Pantai Angsana menjadi destinasi bahari nan eksotis di Kalimantan Selatan. Pantai yang menawarkan keindahan alam memukau, terutama pesona bawah lautnya.

Lokasi: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan Selatan patut berbangga karena memiliki objek wisata yang indah dan mengagumkan. Salah satu objek wisata yang terbilang baru adalah Pantai Angsana. Meskipun pantai baru, tapi ramai dikunjungi oleh pengunjung baik dari wilayah Kalimantan Selatan maupun dari luar Pulau Kalimantan.

Sebagian besar objek wisata yang ada di Kalimantan Selatan berupa wisata alam, lebih spesifik lagi wisata pantai. Setiap pantai di Kalimantan memiliki karakteristik yang berbeda dengan keunikan masing-masing. Begitupun dengan pantai ini yang terkenal memiliki keindahan tiada duanya dibanding pantai lain.

Pantai yang menyimpan pesona yang bisa dilihat dan dirasakan oleh siapapun yang berkunjung. Terdapat banyak daya tarik sebagai pemikat hati wisatawan. Adapula fasilitas penunjang yang membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai. Selain itu, banyak pula kegiatan menarik untuk dicoba selama berada di Pantai Angsana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Angsana

Daya Tarik Pantai Angsana
Image Credit: Instagram.com @elistiarigin

Daya tarik yang dimiliki pantai ini terbilang banyak. Hal paling istimewa dari pantai ini adalah pesona bawah laut yang mengagumkan. Terumbu karangnya terjaga dengan baik dan memancarkan keindahan bagi para penyelam. Di samping itu bisa dijadikan wisata edukasi laut bagi semua pengunjung saat penyelam ke bawah laut.

Di samping keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati suasana sore yang indah di pantai. Pantai Angsana adalah pantai dengan spot terbaik melihat matahari terbit dan tenggelam di wilayah Kalimantan Selatan. Warna oranye kekuningan dengan paduan warna lain akan membawa pengunjung merasa rileks dan terkesan romantis.

Pasir di pantai ini tergolong pasir putih. Keindahannya semakin lengkap karena berpadu dengan warna biru laut yang cerah. Tempatnya juga terjaga kebersihannya serta memberikan suasana asri. Pantai ini terlihat sangat alami dan bisa dieksplor sebaik mungkin, mulai dari ujung timur hingga ujung barat.

Pantai Angsana tidak hanya menghadirkan pemandangan laut yang menawan tapi juga pemandangan hijau pepohonan di pinggir pantai. Pohon tinggi menjulang dan tertata rapi, berjajar di sekitar pantai menambah keunikan tersendiri. Pepohonan tersebut membentuk suatu hutan yang teduh dan kaya akan oksigen untuk pernapasan.

Daya Tarik Dari Pantai Angsana
Image Credit: Twitter.com @visitkalsel

Daya tarik lain adalah adanya jembatan berbahan kayu yang dibuat menjorok ke arah lautan. Kesan eksotis dan romantis akan semakin terasa saat menyusuri jembatan ini. Area ini bisa dimanfaatkan untuk berfoto bersama dengan background laut biru. Pengunjung juga bisa menggunakannya untuk foto pre wedding.

Selanjutnya ada banyak wahana air yang bisa dicoba bersama keluarga. Bermain air akan membawa suasana hati menjadi lebih bahagia dan tidak stres. Pantai ini memang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur dan beraktivitas di akhir pekan menghilangkan penat setelah aktivitas kerja yang menumpuk selama hampir satu mingguan.

Jika ingin mendapatkan sensasi liburan yang lebih seru bisa mencoba berkemah di tempat ini. Suasana malam akan terasa lebih indah dengan view pantai. Deburan ombak akan membuat aktivitas semakin terasa unik. Pengunjung sewaktu-waktu bisa langsung bermain air di pantai dengan riang gembira.

Areanya bisa dibilang sangat luas. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pinggir pantai. Mulai dari bermain pasir putih, bersantai dengan keluarga serta berolah raga di area pantai. Hal ini sangat menggiurkan bagi wisatawan yang berlibur dengan anak-anak. Anak-anak akan bermain dengan puas dan terlihat lebih ceria.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Angsana

Alamat Pantai Angsana
Image Credit: Google Maps (Ridha Anshari)

Lokasi dari Pantai Angsana berada di daerah Angsana wilayah Banjarmasin atau tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Jika diukur, jaraknya sekitar 8 km ke arah selatan dari jalur Trans-Kalimantan. Titik mulainya dari daerah Banjarmasin menuju Banjarbaru.

Untuk wisatawan yang berasal dari daerah luar Kalimantan bisa turun Bandar udara yang ada di Banjarmasin. Selanjutnya bisa menaiki kendaraan umum seperti mobil atau sejenis taksi menuju ke Angsana dengan waktu tempuh sekitar 7 hingga 8 jam lamanya. Di sekitar jalan menuju Angsana terdapat rest area yang bisa digunakan untuk istirahat.

Untuk wisatawan yang menempuh perjalanan dari luar Kalimantan dengan jalur laut, bisa juga turun di pelabuhan sekitar Banjarmasin. Kemudian dilanjut dengan perjalanan darat menuju Pantai Angsana. Jalurnya dari Banjarmasin sampai ke Desa Angsana melalu beberapa wilayah yang cukup mudah dilalui.

