Curug Bandung, Wisata Alam yang Memukau di Karawang

Curug Bandung Karawang

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.
MapCek Lokasi

Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal sebagai kota industri berskala internasional. Selain pusat industri, Karawang juga menjadi salah satu destinasi pilihan untuk Anda yang ingin liburan. Ada banyak wisata alam yang indah seperti Air Terjun atau Curug Bandung di Karawang.

Objek wisata alam ini menawarkan pesona keindahan air terjun yang masih cukup alami dengan suasana yang begitu asri. Curug Bandung bisa menjadi salah satu pilihan untuk libur akhir pekan bersama sahabat atau kerabat dekat. Objek wisata ini juga bisa untuk anak-anak, tetapi yang sudah cukup besar atau 5 tahun ke atas.

Nama tempat wisata ini memang cukup unik karena menggunakan kata Bandung yang merupakan kota terbesar di Jawa Barat. Curug Bandung berada di Karawang, tepatnya adalah di kaki Gunung Sanggabuana. Lokasinya masuk ke wilayah Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru.

Menikmati Keindahan Alam Curug Bandung

Menikmati Keindahan Alam Curug Bandung

Image Credit: Mytrip.co.id

Curug Bandung merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Karawang. Objek wisata ini berada di kawasan Gunung Sanggabuana sehingga memiliki udara yang cukup sejuk. Curug Bandung menawarkan pemandangan alam yang eksotis dengan air terjun yang meluncur bebas dari ketinggian sekitar 25 meter.

Pemandangan di Curug Bandung sangat indah karena debit airnya yang cukup deras bahkan saat musim kemarau. Suara air terjun dan cipratan airnya akan menjadi obat penenang dan penyegar pikiran bagi setiap pengunjung yang datang. Pada bagian kolam di bawahnya pun cukup dangkal sehingga aman untuk bermain air.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang ada di kawasan wisata Curug Bandung sambil berfoto-foto. Jika ingin bermain air, sebaiknya tetap berhati-hati karena di kolam air terjunnya ada bagian yang cukup dalam. Pengunjung juga bisa bermain di bebatuan yang menjadi aliran air terjun, tetapi harus hati-hati agar tidak terpeleset.

BACA:  Agrowisata Situ Bolang, Wisata Edukasi & Kekinian di Indramayu

Kegiatan Shower Climbing di Curug Bandung

Kegiatan Shower Climbing di Curug Bandung

Image Credit: Mytrip.co.id

Salah satu keunikan dari Curug Bandung adalah dari aliran air terjunnya yang melewati bebatuan. Formasi bebatuan yang menjadi aliran air terjun inilah yang menjadi daya tarik dari Curug Bandung. Bebatuan yang sedikit berundak seperti sebuah tebing batu. Bebatuan ini mungkin licin, tetapi di sebagian sisi ada yang cukup aman untuk didaki.

Pengunjung bisa berfoto-foto lebih dekat dengan air terjun. Namun, harus dilakukan dengan hati-hati terutama saat menginjak bebatuan yang terlihat licin. Pengunjung bisa menikmati air terjun sambil duduk di atas bebatuan yang tidak tertutup aliran air terjun. Keunikan inilah yang membuat Curug Bandung semakin hits di kalangan wisatawan.

Melepas Penat Dengan Kesegaran Air di Curug Bandung

Melepas Penat Dengan Kesegaran Air di Curug Bandung

Image Credit: Nativeindonesia.com

Wisata alam seperti curug ini memang selalu diburu masyarakat terutama kaum muda yang ingin menyatu dengan alam. Kegiatan liburan ke objek wisata air terjun biasanya dipilih karena cukup murah dan menyenangkan. Selain murah, tempat wisata curug juga menawarkan terapi gratis bagi siapa saja yang ingin melepas penat.

Curug Bandung di Karawang memiliki suasana yang cukup asri dan menenangkan, cocok untuk wisatawan yang bosan dengan suasana kota yang bising. Air di objek wisata Curug Bandung juga sangat bersih dan sejuk. Airnya dapat menyegarkan badan agar tubuh menjadi lebih rileks.

