17 Tempat Wisata Terbaik di Ambon

Tempat Wisata Ambon

Kota Ambon sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata yang indah oleh masyarakat dunia. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu dapat menemukan banyak wisatawan asing di kota ini. Menurut sejarahnya Kota Ambon banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang berasal dari Arab, Cina ataupun Eropa. Hal ini disebabkan oleh kekayaan serta keindahan alam di Kota Ambon sangat melimpah.

Setidaknya ada kali ini akan diajikan daftar tempat wisata di Ambon yang dapat kamu gunakan sebagai pedoman ketika berwisata ke Kota ini nantinya. Berikut ini pilihan destinasi wisata yang ada:

1. Pulau Molana

Pulau Molana

Lokasi: Haria, Kec. Saparua, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Molanaisland.net

Terdapat destinasi wisata yang tidak kalah menariknya di Desa Haria. Karena kamu dapat berkunjung ke Pulau Molana, yaitu pulau kecil yang ditumbuhi hutan bakau, memiliki pasir putih yang cantik, air laut yang jernih serta terumbu karang yang menawan.

Pulau kecil ini sungguh indah, karena itu mengunjungi tempat merupakan hal yang wajib jika kamu berlibur ke Ambon. Kamu bisa datang saat cuaca cerah mulai dari pagi sampai sekitar jam 5 sore karena pulau ini akan terendam ketika air pasang.

2. Pulau Bair

Pulau Bair

Lokasi: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku. – Image Credit by Pegipegi.com

Pulau Bair sering dibandingkan dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Hal ini cukup wajar karena keindahan alam serta jernihnya perairan di tempat ini sangat indah.

Saking beningnya kamu dapat melihat dasar perairan ini dengan jelas. Selain itu, kamu dapat melihat hutan bakau yang tumbuh alami serta tebing-tebing yang membuat tempat ini terlihat lebih indah.

3. Nusa Pombo

Nusa Pombo

Lokasi: Waai, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Ksmtour.com

Kamu membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan perahu boat untuk mencapai destinasi wisata ini dari pelabuhan Ambon. Nusa Pombo merupakan pulau indah yang tidak berpenghuni sehingga kamu harus mempersiapkan banyak hal jika ingin berkunjung.

Selama disini kamu dapat snorkeling atau sekedar berenang. Kamu juga bisa membangun tenda untuk bermalam di tempat ini untuk menikmati pemandangan malam yang tidak kalah indahnya di Nusa Pombo.

4. Pantai Santai

Pantai Santai

Lokasi: Jl. Waihaong Pantai, Waihaong, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. – Image Credit by Eddieliku.blogspot.com

Pantai yang berada di Desa Latulahat dengan jarak 16 km dari Kota Ambon ini merupakan tempat bersantai ataupun nongkrong bagi kamu yang ingin merasa bebas dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Kamu dapat menyewa peralatan snorkeling, menyewa perahu ataupun hanya bersantai sambil menikmati minuman dan makanan ringan selama berada di pantai ini.

5. Pantai Ora

Pantai Ora

Lokasi: Pulau Seram, Kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Emanuelndeluwele.blogspot.com

Lokasi pantai sangat sebenarnya cukup jauh dari Kota Ambon. Kamu membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai ke pantai ini, selain itu biaya juga cukup besar sehingga kamu harus mempersiapkan perbekalan serta fisik yang kuat sebelumnya.

Namun, ketika sampai kamu akan berada di pantai yang sangat indah layaknya berada di khayangan. Tempat ini menyajikan pemandangan alam dengan laut yang bersih, jernih dan segar.

6. Air Terjun Telaga Pange

Air Terjun Telaga Pange

Lokasi: Jln. Dusun Telaga Pange, Rumah Tiga, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku. – Image Credit by Otosia.com

Benda berharga biasanya letaknya tersembunyi, begitu juga dengan air terjun ini. Letaknya cukup sulit di jangkau karena jalurnya yang sulit dilalui namun kamu tidak akan kecewa mengunjungi tempat ini karena air terjunnya sangatlah indah.

Selama berjalan kamu dapat menikmati indahnya pemandangan hutan yang identik dengan udaranya yang segar. Karenanya, kamu bisa memperoleh banyak foto bagus selama disini.

7. Benteng Amsterdam Hila

Benteng Amsterdam Hila

Lokasi: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Triptrus.com

Benteng ini ada di Kecamatan Hila, Kota Ambon. Karena jaraknya yang dekat kamu dapat mengunjungi tempat ini pada hari pertama ketika kamu sampai di Ambon.

Benteng bersejarah ini dahulu dibangun dan dipakai untuk berbagai fungsi pada masa penjajahan Belanda. Pada awalnya tempat ini menjadi gudang penyimpanan rempah-rempah namun berubah menjadi benteng militer oleh para tentara Belanda.

8. Benteng Belgica

Benteng Belgica

Lokasi: Nusantara, Kec. Banda, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Pesona.travel

Benteng ini termasuk yang paling besar dan megah di Ambon tepatnya di Kecamatan Banda. Keberadaan benteng cukup strategis karena dapat mengawasi area yang luas sehingga kamu dapat melihat berbagai keindahan panorama alam dari benteng ini.

Hal yang paling unik terdapat pada bentuk bentengnya yang membentuk persegi lima. Tentunya bentuk ini memiliki sejarahnya sendiri dan hal ini dapat kamu ketahui dengan mendatangi spot wisata ini nantinya.

9. Benteng Ferangi

Benteng Ferangi

Lokasi: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Travelingyuk.com

Benteng peninggalan Portugis awalnya merupakan pusat pemerintah dan gudang penyimpanan rempah-rempah. Namun, setelah Indonesia merdeka benteng ini dijadikan tempat wisata bersejarah yang banyak dikunjungi para wisatawan karena jaraknya yang dekat dari Kota Ambon.

