14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan

Tempat Makan Karawang

Karawang menjadi ramai ketika liburan dimulai. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi berbagai macam objek wisata yang terkenal disana. Setelah puas berwisata, tentunya Anda tidak ingin melewatkan wisata kuliner dengan menikmati sajian khas masakan Karawang.

Mengunjungi tempat makan merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk berwisata kuliner. Selain memanjakan lidah dan ajang rehat sejenak setelah lelah berjalan-jalan, Anda bisa mencicipi beragam kuliner yang tersedia.

Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Karawang namun tidak mencicipi satupun makanan khasnya. Berikut merupakan daftar tempat makan di Karawang yang bisa memberikan gambaran sedapnya masakan tradisional maupun modern di Karawang.

1. Soto Tangkar Mang Nean

Soto Tangkar Mang Nean

Lokasi: Jl. Dewi Sartika No.23 – 38, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Ramahtraveler.com

Masakan khas Karawang ini telah diturunkan resepnya sejak tahun 1980-an. Memiliki bumbu dan rempah yang kaya, resepnya berasal dari Mang Naen yang menjadi pendiri tempat makan ini. Sekarang rumah makan tersebut di warisi dan di jalankan oleh anak-anaknya.

Soto tangkar mirip dengan sup daging sapi yang berisi kikil, daging, kulit sapi dengan bumbu kuah berwarna kuning kemerahan. Di masak secara tradisional, rasanya bertambah unik dan lezat. Jika kurang puas, Anda bisa menambahkan makanan pendamping seperti sate, jeroan, dan gorengan lain. Satu porsi soto tangkar dihargai 16.000 rupiah saja.

2. Pepes Jambal Walahar Haji Dirja

Pepes Jambal Walahar Haji Dirja

Lokasi: Jl. Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Kec. Ciampel, Kab. Karawang. – Image Credit by Metaonline.id

Tempat makan ini menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau. Menu andalannya adalah pepes jambal yang satu porsinya dihargai sekitar sepuluh ribu rupiah saja. Anda bisa menemukan beragam menu jenis pepes serta makanan lain, seperti olahan ayam, udang hingga seafood.

Tempat wisata kuliner milik Haji Dirja sudah terkenal dan selalu ramai pengunjung. Suasananya nyaman dan sejuk dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya, membuat pengunjung betah makan disini.

3. Seafood Teh Empop

Seafood Teh Empop

Lokasi: Jl. RH Jaja Abdullah Jl. Perumahan Cluster No.A4, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Bagi Anda pecinta makanan laut, Anda bisa mengunjungi rumah makan milik Teh Empop ini. Terkenal karena kelezatannya, banyak yang merekomendasikan tempat makan ini sebagai salah satu tempat makan yang enak di Karawang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cianjur Paling Populer

Untuk masalah harga, makanan disini cukup terjangkau. Tiap paket makanannya di banderol harga antara 75.000 rupiah hingga 200.000 rupiah. Seafood Teh Empop buka setiap hari dari jam  11 pagi dan tutup pada pukul 11 malam.

4. Warung Mandiri

Warung Mandiri

Lokasi: Jl. Pangkal Perjuangan No.48, Tanjungpura, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Bhinnekashuttle.com

Menu yang menjadi andalan Warung Mandiri adalah ikan gabus picung. Masakan khas Karawang ini berupa sup yang terbuat dari ikan gabus dengan bumbu pedas dan kuah berwarna coklat gelap, cocok untuk Anda yang menyukai kuliner pedas. Rasanya gurih dan lezat.

Satu porsinya dijual dengan harga 7.000 rupiah saja, cukup murah dan terjangkau. Selain ikan gabus picung, Anda bisa menikmati beragam masakan khas Karawang, seperti pepes khas Sunda dengan berbagai isian yang dihargai 2.500 rupiah untuk satu bungkusnya.

