Pantai Karangsong, Pantai Indah Dibaluti Hutan Mengarove di Indramayu

Pantai Karangsong Indramayu

Lokasi: Jl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Indramayu merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota Indramayu dikenal sebagai penghasil buah mangga berkualitas. Tak ayal kota ini dikenal dengan sebutan kota mangga. Tidak hanya itu, mengenai sektor pariwisata, Indramayu memiliki beberapa destinasi favorit.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di lokasi yang strategis tapi menawarkan keindahan maka tak salah jika memilih datang ke Indramayu. Ada beberapa destinasi wisata Indah seperti pantai, air terjun, taman dan lain sebagainya. Kebanyakan dari destinasi wisata tersebut masih asri sehingga keanakeragaman hayati masih sangat terjaga dengan baik.

Kota Indramayu menawarkan destinasi wisata yang indah dan menyejukan. Hal itu tak terlepas dari nuansa alam sekitar yang masih terjaga dengan baik. Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Indramayu ialah kawasan wisata Karangsorong. Informasi lengkapnya di bawah ini.

Alasan Mengapa Anda Harus Berkunjung ke Pantai Karangsong

Alasan Mengapa Anda Harus Berkunjung ke Pantai Karangsong

Image Credit: Travelblog.id

Pantai Karangsong terletak di Kecamatan Indramayu Utara. Pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya. Hal yang paling membedakan ialah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melihat keindahannya. Pengunjung tidak hanya akan melihat pantainya saja yang eksotik melainkan ada pula hutan mangrove di dekat area lokasi wisata.

Bila Anda tertarik berlibur di tempat wisata yang menawarkan konsep berbeda maka Pantai Karangsong dapat menjadi jawaban. Di pantai dengan pasir hitam cokelat ini menawarkan beragam aktivitas yang dapat dilakukan sembari melihat hutan mangrove sekitar. Kehadiran hutan mangrove menjadi pembeda dan menambah keseruan pengunjung uang datang.

Ada baiknya Anda mengajak keluarga maupun rekan ketika berkunjung ke Pantai Karangsong. Anda dapat berjalan-jalan di area pantai maupun mengikuti ekowisata hutan mangrove. Pengunjung akan di ajak berkeliling sembari mengenal pentingnya tumbuhan yang satu ini. Wisata ini bisa menjadi ajang edukasi yang baik bagi semua kalangan termasuk anak-anak.

Daya Tarik Wisata Pantai Karangsong Indramayu

Daya Tarik Wisata Pantai Karangsong Indramayu

Image Credit: Tribunnews.com

Pantai Karangsong mempunyai daya tarik kuat untuk di kunjungi. Anda tidak hanya akan melihat keindahan pantai yang ada saja melainkan dapat menikmati wisata edukasi. Bila pengunjung ingin bersantai di area pantai, dapat pula memesan saung bambu yang ada di sekitar pantai. Dengan begitu Anda akan semakin betah sembari terkena tiupan angin yang menyegarkan.

Pesona lain yang ditawarkan ialah wisata edukasi. Pantai yang resmi di buka tahun 2015 inj menawarkan wisata keliling hutan mangrove yang indah. Anda di ijinkan membawa kamera jadi bisa berswafoto dengan latar belakang hutan yang eksotis. Apabila ingin lebih berkesan maka pengunjung bisa mengajak keluarga atau rekan sebagai edukasi pula tentang pentingnya hutan mangrove.

Sebenarnya ada dua cara untuk berkeliling hutan mangrove. Cara pertama ialah berjalan kaki melewati jembatan bambu yang ada. Cara ini tentu saja menyehatkan, santai dan gratis tanpa biaya sepeserpun. Namun Bila Anda ingin memiliki kesan lebih yang berbeda, maka bisa menyewa perahu seharga Rp 15.000. Perjalanan Anda tentu akan seru dan menyenangkan.

