Candi Jiwa Karawang, Wisata Candi Tertua dari Kerajaan Tarumanegara

Candi Jiwa Karawang

Lokasi: Jl. Candi Jiwa, Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang.
MapCek Lokasi

Tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Karawang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Selain pemandangannya yang menarik, objek wisata di sana juga banyak yang menawarkan tiket masuk yang terbilang murah seperti objek wisata Candi Jiwa di Segaran, Karawang.

Kawasan wisata peninggalan candi budha kuno, Candi Jiwa bisa menjadi pilihan destinasi liburan bagi Anda yang menyukai wisata sejarah. Situs candi yang menyimpan misteri ini masih dalam satu kompleks candi Batujaya. Candi Jiwa atau Candi Batujaya I menjadi salah satu dari 46 titik yang ditemukan di area Batujaya.

Setelah ditemukannya kompleks percandian ini, pemerintah melakukan pemugaran dan menjadikannya sebagai kawasan wisata di Karawang. Candi Jiwa merupakan destinasi liburan yang cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa daya tarik dari tempat ini, terutama kisah misteri dari Candi Jiwa itu sendiri.

Sekilas Tentang Candi Jiwa

Sekilas Tentang Candi Jiwa

Image Credit: Mongabay.co.id

Candi Jiwa merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di kompleks percandian Batujaya. Candi ini menjadi salah satu peninggalan agama Budha di Karawang. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bangunan candi sudah ada sejak masa Kerajaan Tarumanegara antara abad ke-2 sampai dengan abad ke-12 Masehi.

Pada awalnya benda-benda purbakala ditemukan oleh masyarakat sekitar dan kemudian dilaporkan ke pemerintah. Pada tahun 1984 pun mulai dilakukan penelitian untuk temuan yang ada di area persawahan tersebut. Puluhan situs ditemukan di dua desa yaitu di Tegaljaya sebanyak 11 situs dan di Segaran sebanyak 13 situs.

Candi Jiwa menjadi salah satu situs sejarah yang ditemukan di Segaran, Karawang. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Unur Jiwa. Situs-situs sejarah lainnya yang ada di sekitar Candi Jiwa antara lain adalah Unur Danar, Unur Blandongan, dan Unur Sumur.

BACA:  20 Wisata Pantai di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Daya Tarik dari Candi Jiwa, Karawang

Daya Tarik dari Candi Jiwa, Karawang

Image Credit: Photodharma.net

Unur Jiwa atau Candi Jiwa memiliki banyak daya tarik dan salah satunya adalah dari arsitektur bangunannya. Bentuk dari bangunan sejarah ini adalah persegi dengan ukuran 19m x19m dengan ketinggian kurang lebih 4,7m. Arsitektur Candi Jiwa memiliki bentuk yang menyerupai bunga teratai.

Uniknya bangunan candi ini tidak memiliki pintu maupun anak tangga. Arah bangunan candi bisa menghadap ke barat daya atau tenggara. Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, Candi Jiwa berada di dalam area danau. Hal tersebut dikarenakan nama desa yaitu Segaran yang bisa diartikan sebagai telaga atau danau.

Penemuan Candi tertua ini berada di kedalaman 2 meter dengan bentuk asli yang hampir sempurna dibanding candi lain yang ada di kompleks Batujaya. Setelah pemugaran, Candi Jiwa bisa dinikmati dengan lebih baik tanpa mengubah desain aslinya. Wisatawan bisa melihat dari dekat bagaimana arsitektur pada zaman candi ini dibangun.

Selain lokasi candi, hal-hal menarik lainnya dari situs sejarah ini adalah kisah misteri yang menyelimutinya. Berdasarkan penuturan dari warga, area candi yang dulunya masih tertutup tanah ini dilewati oleh hewan-hewan ternak warga seperti kambing. Anehnya adalah hewan-hewan tersebut mati mendadak setiap melewati tanah tersebut.