Alternatif pilihan moda transportasi umum yang bisa digunakan adalah angkutan L300 dari terminal di Banjarmasin kilometer 6. Selanjutnya perjalanan menuju Plaihari, Asem-asem hingga akhirnya sampai di Desa Angsana. Wisatawan akan diturunkan di sekitar gapura masuk wilayah Desa Angsana, lalu untuk sampai pantai bisa menyewa ojek.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Pantai

Harga Tiket Wisata Pantai
Image Credit: Google Maps (Rian Albanjary)

Pantai Angsana sangat direkomendasikan bagi siapapun yang ingin menikmati suasana pantai tanpa harus membayar biaya masuk. Setiap hari, dari pagi hingga malam, panti ini dibuka untuk umum. Setiap orang bisa memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas, termasuk berlibur dan berolah raga di area pantai.

Biaya yang dibebankan hanya berlaku untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Untuk parkir motor dikenakan tarif 5,000 rupiah dan mobil dibebankan biaya 10,000 rupiah. Tempat parkirnya juga aman dan cukup luas untuk kendaraan berjumlah banyak.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Angsana

Kegiatan di Pantai Angsana
Image Credit: Twitter.com @uyung060379

1. Menyelam

Ciri khas Pantai Angsana adalah terumbu karangnya yang indah. Semua biota laut terjaga dengan baik dan masih terlihat alami. Lautnya yang bening turut mendukung aktivitas penyelaman para wisatawan. Untuk mendukung aktivitas menyelam, disewakan berbagai alat diving dan perahu. Spot paling menarik yaitu Karang Kima dan Batu Anjir.

2. Bermain Wahana Air

Selain menyelam, ada pula wahana permainan lain yang tidak kalah seru. Diantaranya banana boat yang bisa dimainkan untuk 6 orang dewasa. Wahana ini cocok untuk menguji adrenalin para pengunjung. Ada lagi permainan jetski yang tak kalah seru untuk dicoba. Jetski bisa dimainkan maksimal 2 orang dengan memacu gas di lintasan air.

3. Berkemah

Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang, maka aktivitas berkemah bisa jadi alternatif pilihan. Sebelum berkemah alangkah baiknya jika menyiapkan berbagai perlengkapan seperti tenda, tikar untuk alas, makanan dan minuman serta alat dan bahan pendukung lainnya. Di malam hari bisa sambil membakar ikan sambil menikmati gemerlap bintang.

4. Bermain Voli Pantai

Olah raga yang bisa dimainkan di pantai ini adalah voli pantai. Pasirnya yang lembut akan sangat mendukung pergerakan kaki saat bermain voli. Deburan ombak menjadi teman kala bermain. Keseruan yang ditimbulkan akan memecah suasana menjadi lebih cair dan penuh kekeluargaan.

5. Hunting Foto

Bagi sebagian orang, tak afdol jika pergi ke suatu tempat tanpa mengabadikan momen yang ada ke dalam kamera. Tempat ini memiliki view dan beberapa spot terbaik untuk dijadikan objek foto. Saat sunset dan sunrise adalah saat terbaik untuk mendapatkan hasil jepretan sempurna. Bahkan setiap wisatawan juga bisa jadi objek foto terbaiknya.

6. Wisata Edukasi

Banyaknya pepohonan dan biota laut yang tersebar di Pantai Angsana menjadi sebuah potensi tersendiri yang bisa dipejari. Bagi orang tua, momen wisata di pantai bisa menjadi sarana untuk mengenalkan alam kepada anaknya. Selain itu, orang tua juga bisa mengajarkan untuk senantiasa menyayangi alam dan merawat alam supaya tetap lestari.

7. Senam Pagi

Untuk wisatawan yang ingin tetap segar bugar walau berada di tempat wisata, maka bisa memanfaatkan area pasir pantai untuk melakukan senam pagi. Pagi yang hangat dengan sinar matahari pagi sangat menyehatkan serta cocok untuk aktivitas olah raga seperti senam. Selepas senam badan akan semakin sehat, segar dan siap beraktivitas lain.

8. Bermain Pasir Pantai

Kegiatan sederhana yang mengasyikan khususnya bagi anak-anak adalah bermain pasir pantai. Aktivitas ini bisa melatih kreativitas otak untuk membentuk segala sesuatu dengan pasir. Contohnya membentuk istana pasir atau membentuk boneka dari pasir. Bagi orang dewasa, kegiatan ini bisa mengusir stres dan penat dari aktivitas pekerjaan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Angsana

Fasilitas Pantai Angsana
Image Credit: Tribunnews.com

Fasilitas yang tersedia di pantai cukup memadai, diantaranya area parkir yang luas, warung makan toilet umum dan tempat sampah. Adapula jembatan kayu sebagai spot berfoto ria dan mengabadikan momen selama di pantai.

Untuk bermain di air ada fasilitas banana boat dan jetski. Bagi para penyelam disediakan peralatan diving dan perahu menuju tengah laut. Semua fasilitas sangat mendukung aktivitas selama di Pantai Angsana.

Terdapat penginapan MP Resort Angsana Beach tepat di dekat lokasi wisata. Ada beberapa fasilitas pendukung diantaranya kolam renang, WIFI, kamar mandi dengan air dingin dan air panas, LCD TV dan AC. Ada 3 jenis penginapan yang bisa dipilih, yaitu homestay, penginapan ulin dan resort. Adapula pendopo dan restoran yang tersedia.

Itu tadi referensi bagi wisatawan sebelum berkunjung ke Pantai Angsana, mulai dari daya tarik, alamat dan rute, kegiatan yang bisa dilakukan hingga fasilitas penunjang yang didapat selama berlibur ke pantai.