Curug Cigentis, Objek Wisata Alam Nan Eksotis di Karawang

Curug Cigentis Karawang

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.
MapCek Lokasi

Karawang merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini lebih dikenal sebagai kota padi mengingat banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Selain terkenal akan padinya, Karawang juga memiliki kecantikan pesona alam yang alami dan mengagumkan.

Kota Karawang mungkin masih belum seterkenal kota lainnya seperti Bandung dan Lembang dalam hal pariwisata. Namun berbicara soal keindahan alam, kota yang juga terkenal akan industrinya ini tidak bisa diremehkan. Anda dapat berkunjung di destinasi wisata yang asri dan menyegarkan ini.

Ada beberapa destinasi favorit yang dikunjungi wisatawan. Tak ayal tempat tersebut selalu ramai saat hari libur. Salah satu di antara destinasi wisata tersebut ialah curug Cigentis. Di Karawang memang ada banyak curug tapi air terjun Cigentis memiliki pesona lain.

Mengintip Keindahan Alam Curug Cigentis

Mengintip Keindahan Alam Curug Cigentis

Image Credit: Travelspromo.com

Curug Cigentis merupakan salah satu destinasi populer yang ada di Karawang. Bisa diperhatikan bahwa curug yang terletak di Kabupaten Karawang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dgari berbagai daerah. Hal itu tak terlepas dari kecantikan alam yang masih sangat alami dan terjaga dengan baik.

Bila Anda datang ke Curug Cigentis maka akan betah berlama-lama di lokasi wisata. Apa yang membuat curug ini terlihat mempesona ialah kecantikan air jernih yang mengalir dari atas dipadukan dengan hamparan bukit hijau di sekitar curug. Belum lagi ada beberapa kicauan burung dan serangga yang membuat suasana wisatawan seakan sedang berada di pedesaan.

Di Curug Cigentis terdapat beberapa spot foto yang super keren. Bisa dipastikan hasil jepretan kamera Anda akan sangat ciamik dan instagramable. Berkunjung ke curug Cigentis akan semakin lengkap jika Anda datang bersama keluarga. Pengunjung dapat merasakan langsung keindahan suatu tempat yang menenangkan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Daya Tarik Wisata Curug Cigentis

Daya Tarik Wisata Curug Cigentis

Image Credit: Radardjowo.blogspot.com

Curug Cigentis berbeda dengan curug-curug lainnya. Bahkan untuk sampai ke lokasi yang indah ini masih dibutuhkan perjalanan yang lumayan berat. Anda harus siap mental dan stamina untuk melewati beragam medan seperti jalan dengan tikungan curam. Bagaimana pun hal itu jelas menambah seru serta memberi pengalaman yang berkesan ketika berkunjung ke curug ini.

Sebelum sampai ke lokasi curug Cigentis, pengunjung memang wajib berjalan kaki terlebih dahulu. Bagi Anda yang suka berpetualang mungkin tidaklah masalah. Lagi pula jarak medan kurang lebih hanya 250 meter tentu bukan masalah. Apalagi setelah sudah sampai ke lokasi maka segala rasa lelah akan terbayarkan seketika melihat nuansa pemandangan indah.

Curug Cigentis dikenal memiliki air yang jernih dan hamparan bukit yang indah. Di sekitar lokasi wisata terdapat pepohonan rindang bernama pohon paku. Pohon tersebut berjejer sehingga menambah eksotis Curug Cigentis. Anda dapat menghasilkan foto dari berbagai sudut dan latar belakang yang bervariasi mulai dari curug itu sendiri maupun bukit pepohonan.

