anak Anda. Keistimewaan ini bahkan sangat jarang bisa dijumpai untuk pantai di area Medan dan sekitarnya.

Sesuai namanya, pantai ini merupakan pantai yang berada di wilayah mangrove atau hutan bakau. Tidak semua pantai memiliki area mangrove, sehingga ini menjadi pengalaman yang istimewa untuk belajar tentang fungsi dari mangrove tersebut. Selain itu, sudah pasti, pemandangan yang ada pun sangatlah cantik dan terasa sangat asri.

3. Pantai Muara Indah

Pantai Muara Indah

Lokasi: Denai Kuala, Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Pariwisatadeliserdang.blogspot.com

Bagi Anda dan wisatawan lainnya yang mendambakan ketenangan dan kenyamanan dalam liburan dan menikmati pantai, ini adalah pilihan yang tepat. Pantai Muara Indah ini masih belum terlalu populer, bahkan penduduk lokal pun masih jarang yang datang ke pantai ini. Dengan kondisi ini, pastinya bersantai di pantai ini akan terasa jauh lebih nyaman.

Ini bukan berarti bahwa pantainya tidak memiliki pemandangan menarik. Keindahan yang ditawarkan tetap terasa sangat istimewa dan bahkan cenderung unik karena ada pohon yang tumbuh di hamparan pasir. Ini membuat pantai tidak terlalu gersang dan lebih sejuk. Di beberapa area pantai, ada juga cekungan di pasir dan bisa terisi air ketika ombak datang.

4. Pantai Pondok Permai

Pantai Pondok Permai

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Wisatamedan.net

Pantai yang satu ini juga relatif sama dengan Pantai Muara Indah. Pantainya relatif sepi karena tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Bahkan ketika itu sedang musim liburan, pantai ini tetap tergolong sepi dibandingkan pantai lainnya.

Yang menarik dari Pantai Pondok Permai tentu bukan saja karena pantainya yang tenang dan tidak banyak pengunjung. Pantai ini terasa sangat tenang. Deburan ombak pun tidaklah terlalu kuat dan perairannya tergolong dangkal, sehingga ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk bermain air bersama keluarga Anda.

5. Pantai Kelang

Pantai Kelang

Lokasi: Sialang Buah, Sei Naga Lawan, Kec. Tlk. Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Pulaukelangsole.wordpress.com

Nama pantai ini barangkali terasa asing. Namun, pantai ini juga sekaligus unik. Pantai ini memiliki kesan yang sangat indah dan juga cantik. Nuansa warna putih dan cerah selalu membuat orang tertarik untuk mengambil foto selfie ataupun foto bersama keluarga tercinta untuk mengabadikan momen yang ada.

Yang menjadi salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah adanya kayu besar di pantai. Sebagian dari kayu ini tenggelam di area perairan pantai dan sebagian lainnya menonjol ke permukaan. Sudah pasti, kayu ini adalah kayu yang tercipta secara alami dan ini menjadi objek foto yang unik.

6. Romance Bay

Romance Bay

Lokasi: Jl. Pantai Tengah No.20, Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Deliserdangmall.com

Pantai yang satu ini terdengar sangat modern.  Nama pantai ini menggunakan bahasa asing dan dari namanya pun sudah mengundang orang untuk datang karena rasa penasaran. Sebenarnya, bukan saja nama yang dikemas secara modern, namun objek wisata ini pun memang dikemas secara modern.

Sesuai namanya, pantai ini dibuat dengan nuansa yang sangat romantis. Di atas gugusan pasir putih yang terlihat sangat bersih, Anda akan bisa menjumpai banyak gazebo dan semuanya dihias dengan kain berwarna cerah dan cantik. Selain itu, fasilitas lainnya juga tersedia dan semuanya bisa diakses dengan mudah.

