14 Tempat Wisata di Indramayu

Jawa Barat mempunyai sebuah kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata yang telah dimanfaatkan dengan baik. Pemerintah daerah dengan bantuan partisipasi dari masyarakat berhasil membangun berbagai lokasi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung kabupaten ini. Nama kabupaten ini adalah Kabupaten Indramayu.

Singgah ke Jawa Barat akan terasa lengkap jika sudah mencoba wisata-wisata di Kabupaten Indramayu. Banyak wisata di wilayah Indramayu ini, ada wisata pantai, wisata taman, wisata air dan sebagainya. Kabupaten yang beribukota di Indramayu juga mempunyai hasil buah mangga yang manis. Masyarakat menyebut mangga ini dengan nama mangga cengkir. Anda juga bisa mencoba rasa dari buah khas dari Kabupaten Indramayu ini sekalian menjajal wisata kuliner lainnya.

Untuk Anda yang sudah mempunyai rencana liburan ke Provinsi Jawa Barat, cobalah untuk berkunjung ke Kabupaten Indramayu karena ada banyak rekomendasi wisata yang dapat Anda pilih di sini. Berikut ini daftar Objek Wisata di Indramayu yang dapat Anda kunjungi dan dijamin akan membuat Anda ingin datang lagi.

1. Taman Cimanuk

Taman Cimanuk

Lokasi: Penganjang, Sindang, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Indramayu.top

Taman yang didesain untuk wisata keluarga ini dapat Anda kunjungi kapan saja. Untuk masuk ke taman ini tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Tepat berada di belakang Masjid Agung Indramayu menjadikan letak taman yang biasa digunakan untuk tempat nongkrong ini sangat mudah untuk ditemukan.

Nama taman Cimanuk diambil dari sungai yang mengalir melewati taman tersebut yaitu Sungai Cimanuk dalam ejaan lama bertuliskan Tjimanoek. Selain menikmati suasana di Kabupaten Indramayu dengan santai, di sini pengunjung juga dapat menikmati aneka wisata kuliner serta berburu foto pada spot-spot unik di sekitar taman.

2. Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar

Lokasi: Jl. Raya Jatibarang – Karangampel, Bulak, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Lanjut ke wisata edukasi bertemakan sejarah, ada obyek wisata situs Buyut Banjar. Obyek wisata ini berupa sebuah makam yang dipercaya makam orang pertama yang mendiami Desa Bulak Kidul. Desa ini berlokasi di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Orang pertama yang mendiami Desa Bulak dipercaya sebagai utusan salah satu dari Sunan Walisongo. Ada cerita yang selalu melekat pada situs makam ini yaitu tentang keberadaan kera di makam.

3. Pohon Randu Gede

Pohon Randu Gede

Lokasi: Jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Obyek wisata ini kental dengan kesan keramat yang telah lama melekat di daerah wisata. Namun, hal itu tidak menjadi penghambat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Pohon Randu Gede. Justru hal tersebut malah menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Pengunjung juga akan mengambil gambar-gambar kekinian dengan latar belakang pohon dengan tinggi kurang lebih 100 meter ini. Masyarakat sekitar sangat menghormati keberadaan pohon ini.

4. Pantai Lemah Abang Eretan

Pantai Lemah Abang Eretan

Lokasi: Desa Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Pantai yang ada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eretan, Kabupaten Indramayu ini menjadi wisata pantai yang dapat Anda pilih selama di Jawa Barat. Pemandangan pantai di sini tidak akan kalah dengan pemandangan di pantai-pantai lain di Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya lemah abang, jika dilihat dengan seksama batu-batu dan tanah-tanah yang ada di pantai ini cenderung kemerah-merahan. Adanya batu-batu pemecah ombak juga dapat menjadi salah satu objek foto kekinian Anda. Puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba kelezatan kuliner laut ala Desa Lemah Abang.

5. Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak Indramayu

Lokasi: Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Sportourism.id

Pulau hunian spesies reptil ini juga mempunyai keunggulan wisata di Kabupaten Indramayu. Pengunjung akan disuguhi juga pemandangan bawah laut yang sangat indah. Pengunjung dapat melakukan snorkling dengan peralatan yang sudah disediakan bersama wisatawan lain.

Mengunjungi Pulau Biawak akan kurang terasa lengkap jika belum berfoto dengan background mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda. Lanskap menara penunjuk dermaga ini akan menambahkan kenangan manis selama berwisata di Pulau Biawak Indramayu.

6. Tugu Perjuangan Indramayu

Tugu Perjuangan Indramayu

Lokasi: Pekandangan, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @iik_balle

Obyek wisata yang satu ini menawarkan wisata yang murah meriah. Konsep ruang terbuka hijau menjadi konsep yang dipilih objek wisata Tugu Perjuangan Indramayu ini. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk bersantai menikmati hembusan angin sepoi-sepoi di sini.

Berlokasi di dekat Bundaran Mangga yang merupakan ikon Kabupaten Indramayu membuat tugu Perjuangan Indramayu lebih mudah diakses oleh para pengunjung. Biasanya obyek wisata ini ramai saat akhir pekan.

7. Waterboom Bojongsari

Waterboom Bojongsari

Lokasi: Jl. Bojong Sari, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Adi Sumarta)

Di sini banyak terdapat wahana-wahana permainan air yang dapat dinikmati bersama keluarga salah satunya adalah wahana air tumpah yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung waterboom.

