25 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Karawang

Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali tempat wisata serta panorama alam yang amat menakjubkan. Namun, ternyata kabupaten Karawang ini masih menyimpan banyak pesona dan keindahan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat diluar Karawang.

Keragaman wisata di kabupaten Karawang tersebut sangatlah bervariasi. Mulai dari wisata religius, budaya, modern, hingga situs wisata bersejarah dapat Anda temukan di daerah yang berada di provinsi Jawa Barat ini. Untuk itu, sempatkanlah berlibur meskipun hanya sebentar ketika berada di Karawang.

Akan sangat rugi rasanya jika Anda sedang berkunjung di kabupaten Karawang, namun tidak sempat untuk mampir ke salah satu objek wisatanya. Banyak sekali tempat yang dapat dijadikan sebagai spot foto masa kini. Untuk informasi lebih detailnya, berikut 25 Tempat Wisata di Karawang yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Image Credit: Google Maps (Rafi Lukman)

Suasana pantai dengan suguhan deburan ombak dan angin sepoi yang menenangkan dapat Anda nikmati disini dengan menyiapkan budget Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk, biaya parkir motor Rp 2.000 dan biaya parkir mobil Rp 5.000. Dibuka selama 24 jam dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 80 menit dari pusat Kota Karawang.

Jarak Pantai Tanjung Baru dengan pusat Kota Karawang kurang lebih 40 km dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan akses jalan yang sudah cukup bagus. Meskipun pasir pantainya berwarna agak kecoklatan dan air lautnya tidak begitu jernih, namun tidak menghilangkan pesona yang dimiliki.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir wisata, mushola, toilet, gazebo, spot foto instagramable, warung makan, hingga area camping dan outbond. Tersedia juga penyewaan pelampung air untuk Anda yang ingin berenang di pantai dan pasar tradisional yang menjual berbagai hasil laut para nelayan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laut Jawa, Kab. Karawang, Jawa Barat.

2. Danau Cipule

Danau Cipule

Image Credit: Ksmtour.com

Danau Cipule adalah sebuah danau yang mempunyai ukuran luas sekitar 90 hektar dan terbentuk akibat kegiatan pada area tepi sungai Citarum. Meskipun kedalaman dari danau ini cukup dangkal yakni sekitar 2 meter, namun keindahan panorama dan pemandangan alam di sekitarnya sangatlah menakjubkan.

Keindahan dari Danau Cipule ini tidak hanya sampai disitu saja. Namun, di bagian tengah dari danau ini juga terdapat pulau yang memiliki luas sekitar 2 km persegi dan disebut dengan Pulau Cinta. Ketika Anda menyebrang ke pulau ini, disana sudah terdapat berbagai fasilitas yang mendukung untuk menikmati keindahan dari Danau Cipule.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Demang, Mulyasari, Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat.

3. Curug Bandung

Curug Bandung

Image Credit: Google Maps (Totok Unyil)

Curug yang memiliki kesamaan nama dengan salah satu kota di Jawa Barat tersebut berada di kaki Gunung Sanggabuana. Ketinggian air terjun sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup keras terutama saat musim kemarau. Aliran air terjun yang melewati formasi bebatuan yang sedikit berundak seperti tebing batu menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

Harga tiket masuknya terjangkau yakni Rp 10.000 per orang untuk dewasa maupun anak-anak di atas usia 5 tahun. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 10.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir Rp 15.000. Untuk turun ke air terjun, Anda harus trekking dari tempat parkir melalui jalan bebatuan sekitar 10-15 menit.

Fasilitas di area curug termasuk lengkap, antara lain tempat parkir, warung makan, toilet, kamar mandi, dan mushola. Nuansa alam yang asri dan menenangkan memberikan terapi gratis bagi Anda yang ingin melepas penat dan menghindar dari suasana perkotaan yang bising dan padat. Air curug menjadikan tubuh Anda lebih rileks dan segar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.f

4. Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh

Image Credit: Bnet.id

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata religius di Karawang, maka Vihara Sin Djin Ku Poh merupakan salah satu pilihan yang tepat. Lokasi dari Vihara ini berada sekitar 4 kilometer dari pusat kota, tepatnya di jl. Rangga Gede no. 1 Tanjung Pura. Vihara ini berdiri sejak tahun 1770 silam dan dibuka untuk umum.