7. Pantai Gudang Garam

Pantai Gudang Garam

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Wisatasia.com

Nama pantai yang satu ini juga ternyata tidak kalah menariknya. Namanya menyerupai nama suatu produk dan pastinya ini tidak asing. Namun, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan produk tersebut, dan justru pantai ini memang sekaligus menjadi gudang garam. Hal ini erat kaitannya dengan pekerjaan dan kegiatan penduduk lokal di sekitar pantai ini.

Yang dimaksud dari gudang garam adalah karena banyak penduduk lokal yang mengambil dan mengolah garam di area pantai ini. Namun, bukan berarti bahwa kawasan pantainya tidak nyaman. Area pantai tetaplah indah dan nyaman. Bahkan, ini bisa juga menjadi sarana edukasi. Di sekitar pantai juga telah tersedia beberapa pondok untuk bersantai.

8. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Disporaparbud.serdangbedagaikab.go.id

Pantai yang satu ini masih berada di dalam satu daerah dengan Pantai Gudang Garam. Namun, di lokasi dan area pantai ini tidak ada penduduk yang mengolah dan mengambil garam, sehingga area ini sepenuhnya menjadi tempat wisata. Pantai ini terasa sangat cantik dengan perpaduan warna yang tercipta secara alami.

Pantai ini memiliki area dengan tanaman layaknya suatu hamparan hutan kecil dengan pohon beragam ukuran. Lalu, ada hamparan pasir yang cukup luas dan menjorok ke laut. Pasir yang ada di pantai ini pun adalah pasir putih yang terlihat sangat bersih. Lalu, perpaduan antara awan dan air laut yang berwarna biru membuat semuanya terlihat sangat cantik.

9. Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah

Lokasi: Jl. Pantai Sialang Buah Indah, Sialang Buah, Kec. Tlk. Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Momentblitz.wordpress.com

Pantai ini cukup berbeda dengan beberapa pantai yang sudah disebutkan sebelumnya. Di kebanyakan pantai yang sudah disebutkan di atas, yang ditawarkan adalah hamparan pasir yang luas dan indah yang bersentuhan dengan air laut. Namun, pantai ini tidak memiliki gugusan pasir yang cantik, dan justru area karang yang terasa sangat eksotis.

Pantai ini dipenuhi dengan area karang, termasuk juga di bagian yang menjorok ke bagian laut. Pemandangan yang ditawarkan tentu saja menjadi lebih spesial karena kadang ada binatang laut yang hidup di antara celah karang. Selain itu, ada juga tempat pelelangan ikan dan pasar yang menjual cendera mata dari kerang dan bahan laut lainnya.

10. Pantai Kasan

Pantai Kasan

Lokasi: Jl. Talun kenas – Patumbak, Sumbul, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Onlinesumut.com

Yang menjadi rekomendasi terakhir adalah Pantai Kasan atau yang biasa juga dikenal sebagai Casanova. Dari namanya saja, pantai ini terdengar cukup unik. Pantai ini cukup ramai dan banyak dijadikan rujukan wisata oleh penduduk lokal. Secara khusus, kebanyakan yang datang ke pantai ini adalah muda-mudi karena daya tarik pantai ini.

Pantai ini menawarkan pemandangan layaknya pantai pada umumnya di Medan. Namun, ini bukanlah daya tarik utamanya. Yang menjadi daya tarik utamanya adalah ragam kegiatan yang bisa dilakukan di area sekitar pantai. Hal inilah yang membuat para generasi muda senang dengan fasilitas yang ada di pantai ini karena hal ini cukup jarang dijumpai.

Itu semua adalah beberapa destinasi pantai yang ada di Medan dan sekitarnya. Semua pantai sudah pasti berada di kota ini dan jaraknya relatif mudah untuk ditempuh. Akses jalan pun sudah relatif bagus dan nyaman. Setiap pantai yang direkomendasikan itupun memiliki daya tariknya sendiri yang akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja ketika berkesempatan berlibur ke Kota Medan.