Ketika masuk, kamu dapat menemukan berbagai meriam kuno yang ukurannya sangat besar. Selain itu terdapat banyak benda bersejarah lainnya yang dapat kamu lihat di benteng ini.

10. Tebing Hatu Pia

Tebing Hatu Pia

Lokasi: Pulau Seram, kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Youtube.com (Intan Koesnadi)

Ambon memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya yaitu Tebing Hatu Pia yang ada di Desa Sawai. Tebing ini memiliki pemandangan yang menakjubkan nan eksotis.

Terdapat saung yang sengaja dibangun di tempat ini. Sehingga kamu dapat mengambil banyak foto yang pastinya Instagram-able untuk dipamerkan di sosmed milikmu.

11. Batu Lobang Liliboi

Batu Lobang Liliboi

Lokasi: Lilibooi, Kec. Leihitu Barat, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Sitorusjayanti.blogspot.com

Terdapat tempat wisata yang tersembunyi di Kecamatan Leihitu Barat berupa kolam air tawar yang berdekatan dengan laut. Pemisah antara dua air ini adalah dinding batu karang. Namun terdapat lubang yang terlihat seperti gerbang untuk memasuki dua jenis air tersebut.

Destinasi wisata ini sangat indah dan menarik. Kamu dapat menikmati indahnya panorama alam sambil mandi dan berenang di kolam air tawar ataupun air asin sesukamu.

12. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa

Lokasi: Suli, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Kurang lebih 40 km dari Kota Ambon kamu dapat mengunjungi Pantai Natsepa yang memiliki ciri khasnya sendiri ini. Pantai ini berada di Kecamatan Salahutu dan cukup mudah dikunjungi karena akses jalannya cukup bagus.

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah lengkap dengan airnya yang jernih. Selama berada disini kamu dapat berenang, menikmati seafood segar atau mencicipi rujak buah khas Pantai Natsepa yang segar dan nikmat.

13. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota

Lokasi: Airlouw, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pantai nan indah ini berada di Desa Nusaniwe yang berjarak tidak begitu jauh dari Kota Ambon. Ketika akan memasuki pantai ini kamu akan melewati lubang batu karang yang menyerupai layaknya sebuah gerbang.

Pemandangan dari gerbang ini sangat indah, selain itu airnya jernih sehingga kamu tidak akan bersabar untuk segera berenang. Tempat ini sering juga digunakan untuk membuat video ataupun foto prewedding.

14. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe

Lokasi: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Bangunan masjid yang ada di Desa Atetu ini merupakan yang tertua di sekitar Ambon. Hal yang menarik adalah bahan bangunan masjid sebagian besar terbuat dari pelepah sagu dan tidak menggunakan satupun paku pada masjid ini.

Menurut masyarakat setempat Masjid Wapawue dapat berpindah tempat dengan sendirinya ketika waktu subuh tiba. Menurut sejarahnya masjid ini telah pindah sebanyak dua kali, namun bagaimana proses perpindahan tersebut tidak dijelaskan secara rinci.

15. Pemandian Air Panas Tulehu

Pemandian Air Panas Tulehu

Lokasi: Tulehu, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Ksmtour.com

Sekitar 30 km dari Kota Ambon kamu bisa menemukan pemandian air panas alami yang di sekitar perbukitan pinggiran Ambon. Uniknya adalah terdapat dua kolam air panas yang memiliki suhu berbeda.

Kamu bisa menemukan berbagai fasilitas pelengkap selama berada disini seperti saung untuk nongkrong, tempat ibadah, warung bahkan tempat karaoke yang akan melengkapi harimu bersama teman ataupun keluarga nanti.

16. Gua Hawang

Gua Hawang

Lokasi: Kei Kecil, Letvuan, Kec. Hoat Sorbay, Kab. Maluku Tenggara, Maluku. – Image Credit by Pegipegi.com

Kamu ingin tempat wisata yang sedikit berbeda? Jika iya, maka datangi Pulau Kei Kecil karena kamu akan menemukan gua yang luar biasa indahnya. Tempat ini cukup komplit sebagai wisata air alami, karena kamu dapat berenang sambil menikmati jernihnya air serta indahnya Gua Hawang.

Gua ini selalu terendam air laut sehingga kamu akan sadar bahwa bebatuan pada langit-langit gua terbentuk karena sering terkena air. Selain itu, airnya terlihat berwarna biru jernih sehingga tempat ini sering di datangi para wisatawan.

17. Tebing Makariki

Tebing Makariki

Lokasi: Makariki, Kec. Amahai, Kab. Maluku Tengah, Maluku. – Image Credit by Travellersindo.blogspot.com

Lokasi wisata sangat sulit untuk dilalui karena tempatnya yang terpencil serta jalurnya yang yang cukup terjal. Karena itu wisatawan yang datang kesini masih sedikit dan hanya orang yang niat dan memiliki jiwa petualang yang pernah datang ke tempat ini.

Namun, usaha dan kerja kerasmu selama perjalanan akan terbayarkan karena panorama alam yang ada sangat indah. Pemandangan ini semakin lengkap ketika ditemani dengan sejuknya angina yang berhembus serta air laut yang sangat jernih.

Itulah daftar objek wisata di Kota Ambon yang dapat kamu pilih ketika akan berlibur ke tempat ini nanti. Semua tempat ini masih alami dan terjaga kebersihannya, sehingga dijamin liburanmu akan sangat bermakna terlebih jika kamu mengabadikan momen tersebut dalam album foto.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak