Wisata Seru Nan Eksotis ke Pulau Biawak di Indramayu

Pulau Biawak Indramayu

Lokasi: Lemah Abang, Kec. Eretan, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Sebagai negara kepulauan Indonesia terkenal memiliki banyak pantai yang indah dan eksotis pantai-pantai di Indonesia terbentang dari sabang hingga merauke, selain terkenal dengan pantainya yang indah beberapa pulau di Indonesia juga memiliki keunikan yang tidak bisa ditemui di pulau lainnya seperti pulau komodo di NTT, pulau karimun jawa di Jepara, dan Pulau Biawak di Indramayu.

Membahas keindahan alam indonesia tentu tidak akan ada habisnya, ketiga pulau yang disebutkan tadi memiliki keunikan tersendiri namun untuk pulau komodo dan karimun jawa sepertinya sudah tak asing lagi bagi Anda semua,  jadi pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang Pulau Biawak yang terletak di kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pulau Biawak merupakan satu dari tiga pulau yang berada di kepulauan biawak dua pulau lain yang berada di dekatnya adalah pulau candikian dan pulau gosong, Pulau Biawak menjadi lebih terkenal dari pulau lain di dektanya karena beberapa hal. Yang pertama dari kunikannya dan yang kedua dari keindahan alamnya, sebab daripada dua pulau lainnya Pulau Biawak dianggap lebih unik dan eksotis.

Letak & Keunikan dari Pulau Biawak

Letak & Keunikan dari Pulau Biawak

Image Credit: Wego.co.id

Nama asli dari Pulau Biawak adalah pulau rakit namun karena terdapat banyak biawak yang akan dijumpai ketika mengunjungi pulau ini, pemkab memberi nama lain yaitu Pulau Biawak. Biawak di pulau ini sendiri terbilang cukup unik, sebab jika kebanyakan biawak hidup di hutan dengan air tawar dan sungai biawak di pulau ini lebih banyak hidup di pantai dengan air asinnya.

Biawak-biawak yang terdapat di pulau ini juga bisa dibilang jinak mereka sudah terbiasa berdampingan dengan manusia, jadi ketika Anda berkunjung ke Pulau Biawak dan mendapati sekumpulan biawak yang sedang bercengkrama biawak tersebut tidak akan lari seperti biasanya. Bahkan Anda bisa memberinya makan, hal ini tentu memiliki keunikan dan sensasi tersendiri.

BACA:  D’Kandang Amazing Farm, Destinasi Wisata Edukasi Seru di Depok

Beberapa tahun terakhir pulau ini ramai diperbincangkan bahkan pemkab Indramayu berencana membangun infrastruktur pendukung sebagai penunjang bagi wisatawan yang akan berkunjung, hal tersebut bukan tanpa alasan sebab jika melihat potensi alamnya yang indah ditambah keunikannya yakni terdapat banyak biawak pemkab Indramayu yakin tempat tersebut bisa go internasional.

Pulau Biawak termasuk dalam deretan pantai laut jawa letaknya berada di utara semenanjung Indramayu sekitar 40 kilo meter dari pantai utara Indramayu, berbagai destinasi menarik akan Anda temui jika berkunjung ke tempat ini dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 4 jam menggunakan perahu motor nelayan atau sekitar 1 sampai 1,5 jam jika menggunakan speedboat milik pemerintah.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengendarai transportasi tersebut berkisar antara Rp. 290.000 untuk speedboat dan Rp. 200.000 untuk perahu motor, untuk speedboat bisa Anda kendarai jika berkunjung pada hari sabtu dan minggu saja. Sementara perahu motor milik nelayan bisa Anda sewa kapanpun Anda berkunjung, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Memiliki Pantai yang Eksotis & Terumbu Karang Masih Terjaga

Memiliki Pantai yang Eksotis & Terumbu Karang Masih Terjaga

Image Credit: Gayahidup.republika.co.id

Jika pada paragraf diatas telah dibahas mengenai letak, keunikan serta jarak tempuh dan biaya yang perlu Anda keluarkan untuk sampai ke Pulau Biawak, kini saatnya untuk membahas keindahan dan eksotisme alamnya. Saat baru sampai di Pulau Biawak Anda pasti akan langsung terpana dengan keindahan alam yang disuguhkan

Jarak tempuh serta biaya yang Anda keluarkan bisa dibilang cukup besar namun semuanya akan terasa sepadan ketika Anda telah sampai di Pulau Biawak, perjalanan mengendarai perahu motor atau speedboat yang memacu andrenalin serta lelahnya perjalanan berjam-jam yang Anda rasakan akan terbayar saat Anda menginjakkan kaki di Pulau Biawak.

