Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tanjungkarang, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia dikenal dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Tak heran banyak turis mancanegara menjadikan Indonesia sebagai tujuan destinasi wisata mereka. Salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata yakni Tasikmalaya. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memang menyimpan banyak potensi wisata.

Saking banyaknya pilihan lokasi, tentu membuat Anda bingung mau pilih destinasi yang mana. Apalagi ketika musim liburan tiba, tentu Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Momen ini selalu ditunggu-tunggu khususnya anak-anak.

Bingung mau pergi kemana? Inginnya main air sampai puas. Pilih saja Bukit Kacapi di Tasikmalaya. Bukit Kacapi ini terletak di daerah yang sejuk dan indah. Di bukit ini terdapat kolam renang yang terletak di tengah kebun teh. Sungguh asyik bukan?

Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi

Keindahan Alam Bukit Kacapi
Image Credit: Google Maps Buana Rullah

Berenang atau sekedar bermain air terbukti bisa menyegarkan badan sekaligus otak. Kegiatan bekerja setiap hari tentu membuat pikiran penat. Dengan berenang seolah-olah menghanyutkan rasa penat bersama air.

Berenang membantu Anda untuk merelaksasi otak dan otot. Dengan air yang menenangkan membantu merefresh pikiran Anda. Dimana kita bisa berenang sambil wisata? Tentu saja pilih Bukit Kacapi Tasikmalaya ini menjadi tujuan destinasi Anda sekeluarga.

Berenang di Bukit Kacapi memang terdengar cukup unik, pasalnya letak kolam yang berada di antara perbukitan dan di sekitar kolam terdapat kebun teh. Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Bukit Kacapi Tasikmalaya menjadi destinasi Anda.

1. Akses Jalan Menuju Bukit Ini Cukup Mudah

Akses Menuju Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Muhammad Asharif Budiman

Di sepanjang rute perjalanan menuju Bukit Kacapi sudah ada beberapa petunjuk arah. Dan sebelum Anda melakukan perjalanan ada baiknya Anda meminum obat, dikhawatirkan akan mabuk perjalanan.

Rute menuju obyek ini pun berkelok-kelok untuk memudahkan Anda mengemudi. Namun jangan kecewa pemandangan indah akan Anda jumpai. Untuk menuju obyek wisata Jawa Barat ini diperlukan sekitar 1,5 jam untuk roda dua karena berjarak kurang lebih 65 km dari pusat kota Tasikmalaya.

2. Terdapat 2 Kolam

Terdapat 2 Kolam
Image Credit: Facebook Bukit Kecapi

Di tempat ini terdapat 2 kolam, yakni kolam utama dan kolam tambahan. Kedalaman kolam utama sekitar 1,5 m sedangkan kolam satunya lebih sempit dan lebih dangkal yang cocok untuk anak-anak. Untuk para pengunjung juga disediakan pelampung gratis, bisa Anda gunakan sepuasnya.

3. Tiket Masuk Bukit Kecapi Murah

Tiket Masuk Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Asty Cioh

Untuk berenang di kolam ini Anda tidak perlu menguras dompet Anda. Karena harga tiket masuk sangat terjangkau hanya Rp7.000 saja per orang.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain harga Rp 7.000 sudah lumayan murah karena itu sudah termasuk paket komplit antara lain tiket masuk, parkir juga toilet. Murah kan?

4. Tersedia Fasilitas Gazebo

Fasilitas Bukit Kecapi
Image Credit: Facebook Haries Dhaenk

Gazebo disebut juga dengan saung. Untuk pengunjung yang tidak ingin berenang di dekat kolam terdapat beberapa gazebo untuk sekedar bersantai, beristirahat, makan bekal bersama keluarga Anda sambil menikmati pemandangan hijau atau bahkan sekedar mengawasi anak Anda yang sedang bermain di kolam.

Mungkin setelah sampai di tempat Anda ragu untuk berenang karena udaranya yang masih sejuk. Maka dari itu jangan lupa bawa baju hangat.

5. Tersedia 4 Kamar Bilas

Tersedia 4 Kamar Bilas di Bukit Kecapi
Image Credit: Facebook Cherly Shymilikity

Jadi Anda juga harus memaklumi ketika tempat ini sedang ramai pengunjung. Khususnya di akhir pekan dan musim liburan. Selain kamar bilas disediakan juga beberapa toilet untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

6. Banyak Pedagang Makanan Ringan

Banyak Pedagang di Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Hikmat Abdul Gani

Di sekitar area kolam sudah banyak pedagang yang menjual makanan ringan. Buat Anda yang suka ngemil dan tidak suka ribet bawa bekal jangan khawatir. Cukup siapkan uang di kantong Anda.