Walaupun Vihara Sian Djin Ku Poh masih digunakan sebagai tempat beribadah, namun tempat ini selalu ramai di setiap harinya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, namun setiap menjelang hari-hari besar, di Vihara ini selalu mengadakan berbagai acara yang tentunya sangat menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Muhamad Toha, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat.

5. Green Canyon

Green Canyon

Image Credit: Instagram.com @andreas_julius

Wisata air ini sering juga disebut dengan istilah Leuwi Liyet yang merupakan sebuah ngarai yang awalnya terbentuk akibat erosi air sungai dengan pemandangan stalaknit, diapit oleh perbukitan berupa bebatuan dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Green Canyon berada di Kampung Tonjong Roke di ujung selatan Kabupaten Karawang.

BACA:  22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Wajib Anda Coba

Luas ngarai yakni 100 meter dengan hiasan tebing-tebing hijau dengan ketinggian sekitar 10 meter. Anda hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Karawang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Disebut ‘Green Canyon’ karena air sungainya berwarna hijau dan jernih.

Anda dapat menyiapkan budget Rp 50.000 untuk tiket masuk, biaya parkir motor Rp 5.000, biaya parkir mobil Rp 10.000, dan penyewaan pelampung Rp 15.000. Fasilitasnya lengkap seperti area parkir, mushola, terapi ikan, serta warung makanan. Ketika menuju kesini, akses jalan yang Anda lalui adalah jalan dua arah yang tidak terlalu lebar, naik turun dan berkelok.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Medalsari, Kec. Pangkalan, Kab. Karawang, Jawa Barat.

6. Monumen Rawa Gede

Monumen Rawa Gede

Image Credit: Situsbudaya.id

Monumen Rawa Gede adalah sebuah Objek Wisata di Karawang yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang korban sipil dari pembunuhan oleh tentara Belanda di masa penjajah. Dapat dikatakan bahwa monumen ini merupakan sebuah taman makan pahlawan serta korban ketika perlawanan menghadapi Belanda.

Rute yang harus ditempuh untuk mengunjungi Monumen Rawa Gede ini tidaklah susah karena lokasinya berada di tepi jalan. Objek wisata sejarah ini terletak di jalan Monumen Rawagede, Mekarjaya, Rawamerta, Karawang. Selain itu, Anda yang tidak menggunakan transportasi pribadi tidak perlu khawatir, karena banyak angkutan umum yang melewati kawasan ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarjaya, Rawamerta, Kab. Karawang, Jawa Barat.

7. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Image Credit: Google Maps (曹务斌)

Wisata air yang didirikan sejak tahun 2013 ini berada tidak jauh dari perumahan Grand Taruma. Memiliki dua water slide dengan bentuk yang berbeda dan ketinggian yang sama (twin slide). Para wisatawan yang ingin mencoba twin slide tersebut dapat menggunakan ban single atau double. Terdapat beberapa kolam dengan berbagai wahana yang beragam.

Kolam tersebut berupa kiddy pool atau kolam anak dan balita, wave pool atau kolam ombak, dan leisure pool atau kolam santai. Waterpark dibuka setiap hari pukul 09.00-18.00 ketika weekday dan pukul 09.00-20.00 ketika weekend. Tiket masuk ketika weekday adalah Rp 50.000 per orang dan Rp 65.000 ketika weekend. Setiap hari Selasa ada promo diskon 30%.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perum Grand Taruma Jalan Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

8. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Image Credit: Tagar.id

Apabila Anda ingin menikmati keindahan dan suasana pantai di Karawang tidak perlu khawatir, di kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini, juga menyediakan objek wisata pantai dengan pasir hitam yang sangat menarik. Pantai yang indah ini bernama Pantai Tanjung Pakis dan terletak di Desa Tanjung Pakis.

Dapat dikatakan bahwa pantai satu ini merupakan pantai yang cukup unik. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung perlu menaiki rakit terlebih dahulu agar dapat menyebrang Muara Gembong hingga pada akhirnya sampai ke Pantai Tanjung Pakis. Di area pantai ini juga terdapat tempat penginapan dan juga hotel. Anda dapat menginap di area ini untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Pakis lebih lama.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjungpakis, Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

9. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

Image Credit: Twitter.com @roni_waklong33

Curug yang berada di kaki Gunung Sanggabuan ini memiliki akses jalan setapak yang berliku, naik turun, dan menyeberangi sungai dengan bebatuan besar. Pemandangan di sebelah kanan berupa tebing dan di sebelah kiri berupa jurang dengan sungai. Lokasi curug berada sekitar 42 km dari pusat ibu kota Kabupaten Karawang.

