15 Tempat Wisata di Karawang

Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali tempat wisata serta panorama alam yang amat menakjubkan. Namun, ternyata kabupaten Karawang ini masih menyimpan banyak pesona dan keindahan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat diluar Karawang.

Keragaman wisata di kabupaten Karawang tersebut sangatlah bervariasi. Mulai dari wisata religius, budaya, modern, hingga situs wisata bersejarah dapat Anda temukan di daerah yang berada di provinsi Jawa Barat ini. Untuk itu, sempatkanlah berlibur meskipun hanya sebentar ketika berada di Karawang.

Akan sangat rugi rasanya jika Anda sedang berkunjung di kabupaten Karawang, namun tidak sempat untuk mampir ke salah satu objek wisatanya. Banyak sekali tempat yang dapat dijadikan sebagai spot foto masa kini. Untuk informasi lebih detailnya, berikut 15 Tempat Wisata di Karawang yang bisa Anda kunjungi.

1. Danau Cipule

Danau Cipule

Lokasi: Jl. Demang, Mulyasari, Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Danau Cipule adalah sebuah danau yang mempunyai ukuran luas sekitar 90 hektar dan terbentuk akibat kegiatan pada area tepi sungai Citarum. Meskipun kedalaman dari danau ini cukup dangkal yakni sekitar 2 meter, namun keindahan panorama dan pemandangan alam di sekitarnya sangatlah menakjubkan.

Keindahan dari Danau Cipule ini tidak hanya sampai disitu saja. Namun, di bagian tengah dari danau ini juga terdapat pulau yang memiliki luas sekitar 2 km persegi dan disebut dengan Pulau Cinta. Ketika Anda menyebrang ke pulau ini, disana sudah terdapat berbagai fasilitas yang mendukung untuk menikmati keindahan dari Danau Cipule.

2. Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh

Lokasi: Jl. Muhamad Toha, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Bnet.id

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata religius di Karawang, maka Vihara Sin Djin Ku Poh merupakan salah satu pilihan yang tepat. Lokasi dari Vihara ini berada sekitar 4 kilometer dari pusat kota, tepatnya di jl. Rangga Gede no. 1 Tanjung Pura. Vihara ini berdiri sejak tahun 1770 silam dan dibuka untuk umum.

Walaupun Vihara Sian Djin Ku Poh masih digunakan sebagai tempat beribadah, namun tempat ini selalu ramai di setiap harinya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, namun setiap menjelang hari-hari besar, di Vihara ini selalu mengadakan berbagai acara yang tentunya sangat menarik.

3. Monumen Rawa Gede

Monumen Rawa Gede

Lokasi: Mekarjaya, Rawamerta, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Situsbudaya.id

Monumen Rawa Gede adalah sebuah Objek Wisata di Karawang yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang korban sipil dari pembunuhan oleh tentara Belanda di masa penjajah. Dapat dikatakan bahwa monumen ini merupakan sebuah taman makan pahlawan serta korban ketika perlawanan menghadapi Belanda.

Rute yang harus ditempuh untuk mengunjungi Monumen Rawa Gede ini tidaklah susah karena lokasinya berada di tepi jalan. Objek wisata sejarah ini terletak di jalan Monumen Rawagede, Mekarjaya, Rawamerta, Karawang. Selain itu, Anda yang tidak menggunakan transportasi pribadi tidak perlu khawatir, karena banyak angkutan umum yang melewati kawasan ini.

4. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Lokasi: Tanjungpakis, Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Tagar.id

Apabila Anda ingin menikmati keindahan dan suasana pantai di Karawang tidak perlu khawatir, di kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini, juga menyediakan objek wisata pantai dengan pasir hitam yang sangat menarik. Pantai yang indah ini bernama Pantai Tanjung Pakis dan terletak di Desa Tanjung Pakis.

Dapat dikatakan bahwa pantai satu ini merupakan pantai yang cukup unik. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung perlu menaiki rakit terlebih dahulu agar dapat menyebrang Muara Gembong hingga pada akhirnya sampai ke Pantai Tanjung Pakis. Di area pantai ini juga terdapat tempat penginapan dan juga hotel. Anda dapat menginap di area ini untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Pakis lebih lama.

5. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Lokasi: Jl. Raya R.Dengklok, R.Dengklok Selatan, Rengasdengklok, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Liputan6.com

Selain Monumen Rawa Gede, di kabupaten Karawang juga terdapat sebuah monumen nasional lainnya yang bernama Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Monumen ini dibuat dengan tujuan mengenang perjuangan dan sejarah awal dari proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh para pahlawan.

Meskipun area yang digunakan dalam mendirikan monumen ini hanya seluas 1500 m persegi, namun segala hal didalamnya sangat menarik untuk diketahui. Monumen ini terletak di jalan raya Rengasdengklok. Untuk mengunjungi monumen perjuangan tersebut, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum.

6. Candi Jiwa

Candi Jiwa

Lokasi: Desa Segaran, Kec. Batujaya, Kab.Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Catatanharianabg.blogspot.com

Cadi Jiwa adalah satu dari beberapa situs purbakala yang ada di kabupaten Karawang yakni situs Batujaya. Diperkirakan luas dari situs kurang lebih 5 kilometer persegi dan berada di tengah area sawah di daerah pesisir utara Karawang. Selain itu, umat Budha juga masih sering melakukan ritual di area situs ini.

Sedangkan untuk Candi Jawa ini merupakan sebuah gundukan tanah yang mempunyai bentuk oval dengan ukuran 19×19 meter dan ketinggian 4 meter. Permukaannya berupa susunan batu bata berdiamater 6 meter dan diduga merupakan susunan stupa. Itulah keunikan candi ini dibanding dengan candi lainnya. Biasanya candi terdiri dari tumpukan batu hitam, Candi Jiwa ini terdiri dari tumpukan batu bata.

7. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Lokasi: Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Curug Cigentis merupakan sebuah air terjun indah setinggi kurang lebih 25 meter yang berada di kawasan pariwisata Gunung Sanggabuana. Salah satu kawasan wisata di Karawang ini memang sudah lama dan sering digunakan untuk tempat hiking, tracking, dan juga bersepeda oleh para penggemar olah raga alam.

Selain pemandangan cantik yang dihasilkan oleh air terjun, area wisata ini juga menyediakan panorama pepohonan hijau dan pemandangan alami khas pegunungan Pasundan yang tidak kalah menarik. Jika Anda tertarik mengunjungi kawasan wisata ini, biaya yang dikenakan cukup murah yakni hanya 2500 rupiah saja.

8. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Lokasi: Desa Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Krawang.id

Pantai Pelangi adalah salah satu wisata alam di Karawang yang terletak di Desai Sungai Buntu atau sekitar 35 kilometer dari pusat Karawang. Walaupun cukup jauh, namun rute yang perlu dilalui sudah baik. Selain itu, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa sawah dan ladang hijau ketika perjalanan.

Ketika sudah berada di lokasi Pantai Pelangi, tentunya akan disuguhkan dengan keindahan panorama pantai yang nyaman dan asri. Dengan ombaknya yang tergolong tenang, maka setiap pengunjung dapat bebas bermain pasir dan juga berenang di kawasan pantai tersebut. Ketika berada di lokasi itu dan Anda merasa lapar tak perlu khawatir, karena sudah terdapat banyak penjual makanan dan restoran.

9. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang

Lokasi: Wadas, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Twitter @daniakhyar

Kampung Budaya Karawang merupakan tempat wisata unik yang dibangun oleh pemerintah Karawang pada tahun 2015. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang dibuat oleh seniman dari Karawang. Maka dari itu, kampung tidak pernah sepi dari para pengunjung. Banyak barang menarik dan unik yang dipajang dan dijual di kampung budaya ini.

Ketika Anda mulai memasuki kawasan Kampung Budaya Karawang ini, maka akan langsung disuguhi dengan pemandangan pesawahan serta bangunan khas Sunda. Tidak hanya itu saja, di area ini juga terdapat dua sanggar tari yang massif aktif hingga sekarang yaitu sanggar tari pedalangan dan jaipong.

10. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

Lokasi: Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Mytrip.co.id

Curug Cikarapyak merupakan salah satu wisata air terjun indah yang berlokasi di Mekarbuana, Tegalawaru, Karawang. Dikarenakan medan dan jalan yang harus ditempuh untuk menuju kawasan wisata Curug Cikarapyak cukup susah, maka Anda membutuhkan keberanian serta kesabaran yang ekstra. Banyak orang yang mengurungkan niatnya ketika berada di tengah perjalanan menuju Curug Cikarapyak.

