Pesona Keindahan Alam Bukit Telang di Kota Pelaihari yang Menawan

Bukit Telang Pelaihari

Bukit Telang Pelaihari menjadi destinasi favorit dengan keindahan alam yang menawan layaknya berada di Negeri Teletubbies. Pesona bukit yang ditutupi rumput hijau yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Martadah, Kec. Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut.
Map: Cek Lokasi

Bukit Telang baru populer beberapa tahun silam dikalangan masyarakat Indonesia. Walau begitu banyak para wisatawan mancanegara dan lokal yang berkunjung ke wisata ini. Hal ini dikarenakan, bukit ini memiliki keindahan alam yang menawan yang masih terjaga dan aman dari kerusakan. Tempat menawan di Kalimantan Selatan ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi

Bukit Telang dengan pemandangan hijaunya ini memiliki banyak daya tarik yang tentunya memikat hati para pelancong. Banyaknya tempat wisata yang dapat dijelajahi dan dieksplor membuat wisatawan berbondong-bondong untuk mengunjungi bukit di Kalimantan Selatan ini. Untuk bisa sampai ke bukit ini, Anda harus melewati rintangan perjalanan yang cukup menguras tenaga.

Banyak wisatawan yang ingin mengunjungi bukit yang menawan ini. Sebelum menjadikan target wisata Anda selanjutnya Anda harus terlebih dahulu mengetahui informasi mengenai Bukit Telang yang menawan ini. Berikut beberapa informasi penting yang dapat Anda ketahui sebelum Anda mengunjungi destinasi favorit ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Telang

Daya Tarik Bukit Telang

Image Credit: Twitter.com @yamaniramlan

Bukit hijau ini yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan memiliki bentangan alam yang menakjubkan dan begitu memanjakan mata. Pemandangan hijau Bukit Telang menjadi daya tarik tersendiri. Disini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau yang dapat menyejukan mata, hati, dan juga pikiran.

Bukit ini terkenal dalam beberapa tahun terakhir setelah ada seseorang yang memposting sebuah foto yang menunjukan hamparan rumput hijau yang indah. Dengan munculnya foto itu banyak orang-orang ramai berkunjung ke bukit ini. Tak hanya ada hamparan rumput hijau saja, tetapi Anda juga dapat melihat lebatnya hutan yang ada di Pulau Borneo.

Banyak para pemuda-pemudi beramai-ramai datang ke Bukit Telang dan melakukan camping. Dikarenakan hamparan rerumputan hijau yang dapat menjadi latar foto untuk Anda melakukan selfie atau berfoto ria. Untuk dapat sampai ke bagian bukit yang paling tinggi, Anda harus terlebih dahulu melakukan tracking. Pada malam hari Anda dapat melihat indahnya bintang di angkasa.

BACA:  Pantai Angsana, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Kalimantan Selatan

Di puncak bukit, Anda dapat merasakan angin khas dari pegunungan. Terdapat jalan setapak yang amat panjang di puncak Bukit Telang yang jika dilihat dari kejauhan seperti jalan semut yang berada di atas bukit. Anda dapat berjalan di jalan yang sudah dibentuk ini sambil berkeliling-keliling bukit yang luasnya sangat lebar.

Anda dapat sambil bermain bersama dengan teman keluarga ataupun belahan jiwa Anda di puncak Bukit Telang ini. Bukit dengan pemandangan hijau rerumputan ini sering dikatakan juga sebagai bukit teletubies. Sesuai dengan julukannya sebagai bukit teletubbies, dikarenakan di atas bukit ini memiliki hamparan warna hijau yang sangat luas.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Bukit Telang

Alamat Bukit Telang

Image Credit: Twitter.com @exploregunung

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke bukit ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 65 Km dari ibu kota Kalimantan Selatan yang membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam dengan menggunakan kendaraan darat. Dari Ibu Kota Kalimantan Selatan atau Denpasar ini Anda hanya tinggal jalan menuju ke arah Kota Pelaihari.

Dalam perjalanan menuju Bukit Telang Anda akan bertemu dengan wisata gunung kayangan dan perkebunan sawit. Dari perkebunan sawit Anda akan melewati beberapa rintangan yang siap menghadang laju kendaraan Anda, seperti jalan berlubang dan genangan air saat musim hujan. Rintangan itu harus Anda lewati terlebih dahulu supaya Anda sampai di pondok milik Pak Musa

Selanjutnya Anda akan bertemu sebuah pondok yang bernama pondok Musa. Pondok ini dimiliki oleh seorang yang bernama Musa. Di pondok ini Anda dapat membeli perbekalan sebelum nantinya akan melanjutkan perjalanan Anda. Perjalanan dari pondok Musa menuju Bukit Telang sangat tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan roda.

Mulai dari pondok Musa perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju bukit teletubies Pelaihari yang memerlukan waktu sampai 60 menit. Rintangan selanjutnya untuk sampai ke bukit adalah jalan setapak yang mendaki yang cukup suram. Selama perjalanan Anda akan ditemani oleh rumput-rumput hijau di sebelah kanan dan kiri Anda.

Walau dalam perjalanan menuju ke bukit banyak rintangannya, setelah sampai ke atas bukit rasa lelah Anda akan hilang dan digantikan dengan rasa bahagia atas pemandangan yang indah di atas bukit. Angin-angin berhembus menyambut kedatangan Anda di atas puncak Bukit Telang.