Harga tiket masuk curug tersebut adalah Rp 30.000 per orang ketika weekday, weekend, maupun hari libur nasional dan dibuka selama 24 jam. Biaya parkir motor adalah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

10. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Image Credit: Liputan6.com

Selain Monumen Rawa Gede, di kabupaten Karawang juga terdapat sebuah monumen nasional lainnya yang bernama Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Monumen ini dibuat dengan tujuan mengenang perjuangan dan sejarah awal dari proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh para pahlawan.

Meskipun area yang digunakan dalam mendirikan monumen ini hanya seluas 1500 m persegi, namun segala hal didalamnya sangat menarik untuk diketahui. Monumen ini terletak di jalan raya Rengasdengklok. Untuk mengunjungi monumen perjuangan tersebut, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya R.Dengklok, R.Dengklok Selatan, Rengasdengklok, Kab. Karawang, Jawa Barat.

11. Danau Kalimati

Danau Kalimati

Image Credit: Ihategreenjello.com

Danau Kalimati terletak di desa Walahar dan berada 11 km dari ibu kota Kabupaten Karawang. Terjadinya danau ini adalah karena alam, yang mana aliran Kali Citarum yang berbelok berubah menjadi lurus. Oleh karena itu bekas aliran yang berubah tersebut menjadi terbendung dan terbentuk danau yang panjang dan luas.

Dibuka selama 24 jam dan tidak ada pungutan biaya sama sekali jika ingin berkunjung kesini. Pemandangan sunset sangat indah dilihat dari danau ini, ditambah juga dengan deretan warung makan yang mulai buka dengan sajian menu khas Jawa Barat.

BACA:  Menikmati Keindahan Alam Pantai Karapyak di Pangandaran
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Walahar, Kec. Klari, Kab. Karawang, Jawa Barat.

12. Candi Jiwa

Candi Jiwa

Image Credit: Catatanharianabg.blogspot.com

Cadi Jiwa adalah satu dari beberapa situs purbakala yang ada di kabupaten Karawang yakni situs Batujaya. Diperkirakan luas dari situs kurang lebih 5 kilometer persegi dan berada di tengah area sawah di daerah pesisir utara Karawang. Selain itu, umat Budha juga masih sering melakukan ritual di area situs ini.

Sedangkan untuk Candi Jawa ini merupakan sebuah gundukan tanah yang mempunyai bentuk oval dengan ukuran 19×19 meter dan ketinggian 4 meter. Permukaannya berupa susunan batu bata berdiamater 6 meter dan diduga merupakan susunan stupa. Itulah keunikan candi ini dibanding dengan candi lainnya. Biasanya candi terdiri dari tumpukan batu hitam, Candi Jiwa ini terdiri dari tumpukan batu bata.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Segaran, Kec. Batujaya, Kab.Karawang, Jawa Barat.

13. Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Wisata air ini dibuka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuknya Rp 20.000 per orang. Berada di kawasan Gunung Sanggabuana dan berada di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BPKH Purwakarta.

Tinggi curug adalah 15 meter dan berada sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Mempunyai daya tarik berupa panorama air terjun dengan pemandangan alam asri yang mengelilingi. Dari area parkir, Anda harus berjalan melalui jalan setapak berbatu yang berjarak sekitar 300 meter dengan curug. Deretan warung dan kios makanan serta saung tersedia disini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

14. Curug Cigentis

Curug Cigentis

 Image Credit: Wikipedia.org

Curug Cigentis merupakan sebuah air terjun indah setinggi kurang lebih 25 meter yang berada di kawasan pariwisata Gunung Sanggabuana. Salah satu kawasan wisata di Karawang ini memang sudah lama dan sering digunakan untuk tempat hiking, tracking, dan juga bersepeda oleh para penggemar olah raga alam.