Siapa yang tidak suka jajan, pasti banyak yang suka. Tapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan juga. Dan buat kalian yang ingin berwisata tanpa mengeluarkan uang banyak, bawa bekal saja dari rumah.

7. Beragam Spot Menarik

Spot Menarik Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Ady Bandung

Buat Anda yang suka foto-foto juga jalan-jalan saja di kawasan kebun teh. Kebun ini cukup luas dengan dataran yang bergelombang membawa nuansa yang sangat natural. Di tengah kebun teh ini terdapat spot foto, yakni di sebuah pohon ada tangga kayu untuk Anda bisa lebih jelas melihat tanaman teh.

Selain di kebun teh, di dekat kolam lebih tepatnya di samping gazebo terdapat spot unik untuk berfoto. Wisata hits ini mungkin sangat disukai oleh para kawula muda. Ada yang kurang rasanya jika berwisata tanpa mengambil foto.

8. Jam Operasional Bukit Kecapi

Jam Operasional Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Randy Hernando

Yang lebih asyiknya lagi tempat wisata ini dibuka setiap hari, yakni mulai jam 08.00 hingga 17.00. Jadi Anda bisa berlama-lama menghabiskan waktu di bukit ini. Mungkin dengan tempat yang sejuk membuat Anda betah hingga tidak ingin cepat pulang.

9. Ayunan Hammock

Ayunan Hammock Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Rahma Yanti

Ada dua jenis ayunan di sini. Ayunan dari besi berada di sekitar kolam renang sedangkan di area pepohonan terdapat ayunan atau hammock.

Ayunan hammock diikatkan antara 2 pohon. Ini nilai tambahan jika Anda memang tidak ingin berenang. Anda bisa bersantai dan melihat dari kejauhan hamparan kebun teh yang hijau.

10. Water Boom

Water Boom Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Suryadi Dye

Bermain air di kolam memang kurang seru tanpa water boom. Terdapat dua water boom di kolam ini. Water boom ini tidak terlalu tinggi jadi cocok bagi Anda yang takut akan ketinggian. Untuk Anda yang penasaran merasakan sensasi bermain air di tengah perbukitan silahkan datang langsung ke Bukit Kacapi Tasikmalaya.

11. Area Parkir Luas

Area Parkir Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Randy Hernando

Terkadang ketika kita berwisata was-was kan tempat parkir yang sempit. Bagaimana dengan kendaraan kita jika tempat parkir kurang? Bagaimana juga dengan keamanannya? Di tempat ini Anda tidak perlu khawatir karena area parkir luas jadi bebas untuk membawa motor atau mobil.

12. Air Murni

Air Murni Bukit Kecapi
Image Credit: Google Maps Nova Atinrohimah

Perlu Anda ketahui bahwa air yang ada di dalam kolam ini adalah air jernih tanpa kaporit. Biasanya ada beberapa orang alergi dengan kaporit. Jadi jangan khawatir karena air di tempat ini murni juga jernih. Kolam ini dibersihkan dan diganti airnya secara rutin setiap hari Jum’at.

Itulah fasilitas yang ada di Bukit Kacapi Tasikmalaya yang mungkin bisa menjadi daftar destinasi wisata Anda. Nikmati keseruan berenang dengan menikmati panorama alam Bukit Kacapi yang dikelilingi perkebunan teh.

Ingat keunggulan wisata ini ialah terdapat kolam dimana airnya murni bebas kaporit. Kaporit bisa membuat mata merah sehabis berenang. Bahaya lainnya adalah merusak folikel rambut dan epidermis kulit. Jadi pertimbangkan juga untuk keamanan buah hati Anda ketika berenang. Mereka boleh bersenang-senang tapi kesehatan dan keselamatan tetap menjadi hal utama bukan?

Dan keunggulannya bukan hanya itu, banyak keunggulan dari tempat ini yang bisa Anda perhatikan pada poin-poin di atas. Sungguh tempat wisata ini sangat murah meriah dan bermanfaat. Maka dari itu mari pilih tempat ini menjadi tujuan destinasi Anda bersama keluarga Anda. Selamat berlibur dan bersenang-senang.