Pantai Tirtamaya, Destinasi Wisata Bahari Unggulan Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Indramayu merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kota Indramayu dikenal lewat buah mangganya yang begitu manis. Bahkan buah mangga menjadi ikonik dan dibuat tugu berbentuk demikian. Lebih dari itu, rupanya Indramayu memiliki beragam destinasi wisata populer.

Di Indramayu, ada beragam destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Indramayu yang letaknya tak jauh dari pesisir pantai Utara Jawa membuatnya memiliki destinasi wisata yang indah. Berbagai tempat wisata bahkan masih alami dan begitu menyejukan.

Berada tak jauh dari pesisir membuat Indramayu memiliki wisata berupa pantai. Salah satu pantai terfavorit yang ada di Indramayu ialah pantai Tirtamaya. Pantai Tirtamaya menjadi destinasi populer yang tak pernah sepi pengunjung. Informasi selengkapnya dapat di simak berikut ini:

Pesona Pantai Tirtamaya yang Populer

Pesona Pantai Tirtamaya yang Populer

Image Credit: F3ri.net

Datang ke kota Indramayu tak lengkap bila tidak mampir ke pantai Tirtamaya. Ungkapan tersebut di rasa tepat mengingat pantai yang satu ini merupakan destinasi favorit di Indramayu. Pantai Tirtamaya mungkin tak sebesar pantai lain, namun soal pesona alamnya berani di adu. Anda dapat merasakan hembusan angin disertai deburan ombak yang sangat menyejukan.

Pantai Tirtamaya berlokasi di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Dahulu pantai ini sempat mengalami abrasi parah hingga mengganggu ladang pertanian. Tetapi saat ini telah di bangun penahan ombak yang tangguh agar hal demikian tidak terjadi lagi. Berbagai spot bersantai dan juga spot foto juga tersedia sehingga pantai Tirtamaya menjadi tempat yang pas untuk rekreasi.

Mengunjungi pantai selalu menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Meskipun pantai ini tidak diperuntuhkan untuk diving maupun snorkling, Anda diperbolehkan untuk berenang di tepian. Banyak sekali ditemukan pengunjung bermain air di pinggir pantai sembari merasakan kesejukan serta pemandangan sekitar yang indah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Cirebon Paling Populer

Daya Tarik dari Pantai Tirtamaya

Daya Tarik dari Pantai Tirtamaya

Image Credit: Bloggermangga.com

Pantai Tirtamaya telah dikenal sebagai destinasi unggulan kota Indramayu. Melihat fakta demikian, Anda akan melihat banyak sekali daya tarik pantai di pesisir Utara Jawa ini. Daya tarik utama dari pantai ini ialah Anda dapat melihat dengan jelas sunrise dan sunset. Melihat dua fenomena tersebut tidak hanya bisa di pinggiran pantai melainkan di beragam spot yang sudah disediakan.

Pantai Tirtamaya dikenal sangat bersahabat untuk wisata rekreasi. Hal itu di dukung dengan lokasinya yang landai dan memiliki jangka pasang surut yang lumayan lama. Pengunjung bisa bersantai-santai di pinggiran maupun berenang. Anda juga dapat menyewa perahu karet kecil agar lebih santai lagi ketika beraktivitas di pantai.

Melihat kondisi pantai yang sedemikian mendukung untuk kegiatan rekreasi. Tak ayal sering dijumapi event-event besar di sekitar pantai Tirtamaya. Apabila Anda datang di saat yang beruntung bahkan bisa berpartisipasi langsung. Kegiatan-kegiatan besar yang sering di adakan di kawasan pantai antara lain pesta laut atau nadran dan bahkan konser musik.

Mengunjungi lokasi wisata yang indah belum lengkap jika belum foto. Foto menjadi cara yang tepat agar momen seru selalu menjadi kenangan yang manis. Ada beberapa spot foto keren di sekitar lokasi wisata pantai Tirtamaya. Mengunjungi pantai pada malam hari bahkan menjadi sensasi sendiri untuk mendapatkan foto sempurna dengan lampu-lampu hias di sekitar pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tirtamaya

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tirtamaya

Image Credit: Bloggermangga.com

Bagi Anda yang mengidamkan berkunjung ke pantai yang indah dan fasilitas lengkap, memilih pantai Tirtamaya menjadi opsi yang tepat. Pantai dengan pasir cokelat yang eksotis ini menawarkan beragam fasilitas menarik. Fasilitas umum seperti tersedianya area parkir yang luas, mushola, kamar ganti dan tiolet tentu membantu aktivitas Anda ketika berkunjung.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Cirebon Favorit Wisatawan

Selain beragam fasilitas umum, pantai Tirtamaya juga menyediakan fasilitas penunjang kegiatan Anda selama berkunjung. Peminjaman perahu karet serta penyewaan ban tersedia untuk pengunjung yang ingin lebih seru beraktivitas di lokasi pantai. Tak ayal terlihat banyak sekali anak-anak yang berenang dengan ban karet di sekitaran pantai. Tentu saja hal demikian dipantau langsung oleh orangtuanya.