Selain pemandangan cantik yang dihasilkan oleh air terjun, area wisata ini juga menyediakan panorama pepohonan hijau dan pemandangan alami khas pegunungan Pasundan yang tidak kalah menarik. Jika Anda tertarik mengunjungi kawasan wisata ini, biaya yang dikenakan cukup murah yakni hanya 2500 rupiah saja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

15. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak

Image Credit: Instagram.com @dea_septiani07

Curug Cikoleangakak berada di sekitar 42 km dari pusat Kota Karawang. Curug tersebut merupakan curug terakhir yang berada di atas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan. Untuk menuju kesini, badan dipastikan harus fit karena akses yang dilalui akan melewati hutan rimba dan semak belukar, sungai berbatu besar, dan tebing yang curam.

Ketinggiannya berada sekitar 30 meter di atas permukaan laut. Fasilitasnya cukup lengkap seperti kamar mandi, toilet, mushola, area parkir, warung makan, hingga penginapan. Lokasinya tersembunyi dan dibuka selama 24 jam tanpa ada tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

16. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

 Image Credit: Krawang.id

Pantai Pelangi adalah salah satu wisata alam di Karawang yang terletak di Desai Sungai Buntu atau sekitar 35 kilometer dari pusat Karawang. Walaupun cukup jauh, namun rute yang perlu dilalui sudah baik. Selain itu, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa sawah dan ladang hijau ketika perjalanan.

Ketika sudah berada di lokasi Pantai Pelangi, tentunya akan disuguhkan dengan keindahan panorama pantai yang nyaman dan asri. Dengan ombaknya yang tergolong tenang, maka setiap pengunjung dapat bebas bermain pasir dan juga berenang di kawasan pantai tersebut. Ketika berada di lokasi itu dan Anda merasa lapar tak perlu khawatir, karena sudah terdapat banyak penjual makanan dan restoran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat.

17. Puncak Sempur

Puncak Sempur

Image Credit: Google Maps (Tejo Jati Prayogo)

Dengan berbekal budget Rp 10.000 untuk tiket masuk, keindahan panorama alam Karawang dapat Anda lihat dari puncak ini. Fasilitas yang ada di wana wisata ini antara lain area camping, warung makan, warung kopi, spot foto instagramable, dan toilet.

Berada di puncak ini akan memanjakan mata Anda dengan hamparan perbukitan hijau dengan landscape Kota Karawang. Keindahan pesona sunrise dan sunset dapat Anda saksikan juga disini. Jangan lewatkan untuk berburu foto ketika berada di Puncak Sempur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Puncak Sempur, Cintalaksana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

18. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang

Image Credit: Twitter @daniakhyar

Kampung Budaya Karawang merupakan tempat wisata unik yang dibangun oleh pemerintah Karawang pada tahun 2015. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang dibuat oleh seniman dari Karawang. Maka dari itu, kampung tidak pernah sepi dari para pengunjung. Banyak barang menarik dan unik yang dipajang dan dijual di kampung budaya ini.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Enak & Wajib Anda Coba

Ketika Anda mulai memasuki kawasan Kampung Budaya Karawang ini, maka akan langsung disuguhi dengan pemandangan pesawahan serta bangunan khas Sunda. Tidak hanya itu saja, di area ini juga terdapat dua sanggar tari yang massif aktif hingga sekarang yaitu sanggar tari pedalangan dan jaipong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wadas, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

19. Gunung Sanggabuana

Gunung Sanggabuana

Image Credit: Google Maps (Deni Edmon)

Gunung Sanggabuana merupakan satu-satunya gunung di Karawang dengan ketinggiannya mencapai 1291 mdpl. Gunung ini menjadi pembatas antara 5 daerah yaitu Karawang, Bogor, Cianjur, Bekasi, dan Purwakarta.

Meskipun terkenal dengan jalur yang menanjak dalam waktu 2 jam, banyak para pendaki gunung yang melakukan hiking disini. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap antara lain warung, mushola, toilet hingga gazebo untuk tempat menginap para tamu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

20. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

Image Credit: Mytrip.co.id

Curug Cikarapyak merupakan salah satu wisata air terjun indah yang berlokasi di Mekarbuana, Tegalawaru, Karawang. Dikarenakan medan dan jalan yang harus ditempuh untuk menuju kawasan wisata Curug Cikarapyak cukup susah, maka Anda membutuhkan keberanian serta kesabaran yang ekstra. Banyak orang yang mengurungkan niatnya ketika berada di tengah perjalanan menuju Curug Cikarapyak.