5. Ratu Penyet

Ratu Penyet

Lokasi: Jl. Kertabumi No.16, RT.14/RW.14, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Lifestyle.sindonews.com

Rumah makan di Karawang ini menyediakan beragam makanan penyetan, seperti ayam, bebek, empal, ikan hingga iga. Semuanya di penyet dengan tambahan menu sambal yang pedas. Pilihan sambalnya juga banyak, ada sambal extra pedas hingga sambal dengan tingkat kepedasan yang biasa saja.

Harga makanan di rumah makan Ratu Penyet cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan budget yang besar disini. Ratu Penyet buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam.

6. Restoran Sindang Reret

Restoran Sindang Reret

Lokasi: Wadas, Jl. Tarumanagara No.KM. 3, Wadas, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Sindangrerets.blogspot.com

Restoran ini menawarkan konsep interior unik dengan nuansa kayu dan bambu yang mendominasi, meninggalkan kesan mewah pada pengunjungnya. Walaupun menggunakan konsep yang modern, menu yang yang menjadi andalannya adalah makanan tradisional khas Sunda. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, seperti mushola, gazebo dan aula.

BACA:  Puncak Darajat Pass, Destinasi Wisata Alam Favorit di Garut

Makanan yang sering di pesan pengunjung adalah gurame mangga muda, oseng gingseng, beragam olahan ikan, pepes dan tumisan daun. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga tutup pukul 10 malam.

7. Sorabi Kuntilanak M. Kasim

Sorabi Kuntilanak M. Kasim

Lokasi: Jl. Kalijaya, R.Dengklok Utara, Kec. R.Dengklok, Kab. Karawang. – Image Credit by Karawang.pikiran-rakyat.com

Anda yang menyukai makanan manis dan jajanan pasar, wajib mencicipi Sorabi Kuntilanak ini. jajanan tradisional khas Karawang ini berwarna hijau karena menggunakan pewarna alami, yakni daun suji. Cara pembuatan dan pengolahannya juga masih menggunakan cara tradisional, sehingga menghasilkan rasa serabi yang khas.

Terdiri dari dua rasa, gula jawa dan durian, Anda bisa menikmati serabi hijau ini dengan saus manis yang terbuat dari campuran gula. Untuk satu porsinya dihargai 15.000 rupiah untuk rasa original gula jawa dan 20.000 rupiah untuk serabi rasa durian.

8. Tahu Bumbu Sari Rasa

Tahu Bumbu Sari Rasa

Lokasi: Gg. Santiong Utara, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Cumibunting.com

Jika Anda ingin menikmati camilan yang sedap alih-alih makanan berat, Anda bisa mencoba tahu bumbu ini. Disajikan bersama nasi hangat, lontong atau Anda bisa menikmatinya secara langsung dengan cocolan saus pedas. Terdapat pula varian saus kacang tanah dan kecap manis sebagai pelengkapnya.

Anda juga bisa menambahkan lauk tambahan lain, seperti gorengan, telur asin dan risoles. Setiap harinya warung makan Tahu Bumbu Sari Rasa buka dari pukul delapan pagi hingga jam sembilan malam.

9. Rumah Makan Indo Alam Sari

Rumah Makan Indo Alam Sari

Lokasi: Jl. Raya Taruma Negara Interchange, Purwadana, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Twitter.com @IndoAlamSari1

Menyediakan berbagai macam makanan, baik lokal maupun luar negeri. Tersedia beragam jenis makanan Eropa, Cina, Jepang, Indonesia serta makanan tradisional khas Sunda. Harganya cukup terjangkau dengan menu-menu makanan yang dijamin memanjakan lidah.

Rumah makan ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. mulai dari ruang pertemuan, penyewaan gedung, parkir yang luas serta saung untuk lesehan. RM Indo Alam Sari buka setiap hari dari pukul delapan pagi hingga sepuluh malam.