Ada wahana ATV juga yang dapat dijajal oleh Anda bersama keluarga. Lintasan yang disediakan untuk ATV sangat aman sehingga tidak perlu khawatir mencoba wahana ini. Jika belum mahir Anda bisa meminta pendamping untuk mengajari cara mengemudikan ATV terlebih dahulu.

8. Jembatan Terusan Indramayu

Jembatan Terusan Indramayu

Lokasi: Jalur Lohbener – Cirebon, Terusan, Sindang, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @indramayusosmed

Jembatan Terusan Indramayu dapat menjadi pilihan Anda yang suka melakukan hunting foto-foto instagenik. Sudah banyak pengunjung yang mengabadikan momen di jembatan ini untuk sekedar berfoto maupun berkumpul santai yang didominasi oleh para pemuda yang berasal dari berbagai daerah.

Dengan panjang mencapai 153 meter dan lebar sekitar 7 meter menjadikan jembatan ini sebagai ikon dari Kabupaten Indramayu yang populer. Bagi Anda yang ingin menjajal keseruan berfoto di jembatan ini juga harus memperhatikan faktor keselamatan. Banyaknya kendaraan yang hilir mudik menjadikan para pengunjung harus berhati-hati saat mengambil gambar.

9. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong

Lokasi: Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Thejournale.com

Obyek wisata ini termasuk baru di Kabupaten Indramayu sehingga belum banyak yang mengetahuinya. Anda bisa mengunjungi Hutan Mangrove Karangsong di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu. Sebenarnya hutan ini berfungsi untuk menahan laju abrasi di pantai Karangsong.

Wisata edukatif Hutan Mangrove Karangsong menyediakan jasa penyewaan perahu yang dapat digunakan pengunjung menyusuri sekitar pantai. Pengunjung juga akan melihat berbagai jenis flora dan fauna khas hutan mangrove sehingga dapat lebih mengenal fungsi dan keanekaragaman di hutan mangrove ini.

10. Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh Indramayu

Lokasi: Situraja, Kec. Gantar, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Fungsi utama waduk peninggalan Belanda ini digunakan sebagai irigasi lahan pertanian sampai sekarang. Kini keindahan panoramanya dimanfaatkan sebagai obyek wisata bagi pencinta fotografi.

Menariknya untuk masuk ke Tempat Wisata di Indramayu ini Anda tidak akan ditarik biaya tiket masuk. Jadi untuk Anda yang penasaran dengan keindahan waduk dengan luas mencapai 70 hektar ini dapat berkunjung ke Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

11. Pantai Glayem

Pantai Glayem

Lokasi: Juntinyuat, Blok Glayem, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatabagus.net

Ciri khas yang menambah keunikan pantai ini terletak pada kehadiran batu-batu pemecah ombak yang tampak mengiringi pantai. Di sini pengunjung dapat berswa foto bersama maupun sendiri dengan pemandangan pantai dengan air  laut yang biru.

Tiket masuk ke pantai ini juga terbilang murah. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Glayem Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,- saja. Pastinya akan tetap aman di kantong.

12. Waterpark Agung Fantasi

Waterpark Agung Fantasi

Lokasi: Jl. Bangkaloa Ilir – Widasari No. 58, Bangkaloa Ilir, Kec. Widasari, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @agungfantasi

Taman Air ini beralamat di Jalan Bangkaloa Ilir-Widasari nomor 58. Wisata air di Kabupaten Indramayu yang satu dapat dikunjungi dengan anak-anak Anda. Banyak permainan air yang disediakan di obyek wisata air ini, salah satunya perosotan dengan ketinggian beragam.

Termasuk wisata yang baru dibuka karena baru tiga tahun beroperasi, namun banyak pengunjung yang berminat untuk mencoba wisata ini. Fasilitas akomodasi yang disediakan juga cukup memadai seperti lahan parkir dan tempat makan yang ada di sini.

13. Taman Rusa Bumi Patra

Taman Rusa Bumi Patra

Lokasi: Jl. Bumi Patra Raya, Pekandangan, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Salamtani.id

Pada taman Rusa Bumi Patra Anda bisa mengenal bagaimana penampakan hewan yang termasuk jenis mamalia ini. Adanya taman rusa ini akan menjadi media edukasi yang berkaitan dengan hewan bertanduk ini.

Kini terdapat 10 rusa yang dirawat di taman ini. Kesepuluh rusa tersebut terdiri atas 5 rusa jantan dan 5 rusa betina. Anda bisa mengunjungi taman rusa ini di Jalan Bumi Patra, Pekandangan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

14. Situ Bolang Indramayu

Situ Bolang Indramayu

Lokasi: Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu, Jawa Barat. – Image Credit by Nyero.id

Situ Bolang adalah sebuah danau buatan yang telah menjadi salah satu sumber pendapatan dari masyarakat setempat. Obyek wisata ini menawarkan wisata pemancingan di alam terbuka yang masih jarang dikembangkan.

Berbagai jenis ikan predator yang dapat didapatkan di waduk ini. Pengunjung juga akan disuguhi oleh kebudayaan warga setempat ditambah hijaunya persawahan warga sekitar Situ Bolang.

Demikian penjelasan dan uraian mengenai Destinasi Wisata di Indramayu yang dapat Anda kunjungi saat ingin berlibur. Banyak sekali pilihan yang dapat Anda pilih, semoga penjelasan ini dapat menjadi referensi wisata Anda di Kabupaten Indramayu.