Melihat pemandangan yang indah serta hembusan angin segar tentu membuat Anda ingin berjemur di tepian pantai. Jika tidak sempat membawa karpet, tempat penyewaan di sekitaran area juga ada. Melakukan hal demikian jelas membuat pengunjung serasa berada di pulau Bali. Fasilitas lain yang juga tak kalah menarik ialah beragam penginapan yang siap menyambut Anda yang ingin menetap.

Lelah beraktivitas seharian di pantai tentu membuat perut keroncongan. Jika Anda lupa membawa bekal maka tak masalah. Ada beragam saung yang menyajikan masakan lezat dekat area pantai Tirtamaya. Tidak hanya menyediakan olahan makanan mahal, beberapa saung juga menyediakan makanan cepat saji seperti mie rebus maupun goreng.

Rute Menuju Kawasan Wisata Pantai Tirtamaya

Rute Menuju Kawasan Wisata Pantai Tirtamaya

Image Credit: Dianrentcarcirebon.com

Anda tidak perlu panik mengenai jalur menuju pantai Tirtamaya. Berbeda dari wisata pantai lain, tempat wisata ini mudah sangat mudah ditemukan. Pengunjung dapat mengunjungi baik menggunakan kendaraan pribadi maupun mode transportasi seperti bus bila datang rombongan. Jarak yang bisa ditempuh dari pusat kota hanyalah sejauh 20 km.

Bagi Anda yang berniat mengunjungi pantai Tirtamaya ini bisa memilih rute dari Bundaran Mangga melewati Jalan Soekarno Hatta. Kemudian pengunjung akan menuju Jl .Raya Cirebon- Indramayu. Kemudian Anda akan sampai ke jalan Raya Jatinyuat. Lokasi wisata pantai Tirtamaya sudah tak jauh lagi dari situ.

BACA:  10 Tempat Kuliner Malam di Bogor yang Enak & Murah

Bila Anda datang dari Cirebon maka jarak yang ditempuh lumayan jauh yakni 40 km. Perjalanan yang dilalui bisa memakan waktu sekitar 1 jam. Bagaimanapun rute yang dilewati sangat mudah dilewati. Apalagi Anda akan melewati jalan raya yang sangat mudah di akses. Jadi jangan khawatir pengunjung akan tersesat.

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtamaya

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtamaya

Image Credit: Jejakpiknik.com

Mengunjungi pantai dengan pemandangan eksotik tak melulu harus bayar mahal. Beberapa pantai sepeti pantai Tirtamaya bisa di akses dengan biaya super terjangkau. Anda hanya di bebankan biaya sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak dengan Rp 6.000 saja. Biaya tersebut tergolong murah bagi semua kalangan untuk melihat keindahan pantai yang masih alami ini.

Anda dapat mulai mengunjungi pantai Tirtamaya mulai dari jam 8 pagi. Umumnya pantai mulai sepi ketika setelah sunset. Perubahan harga tiket masuk terjadi setiap akhir pekan. Pada Sabtu hingga Minggu, harga tiket mengalami kenaikan sebesar Rp 12.000 dan Rp 7.000 untuk orang dewasa dan anak-anak.

Perlu diketahui bahwa perubahan harga bisa terjadi bergantung dari keputusan pihak pengelola. Maka dari itu tak salah jika Anda selalu cek update harga terbaru mengenai harga tiket masuk di pantai Tirtamaya ini. Selain itu siapkan juga biaya tambahan bila Anda ingin menyewa beberapa perlengkapan dan berwisata kuliner.

Itulah beragam informasi menarik mengenai pantai Tirtamaya. Melihat fasilitas dan juga daya tarik pantai yang kuat membuat Anda tak perlu lagi ragu untuk datang ke pantai ini. Lagi pula pengunjung selalu ramai berdatangan menandakan keindahan alam di sana tak terbantahkan lagi.