BACA:  20 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Paling Hits

10. Rumah Makan Pawon Sae

Rumah Makan Pawon Sae

Lokasi: Perumnas Bumi Teluk Jambe, Blok W No. 75 – 76, Jl. Kresna, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang Barat. – Image Credit by Jktdelicacy.com

Rumah makan ini terkenal karena harga makanannya yang cukup terjangkau. Menu yang di sediakan berupa makanan khas Indonesia dan Sunda, seperti olahan seafood, tumisan, olahan ayam, bebek, sapi dan berbagai macam sup.  Minumannya pun beragam dengan rasa yang segar,

Selain makanan, terdapat pula fasiltas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung kemari. Terdapat ruang makan indoor dan outdoor, wifi, ruang pertemuan dan mushola. Rumah Makan Pawon Sae buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

11. Telaga Traditional Resto

Telaga Traditional Resto

Lokasi: Jl. Permata Raya Kawasan Industri Kiic, Puseurjaya, Telukjambe Timur, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Astridho.wordpress.com

Restoran ini buka setiap hari, dari pukul 10 pagi hingga 9 malam. Lokasinya dekat dengan kawasan industri, walaupun begitu Anda bisa menikmati telaga yang berdekatan dengan restoran ini. Anda dapat menyantap hidangan sembari merasakan sejuknya hembusan angin dan pemandangan telaga yang asri.

Menu makanannya cukup terjangkau, rentang harga menunya berkisar antara 7.000 rupiah hingga 100.000 rupiah saja. Menu andalannya adalah olahan ikan gurame. Selain ikan, Anda bisa memesan menu lain dengan jenis masakan khas Indonesia.

12. Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut

Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut

Lokasi: Komplek PJKA, Jl. Arief Rahman Hakim No.7, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Kulinerkutop.blogspot.com

Harga yang terjangkau dan rasa yang lezat membuat tempat makan ini begitu terkenal di Karawang. Menu makanannya berupa berbagai olahan ayam dan bebek yang diolah dengan bumbu resep yang khas, ditambah dengan sambal yang dibuat secara khusus.

Varian yang tersedia berupa goreng, bakar, panggang, spesial, penyet, sambal hijau, asam manis dan lada hitam. Anda juga bisa menambah lalapan berupa tumisan daun, mentimun dan sayuran lain. Tempat makan ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam setiap harinya.

13. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo

Lokasi: Jl. Akses Tol Karawang Barat, Purwadana, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Restoran dengan menu olahan bebek selanjutnya adalah Bebek Kaleyo. Buka setiap hari dari jam sepuluh pagi hingga sepuluh malam, membuat restoran ini tidak pernah sepi pengunjung. Menu masakan disini juga di dominasi dengan olahan bebek, sedangkan menu unggulannya adalah bebek kaleyo yang dibanderol harga sekitar 25.000 rupiah.

Rentang harga menunya juga cukup terjangkau, dari 10.000 rupiah hingga 90.000 rupiah. Selain bebek, terdapat pula beragam olahan ayam, tumis, sambal dan berbagai jenis varian minuman.

14. Restoran Mang Ajo

Restoran Mang Ajo

Lokasi: Jl. Tol Karawang Barat, Margakaya, Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Rifqirizky.blogspot.com

Dilengkapi dengan tempat pemancingan, membuat restoran berkonsep unik ini selalu ramai pengunjung. Buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 7 malam, restoran ini menawarkan menu makanan dengan harga yang terjangkau. Menu masakannya berupa berbagai macam olahan ikan, tumisan dan sayuran serta minuman.

Bagi Anda yang ingin memancing, di sewakan alat memancing dengan pilihan kolam ikan yang berbeda-beda. Tempat parkirnya luas dan rindang dan dilengkapi pula fasilitas permainan anak.

Demikian daftar tempat makan enak di Karawang. Sempatkan mampir kesana jika Anda berkunjung dan berwisata di Karawang. Selain menawarkan menu masakan khas Sunda dan Karawang, Anda bisa sekalian melepas lelah dan menikmati pemandangan yang asri. Selamat berwisata!