BACA:  Intip Pesona Wisata Pantai Turki yang Menjadi Andalan Tanah Laut

Biaya Wisata ke Bukit Teletubbies Pelaihari

Biaya ke Bukit Teletubbies

Image Credit: Facebook.com @amazing-kalsel

Berwisata ke Bukit Telang tidak memerlukan biaya yang mahal. Cukup dengan budget Rp 50.000 Anda sudah dapat menikmati pemandangan puncak bukit ini. Anda akan mengeluarkan biaya untuk bayar parkir kendaraan Anda saja. Anda hanya membayar Rp. 5.000 sampai dengan Rp 10.000 untuk setiap kendaraannya untuk satu harinya.

Anda tidak akan dipungut biaya masuk alias gratis. Anda hanya tinggal menikmati perjalanan menuju puncak bukit tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Walau gratis, Anda disarankan untuk menyediakan perbekalan dari rumah sebelum Anda melakukan tour wisata ke Bukit Telang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Telang

Kegiatan di Bukit Telang

Image Credit: Instagram.com @pesonakalsel_

1. Berfoto Ria

Berburu foto adalah hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang yang sedang berada di lokasi wisata, salah satunya adalah Bukit Telang. Bukit ini memiliki spot foto yang dapat Anda ambil gambarnya dengan berlatarkan hijaunya rerumputan yang ada di atas bukit. Anda dapat mengambil gambar dari ketinggian yang akan menambahkan view dari foto Anda.

Banyak yang melakukan camping di sekitar bukit untuk mengabadikan momen sunset. Saat malam hari akan menjadi lebih indah, pasalnya banyak bintang-bintang di langit yang berkilau-kilau. Suasana gelapnya malam dengan adanya bintang-bintang, menjadi salah satu spot foto yang sangat bagus dan unik.

2. Camping

Sejauh mata memandang hanya memandang rumput-rumput hijau yang berlambai-lambai. Akan tetapi untuk menikmati indahnya pemandangan diatas bukit teletubies Pelaihari tidak hanya cukup dalam sekejap saja. Banyak dari para wisatawan yang melakukan camping di puncak Bukit Telang. Akan tetapi, jika Anda ingin berkemah di puncak bukit, Anda harus menyediakan tenda sendiri dari rumah.

Anda wajib melakukan camping dikarenakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan puncak bukit adalah pada waktu pagi dan sore hari. Anda dapat melihat matahari terbit atau sunrise pada pagi hari. Ketika sore menjelang, suasana senja akan menyelimuti tubuh Anda. Cahaya yang dipancarkan oleh matahari yang terbenam dapat menghipnotis pikiran kita.

Pada malam hari menjadi waktu yang sangat dinanti. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat ribuan bahkan jutaan bintang yang terdapat di langit. Penampakan bintang menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus berkemping di Bukit Telang ini. Munculnya bintang-bintang memberikan sambutan keindahan untuk Anda yang sudah melewati perjalanan panjang untuk sampai disini.

BACA:  Pesona Waduk Riam Kanan, Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

3. Tracking

Kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan di tempat wisata Buukit Telang ini adalah tracking. Sebelum Anda sampai ke puncak bukit Anda terlebih melewati perjalanan yang cukup jauh dan menguras tenaga. Jalan yang dilaluipun bervariasi mulai dari yang bagus sampai yang curam. Perjalanan ini dilakukan untuk menemukan sebuah pemandangan yang sangat indah.

Perjalanan yang cukup jauh yang harus ditempuh selama 60 menit ini akan menguras banyak tenaga. Tetapi bagi Anda yang gemar tracking maka hal ini akan menjadi sangat menyenangkan. Bagi yang suka melakukan tracking, perjalanan menuju bukit yang menawan ini sangat direkomendasikan.

4. Bermain

Dengan pemandangan dan tempatnya yang luas, membuat puncak Bukit Telang menjadi tempat bermain yang seru. Anda dapat bermain bersama dengan keluarga atau dengan seseorang yang Anda ajak berwisata ke bukit ini. Tempatnya yang sejuk menjadi salah satu alasan yang menarik untuk Anda melakukan banyak permainan di puncak bukit ini.

Banyak para wisatawan yang berwisata sambil bermain di atas bukit yang menawan ini. Anda dapat berlari-lari mengelilingi seluruh area bukit yang ada di Bukit Telang. Sebutannya seperti bukit teletubbies memanglah benar, pasalnya di atas bukit banyak permainan yang dapat dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Telang Pelaihari

Fasilitas di Bukit Telang Pelaihari

Image Credit: Instagram.com @mayhadiana

Jika Anda berwisata ke Bukit Telang, maka Anda tidak akan menemukan fasilitas yang memadai. Pasalnya wisata yang satu ini baru terkenal beberapa tahun kemarin. Di tempat wisata ini Anda hanya akan menjumpai pondok milik pak Musa yang menjadi satu-satunya fasilitas yang ada di sekitar bukit.

Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun di atas bukit baik itu toilet atau pun fasilitas lainnya. Jadi bagi Anda disarankan membawa air yang banyak supaya Anda tidak kebingungan mencari air jika Anda ingin membuang air dan siapkan juga tisu.

Informasi mengenai Bukit Telang di atas semoga dapat menambah informasi Anda sebelum untuk memilih bukit menawan ini sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya. Penting bagi Anda untuk menyiapkan mendaki dan juga snack sebelum Anda berwisata ke bukit teletubies Pelaihari, dikarenakan minimnya fasilitas yang ada di bukit ini.