Selama perjalanan bukan hanya hutan mangrove yang akan Anda lihat. Melainkan ada beberapa hewan darat tersendiri yang terkadang muncul di area hutan. Hal itu jelas menambah pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Apalagi nuansa cerah dan sejuk akan semakin menambah nyaman perjalanan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karangsong

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karangsong

Image Credit: Skuywisata.blogspot.com

Mengenai fasilitas, pengunjung tidak perlu ragu. Ekowisata Pantai Karangsong sudah dikenal akan kualitas yang mumpuni. Fasilitas yang disediakan tergolong lengkap. Jadi hal itu bisa menunjang kenyamanan dan keamanan Anda ketika menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Belum lagi adanya spot foto bervariasi yang tentu sangat Instagramable.

Beberapa fasilitas umum ada di pantai ini seperti kamar mandi, mushola, dan tempat parkir yang luas. Fasilitas demikian sangatlah umum yang tentunya sangat penting bagi pengunjung. Selain itu ada beragam hal ini seperti penyewaan saung dan perahu. Dengan menyewa perahu, Anda akan di ajak berkeliling sembari melihat pula aktivitas nelayan secara langsung.

Pantai Karangsong juga pas untuk bersantai dan memancing. Biasanya banyak sekali di temui wisatawan yang memancing ikan sembari bersantai. Apabila tidak membawa alat pancing tak perlu risau karena di saja Anda bisa menemukannya. Aktivitas memancing banyak di pilih mengingat pantai ini kurang cocok untuk snorkling dan diving walaupun airnya tenang.

Apabila Anda ingin berwisata kuliner pun tak perlu risau. Ada beragam olahan segar yang memanjakan lidah pengunjung. Anda dapat menemukan hidangan lezat demikian di area sekitar pantai yakni kedai-kedai yang menjual makanan. Pengunjung juga bisa membeli langsung ikan segar yang di jual langsung sehabis tangkapan nelayan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Karangsong

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Karangsong

Image Credit: Jejakpiknik.com

Karangsorong terletak di Desa Karangsorong, Indramayu. Lokasi demikian membuat Anda hanya dapat menempuhnya sejauh 8 km dari pusat kota Indramayu. Sebuah jarak yang tidaklah jauh. Pengunjung biaa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum bila datang dengan jumlah pengunjung yang banyak.

Akses jalan yang bisa di tempuh tergantung dari dari mana Anda berada. Apabila pengunjung datang dari arah Cirebon maka tinggal mengambil posisi di bunderan kijang lalu belok kanan ke menuju jalan pahlawan. Lain halnya jika Anda datang dari Jakarta, pengunjung bisa melalui Jatibarang yang kemudian sampai ke Indramayu kota lalu ikuti saja petunjuk yang ada.

Jarak Pantai Karangsong yang tak terlalu jauh dari pusat kota akan memudahkan pengungjung. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat mengingatrute yang dilewati cukup mudah untuk di ikuti. Akses jalan pun masih Bagus sehingga Anda akan merasa nyaman selama perjalanan berlangsung.

Harga Tiket Masuk Pantai Karangsong

Harga Tiket Masuk Pantai Karangsong

Image Credit: Travelblog.id

Selain akses jalan menuju pantai yang mudah, kawasan wisata Pantai Karangsong juga memberikan tiket yang sangat terjangkau untuk wisatawan. Harga yang di kenakan jelas tidak sebanding dengan keindahan dan kenyamanan Anda ketika berkunjung. Apalagi ada beragam fasilitas lengkap yang ditawarkan.

Penentuan harga tiket masuk tidak di bagi dari per-orangan melainkan dengan tergantung dari jenis kendaraan yang memasuki kawasan ekowisata. Terhitung untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif sejumlah Rp 10.000 sedangkan pengendara sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Harga demikian tergolong sangat bersahabat. Namun perlu diketahui bahwa penentuan harga bisa berbeda sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak pengelola. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengecek terus update harga tiket masuk ke Pantai Karangsong.

Itu dia beberapa informasi menarik yang ada di Pantai Karangsong. Keindahan pantai dan juga ekowisata hutan mangrove jelas membuat pengunjung betah berlama-lama. Agar menambah seru kegiatan, wisatawan ada baiknya mengajak rekan maupun keluarga. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan sekitar lokasi wisata agar tetap Indah.