BACA:  15 Wisata Pantai di Jawa Barat Paling Hits Dikunjungi

Bagaimana tidak sejauh mata memandang Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari pantai Pulau Biawak yang eksotis, pantainya yang berpasir putih ditambah dengan suasana pantai yang masih alami akan membuat Anda betah berlama-lama disana. Anda bisa menikmati pemandangan tersebut sambil meneguk segarnya es kelapa muda.

Suasana sejuk dan menenangkan juga bisa Anda rasakan di Pulau Biawak ini karena selain pantainya yang indah dan eksotis Anda juga akan menjumpai hamparan pohon bakau yang rindang dan hijau, hutan bakau inilah yang menjadi habitat berbagai macam satwa termasuk biawak yang ada dipulau ini.

Setelah puas menikmati hal tersebut bagi Anda pecinta terumbu karang dengan ikan-ikan kecil yang hidup didalamnya, Anda bisa melakukan snorkling atau menyelam. Berbekal peralatan yang disewakan oleh penyedia disana, Anda bisa menikmati pengalaman tak terlupakan melihat indahnya terumbu karang yang masih perawan nan cantik dari jarak yang begitu dekat.

Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat melakukan aktivitas snorkling di Pulau Biawak ombaknya yang tenang serta air laut yang sangat jernih akan memberi kenyamanan tersendiri bagi Anda. Konon katanya jumlah ikan hias yang masih hidup diantara terumbu karang di laut Pulau Biawak masih banyak bahkan ribuan, menakjubkan bukan?

Mercusuar Pulau Biawak Berusia Ratusan Tahun

Mercusuar Pulau Biawak Berusia Ratusan Tahun

Image Credit: Info.pikiran-rakyat.com

Setelah puas menikmati keunikan serta eksotisme alam Pulau Biawak yang menyihir mata wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah mercusuar biawak island yang usianya sudah ratusan tahun. Mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1872 oleh pemerintah belAnda kala masih menjajah Indonesia, sampai saat ini usianya telah mencapai 184 tahun.

Tinggi daripada mercusuar ini mencapai 65 meter, dan dibangun dengan bahan dasar besi hal ini menjadi unik mengingat pada umumnya sebuah mercusuar dibangun menggunakan material bangunan batu bata. Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan Pulau Biawak dari atas ketinggian , menaiki mercusuar ini bisa menjadi pilihan.

BACA:  The Lodge Maribaya Bandung, Objek Wisata Alam Terhits Jawa Barat

Namun, Anda perlu berhati-hati saat hendak naik keatas mercusuar mengingat usianya yang sudah sangat tua, kekokohan mercusuar tentu sudah susut ketimbang masih awal dibangun. Mercusuar ini sendiri dibangun oleh pemerintah belanda dulunya atas dan dilaksanakan oleh ZM william III.

Terdapat Makam Wali & Pendiri Mercusuar

Terdapat Makam Wali & Pendiri Mercusuar

Image Credit: Jarangpanas.com

Wisata lain yang bisa Anda singgahi saat berkunjung ke Pulau Biawak adalah sebuah makam ulama, ulama tersebut tidak lain adalah syeh imam yang dipercaya sebagai salah satu ulam yang menyebarkan Agama Islam di Indramayu. Bagi Anda yang juga ingin berwisata religi hal ini bisa menjadi nilai tambahan ketika berkunjung ke Pulau Biawak.

Selanjutnya ada makam ZM william III yang merupakan orang yang telah membangun mercusuar unik tersebut Anda yang mungkin penasaran dengan makam dari orang yang telah membangun mercusuar biawak island, Anda bisa mengunjunginya dengan gratis tanpa dipungut biaya masuk alias tiket.

Demikianlah pembahasan tentang keindahan dan eksotisme Pulau Biawak di Indramayu serta keunikan yang ada diatasnya. Bagi Anda pecinta alam khususnya pantai dan biota bawah laut mengunjungi Pulau Biawak merupakan hal yang sangat disarankan.