Tidak hanya itu, namun Anda juga harus melewati jembatan rapuh untuk sampai ke lokasi wisata yang menakjubkan tersebut. Ketika sudah sampai di lokasi, pemandangan yang sangat menawan siap untuk dinikmati. Fasilitas di tempat ini juga lengkap, jadi tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan juga haus.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

21. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Image Credit: Wisatabagus.net

Pantai Samudera Baru tepatnya berlokasi di jalan raya Sungai Buntu. Anda akan menemui suasana yang hampir sama indahnya dengan Pantai Tanjung Pakis. Hal ini karena letaknya yang cukup dekat dengan muara sehingga air di pantai ini juga berwarna agak kecokelatan. Tiket untuk memasuki kawasan ini dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu hingga 30 rupiah saja.

Akan tetapi, jalan yang harus dilalui untuk mencapai Pantai Samudera Baru ini masih kurang bagus, sehingga Anda perlu untuk berhati-hati dan waspada terutama ketika musim hujan tiba. Namun perjuangan dalam perjalanan tentunya akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang sangat memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungaibuntu, Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat.

22. Situ Kamojing

Situ Kamojing

 Image Credit: Warjipermana3215.blogspot.com

Situ Kamojing merupakan sebuah tempat wisata seluas 5 hektar yang berada di Karawang. Tempat ini sangat terkenal di masyarakat setempat dengan mitos adanya buaya bunting yang konon selalu muncul di dalam Situ. Namun, seiring berkembangnya zaman, tempat ini mulai beralih menjadi tempat wisata.

Jika tertarik untuk mengunjungi kawasan Situ Kamojing ini, tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu menyediakan dana jika tiba-tiba merasa lapar ataupun haus karena di tempat ini sudah tersedia banyak tempat penjual makanan dan minuman yang dapat dikunjungi setiap saat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Kamojing, Kec. Cikampek, Kab. Karawang, Jawa Barat.

23. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Bendungan Walahar adalah sebuah bendungan kuno yang didirikan sejak tahun 1925 dan sangat terkenal di Karawang. Tempat ini sering digunakan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga maupun memancing. Jika Anda berminat mengunjungi tempat ini, maka jalur yang harus dilewati cukup mudah.

Bendungan ini tepatnya terletak di Kutapohaci, Ciampel, Karawang. Dikarenakan bendungan ini sebenarnya adalah tempat umum, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendatanginya. Hanya perlu menyiapkan kamera guna mengambil pemandangan yang sangat indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Kutapuhaci, Kel. Walahar, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat.

24. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark

 Image Credit: Wonderlandwaterpark.com

Wonderland Adventure Waterpark atau WAW Karawang ini adalah sebuah wisata petualangan air terbesar yang ada di kabupaten Karawang. Dengan luas wilayah sebesar 3,4 hektar, tempat ini dipenuhi oleh berbagai wahana permainan menarik dan juga menantang sehingga tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata dan permainan air.

Jika Anda tidak menyukai olahraga renang namun ingin tetap mengunjungi WAW ini tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan tempat ini menyediakan berbagai fasilitas lain seperti fitness center, lapangan futsal, flying fox. Serta berbagai wahana outbond. Untuk tiketnya berkisar antara 65 ribu hingga 85 ribu rupiah.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Galuh Mas Raya No. 1, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

25. Sentra Kerajinan Boneka

Sentra Kerajinan Boneka

 Image Credit: Wisatasia.com

Karawang merupakan salah satu daerah penghasil boneka terbesar di Indonesia. Maka dari itu, akan sangat menarik jika Anda mengunjungi sentra kerajinan boneka yang ada di Karawang ini. Di tempat ini, setiap pengunjung dapat melihat dan mengamati proses dan tahapan dalam membuat sebuah boneka.

Sentra kerajinan boneka ini tepatnya terletak di Kampung Baru, Cikampek dan sudah berdiri sejak tahun 1980. Tempat ini mengelami perkembangan secara pesat sejak tahun 1997 silam. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena aksesnya mudah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Itulah 25 Destinasi Wisata di Karawang yang menarik. Jika Anda sedang berada di Karawang, maka sempatkanlah mengunjungi paling tidak salah satu dari lokasi wisata diatas. Akan sangat rugi jika melewatkan keindahan yang ada di Karawang tersebut.