Tidak hanya itu, namun Anda juga harus melewati jembatan rapuh untuk sampai ke lokasi wisata yang menakjubkan tersebut. Ketika sudah sampai di lokasi, pemandangan yang sangat menawan siap untuk dinikmati. Fasilitas di tempat ini juga lengkap, jadi tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan juga haus.

11. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Lokasi: Sungaibuntu, Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatabagus.net

Pantai Samudera Baru tepatnya berlokasi di jalan raya Sungai Buntu. Anda akan menemui suasana yang hampir sama indahnya dengan Pantai Tanjung Pakis. Hal ini karena letaknya yang cukup dekat dengan muara sehingga air di pantai ini juga berwarna agak kecokelatan. Tiket untuk memasuki kawasan ini dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu hingga 30 rupiah saja.

Akan tetapi, jalan yang harus dilalui untuk mencapai Pantai Samudera Baru ini masih kurang bagus, sehingga Anda perlu untuk berhati-hati dan waspada terutama ketika musim hujan tiba. Namun perjuangan dalam perjalanan tentunya akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang sangat memukau.

12. Situ Kamojing

Situ Kamojing

Lokasi: Desa Kamojing, Kec. Cikampek, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Warjipermana3215.blogspot.com

Situ Kamojing merupakan sebuah tempat wisata seluas 5 hektar yang berada di Karawang. Tempat ini sangat terkenal di masyarakat setempat dengan mitos adanya buaya bunting yang konon selalu muncul di dalam Situ. Namun, seiring berkembangnya zaman, tempat ini mulai beralih menjadi tempat wisata.

Jika tertarik untuk mengunjungi kawasan Situ Kamojing ini, tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu menyediakan dana jika tiba-tiba merasa lapar ataupun haus karena di tempat ini sudah tersedia banyak tempat penjual makanan dan minuman yang dapat dikunjungi setiap saat.

13. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar

Lokasi: Kampung Kutapuhaci, Kel. Walahar, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Festivaljalanjalan.com

Bendungan Walahar adalah sebuah bendungan kuno yang didirikan sejak tahun 1925 dan sangat terkenal di Karawang. Tempat ini sering digunakan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga maupun memancing. Jika Anda berminat mengunjungi tempat ini, maka jalur yang harus dilewati cukup mudah.

Bendungan ini tepatnya terletak di Kutapohaci, Ciampel, Karawang. Dikarenakan bendungan ini sebenarnya adalah tempat umum, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendatanginya. Hanya perlu menyiapkan kamera guna mengambil pemandangan yang sangat indah.

14. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark

Lokasi: Jl. Galuh Mas Raya No. 1, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wonderlandwaterpark.com

Wonderland Adventure Waterpark atau WAW Karawang ini adalah sebuah wisata petualangan air terbesar yang ada di kabupaten Karawang. Dengan luas wilayah sebesar 3,4 hektar, tempat ini dipenuhi oleh berbagai wahana permainan menarik dan juga menantang sehingga tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata dan permainan air.

Jika Anda tidak menyukai olahraga renang namun ingin tetap mengunjungi WAW ini tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan tempat ini menyediakan berbagai fasilitas lain seperti fitness center, lapangan futsal, flying fox. Serta berbagai wahana outbond. Untuk tiketnya berkisar antara 65 ribu hingga 85 ribu rupiah.

15. Sentra Kerajinan Boneka

Sentra Kerajinan Boneka

Lokasi: Desa Cikampek, Kec. Cikampek, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatasia.com

Karawang merupakan salah satu daerah penghasil boneka terbesar di Indonesia. Maka dari itu, akan sangat menarik jika Anda mengunjungi sentra kerajinan boneka yang ada di Karawang ini. Di tempat ini, setiap pengunjung dapat melihat dan mengamati proses dan tahapan dalam membuat sebuah boneka.

Sentra kerajinan boneka ini tepatnya terletak di Kampung Baru, Cikampek dan sudah berdiri sejak tahun 1980. Tempat ini mengelami perkembangan secara pesat sejak tahun 1997 silam. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena aksesnya mudah.

Itulah 15 Destinasi Wisata di Karawang yang menarik. Jika Anda sedang berada di Karawang, maka sempatkanlah mengunjungi paling tidak salah satu dari lokasi wisata diatas. Akan sangat rugi jika melewatkan keindahan yang ada di Karawang tersebut.