Terlepas dari kisah misteri Candi Jiwa, situs peninggalan sejarah ini sekarang bisa dinikmati sebagai objek wisata sejarah di Karawang. Candi yang ukurannya tidak sebesar candi-candi Budha lainnya ini sering dikunjungi wisatawan, baik di hari libur maupun hari-hari biasa.

Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari. Jika tidak ingin terkena terik matahari, hindari datang di siang hari. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan wisata Anda seperti kamera, kacamata, topi, dan lain sebagainya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pemandangan di Candi Jiwa

Pemandangan di Candi Jiwa

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Candi Jiwa bisa menikmati pemandangan dari bangunan purbakala. Bangunan sejarah peninggalan agama Budha ini tidak begitu besar, sehingga pengunjung bisa melihat seluruh sisi bangunan dengan lebih mudah. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berfoto-foto di sekitar area candi.

Selain dari bangunan candi, wisatawan yang datang juga akan disuguhi pemandangan indah dari sawah-sawah warga sekitar. Candi Jiwa memang berada di lokasi yang dikelilingi persawahan. Pemandangan di sekitar kompleks candi juga cukup bagus untuk menjadi latar foto liburan Anda di Candi Jiwa, Karawang.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Jiwa

Fasilitas yang Tersedia di Candi Jiwa

Image Credit: HolaMigo.id

Tempat wisata di Karawang ini dikelola oleh pemerintah setempat dan menjadi situs peninggalan sejarah yang dilindungi. Wisatawan bisa datang dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan bangunan candi. Pengunjung objek wisata ini juga bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan seperti berikut.

1. Tempat Parkir

Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil dapat menitipkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan. Tempat parkir di kompleks candi ini cukup luas dan aman.

2. Mushola

Objek wisata yang dikelola dinas pariwisata Jawa Barat ini menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Selain area parkir, disediakan juga bangunan mushola kecil untuk wisatawan.

3. Toilet

Fasilitas lainnya yang disediakan di kawasan objek wisata Candi Jiwa adalah toilet. Pengunjung tidak perlu bingung apabila ingin buang air, karena sudah disediakan toilet yang cukup nyaman untuk digunakan.

Lokasi & Rute Menuju Kawasan Candi Jiwa

Lokasi & Rute Menuju Kawasan Candi Jiwa

Image Credit: Alexanews.id

Candi Jiwa berada di kompleks percandian Batujaya, Karawang. Situs sejarah ini masuk dalam wilayah Desa Segaran, Batujaya. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung tidak perlu khawatir karena lokasi objek wisata di Karawang ini mudah untuk diakses. Anda juga bisa menggunakan google map untuk mendapatkan lokasi dari Candi Jiwa.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Jiwa bisa menggunakan bantuan internet atau google map untuk mengarahkan ke lokasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bertanya ke warga sekitar yang ramah untuk menunjukkan arah menuju Candi Jiwa. Kawasan wisata ini cukup terkenal di Karawang sehingga warga sekitar tahu arahnya.

Jalan menuju Candi Jiwa maupun ke kawasan percandian Batujaya cukup bagus dan mudah untuk diakses dengan kendaraan. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mencapai lokasi Candi Jiwa. Setelah itu, kendaraan bisa diparkir di area yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Candi Jiwa

Harga Tiket Masuk Candi Jiwa

Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Objek wisata Candi Jiwa di Karawang merupakan salah satu tempat wisata yang murah meriah. Pengunjung yang ingin masuk hanya perlu membayar tiket sekitar 5 ribu per orang. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau ini membuat Candi Jiwa bisa menjadi pilihan destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman di akhir pekan.

Setelah membayar tiket masuk, wisatawan bisa langsung menikmati pemandangan dan suasana di kompleks Candi Jiwa. Jangan lupa gunakan kamera yang Anda bawa untuk mengabadikan momen dan pemandangan yang ada di objek wisata sejarah ini. Pilih angle yang pas agar bangunan candi bisa masuk semua dalam jepretan kamera Anda.