Perjalanan ke lokasi air terjun yang memang harus berjalan kaki akan terbayar saat kaki sudah merasakan kesegaran airnya. Debit air di Curug Bandung sendiri cukup besar jadi aliran air di bawahnya atau di kolam air terjun bisa dinikmati pengunjung setiap saat.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bandung

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bandung

Image Credit: medium.com

Kebanyakan tempat wisata air terjun memiliki fasilitas standar seperti warung makan, tempat parkir, mushola, dan kamar mandi. Fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia di objek wisata Curug Bandung Karawang. Wisatawan dapat menitipkan kendaraan, baik sepeda motor atau mobil di tempat parkir yang sudah disediakan.

BACA:  Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik Sukabumi

Setelah bermain di air terjun, wisatawan bisa beristirahat atau mencari makan dan minum di warung-warung yang ada di sekitarnya. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan seperti gorengan, mie instan, dan menu lain untuk mengobati rasa lapar. Berbagai minuman dingin juga tersedia jika Anda lupa membawa minum sendiri.

Fasilitas kamar mandi dan toilet dapat Anda temukan di Curug Bandung. Jadi jangan takut untuk basah-basahan dan bermain air sepuasnya di tempat wisata ini. Setelah itu Anda bisa berganti pakaian di kamar mandi yang disediakan pengelola. Walaupun fasilitas ini sangat sederhana, tetapi tetap nyaman untuk Anda berganti pakaian.

Rute Menuju Lokasi Wisata Curug Bandung

Rute Menuju Lokasi Wisata Curug Bandung

Image Credit: Medium.com

Akses untuk mencapai kawasan wisata alam Curug Bandung sangatlah mudah. Jalanan yang digunakan untuk mengakses objek wisata ini sudah cukup bagus untuk dilalui kendaraan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat untuk sampai di gerbang masuk Curug Bandung.

Papan petunjuk yang mengarah ke Curug Bandung akan Anda temukan di sebuah pertigaan kecil. Papan petunjuknya bertulis Curug Cigentis, Curug Bandung, Empang Sari, dan Buana Tirta. Curug Bandung memang masih dalam satu kawasan dengan tempat-tempat wisata tersebut.

Setelah Anda menemukan gerbang bertuliskan Kampung Turis, Anda bisa masuk dengan membayar tiket dan langsung menuju ke tempat parkir. Pengunjung biasanya akan ditawari ojek saat sudah berada di tempat parkir. Pengunjung juga bisa jalan kaki untuk lebih menikmati perjalanan menuju ke air terjun atau Curug Bandung.

Jalanan menuju air terjun tentu menanjak, tetapi tidak terlalu jauh hanya sekitar 10 hingga 15 menit saja. Akses jalan menuju air terjun ini berupa bebatuan, jadi Anda harus berhati-hati. Pengunjung yang akan menuju Curug Bandung bisa melihat curug-curug lain seperti Curug Cimata Heulang dan Curug Jodo.

BACA:  21 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Populer

Harga Tiket Masuk Curug Bandung

Harga Tiket Masuk Curug Bandung

Image Credit: Medium.com

Bagi Anda yang bingung memilih liburan akhir pekan, Curug Bandung di Karawang bisa menjadi pilihannya. Selain lebih dekat, objek wisata ini juga cukup terjangkau. Tiket masuk untuk rombongan yang membawa mobil adalah 10 ribu. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa sepeda motor dikenai tiket masuk 15 ribu.

Tiket yang dibayar saat di gerbang masuk ini adalah untuk parkir. Jadi saat nanti Anda sampai di gerbang masuk Curug Bandung, Anda perlu membayar tiket masuk lagi. Harga tiket masuk Curug Bandung sangat terjangkau hanya 10 ribu untuk setiap orang, pengunjung anak di atas 5 tahun juga dikenai tarif masuk yang sama.

Setelah membayar tiket masuk, Anda bisa langsung menuju ke lokasi air terjun dan bermain sepuasnya. Wisatawan juga bisa bermalam di penginapan-penginapan di sekitar tempat wisata Curug Bandung dengan harga per malam yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai objek wisata alam Curug Bandung di Karawang. Tempat wisata ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan yang dekat dan juga murah meriah saat musim libur tiba.