Selain wisata alam yang menakjubkan, wisata kuliner pun layak pengunjung nikmati. Di sekitar lokasi wisata terdapat beragam warung dan bahkan restoran yang menyajikan hidangan super lezat. Kebanyakan menjual makanan sunda dengan bumbu yang tentunya siap memanjakan perut pembeli. Jangan khawatir tentang harga mengingat harga makanan sangat terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cigentis

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cigentis

Image Credit: Hendrajailani.blogspot.com

Sudah dikenal wisatawan tentu mengenai fasilitas di curug Cigentis tidak main-main. Beragam fasilitas umum seperti kamar mandi, mushola, kamar ganti dan area parkir sudah tersedia. Fasilitas demikian jelas membantu Anda selama berkunjung ke curug Cigentis. Apalagi kebersihan terjaga dengan sangat baik sehingga pengunjung akan merasa semakin nyaman.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banten Paling Populer

Fasilitas lain yang tak kalah menarik juga tersedia di curug Cigentis. Bahkan sebelum sampai ke lokasi wisata, Anda akan menemui kampung wisata dan di situ terdapat area outbon. Anda yang datang bersama rekan maupun keluarga bisa melakukan beberapa aktivitas seru dahulu di situ. Bermacam variasi permainan tersedia seperti flying fox hingga permainan anak-anak.

Jika Anda sudah puas melihat pemandangan super indah di sekitar area curug Cigentis. Bersantai serta berendam di kolam bisa menjadi pilihan. Di sekitar area wisata memang terdapat kolam yang banyak digunakan wisatawan untuk berendam. Airnya yang jernih serta segar tentu membuat Anda semakin betah. Segala rasa lelah akan terbayarkan langsung.

Akses Menuju Lokasi Wisata Curug Cigentis

Akses Menuju Lokasi Wisata Curug Cigentis

Image Credit: Lalerijo.com

Ketika berkunjung ke suatu tempat maka akses jalan merupakan salah satu faktor penting yang harus dipahami. Biasanya hal itu sangat mempengaruhi ketertarikan mengunjungi tempat wisata. Bagaimanapun di curug Cigentis memiliki akses jalan yang sangat mudah untuk di ikuti. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat dalam perjalanan.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota Karawang menuju curug Cigentis ialah 44 km. Agak jauh memang namun akses jalan sangat mudah di ikuti serta kondisi jalan Raya yang nyaman untuk di ikuti wisatawan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum tetapi dengan angkutan umum mengharuskan pengunjung berganti-ganti angkutan.

Jika Anda datang dari Cikarang Baru maka rute yang harus di ikuti yakni melewati Delta mas kemudian bendungan Cibet diteruskan dengan sampai di desa Jayanti. Di desa inilah Anda harus memarkirkan kendaraan yang kemudian memulai berjalan kaki hingga ke curug Cigentis. Perjalanan akan melelahkan jadi pengunjung dapat membawa bekal terlebih dahulu.

BACA:  Hidden Valley Hills, Wisata Alam yang Instagramable di Purwakarta

Mengingat kondisi rute yang agak curam dan bebatuan licin maka ada baiknya pengunjung menggunakan sepatu yang tepat. Jangan lupa pula untuk selalu fokus di tengah perjalanan. Meski begitu rasa lelah perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di curug Cigentis.

Harga Tiket Masuk Curug Cigentus

Harga Tiket Masuk Curug Cigentus

Image Credit: Travelspromo.com

Meskipun sudah dikenal sebagai destinasi kota Karawang. Hara tiket untuk memasuki kawasan wisata ini masih tergolong bersahabat. Jadi Anda tidak perlu risau lagi mengenai besaran biaya masuk. Apalagi pesona alam yang ditawarkan tidak main-main keindahannya. Pengunjung akan dibuat betah berlama-lama di area lokasi wisata.

Harga tiket masuk pada hari biasa dan akhir pekan berbeda. Pada hari biasa dikenakan tarif sebesar Rp 15.000, sedangkan pada weekend tarif naik menjadi Rp 20.000. Beberapa penambahan biaya masih ada khususnya untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil sebanyak Rp 7.000.

Bagaimanapun harga demikian masih sangat terjangkau mengingat keamanan dan kenyamanan menjadi fokus utama pihak pengelola. Namun, perlu diketahui bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi ada baiknya Anda mengecek secara berkala terlebih dahulu dengan pihak terkait.

Itu dia beberapa informasi menarik seputar destinasi wisata di curug Cigentis. Lokasinya yang indah dan cantik akan membuat pengunjung betah berada di situ. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area wisata alam tersebut agar selalu terlihat mempesona dan menjaga nuansa keasrian destinasi yang ada di Karawang ini.